Sunday, September 20, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011 (Bgn 4)

 

 

Pendidikan Buddha Dharma memiliki satu tujuan yang sangat jelas, yakni membantu semua makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Dari mana asal derita? Penderitaan berasal dari sesat tak tercerahkan.

 

Oleh karena tersesat, tidak punya kebijaksanaan, makanya terhadap permasalahan yang ada di hadapanmu, anda berpikir secara keliru, berpandangan secara keliru, tentu saja tindakanmu juga ikut keliru, dengan demikian balasan buruk pun datang menyusul, inilah penderitaan.

 

Andaikata terhadap segala hal, anda dapat memahaminya secara benar, pemikiranmu benar, pandanganmu benar, tindakanmu benar, sesuai dengan Dharma, maka anda akan memperoleh kebahagiaan.

 

Maka itu Buddha Dharma membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan dengan cara pengajaran, membantumu supaya tercerahkan, tujuan pendidikan adalah guna membantumu supaya menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, tujuan dari menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan adalah guna menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan.

 

Maka itu Buddha Sakyamuni ketika membabarkan Dharma di dunia ini, sepanjang hayatNya tidak pernah mengambil cuti meskipun cuma sehari saja, sungguh merupakan Guru teladan.

 

Kita tidak pernah melihat Buddha Sakyamuni cuti meskipun cuma sehari saja, bahkan dalam memberi pengajaran juga tidak pernah terputus. Selain membabarkan Dharma tiap hari kepada siswa-siswaNya, kita tahu banyak umat yang berdatangan untuk memohon bimbingan, tiap orang memiliki masalahnya tersendiri, meminta wejangan pada Sang Buddha.

 

Buddha Sakyamuni tidak pernah mengeluh keletihan, istirahat sejenak, tidak ada, siapapun yang datang bertanya pasti dijawabNya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011

 

「慧日喻菩薩智慧,照破痴闇,以醒群迷」,這話說得好。佛法的教學它有一個很鮮明的目標,幫助一切眾生離苦得樂。苦從哪裡來的?苦從迷而不覺來的。你迷惑,沒有智慧,於是你對於現前的問題你想錯了,你看錯了,當然你就會做錯,不善的報應就現前,這是苦。如果你對於一切法理事性相因果通達明瞭,你的思想純正,你的看法純正,你的做法好,如理如法,你才真正能得樂。所以佛法幫助眾生離苦得樂用教學的方法,幫你開悟,教學的目的是幫你破迷開悟,破迷開悟的目的是離苦得樂。所以釋迦牟尼佛當年在世一生教學一天休息都沒有,真是個標準的好老師,模範老師。我們沒有看到釋迦牟尼佛哪一天休假,沒看到,而且教學幾乎都沒有中斷的。除了大單元天天講之外,我們知道還有許多臨時來的,各人有各人的問題,都跟他請教。佛從來沒有提出我累了,休息一下,沒有,問都給他答,都給他解答。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八八集)  2011/7/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0488

 

 

 

 

Tujuan dari pendidikan Buddha Dharma adalah membantu kita menghapus keraguan menumbuhkan keyakinan, “Yakin, bertekad dan mengamalkan”, yang pertama, dari mana keyakinan hati berasal? Yakni anda tidak memiliki keraguan lagi, segala keraguan telah dilenyapkan, dengan sendirinya keyakinan hati akan muncul ke permukaan.

 

Setelah keyakinan hati muncul keluar, maka tujuan yang kedua adalah bagaimana membantumu membangkitkan tekad, yakni menasehatimu supaya membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Hal yang mesti disampaikan padamu adalah tentang Dasa Dharmadhatu, sehingga anda dapat memahami dan memperbandingkannya. Selain itu juga menjelaskan padamu tentang Hukum Sebab Akibat dari tiga masa kehidupan, setelah jelas dan dimengerti barulah anda dapat membangkitkan tekad.

 

Alam semesta ini begitu luas, Alam Buddha tersebar di sepuluh penjuru begitu banyaknya, kita sudah tahu bagaimana menjatuhkan pilihan, pastinya memilih Alam Sukhavati, memilih metode pelafalan Amituofo. Apa alasannya?

 

Oleh karena saya pasti meraih keberhasilan, kalau memilih metode lainnya harus melenyapkan kekotoran batin hingga ke akar-akarnya, lagi pula membutuhkan waktu melatih diri yang begitu panjang, tidak mudah meraih keberhasilan.

 

Kalau bukan memiliki akar kebijaksanaan superior maka takkan berdaya mempelajarinya, walaupun memiliki akar kebijaksanaan superior lalu berhasil melatih metode tersebut, umpamanya melatih metode Tiantai dan berhasil terlahir ke Alam Avatamsaka.

 

Para guru sesepuh aliran Tiantai yang berhasil menemukan kembali jiwa sejati, terlahir ke Alam Avatamsaka. Setibanya di Alam Avatamsaka, Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra akan membimbing dan menuntun mereka menuju ke Alam Sukhavati, seperti yang dikatakan sebagai “Bodhisattva Samantabhadra dengan sepuluh raja tekadNya menuntun semua makhluk pulang ke Alam Sukhavati”.

 

Jadi setelah mengelilingi satu putaran, barulah tiba di Alam Sukhavati, begitu susahnya, mengapa sejak awal tidak memilih jalan langsung saja? Sedangkan kita memilih metode melafal Amituofo, tidak usah berkeliling-keliling lagi, langsung saja tiba di Alam Sukhavati dan bersua dengan Buddha Amitabha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2011

 

Dasa Dharmadhatu baca di :

http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

 

 

佛法的教學,第一個目標是幫助我們斷疑生信,信願行,頭一個,信心從哪裡來?你不疑惑了,所有的疑惑破除掉,信心自然生起來。信心生起來,第二個目標,怎樣幫助你發願,就是勸你發願。這個還是要講,要把十法界依正莊嚴這些事情講清楚、講明白,你就有比較了。給你講三世因果,給你講十法界依正莊嚴,統統搞明白了,你的願發起來了。世界這麼大,佛剎那麼多,我們就會選擇了,肯定選擇極樂世界、選擇阿彌陀佛。為什麼?我決定能成功,選別的法門要斷煩惱,而且修行的時間很長,很不容易成就。不是那種根性他沒有法子,即使是那種根性,依那個法門學,譬如學教的,學華嚴的、學天台的,華嚴、天台的祖師都到極樂世界去了。為什麼?他們真的學到明心見性。生哪裡?生華藏世界。可是到了華藏世界之後,他所親近的是文殊、普賢,文殊、普賢到最後帶著他們一起到極樂世界,十大願王導歸極樂。拐了個彎,很辛苦,拐了個彎最後還到極樂世界。那我們直接念佛,不拐彎,我們到極樂世界去見佛。可是這樁事情真正講透,真正講明白,在《無量壽經》眾多註解當中,只有這一本講得透徹、講得明白,這個難得!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八八集)  2011/7/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0488