Thursday, November 19, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011 (Bgn 6)

 

  

Kejayaan manusia maksimal cuma sebatas menjadi raja, menikmati harta kekayaan di seluruh pelosok negeri, kekayaan dan kejayaan manusia cuma bisa sebatas begini saja, tidak bisa lebih lagi.

 

Pahala yang lebih tinggi adalah menjadi Raja Dewa. Tingkatan Raja Dewa juga sangat banyak, yang umumnya dipuja orang Tionghoa adalah Raja Sakra atau Kaisar Giok atau Thi Kong, beliau merupakan Raja Dewa di Surga tingkatan kedua atau Trayastrimsa.

 

Surga tingkat pertama atau yang paling dasar di Kamaloka adalah Caturmaharajika, tingkat kedua adalah Trayastrimsa, Raja Sakra adalah penguasa Surga Trayastrimsa, lalu naik lagi ke atas adalah tingkat ketiga, yaitu Surga Yama, tingkat keempat adalah Surga Tusita, Bodhisattva Maitreya sedang berdiam di Surga Tusita, tingkat kelima adalah Nirmanarati, tingkat keenam adalah Parinirmita-vasavartin. Inilah enam tingkatan Alam Surga di Kamaloka, dimana penghuni surga di sini masih belum melenyapkan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur).

 

Semakin tinggi alam surga yang dicapai, semakin tipis lima nafsu keinginan-nya, namun belum diputuskan hingga ke akar-akarnya. Andaikata telah berhasil diputuskan hingga ke akar-akarnya, maka sudah berhasil melampaui Kamaloka, naik ke Rupaloka.

 

Di Rupaloka terdapat 18 tingkatan Alam Dewa atau Alam Surga, di sini para Dewa telah memutuskan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur).

 

Maka itu Dewa di sini tidak butuh makan lagi, juga tidak butuh tidur lagi, lima nafsu keinginan pupus sudah, para Dewa di sini tidak berminat pada harta, rupa, popularitas, makanan, tidur, begini barulah merupakan kehidupan yang bahagia!

 

Sementara kita di dunia ini sibuk mengejar lima nafsu keinginan ini, sungguh merana, tak berdaya disingkirkan. Dewa di Rupaloka telah terbebas dari lima nafsu keinginan, tetapi dia masih memiliki raga, dia masih memiliki istana kediaman.

 

Fisik-nya sehat, panjang umur, bukan hanya takkan jatuh sakit, bahkan takkan mengalami proses penuaan. Mengapa demikian? Dia tidak memiliki bentuk-bentuk pikiran, proses penuaan yang dialaminya juga hanya sekejab saja.

 

Kapankah hal ini terjadi? Tujuh hari menjelang kematian-nya, fenomena penuaan muncul, begitu melihat gejala penuaan muncul pada dirinya, ajalnya pun tiba, ini merupakan hal yang paling menyengsarakan bagi dirinya. Jadi sepanjang hayat, penderitaan yang dialaminya cuma beberapa hari menjelang ajal saja, selain beberapa hari tersebut, dia tidak tahu adanya derita.

 

Maka itu Dewa di Arupaloka tidak menghendaki tubuh fisik lagi, oleh karena tubuh jasmani ini membawa banyak kerepotan dan membebani, makanya mereka tidak menghendaki raga lagi, inilah Alam Arupaloka, umumnya kita sebut sebagai dunia spiritual, tidak punya tubuh kasar, dia melekat bahwa roh ini adalah aku, jadi dia masih memiliki kemelekatan pada keakuan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

 

人間富貴到極處就是帝王,所以說貴為天子,富有四海,人間富貴至極,到頂點。

 

比這個福報大的那是天王,天王等級有很多,中國人常講的玉皇大帝,那是欲界第二層天,第一層是四王天,第二層是忉利天,玉皇大帝是忉利天主,再往上去,夜摩天,兜率天,彌勒菩薩住兜率天,化樂天,他化自在天,這是欲界,就是財色名食睡這五種欲沒斷,愈往上去愈淡薄,但是他沒斷。如果要是斷了,斷了就超越欲界,到色界去了。色界十八層天,色界裡頭沒有欲,財色名食睡都沒有。所以色界天不要吃飯,色界天人不會睡覺,這五樣東西都沒有了,他不要財,他不要色,他不要名,他不要吃,他不要睡覺,這個快樂!我們在這個世間這五樁事情太苦,沒有辦法擺脫掉。色界天人擺脫掉了,但是他還有身,他還有居住的宮殿。他身體健康、長壽,他不會生病,不但不生病,他也不會衰老。為什麼?他沒有妄念,他的衰老只是一剎那。什麼時候?他壽命快終的前七天,衰老的樣子現前,一看到衰相現前,他的壽命就到了,那是他最苦的事情。所以他一生苦也不過就幾天,除那幾天之外他不知道有苦。所以最高級的凡夫他不要身體,有身體有麻煩,累贅,不要身體,無色界天,我們通常稱它作靈界,他沒有肉身,他還執著那個靈是我,所以他還是有我執。  

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558

 

 

 


Segala kebutuhan hidup terpenuhi, “Hanya menikmati kesenangan duniawi buat sementara waktu, setelah berkah habis dinikmati, jatuh ke alam penderitaan, kesengsaraan di kemudian hari tiada habis-habisnya”.

