Master
Shandao di dalam hasil karyanya yang berjudul “Penjelasan Amitayurdhyana Sutra”
mengemukakan tentang dua jenis keyakinan hati, yang pertama adalah, harus
mengakui diri sendiri adalah orang awam, diri sendiri menciptakan banyak sekali
karma buruk, harus mengakuinya. Setelah mengakuinya barulah kita bersedia
bertobat dan kembali ke jalan yang benar.
Yang
kedua, harus memiliki keyakinan yang mendalam bahwasan-nya Buddha Amitabha
mengikrarkan 48 tekad adalah guna menyelamatkan diriku, harus mengakuinya
sedemikian rupa, inilah yang disebut sebagai menerima dan memikulnya.
Buddha
Amitabha mendirikan Alam Sukhavati adalah demi diriku, demi memberikan sebuah
lingkungan belajar yang baik buat diriku, bukan diperuntukkan buat orang lain.
Dengan
berpikir demikian, hubungan kita dengan Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati akan
memiliki ikatan yang sangat erat dan dekat. Kita dan Buddha adalah satu
keluarga, Alam Sukhavati adalah rumahku, dengan demikian mana ada alasan lagi
tidak terlahir ke Alam Sukhavati, mana ada alasan lagi tidak berhasil!
Jadi
jangan sampai berpikir menyimpang, Buddha Amitabha mendirikan Alam Sukhavati
buat orang lain, saya tidak punya bagian, kalau pikirannya begitu yah sepanjang
hayat bagaimana pun bersusah payah melatih diri juga takkan berhasil.
Maka
itu niat pikiran ini sangatlah penting, oleh karena niat pikiran ini dapat
melenyapkan siklus kelahiran dan kematian sejak kalpa tanpa awal. Selama ini
kita berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, tiada usainya,
sungguh merupakan penderitaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Mei 2011
善導大師《觀經》註解講的兩種信心,這個信就是覺悟,講得非常好。第一個覺悟,要肯定自己是凡夫,自己造很多的罪業,要承認。承認,我們才能夠懺悔,才能夠改過。第二個,要深深相信阿彌陀佛發四十八願是度我的,要這樣承認才行,叫直下承當。阿彌陀佛建立西方極樂世界是為我建的,為我建立一個非常理想的修學道場,不是為別人,要這樣想,我們跟阿彌陀佛、跟極樂世界的關係就非常密切了。我們跟佛是一家人,我們跟極樂世界是一個家庭,這樣哪有不往生的道理、哪有不成功的道理!可不能想歪了,阿彌陀佛是為別人建的,我沒有分,那我們這一生怎麼修也修不成功。所以這個信心非常重要。這個心一發就能傾盡,傾盡就是斷盡,斷盡什麼?無始以來的生死。我們在六道生生死死搞輪迴,沒完沒了,苦不堪言。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九六集) 2011/5/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0396
Apabila anda tidak melatihnya, maka Bodhicitta
takkan muncul. Andaikata anda tidak mencapai Bodhicitta, maka tidak dapat
memetik manfaatnya. Maka itu anda harus melatih dan mencapainya, bagaimana cara
melatihnya?
Di
dalam kehidupan keseharian, saya menggunakan hati yang tulus, takkan
menggunakan hati yang semu, hati semu itu adalah munafik penuh kepura-puraan,
melainkan menggunakan ketulusan hati, istilah umumnya adalah jujur, kejujuran
sangat mendekati Bodhicitta.
Manusia
itu harus setia dan jujur, insan yang setia dan jujur itu menggunakan hati yang
tulus, anda mengelabuinya, dia tidak tahu, dia percaya pada dirimu, alhasil
siapa yang paling dirugikan?
Orang
yang tertipu tidak menderita kerugian apa-apa, sebaliknya penipu menderita kerugian
besar. Orang yang tertipu adalah orang yang jujur, orang jujur selamanya takkan
menderita kerugian.
Cobalah
kita menggunakan pikiran yang jernih guna mengamati dan merenungkan dengan
seksama, anda pasti dapat memahaminya, orang jujur selamanya takkan menderita
kerugian. Mengapa demikian?
