Saturday, August 15, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2011 (Bgn 1)

 

 

Lihatlah para Buddha Tathagata memiliki kelapangan hati yang bagaimana? Menasehati para siswaNya, para Bodhisattva adalah para siswaNya, mesti menuntut ilmu ke Alam Sukhavati, bernamaskara dan belajar pada Buddha Amitabha, mendengar ajaran Buddha Amitabha, inilah harapan para Buddha Tathagata di sepuluh penjuru alam kepada para siswaNya.

 

Yang pastinya takkan bilang...duh...yang di sana itu tidak mampu-lah, tak sebanding dengan diriku, jangan belajar ke sana, kalau mau belajar, sama orang sendiri saja, jangan ke tempat orang lain, para Buddha Tathagata takkan berlaku seperti ini.

 

Lain pula persoalannya di dunia fana ini, setiap murid mesti memfokuskan diri belajar pada seorang guru saja, jika ingin menimba ilmu di luar ada persyaratannya.

 

Sebelum si murid berhasil menguasai ajaran gurunya, yakni kebijaksanaan-nya belum muncul ke permukaan, tidak boleh menimba ilmu di luar, hanya boleh mengikuti seorang guru saja.

 

Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, saya belajar pada Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) di Taichung, beliau mengajukan tiga syarat, bertanya apakah saya menyetujuinya? Saya jawab saya bersedia menerimanya, barulah beliau mau menerima diriku jadi muridnya.

 

Waktu itu saya ditempatkan di Perpustakaan Ciguang, perpustakaan ini dibangun oleh Guru Li, saya boleh tinggal dan belajar di sini.

 

Tiga persyaratan tersebut adalah :

Yang pertama, mulai hari ini, apa yang pernah kamu pelajari sebelumnya (sesungguhnya apa yang saya pelajari sebelumnya tidaklah banyak, hanya dalam kurun waktu yang begitu singkat, mengikuti dua orang guru, yakni Profesor Fang Dongmei dan Master Zhangjia), apa yang kamu pelajari dari dua orang gurumu, saya tidak mengakuinya, semuanya harus diabaikan, mulai hari ini kamu harus mengikutiku belajar lagi dari awal.

 

Syarat kedua, mulai hari ini, apa yang kamu baca, tak peduli itu adalah sutra Buddha maupun bacaan lainnya, tanpa persetujuan dariku, kamu tidak boleh melihatnya.

 

Syarat ketiga, mulai hari ini, selain mendengar ceramahku, kamu tidak boleh mendengar ceramah dari anggota Sangha maupun praktisi senior lainnya.

 

Inilah tiga syarat dari Guru Li, setelah mendengarnya, dalam hatiku berpikir, kenapa orang ini begitu pongah, hanya boleh mendengar ceramahnya seorang saja, tidak boleh mendengar ceramah orang lain, saya jadi tertegun, setelah berpikir selama 5 menit kemudian, akhirnya saya menerima-nya.

 

Guru Li memiliki nama besar dan tersohor, semua orang memujinya sebagai Kalyanamitra, saya tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan belajar darinya, maka itu saya menyetujui dan menerima tiga persyaratan-nya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2011

 

我們看後面這一行,「聞法樂受行之人,指十方正士。十方諸佛勸諭其國正士,參禮阿彌陀佛。」你看諸佛如來是什麼心量?勸導他、命令他,這個諭有命令的意思,命令他的學生,菩薩是他的學生,一定要到極樂世界去參禮,去參學、去禮拜阿彌陀佛,向阿彌陀佛請教,聽阿彌陀佛的教誨,這是十方世界諸佛如來對他的弟子們說。絕對沒有說那個佛不行,不如我,或者跟我差不多,別去他那裡,就在家裡學就好了,不要到他那邊去,佛都沒有這個說法。任何一尊佛菩薩都會勸學生去參訪,可是參訪有條件的,這個就是我們中國古大德講參學,學生在沒有成就,就是智慧沒有現前,不准參學,只准跟一個老師。

 

我初學的時候,在台中拜李老師,想跟他學教,他開出三個條件,問我能不能接受?能接受,可以,歡迎我。那個時候我住在慈光圖書館,圖書館是老師建立的,可以在圖書館修學。第一個條件,從今天起,你過去所學的(其實我過去學的時間不長,只兩個老師,一個方東美先生,一個章嘉大師),你這兩個老師教你的東西我不承認,完全作廢,從今天起你跟我從頭學起,這第一個條件。第二個條件,你從今天起,你所看的文字,不管是佛經還是世間東西,沒有得我同意不准看。第三個條件,從今天開始,除聽我講經之外,任何法師、大德講經不准聽。給我開這三個條件,我這一聽到之後,心裡想,老師怎麼這麼自大,只可以聽他一個人,不能聽別人的,我愣住了,想了五分鐘,接受了。老師名聲在外面,大家都讚歎他是善知識,我們不能錯過,所以我接受了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四五集)  2011/6/9  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0445

 

 

 

 

Sekitar belasan tahun kemudian, saya memberi ceramah di Singapura, bersua dengan Master Yanpei, beliau termasuk sahabat lamaku. Ketika saya masih merupakan praktisi pemula, beliau menjadi ketua Vihara Shandao.

 

Master Yanpei lebih tua 10 tahun dariku, merupakan seorang Dharma Master (Bhiksu penceramah), di kemudian hari saya juga menekuni karir sebagai penceramah, maka itu kami menjadi sahabat melatih diri.

 

Setibanya saya di Singapura, Master Yanpei mengundangku makan, usai makan, kami duduk bercengkerama di ruang tamu, saya menceritakan tentang tiga persyaratan yang diajukan Guru Li ketika saya hendak berguru padanya.

