Thursday, December 17, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011 (Bgn 1)

 

 

Dalam kehidupan modern ini, dalam menekuni karir anda tidak mungkin terhindar dari interaksi sosial, kadang kala juga bisa melakukan kekeliruan. Kalau sempat melakukan kekeliruan, lantas harus bagaimana? Beranikan diri mengakui kesalahan diri sendiri, takkan menutupinya, bahkan memuji kritikan yang dilontarkan orang lain kepada diri kita, hendaknya meneladani dirinya, janganlah meneladani diriku, beginilah sikap seorang Kalyanamitra Sejati.

 

Inilah yang dikatakan insan Tiongkok zaman dulu sebagai “Tidak menguak keburukan orang lain namun menyebarkan kebaikannya”, melihat kebajikan orang lain hendaknya memuji, sebaliknya melihat keburukannya, tidak perlu disebarluaskan, juga jangan taruh di hati.

 

Jika tiap orang bersedia melakukan kebajikan, barulah masyarakat dapat damai dan harmonis, sehat dan stabil, takkan ada saling melempar kritikan, yang ada hanyalah saling memuji.

 

Tak terkecuali pula di dalam Pintu Buddha, Guru Sesepuh dan praktisi senior sejak zaman dulu hingga sekarang, mendidik murid-muridnya, “Jika ingin Buddha Dharma berjaya, hanya bisa dilakukan dengan saling memuji antara sesama anggota Sangha”.

 

Anggota Sangha saling memuji maka Buddha Dharma pun akan berjaya. Sebaliknya jika anggota Sangha saling melemparkan kritikan, bahkan memuji diri sendiri dan memburukkan orang lain, maka Buddha Dharma pun menuju pada kemusnahan. Apakah kita termasuk salah satu individu yang hendak menjayakan Buddha Dharma atau yang hendak memusnahkan Buddha Dharma?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011

 

「示有諸過,讚歎梵行」。日常生活當中,你說在這個時代,你做這麼多事業,你不能不應酬,你不能不交際,有的時候也有過失,在所不免。雖有過失,怎麼樣?承認自己有過失,並不隱瞞,而且對於沒有過失的人讚歎,應當要學他,別學我,這是真善知識。這就是中國古人講的「隱惡揚善」,看到別人的好處要讚歎,看到別人有過失不必說,不要放在心上,隱惡揚善。社會人人都願意做好事,社會才安和、才健康、才穩定,沒有批評的,只有讚歎的。佛門也不例外,古來祖師大德教弟子,「若要佛法興,唯有僧讚僧」。出家人互相讚歎,佛教就興旺;出家人要是互相批評,甚至於自讚毀他,佛法就滅了。我們是做一個復興佛法的,還是去做滅亡佛法?

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七六集)  2011/9/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0576

 

 

 


Patut diketahui ini merupakan periode berakhirnya Dharma, para makhluk yang berada pada era ini memiliki rintangan karma yang berat, melakukan kekeliruan adalah hal yang sulit dihindarkan.

 

Insan zaman dulu berkata, “Manusia bukanlah insan suci”, meskipun anggota Sangha sekalipun, anda bukanlah Buddha atau Bodhisattva, jadi bagaimana mungkin tidak pernah melakukan kekeliruan sama sekali?

 

“Asalkan bersedia memperbaiki kesalahan, tiada lagi kebajikan yang lebih besar daripada hal ini”. Sungguh benar adanya.

 

Beberapa hari yang lalu, ada orang yang datang menyampaikan padaku, “Master Chin Kung, buku-buku sutra yang kalian cetak”, di atas cover buku sutra ada tercantum judul sutra, itu adalah tulisan kaligrafi-ku.

 

Lalu dia bilang lagi, “Kalau boleh, jangan menorehkan nama pribadi Anda lagi, soalnya di dalam Negeri Tirai Bambu, nama Anda tidak disukai”. Saya jawab, boleh, hapus saja namaku, dengan demikian lebih gampang disebarluaskan.

 

Orang yang datang dan menyuruhku menghapus namaku, saya harus berterima kasih padanya. Kenapa pula harus berterima kasih padanya? Nama itu hanyalah khayalan semu, sebuah nama juga dapat membantu diri sendiri meningkatkan perasaan pongah, jadi menghapus nama itu juga merupakan hal yang bagus.

 

Sejak itu ketika ada orang yang meminta saya menulis tulisan kaligrafi buat dirinya, saya takkan menyisipkan namaku lagi. Jadi saya berterima kasih pada orang yang telah memberi usulan padaku, manusia itu yang penting punya etika moral yang nyata, tidak butuh nama semu.

 

Sementara itu diri kami ini, bahkan moralitas nyata saja tidak punya, apalagi menginginkan nama semu, bukankah ini berdosa? Maka itu orang yang telah menyadarkan diriku ini, kami mengucapkan terima kasih, kami takkan menyalahkan dirinya, jika ada ganjalan di hati maka ini merupakan kekeliruan, dalam hati kami hanya ada rasa terima kasih.

