Thursday, November 12, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011 (Bgn 1)

 

 

Upasaka Vimalakirti berasal dari Alam Abhirati yakni Tanah Suci di penjuru Timur. Di dalam “Vimalakirti Sutra” tercantum, Buddha Sakyamuni menyampaikan kepada Sariputra, ada sebuah negeri Buddha yang bernama Abhirati, di sana terdapat seorang Buddha yang bernama Akshobhya, Upasaka Vimalakirti sendiri adalah Buddha Akshobhya, setelah Buddha Akshobhya memasuki Parinirvana di Alam Abhirati, Beliau muncul di dunia kita ini, menampilkan diri sebagai Upasaka Vimalakirti.

 

Jadi Vimalakirti sejak masa lampau telah mencapai KeBuddhaan, muncul di dunia kita ini sebagai seorang praktisi awam guna menyelamatkan para makhluk. Buddha Sakyamuni muncul di dunia ini dengan penampilan seorang Buddha, para makhluk dapat terselamatkan dengan penampilan yang bagaimana, maka Dia akan muncul dengan penampilan tersebut.

 

Maka itu pada era yang sama muncul dua Buddha di dunia ini yakni Buddha Sakyamuni dan Vimalakirti. Bersamaan itu pula memperagakan bahwa meskipun seorang umat berkeluarga naik ke podium memberi ceramah, namun statusnya di atas podium adalah guru, sedangkan hadirin baik yang berstatus Bodhisattva, Sravaka maupun Pratyekabuddha, anda duduk di bawah podium mendengar ceramah adalah sebagai murid, maka penghormatan yang diberikan kepada guru harus sama dengan penghormatan yang diberikan kepada Buddha Sakyamuni.

 

Maka itu para siswa Sravaka dan siswa Bodhisattva dari Buddha Sakyamuni, ketika bersua dengan Vimalakirti, mereka memberikan penghormatan yang sama dengan Buddha Sakyamuni.

 

Anggota Sangha tidak memiliki keangkuhan, jadi tidak boleh merasa saya telah meninggalkan keduniawian, makanya saya sudah setingkat lebih tinggi daripada umat berkeluarga, hal ini tidak diperbolehkan.

 

Justru sebaliknya, hendaknya lebih rendah hati, lebih bersikap hormat, mengapa demikian? Memberikan teladan yang baik buat masyarakat. Maka itu Buddha dan Bodhisattva dalam menyelamatkan para makhluk, menggunakan beragam upaya kausalya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

維摩居士就是從妙喜世界來的,《維摩經》上講的,佛告訴舍利弗,有一個佛國土叫做妙喜,妙喜世界有一尊佛叫無動,就是不動,維摩居士是不動如來,在那邊圓寂了,到我們這個世界來示現。這樣說起來,維摩居士也是久遠就已經成佛,到這個世間以居士身來度眾生。釋迦牟尼佛是以佛身,應以佛身得度者,即現佛身而為說法;維摩是應以居士身得度者,即現居士身而為說法,這是兩尊佛。同時又表現一個事實給我們看,那就是佛法是師道,師道是老師第一大。居士講經說法,在講台上他是老師,菩薩也好、聲聞也好、緣覺也好,你在下面聽經是學生,那你對老師的禮節就跟對釋迦牟尼佛一樣。所以釋迦牟尼佛的聲聞弟子、菩薩弟子,見維摩居士都跟見釋迦佛完全相同。出家人沒有傲慢心,不能說我一出家就高人一等,這個不可以,這是絕大絕大錯誤。出家人應該更謙虛、更恭敬,為什麼?你給社會大眾做好樣子,你怎麼可以貢高我慢?所以佛菩薩度化眾生,善巧方便太多太多了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555

 

 

 


Diantara para siswa Buddha, baik yang berasal dari umat berkeluarga maupun anggota Sangha, tidak sedikit yang merupakan jelmaan dari para Buddha masa lampau yang datang ke dunia ini, ada sebagian yang jati diriNya telah diungkapkan oleh Buddha Sakyamuni di dalam sutra, ada pula yang tidak disebutkan dan jumlahnya sangat banyak.

 

Para pendukung Dharma juga banyak yang merupakan jelmaan dari Buddha dan Bodhisattva, sejak zaman dulu hingga sekarang juga sama, praktisi sejati akan serupa dengan Master Huineng, sepanjang hayat senantiasa bersikap rendah hati dan menghormati semua makhluk. Mengapa demikian?