 

Setelah mendengarnya, Master Yanpei tertawa terbahak-bahak, ternyata ketika dia berusia kecil menjadi Sramanera, gurunya, Master Dixian, juga mengajukan tiga persyaratan yang serupa yang harus ditaatinya.

 

Barulah saya menyadari ternyata tiga persyaratan tersebut bukanlah hasil ciptaan Guru Li, melainkan memang merupakan standar warisan dari para praktisi terdahulu, ketika menerima murid baru.

 

Mengapa tiga persyaratan tersebut merupakan kewajiban seorang murid? Oleh karena kebijaksanaan-mu belum terbuka, kalau sebentar mendengar ceramah si A, lalu sebentar lagi mendengar ceramah si B, pikiranmu jadi kacau, mana bisa berhasil.

 

Maka itu wajib memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, berguru itu hanya boleh mengikuti satu orang saja, guru berkewajiban mendidikmu hingga berhasil.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2011

 

大概總得十幾年之後,我到新加坡講經,碰到演培法師,這也算是老朋友了。我初學佛的時候,他在善導寺當住持,他大我十歲,是個講經的法師,以後我也走講經這條道路,所以就志同道合。到新加坡,他請我吃飯,飯後我們在小客廳聊天,我就把我這個事情告訴他。他聽了哈哈大笑,他小時候做沙彌,諦閑法師也是開的這三個條件。我才曉得這個東西不是李老師的專利,原來是什麼?祖祖相傳拜師的三個條件。為什麼限制你?因為你智慧沒有開,聽多了之後就聽亂掉,你就不能成就。這個東西老師沒有告訴你,確實就是一門深入、長時薰修,你跟老師只能跟一個,老師負責把你教出來。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四五集)  2011/6/9  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0445

 

 

 

 

Maka itu wajib memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, berguru itu hanya boleh mengikuti satu orang saja, guru berkewajiban mendidikmu hingga berhasil.

 

Yang berarti anda dibawah bimbingan guru berhasil memperoleh “Mula-jnana” yaitu kebijaksanaan yang diperoleh karena tercapainya samadhi (konsentrasi atau terfokus), memperoleh kesucian hati, hati yang suci memunculkan kebijaksanaan, setelah kebijaksanaan-mu muncul ke permukaan, barulah guru bersedia melepaskan dirimu, memperbolehkan dirimu bebas memperkaya ilmu, mau belajar ke mana saja juga boleh sesuka hatimu. Mengapa demikian?

 

Anda sekarang telah memiliki kemampuan membedakan ajaran benar dan sesat, membedakan mana yang asli dan palsu, anda sudah memiliki kemampuan untuk mengenali-nya.

 

Jika anda belum memiliki kemampuan begini, begitu anda silap membaca buku ajaran sesat, maka habislah dirimu, jadi ini merupakan perlindungan guru terhadap muridnya.

 

Tiga persyaratan yang diajukan Guru Li juga ada batas waktu berlakunya, bukan mengikatmu buat selamanya, berapa lama? Lima tahun. Kami jadi memahami apa yang maksud perkataan insan zaman dulu sebagai lima tahun belajar sila, yakni tiga persyaratan yang diajukan Guru Li, inilah sila yang dimaksud, inilah tiga persyaratan yang diajukan seorang guru kepada muridnya.

 

Sekarang mana ada lagi hal begini? Guru tidak bertanggung jawab lagi pada muridnya. Ketika seorang murid menaati tiga persyaratan tersebut, maka guru memiliki tanggung jawab terhadap kemajuan muridnya, yakni menuntun-nya dari sesat ke arah pencerahan, membantunya menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, membantunya menumbuhkan keyakinan.

 

Setelah kebijaksanaan si murid terbuka, memiliki kemampuan membedakan benar dan sesat, maka guru akan membukakan pintu bagi si murid untuk melangkah keluar, bebas memperkaya ilmu, takkan menghiraukannya lagi.

 

Maka itu saya menaati tiga persyaratan tersebut selama lima tahun, setelah lima tahun kemudian, suatu hari saya menemui Guru Li dan berkata : “Guru, selama lima tahun ini, saya sangat merasakan manfaat dari mematuhi tiga persyaratan tersebut, saya ingin mematuhinya selama lima tahun lagi”. Setelah mendengarnya, Guru Li tertawa. Saya menaati tiga persyaratan dari Guru Li genap satu dasawarsa lamanya.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2011

 

確實就是一門深入、長時薰修,你跟老師只能跟一個,老師負責把你教出來。就是說你在老師會下得根本智、得清淨心,清淨心生智慧,智慧生起來了,老師開放了,統統去參學,哪裡都可以去。為什麼?有能力辨別正邪、辨別真妄、辨別是非,你有能力辨別。你沒有這種能力,你一參學就完了,你就毀掉,這是老師對學生的愛護。有期限的,在李老師講完之後,我也答應了,接受了,老師說有期限,多久呢?五年。我們才懂得古人所講的五年學戒,就是這三條戒,不是別的戒,這是老師對學生的約法三章。

 

現在沒有了,現在沒有是什麼?老師對學生不負責任了。在這個條件之下,老師對學生要負絕對責任,就是他從迷,要從迷把他帶到覺悟,幫他破迷開悟,幫他破迷生信,他智慧開了,有能力辨別是非邪正,這門打開,你去參學,不在乎了,參學對你只有好處沒有害處。所以我在台中遵守了五年,五年圓滿那一天我見老師,我說老師,我這個五年很得受用,我遵守你老人家教誡,我說我再延長五年,他哈哈大笑。我遵守老師這三條十年。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四五集)  2011/6/9  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0445