 

Orang yang menfitnah diriku, mengkritik diriku, mencelakai diriku, lihatlah sehari saya memberi ceramah sebanyak dua sesi (pagi dua jam, sore dua jam), dua kali sehari saya melimpahkan jasa kebajikan ini kepada mereka.

 

Yang pastinya tidak boleh berseteru dengan orang lain, kalau punya niat berseteru maka ini sudah salah, anda bukan lagi belajar Ajaran Buddha, oleh karena sebelum belajar Buddha Dharma, hal pertama yang harus dihancurkan adalah “Pandangan yang menganggap tubuh ini adalah aku”. Yang kedua adalah “Pandangan Dualisme”, yakni dua sisi yang saling bertentangan contohnya kaya miskin, kanan-kiri, hitam-putih dan sebagainya. Mengapa demikian? Oleh karena anda telah melekat!

 

Kami senang dapat menorehkan tulisan kaligrafi buat orang lain, namun tidak boleh melekat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011

 

Tiga Periode Dharma :

https://daunbodhi.blogspot.com/2020/12/tiga-periode-dharma.html

 

要知道這是末法時代,末法時代的人業障都深重,有過失在所不免。古德說得好,「人非聖賢」,出家學佛了,你不是佛菩薩,你怎麼會沒有過失?「過而能改,善莫大焉」,這個對的。前幾天有人來告訴我,他說「法師,你們印的經本」,經的名字是我題的幾個字,我題的字好像有名字。他說「法師,國內討厭你的名字,你把名字去掉好不好?」好,去掉,法流通就好。叫我把名字去掉的人,我感恩他。為什麼感恩他?名是假名,也會幫助自己貢高我慢,名字去掉好。從今以後我給人題字都不用名字。我感恩他,人要有實德,不要有虛名。我們連實德都沒有,再要個虛名這就是罪過了。所以他的提醒我們要感恩,我們不能責怪,責怪那我們就錯了,我們用感恩的心就對了。毀謗我的人、批評我的人、陷害我的人,你看看我每天講經,兩次給他迴向,講經功德供養他。決定不能跟人對立,對立你就錯了,你不是學佛,佛法頭一個破我見,第二個就是破對立,邊見。為什麼?你住相了!我們給人題個字,後頭不落款,不住相,心不住相。這是經上佛教給我們的,何必要著相?所以是好事,不是壞事。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七六集)  2011/9/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0576

 

 

 


Tempo dulu ketika saya menuntut ilmu di Taiwan, berguru pada Profesor Fang Dong-mei, saya mendengar ada orang yang mengkritik dirinya, katanya beliau tidak bermutu sama sekali.

 

Siapakah orang yang melontarkan kritikan pedas tersebut? Orang sekampungku, penduduk Kabupaten Tongcheng (Provinsi Anhui), mereka satu kampung halaman denganku, katanya sudah melihat Profesor Fang Dong-mei sejak kecil sampai dewasa, lalu mengkritik Guru Fang.

 

Andaikata tempo dulu saya percaya pada perkataan mereka, maka celakalah! Saya bilang pada mereka, kalian mengatakan sisi jelek Guru Fang, tapi kalian tidak pernah menyaksikannya secara langsung, kalian juga mendengar dari mulut orang lain; sedangkan saya sekarang, tiap minggu belajar dan bertatap muka secara langsung dengan Guru Fang, saya menyaksikan langsung bagaimana tindak tanduk beliau.

 

Sama halnya pula ketika saya berguru pada Master Zhangjia, orang-orang yang mengkritiknya juga banyak sekali, mereka bilang Master Zhangjia adalah Bhiksu politik, memangnya apa yang dia bisa? Kenapa kamu mau belajar padanya?

 

Demikian pula ketika saya berguru pada Upasaka Li Bing-nan, ada anggota Sangha yang melontarkan kritikan, katanya tidak sesuai dengan Dharma. Andaikata tempo dulu saya mendengarkan gunjingan begini, maka sejak awal karirku sudah tamat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 September 2011

 

「又《大論》曰」,《大論》是《大智度論》,「於諸師尊,如世尊想。若有能開釋深義,解散疑結,則盡心敬之,不念餘惡」。真求善知識是這種心態。我們遇過,早年我在台灣求學,我的老師方東美先生有人批評他,說他一文不值。哪些人?家鄉人,桐城老家的人,他們知道,從小看他長大的,批評他。我要是信了他們的話,不就完了!我說你們的批評,你也沒見到,你是聽別人說的;我今天跟方先生是每個星期見一次面,我親眼看見他的。我跟章嘉大師,批評也很多:章嘉大師,政治和尚,他懂什麼?你怎麼跟他學?跟李老師的時候,出家人說那是四寶,不如法的。如果聽這些人的,我們早就完了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七六集)  2011/9/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0576