Berikutnya adalah “kikir”. Kikir itu adalah tidak ikhlas, mempunyai harta berlimpah tetapi tidak mau membantu orang lain; diri sendiri menguasai sebuah keahlian, tetapi tidak mau mewariskannya kepada orang lain, saat mengajari orang tetap saja menyimpan satu jurus, mengapa demikian?
Takut orang lain melampaui diri sendiri, kalau muridnya lebih pintar dari dirinya, dia akan merasa iri hati, makanya dia menyimpan satu jurus. Hati begini tidaklah baik, hati begini adalah hati tumimbal lahir, karma yang dia ciptakan adalah karma tumimbal lahir.
Baik harta maupun keahliannya, tidak sudi digunakan buat membantu orang lain. Ini bukanlah hati Buddha juga bukan hati Bodhisattva, para Buddha dan Bodhisattva Maha Maitri Maha Karuna.
Lihatlah “Empat Tekad Agung Bodhisattva”, salah satu butirnya berbunyi “Bertekad menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas”. Dengan apa menyelamatkannya? Yakni dengan harta kekayaan dan Dharma, jika hanya menggunakan kekayaan tanpa disertai Dharma, maka tidak dapat menyelamatkan para makhluk, jika hanya menggunakan Dharma tanpa kekayaan, maka tidak dapat menyelamatkan makhluk secara luas.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011
下面「慳惜」,慳是什麼?慳心。「《大乘義章》曰:吝惜財法稱慳」。慳是我們講捨不得,自己有財富,不能幫助別人,自己懂得這些法,不願意傳給別人,教別人總得留一手,為什麼?怕別人超過自己,別人超過自己就嫉妒,自己教別人總留一手。這個心不好,這個心完全是輪迴心,他所造作的是輪迴業。「即耽著於財與法,不能施捨利人之心」,不願意幫助別人。那我們知道,這個不是佛心,這不是菩薩心,諸佛菩薩大慈大悲。你看學佛,四弘誓願第一句「眾生無邊誓願度」。用什麼去度?就是用財、用法,有財沒有法不能度眾生,有法沒有財不能普度。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三0集) 2011/5/31 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0430
Tanpa sadar anda mendonasikan sejumlah uang, apa keuntungannya? Anda akan memiliki kehormatan, memberimu selembar kertas piagam, sementara diri sendiri entah sudah mengeluarkan berapa banyak uang.
Semua ini adalah dengan hati tumimbal lahir menciptakan karma tumimbal lahir. Terhadap kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, tentu saja tidak memahaminya, bukan saja tidak memahaminya, bahkan terhadap para Buddha dan Bodhisattva tidak mengenal dengan jelas, menganggap para Buddha dan Bodhisattva sebagai malaikat, orang semacam ini terlampau banyak sekali, orang-orang ini telah menjadikan Agama Buddha sebagai kepercayaan takhayul.
Maka itu dorongan emosional selalu ada, kecurigaan juga selalu ada, penyesalan juga selalu ada, apakah benar dia menyakini Buddha? Bukan. Apakah dia merupakan siswa Buddha? Bukan, tapi gadungan, terhadap Ajaran Buddha dia tidak tahu sama sekali, dia percaya takhayul, bukan keyakinan benar.
Dia menganggap Buddha adalah malaikat, yang bisa membantunya naik pangkat dan kaya raya, setelah sukses baru bayar kaul, kayak menyogok saja, pakai tawar menawar pula, mohon lindungi saya bisa meraup keuntungan satu juta dolar, nanti saya donasi sepuluh ribu buat Anda.
