Hari ini kesesatan kita begitu parahnya, insan zaman dulu lebih tercerahkan dibandingkan diri kita, maka itu insan zaman dulu mengungguli kita dalam segala hal.
Hari ini umumnya manusia modern merasa kemajuan teknologi-nya telah melampaui insan zaman dulu, namun menurutku tidaklah demikian. Mengapa saya tidak sependapat? Sesungguhnya segala ilmu dan teknologi ini, insan zaman dulu telah mengetahuinya, hanya saja mereka tidak sudi mengembangkannya, mengapa demikian? Oleh karena pengorbanan yang harus dibayar itu terlampau mahal.
Perkembangan ilmu dan teknologi baru berlangsung tidak sampai tiga abad lamanya, tetapi lihatlah apa yang terjadi hari ini, berapa besar pengorbanan yang harus kita bayar, masyarakat dunia bergolak, Bumi dilanda bencana bertubi-tubi.
Andaikata Perang Dunia Ketiga meletus, perang nuklir, perang biologi, akan memakan korban hingga separuh dari populasi dunia. Sekarang total populasi dunia ada sekitar 7 miliar jiwa, separuhnya berarti 3-4 miliar jiwa, inilah pengorbanan yang harus kita bayar. Maka itu Leluhur memiliki kebijaksanaan, takkan melakukan hal bodoh sedemikian rupa.
Kini manusia memiliki kemampuan terbang melintasi cakrawala, untuk mengelilingi Bumi hanya dibutuhkan waktu sehari saja, namun rasa kemanusiaan itu tidak ada lagi.
Tempo dulu, kita umpamakan saja Taiwan, dari bagian selatan menuju ke bagian utara harus menempuh jarak seribu li, kereta kuda mampu menempuh jarak 100 li perhari, jadi butuh waktu 10 hari baru bisa sampai. Bayangkan bagaimana perasaan anda menerima tamu yang menempuh perjalanan selama 10 hari? Wah, tamu ini pasti merupakan tamu yang langka! Alangkah kentalnya rasa persahabatan ini.
Bagaimana dengan sekarang ini? 1-2 jam sudah sampai, tuan rumah tidak merasa ada apa-apanya lho. Inilah yang dikatakan sebagai waktu yang menyusut jadi pendek, rasa kekeluargaan itu sudah tidak ada lagi, inilah pengorbanan yang anda bayar. Apakah anda menyadarinya?
Manusia zaman dulu hidup berdampingan dengan puisi dan lukisan, kondisi batin begini, selamanya takkan pernah kita pahami, kita takkan pernah merasakannya, perasaan tulus, bajik dan indah itu tidak dapat kita rasakan lagi.
Lantas apa yang kita rasakan hari ini? Hari ini kita hidup dalam dunia yang penuh dengan kerisauan, barulah anda sadari kebijaksanaan insan zaman dulu, mereka sangat cerdas, tidak mengembangkan teknologi dan penemuannya, sehingga masyarakat dapat menikmati kehidupan yang sejahtera, harmonis, aman sentosa.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2011
我們今天迷了,迷得很嚴重,古人比我們覺悟,所以古人東西要跟我們現在相比,他比我們好,我們不如他。我們今天一般人講,現在人的科學技術超越古人,你這個話跟我講,我不承認。我為什麼不承認?這些科學技術古人都知道,他不願意發展,你問為什麼?因為付出的代價太大。科學技術發展到現在不過三百年,今天看到了,要付出代價,這代價是什麼?社會的動亂,地球的災變。如果發生第三次世界大戰,核武戰爭、生化戰爭,這個戰爭一爆發,地球上至少要死一半的人數。現在地球是七十億人,一半差不多要死三十多億、四十億,這就是你付出的代價。所以老祖宗有智慧,不幹這個傻事。
現在飛越地球,繞地球一周一天的時間就夠了,人情味沒有了。你說在古時候,不要那麼遠,一千里路,騎個小馬車,馬車快,一天能走一百里。一千里路,我以台灣來說,台灣從南到北一千里,十天才到達,稀客!那個人情味多濃厚,走了十天才到。現在呢?一、二個小時就到,人情味沒有了。這就是什麼?時間是縮短了,人情味沒有了,這是你付出的代價。你有沒有能覺察得到?古人生活在詩情畫意的世間,這個境界我們永遠無法體會,感受不到,這真善美的感受沒有了。現在的感受是煩惱,然後你就想到還是古人高明,還是古人聰明,不發展,社會永遠是安定和諧,人民生活真快樂、真幸福。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八六集) 2011/7/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0486
Kemajuan teknologi berkembang hingga hari ini, kehidupan di dunia mirip dengan era kekacauan, tidak memiliki rasa aman. Manusia tidak mempunyai tempat berlindung lagi, tempo dulu mereka masih memiliki keluarga besar dimana dirinya berasal, yang merupakan tempat berpijaknya, tak peduli apapun yang anda alami di luar sana, baik suka maupun duka, keluarga selamanya menjadi pendukungmu, menjadi jaminan seumur hidupmu, sekarang mana ada lagi.
