Saturday, September 26, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011 (Bgn 8)

 

 

Yang dimaksud dengan akar kebajikan di dalam metode Sukhavati adalah melafal Amituofo. Praktisi senior zaman dulu memiliki perumpamaan, keterampilan melafal Amituofo harus sampai tahapan yang bagaimana?

 

Yakni sampai pada tahapan, apa yang selama ini asing berubah menjadi akrab, sebaliknya apa yang akrab selama ini berubah menjadi asing, maka anda telah berhasil.

 

Apa yang akrab dengan kita selama ini? Bentuk-bentuk pikiran, tanpa disadari sejak pagi hingga malam hidup berdampingan dengan bentuk-bentuk pikiran, begitu akrab dengannya; sebaliknya lafalan Amituofo terasa begitu asing, selalu saja melupakannya, tidak sanggup membangkitkannya.

 

Lafalan Amituofo terasa asing, sementara itu bentuk-bentuk pikiran justru begitu akrab dengannya, sekarang kita menukarnya, bagaimana caranya supaya lafalan Amituofo jadi akrab dengan kita, sementara tabiat sendiri jadi asing, dengan menukar kedua hal tersebut maka keterampilan pun jadi efektif.

 

Cara penyampaian begini sangat bagus, yang akrab ditukar jadi asing, yang asing ditukar jadi akrab, melakukan perubahan terhadap kedua hal tersebut.

 

Untuk mewujudkan perubahan ini, terlebih dulu menyingkirkan nafsu keinginan, terhadap dunia ini takkan mendambakannya, barulah anda mampu melakukan perubahan, sebaliknya jika terhadap dunia ini masih begitu mendambakannya, maka untuk melakukan perubahan adalah terlampau sulit sekali.

 

Dendam masih harus dibalas, menyimpan dendam di dalam hati, kalau begini pasti sulit melakukan perubahan; segala budi dan dendam di dunia ini jangan lagi taruh di hati. Terhadap budi dan dendam ditanggapi dengan hati yang berterima kasih, dengan hati yang suci, setara dan tahu berterima kasih.

 

Di alam saha ini, kita telah mengikat hubungan entah sudah berapa banyak masa kehidupan dan berapa banyak kalpa, kini saya telah tercerahkan, takkan sudi melakukannya lagi, terima kasih pada semua orang, kali ini merupakan kelahiranku yang terakhir, saya akan terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Harus memiliki sikap mental sedemikian rupa, suasana hati begini, benar-benar telah melepaskan kemelekatan, dengan suasana hati demikian anda pergi melafal Amituofo, maka lafalan Amituofo akan berubah dari asing menjadi akrab.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

「又《大悲經》曰:一稱佛名,以是善根入涅槃界,不可窮盡。」這就說到念佛人,淨土宗的善根是什麼?就是念佛。古大德有個比喻,念佛功夫要念到什麼程度?比喻當中說,生處轉熟,熟處轉生,你就成就了。我們現在一般人,熟是什麼?雜念,不知不覺一天到晚會雜念起來,熟了;佛號,佛號生疏,老是忘掉,提不起來。佛號生,妄念熟,現在把它調轉一下,怎樣把佛念搞熟,把自己習氣搞生疏,這樣一調轉功夫就成就。這個說法說得很好,熟處轉成生處,生處轉成熟處,給它來個改變。這改變首先欲望放下,對這個世間沒有欲望,你才能轉得過來;如果對這個世間有欲望,對欲望有貪戀,那就太難太難了。怨恨還要報復,記仇在心,這個很難轉;這個世間恩恩怨怨要一筆勾消,統統放下。對於這些親怨用一個心,感恩的心,清淨平等感恩的心來對待。在娑婆世界,我們糾纏了不知道多少生多少劫,現在我覺悟,不幹了,感謝大家,我走了。要有這種態度,要有這種心情,真放下了,這樣的心情你去念佛,佛就能轉生為熟。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九0集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0490

 

 

 


Dari mana berkah kebajikan Buddha Amitabha berasal? Buddha Sakyamuni membabarkannya di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, berkah kebajikan Buddha Amitabha berasal dari jasa kebajikan melatih diri selama kalpa yang tak terhingga.

 

Pada masa kehidupan lampauNya, Buddha Amitabha adalah seorang maha raja  di dunia ini, pada saat itu Buddha Lokesvararaja sedang membabarkan Dharma, raja mendengar pembabaran Dharma dan tercerahkan, lalu meninggalkan tahta-nya dan menjadi Bhiksu bernama Dharmakara.

 

Akar kebajikan selama kalpa yang tak terhingga, menuntunnya mengikrarkan 48 tekad agung. Setelah mengikrarkan 48 tekad agung, lalu menggunakan waktu 5 kalpa melatih diri dengan bersungguh-sungguh, mewujudkan setiap butir tekad dari 48 tekad agung.

 

Jasa kebajikan dari 48 tekad agung telah mewujudkan Alam Sukhavati di penjuru barat, jadi Alam Sukhavati terwujud dari kekuatan tekad Buddha Amitabha, kekuatan dari pengamalanNya, jasa kebajikan dari pelatihan diriNya.

 

Alam Sukhavati bukanlah didesain oleh manusia, juga bukan dibangun seperti proyek konstruksi di dunia fana ini, namun terwujud secara alami.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

  阿彌陀佛福德從哪來的?這經上釋迦牟尼佛告訴我們,無量劫的修學功德,過去生中無量劫的功行,他成為世饒王,這世間的大國王,做國王遇見自在王佛,聽經聞法覺悟,把國王捨棄,出家叫法藏比丘。無量劫的那個善根、那個親因,發起他的四十八願,發四十八願之後,又用五劫的時間認真修行,勇猛精進,將四十八願每一願都成就了。四十八願成就的功德,感應得西方極樂世界,所以極樂世界是阿彌陀佛願力、行力,修行的功德成就的。它不是人工設計的,它也不是像我們這個地方施工建造成的,它不是,它是自然感應得的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九0集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0490