Dia mengira Buddha dan Bodhisattva juga rakus kayak dirinya, yang bisa disogok, orang begini sungguh berat dosanya! Tak terkecuali juga bagi praktisi pelafal Amituofo, jika tidak memahami kebenaran ini, akibatnya juga jatuh ke Neraka.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011
「中悔,信仰不堅,先信後疑,故曰中悔」。中悔我們通常講什麼?後悔。為什麼會後悔?還是有慳貪,貪心沒放下,嫉妒沒放下。所以先聽了,一時衝動,做了好事,做完之後後悔了,我今天被騙了,無緣無故你看丟了這麼多財物,好處在哪裡?發財是好處,無緣無故把這財捐獻,送給別人,這於我有什麼好處?得的是榮譽,假的,給你一張獎狀,一張紙,自己真的損失了很多錢財。這全是輪迴心造輪迴業。對於諸法實相當然不了解,不但不了解,對於諸佛菩薩不認識,把諸佛菩薩當作神明看待,這種人太多太多了,這些人信佛叫迷信。所以衝動常常有,懷疑也常常有,後悔也常常有,他是不是真的信佛?不是。是不是真的佛門弟子?不是,假的,對佛教一無所知,他是迷信,他不是正信。他學佛,以為佛是神仙,可以幫助他升官發財,拿一些供養,像行賄賂一樣,跟佛談條件,你保佑我發財,發一百萬,我供養一萬給你。以為佛菩薩也是貪官,也是會接受賄賂的,造罪業!不學佛還好,學佛就學到地獄去了。念佛人要不明白這些道理,果報也在地獄。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三0集) 2011/5/31 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0430
Master Ciyun Guanding yang hidup pada masa Dinasti Qing era pemerintahan Kaisar Qianlong, pernah menulis sebuah buku berjudul “Penjelasan Surangama Sutra Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Amituofo Dengan Sempurna Tanpa Rintangan”, pada bagian akhir, kesimpulan, terlampir “Seratus jenis akibat yang akan diterima praktisi pelafal Amituofo”.
Saya percaya bukan hanya seratus jenis saja, bahkan terlampau banyak. Dari seratus jenis akibat tersebut, yang pertama adalah jatuh ke Neraka Avici. Waktu itu saya masih berusia muda, melihat tulisan ini, saya jadi kaget, melafal Amituofo adalah hal yang baik, kenapa bisa berakibat jatuh ke Neraka Avici?
Sambil membawa buku ini, saya menghadap guruku, Upasaka Li Bing-nan, beliau berkata ini merupakan persoalan serius, saya takkan memberi jawabannya kepada kamu seorang saja, saya harus menyampaikannya kepada khalayak ramai saat ceramah nanti.
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mereka yang menjadikan Ajaran Buddha sebagai kepercayaan takhayul, akibatnya juga akan jatuh ke Neraka Avici. Mengapa demikian?
Anda telah memberikan citra buruk kepada masyarakat luas, mereka jadi salah paham terhadap Ajaran Buddha, mengira kalau Ajaran Buddha memang sedemikian rupanya, sehingga orang lain jadi menfitnah Buddha Dharma, mencurigai Buddha Dharma, takkan berminat lagi belajar Buddha Dharma, sehingga memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya insan lain, apakah dosa ini tidak berakibat jatuh ke Neraka Avici?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Mei 2011
前清乾隆時代慈雲灌頂法師有一本書,《大勢至菩薩圓通章疏鈔》,我早年講《圓通章》就採取他老人家的《疏鈔》。《疏鈔》後面最後總結,念佛一百種果報,都是念佛人,果報不一樣,一百種果報。我相信一百不是數目字,舉出一百個例子,果報太多了,不一樣。第一個果報就是阿鼻地獄。我當時,那時年輕,看到這個很驚訝,念佛是好事情,怎麼會墮無間地獄?我拿到這個書去問老師李炳南老居士,他一看到這個問題,這是大問題,這不是小問題,我不給你一個人說,我要在講經時候給大家說。像這些心態去念佛,都去阿鼻地獄。你要問為什麼?你給社會大眾產生嚴重的誤會,認為學佛人是這個樣子,讓人家毀謗佛法、懷疑佛法,不再相信佛法,斷了人的法身慧命,這個罪要不要墮阿鼻地獄?要,一點沒錯。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三0集) 2011/5/31 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0430