 

Kalimat ini sangat penting, benar-benar merupakan kesengsaraan di kemudian hari tiada habis-habisnya. Mengapa demikian? Setiap kehidupan demi kehidupan saling balas membalas tiada usai-usainya, di dalam enam alam tumimbal lahir, inilah yang dilakukan.

 

Tiap hari niat pikiran yang timbul adalah menjalin jodoh dengan para makhluk, yang namanya jodoh itu adalah jodoh baik dan jodoh buruk, tiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas tiada usai-usainya, alangkah merepotkannya, betapa menakutkannya!

 

Setelah berkah habis dinikmati pasti jatuh ke alam penderitaan. Di dalam tiga alam rendah, setelah hukuman habis dijalani pasti naik ke tingkatan alam yang lebih tinggi, contohnya hukuman di Neraka habis dijalani naik ke Alam Setan Kelaparan, hukuman di Alam Setan Kelaparan habis dijalani naik ke Alam Binatang, lalu naik ke Alam Manusia, jadi masa hukuman selesai dijalani akan naik ke tingkatan alam yang lebih tinggi.

 

Menuju ke atas berarti dia menikmati berkah, setelah berkah habis dinikmati dia pun harus jatuh kembali ke alam rendah. Demikianlah di dalam enam alam tumimbal lahir, kita melakoni drama begini, jika anda telah tercerahkan pasti merasa muak, tidak ingin meneruskannya lagi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

一切豐足,「暫享世樂,福盡還墮,後患無窮」。末後這句話很重要,真的是後患無窮。為什麼?生生世世冤冤相報沒完沒了,在六道裡就搞這些事情。每天起心動念言語造作都是跟眾生來結怨,佛門裡面講結緣,緣有善緣、有惡緣,冤冤相報,生生世世沒完沒了,這個多麻煩,這多可怕!所以福盡一定墮落。在三惡道裡面,罪盡了一定往上升,地獄升到餓鬼,餓鬼升到畜生,畜生又會回到人道來,他往上升,罪滅盡了就上升,在上面的他享福,福報享盡一定往下墜落。六道裡面就是搞這個把戲,你要看穿了之後你會討厭,不想再搞了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558

 

 

 

 

 

“Saat ajal menjelang, meskipun sanak keluarga melakukan pelimpahan jasa bagi dirinya, dengan harapan supaya dia dapat terselamatkan. Namun akar pandangan sesatnya sangat mendalam, melekat pada pandangan salah dan tidak tercerahkan, dikarenakan pandangan sesat dan rintangan karmanya, sehingga tidak dapat keluar dari tumimbal lahir”.

 

Apa artinya pandangan sesat? Kekotoran batin pandangan dan pemikiran, yang merupakan pengendali di dalam enam alam tumimbal lahir, maka itu setelah kekotoran batin pandangan dan pemikiran berhasil dilenyapkan, maka enam alam tumimbal lahir ikut sirna.

 

Enam alam tumimbal lahir sungguh merupakan sebuah mimpi buruk, Alam Dewa (Surga) merupakan sebuah mimpi indah, tiga alam penderitaan merupakan mimpi buruk, benar-benar terjebak dalam mimpi.

 

Master Yongjia berkata, “Di dalam mimpi enam alam tumimbal lahir tampak seolah-olah nyata adanya, namun setelah tercerahkan tidak ada sesuatu apapun”.

 

Setelah anda terbangun, enam alam tumimbal lahir tidak tampak lagi, telah sirna, maka itu enam alam tumimbal lahir bukan nyata adanya. Fakta ini wajib diketahui, setelah memahami kebenaran ini, kita takkan melekat lagi sehingga dapat melampaui enam alam tumimbal lahir.

 

Tidak melekat berarti tidak menciptakan karma lagi, meneladani Buddha dan Bodhisattva menuruti jodoh apa adanya, menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain.

 

Setelah diri sendiri tercerahkan, pikiran telah tercerahkan, tindakan juga telah tercerahkan, maka jarak dengan Buddha dan Bodhisattva semakin dekat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

Tiga Kelompok Kekotoran Batin :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2011 (Bgn 1)

https://keseimbanganbatin2.blogspot.com/2020/07/kutipan-ceramah-master-chin-kung-17-mei.html

 

 

「命終之後,親眷雖為之懺罪祈福,修法誦經,欲相救度。但彼之邪見根深,執迷不悟,因邪見業王,未能捨離」。『邪見業王』是什麼?見思煩惱,見惑、思惑就是邪見業王,六道裡頭它做主宰,所以見思煩惱斷了,六道輪迴就沒有了。六道真的是一場惡夢,天道是做好夢,三惡道是做惡夢,真的是夢中。《永嘉大師證道歌》講得非常好,說「夢裡明明有六趣,覺後空空無大千」。當你醒過來之後,六道不見了,沒有了,所以它不是真的。這個事實真相要知道,知道事實真相,我們對於境界就不執著了,不執著就有可能超越,不執著不造業了,學諸佛菩薩隨緣,恆順眾生,隨喜功德。自己真正覺悟了,覺悟了的心,覺悟了的行為,就跟佛菩薩愈來愈接近。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558