 

Oleh karena semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha. Para Buddha dan Bodhisattva, kewibawaan Dasa Dharmadhatu beserta seluruh isinya, semua ini muncul dari hati dan pikiran, berubah menuruti perubahan niat pikiran, benar-benar merupakan satu kesatuan.

 

Mengapa harus bersikap rendah hati? Guna membantu para makhluk yang belum tercerahkan, mereka yang belum kembali ke jalan yang benar. Semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha, sebelum tercerahkan disebut makhluk, setelah tercerahkan disebut Buddha, jadi merupakan satu kesatuan dan bukan terpisahkan, begini barulah disebut kebijaksanaan sejati, Maitri Karuna yang sesungguhnya.

 

Atau mungkin saja dia terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, demi membantu Buddha Amitabha membimbing para makhluk, kemudian Dia menjelma menjadi siswa Buddha, atau menjelma menjadi pendukung Dharma.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

Dasa Dharmadhatu :

http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

 

 

佛弟子當中,在家、出家的弟子也有不少是古佛再來的,有一些身分佛說出來了,還有沒說出來的更多。護法裡面的居士也有佛菩薩再來的,古今中外沒有兩樣,真正修行人,確實就像惠能大師一樣,一生永遠謙虛卑下,永遠尊重、敬重一切眾生。這是為什麼?因為一切眾生本來是佛。諸佛菩薩、十法界依正莊嚴全是唯心所現,唯識所變,確確實實是同一體。為什麼要謙卑?幫助還沒有覺悟的、還沒有回頭的這些眾生。眾生就是佛,迷了叫眾生,覺悟了叫佛陀,是一不是二,這才叫真實智慧,真正的慈悲。或者他生到極樂世界阿彌陀佛的淨土,幫助佛教化眾生,示現為佛的弟子,示現做佛的護法。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555

 


 

 

Saat menjelang ajal, jodoh manusia akan lebih rumit, mengapa demikian? Para musuh kerabatnya sejak kalpa tanpa awal akan mengelilinginya, berupaya menuntun-nya ke alam mana yang hendak ditujunya.

 

Maka itu Buddha Sakyamuni mengatakan bahwa “Yang paling kuat yang akan duluan menuntunnya”, diantara kekotoran batin dan tabiatmu, yang paling kuat itulah yang pasti menarikmu duluan sehingga anda mengikutinya.

 

Kita katakan sebagai niat pikiran, coba bandingkan niat pikiran di dalam diri sendiri, niat pikiran KeBuddhaan yang lebih kuat atau niat pikiran yang serakah akan ketenaran dan keuntungan yang lebih kuat? Niat pikiran mana yang paling kuat, anda akan ditarik ikut dengannya.

 

Keserakahan paling kuat, akan ditariknya jatuh ke Alam Setan Kelaparan; kedunguan yang paling kuat, jatuh ke Alam Binatang; kebencian yang paling kuat, jatuh ke Neraka.

 

Lantas kekuatan apa yang menuntun lahir kembali ke Alam Manusia? Niat pikiran Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan yang paling kuat, inilah yang menuntun dirimu takkan kehilangan wujud manusia.

 

Leluhur Tionghoa mengajarkan pada kita, prinsip pendidikan sejak beribu-ribu tahun yang silam, yakni lima hubungan manusia yang beradab, lima kebajikan, empat ikatan sosial, delapan moralitas, jika niat pikiran beginilah yang paling kuat, kebanyakan bertumimbal lahir ke Alam Dewa (Surga) di Kamaloka.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Agustus 2011

 

Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html

 

Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :

http://komcit.blogspot.com/2014/10/mengenal-istilah-dalam-ajaran-konfusius.html

 

 

人在臨命終時那個緣就更複雜,為什麼?無始劫以來的怨親債主都圍在你身旁,都在那裡引誘你,這個人這裡好,那個人那裡好,到底到哪裡好?所以佛說「強者先牽」,你煩惱習氣裡頭最強的一定先跟它走。那我們就講念頭,佛的念頭夠不夠強,比一比,跟我貪財的那個念頭比一下,這個力量哪一個大?貪色的力量、貪名利的力量,你就比較一下,哪一個力量最強,你就會跟它跑掉了。貪的力量強,鬼道去了;愚痴的力量強,畜生道去了;瞋恚的力量強,地獄道去了。人道不容易,人道什麼念頭強?五戒十善的念頭強,這個不失人道。中國老祖宗教導我們的,千萬年來教導我們總的綱領原則,五倫、五常、四維、八德,這個力量強,多半生天,生欲界天。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五五集)  2011/8/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0555