Zaman dulu setiap keluarga besar memiliki kuil keluarga, setiap insan masih tahu memuja leluhur, setahun ada beberapa kali, tidak melupakan asal usul diri sendiri, sekarang manusia sudah melupakan silsilahnya, hidup dalam kesepian, merana dalam kesengsaraan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.
Apa yang menyebabkan kondisi seperti ini? Kemajuan ilmu dan teknologi telah menciptakan keadaan ini. Lantas bagaimana supaya kemajuan ilmu dan teknologi bisa membawa manfaat tanpa efek samping sama sekali? Hal ini ada di Alam Sukhavati.
Kemajuan ilmu dan teknologi di Alam Sukhavati merupakan yang paling canggih, hanya membawa manfaat tanpa ada efek samping sama sekali, membawa pada penduduknya kesehatan, keharmonisan, permukaan alam yang kokoh.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2011
科學技術發展到今天,就好像生活在兵荒馬亂之間,沒有安全感。人生在世間沒有歸宿,在從前有老家,現在哪裡有老家?老家是一個人的根,無論你遭遇到什麼苦難,老家支持你,老家是你一生的保障,現在沒有了。從前老家是大家庭,每一家都有祠堂,知道祭祀祖先,一年有好幾次祭祖,不忘根本,現在人沒有根本,真的是孤苦伶仃,苦不堪言。什麼造成的?科學技術造成的。科學技術在什麼時候,它有完全是正面的利益,沒有負面的?跟諸位說,你到極樂世界就看到了。極樂世界的科學登峰造極,只有正面,沒有負面,帶給人決定是健康的,帶給社會是和諧的,帶給山河大地是堅牢的、堅固的,不一樣。佛法裡頭有科學,尖端的科學,佛法裡頭有最好的哲學。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八六集) 2011/7/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0486
Diri sendiri suka belajar tapi iri hati pada orang lain, maka apa yang dipelajarinya hanyalah semu belaka, seperti yang dikatakan Konfusius di dalam “Lun Yu (Analek Konfusius)” sebagai “Meskipun memiliki bakat serupa Zhougong”, Zhougong adalah insan yang berbakat, beretika moral dan terpelajar, merupakan insan suci yang dikagumi Konfusius sepanjang hayatnya.
“Tetapi angkuh dan kikir, maka kepribadian orang begini tak layak dibahas lagi”. Orang ini pongah, pelit, apa maksud kekikiran di sini? Tidak bersedia mewujudkan kemajuan bagi orang lain, takut orang lain melampaui dirinya, inilah maksud kata kikir di sini.
Dengan perkataan lain, suka sirik sama orang lain, berharap diri sendiri selalu menjadi nomor satu di dunia, tak sudi orang lain mengunggulinya, Konfusius mengatakan kepribadian orang begini tak layak dibahas lagi, dia itu cuma berpura-pura, tidak ada yang nyata darinya.
Insan yang tulus akan berharap orang lain dapat mengungguli prestasinya, mengapa demikian? Dia cukup cerdas, berharap orang lain melampaui dirinya, jadi membiarkan orang lain menciptakan berkah, sementara dia tinggal ikut bersukacita menikmati berkah.
Jika sebaliknya menghalangi-halangi kemajuan orang lain, maka diri sendiri akan sungguh merana, tiap hari harus capek-capek menciptakan berkah sementara orang lain tinggal ikut bersukacita menikmati berkah, menurutmu siapa yang lebih pintar?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2011
自己好學,嫉妒別人,這個學問是假的不是真的,孔子講得好,《論語》上有一句話說,「如有周公之才之美」,周公真了不起,有道德學問,孔老夫子一生最佩服的大聖人,「使驕且吝,其餘則不足觀也」。這人傲慢、吝嗇,吝嗇是指什麼?不肯成就別人,怕別人超過自己,這個吝嗇是講這一點,不是指別的。換句話說,就是嫉妒心,希望自己是世界第一,不願意別人超過,孔子說其餘則不足觀也,他是假的,他不是真的。真善,自己成就,希望別人都超過我,為什麼?聰明,別人都超過我,他們在造福,我在享福。別人都不如我,我好辛苦,我造福他們享,你說誰聰明?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八六集) 2011/7/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0486