Lihatlah
etika moral dan kebijaksanaannya dari hari ke hari terus berkembang dan maju,
sementara rintangan karmanya terus menerus terkikis dari hari ke hari, maka itu
bagaimana bisa dikatakan dia dirugikan?
Orang
Tiongkok zaman dulu berkata “Menerima kerugian adalah berkah”, sungguh
beralasan! Insan yang menerima kerugian memiliki pahala, oleh karena
mengeliminasi rintangan karma, etika moral dan kebijaksanaan-nya berkembang,
jadi kerugian apa yang dialaminya?
Sedangkan
penipu menderita kerugian besar, penindas juga menderita kerugian besar, dia
menciptakan karma buruk, kelak jatuh ke tiga alam penderitaan, maka itu
hendaknya mengamati dengan seksama, buah karma yang diterima adalah berbeda.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Mei 2011
「若修證出現」,你要不修,菩提心不會出現。你要沒有證得菩提心,菩提心的功用你就享受不到。所以你要修,你要證。怎麼個修法?日常生活當中,我用真心過生活,我不用妄心,妄心是虛情假意,也就是真誠心,我們中國俗話說老實,老實非常接近菩提心。人要忠厚老成,忠厚老成的人他用真心,你騙他,他不知道,他相信,結果誰吃虧?被騙的人不吃虧,騙人的人吃虧了。被騙的人老實,老實人永遠不會吃虧。這些事跟理我們很冷靜的去觀察思惟,你能體會得到,老實人永遠不會吃虧。為什麼不會吃虧?你看他的德行、他的智慧天天增長,他的業障天天在消除,他怎麼吃虧?我們中國古人講「吃虧是福」,有道理!吃虧的人有福報,吃虧怎麼?業障消了,德行智慧增長了,他吃什麼虧?騙人的人吃虧了,欺負人的人吃虧了,他造作罪業,他將來果報在三途。所以一定要曉得細心去觀察,不一樣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九六集) 2011/5/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0396
Orang
Tiongkok zaman dulu mengatakan bahwa hati manusia merupakan akar dari aturan
hukum. Andaikata hati manusia tidak baik, maka sebaik apapun peraturan tersebut
juga tidak ada gunanya, manusia tetap saja akan melakukan kejahatan.
Tetapi
apabila manusia dididik jadi baik, meskipun tanpa diberlakukan peraturan,
mereka tetap akan berlaku bajik dan tertib. Ini merupakan konsep terpenting
selama beribu-ribu tahun bagi Negeri Tirai Bambu dalam menata pemerintahan dan
mewujudkan perdamaian dunia, ini adalah insan suci dan bijak.
Insan suci
dan bijak takkan memikirkan diri sendiri, kehidupan yang dilewatinya sangatlah
susah, sama dengan kehidupan yang dilewati rakyat banyak.
Tempat
kediaman yang dihuni oleh Kaisar Zhou Wen-wang adalah sama dengan rumah rakyat
biasa, tidak ada sisi yang lebih bagus; demikian pula makanan yang disantapnya,
juga sama dengan makanan yang dikonsumsi rakyat.
Ini
adalah insan suci, tidak pernah memikirkan bagaimana supaya bisa hidup nyaman
sedikit.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 5 Mei 2011
我才肯定,中國古大德所說,這就是講法治跟倫理道德。中國古人重視法治,他說「法,治之本也」,這就是治國平天下的根本,像國家的憲法,治之本也。「人者,本之源也」,這個人是什麼?人就是人心,人心是那個法的根源。如果人要不好,法再好沒用,人一樣幹壞事;人要是好人,法再壞,甚至於沒有法,他都會做出好事。這是中國幾千年治國平天下最重要的理念,那就是什麼?聖賢君子。所以中國古代是聖賢君子的政治。中國人講五個層次,「道德仁義禮」。道,聖人,為什麼?純淨純善,沒有自己,起心動念都是為天下眾生想,聖人!他不想自己,自己的生活過得很清苦,跟平民一樣。周文王住的房子跟老百姓的房子一樣,沒有比他住得更好一點;吃的東西跟老百姓一樣。這是聖人,從來沒有為自己好像舒服一點這樣著想,沒有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九六集) 2011/5/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0396