Thursday, August 27, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011 (Bgn 5)

 


Mereka yang bertemu dengan Pintu Dharma Tanah Suci tetapi tidak memercayai-nya, ini dikarenakan rintangan karma yang sangat berat, makanya dia tidak sanggup membangkitkan keyakinan, tidak sanggup menerimanya.

 

Adakah orang begini? Ada, kami juga sering bertemu dengan orang tipe begini, anda menasehatinya tetapi dia tetap tidak percaya, apa boleh buat. Kita hanya bisa membantunya menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha, setelah dia mendengar lafalan Amituofo, melihat rupang Buddha Amitabha, seperti yang dikatakan sebagai “Begitu melintasi indra pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih di gudang kesadaran”, kita menanam benih lafalan Amituofo, benih terlahir ke Alam Sukhavati ke dalam alaya-vijnana (gudang kesadaran)-nya.

 

Ketika benih ini bertemu dengan jodoh atau faktor pendukung, barulah dia akan belajar Ajaran Sukhavati, yang pastinya bukan pada satu masa kehidupan ini atau pada masa kehidupan berikutnya.

 

Sedangkan bagi praktisi yang pada masa kehidupan sekarang begitu mendengar Ajaran Sukhavati langsung memercayainya, pada masa kelahiran lampaunya telah menjalin ikatan jodoh yang mendalam dengan Aliran Sukhavati, jika pada masa kehidupan lampau tidak pernah melatih metode ini, mana mungkin bisa begitu gampang memercayai-nya?

 

Opa Oma yang berada di perdesaan, begitu mendengar Ajaran Sukhavati langsung meyakini-nya, hal ini juga dikarenakan pada masa kehidupan demi kehidupan lampau-nya menimbun akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, sehingga pada satu masa kehidupan ini, hidup di dusun terpencil yang miskin, menjalani hidup susah, begitu bersua dengan Pintu Dharma ini langsung membangkitkan keyakinan, mengajarkan dia melafal Amituofo, dia langsung mengamalkannya, tiada lagi bentuk-bentuk pikiran lainnya, 3-5 tahun telah meraih keberhasilan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011

 

Catatan :

Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.

Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan

Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci

 

 

什麼時候你能夠遇到正法,你會相信;那些人會遇到正法,遇到他不相信,這叫業障,嚴重的業障,他不相信,他不接受。這人有沒有?有,我們也常常遇到,你把這個勸他,他就是不相信,這就沒法子。沒有法子,我們給他做增上緣,他聽到有佛的聲音,看到佛的形像,這所謂是「一歷耳根,永為道種」,我們把阿彌陀佛、把極樂世界種子,種在他八識田裡面去了。

 

什麼時候遇到緣,它才能起作用,那就不曉得,那是他自己的造化了。但是我們可以肯定不是來生後世就得到,他要許多世遇到都不相信,次數太多了,阿賴耶裡面的善根累積的有一些,慢慢他就接受了。這一生一聽到就接受,我們就明白,過去生中跟淨宗的緣分很深,過去生中沒有修過,哪有那麼容易就相信?鄉下這些阿公、阿婆一聽就信,也是過去生中多生多世修積的善根福德因緣,所以在這一生,生在一個窮鄉僻壤,生活非常清苦,遇到這個法門他能信,教他念這句佛號他真念,他沒有妄想,三年五載他成功。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八二集)  2011/7/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0482

 

  

 


Segala sesuatu adalah semu, buat apa anda harus mengurusinya? Untuk apa anda memikirkannya? Tidak perlu lagi. Para Buddha dan Bodhisattva, Guru Sesepuh dan praktisi senior mengajarkan kita, hal apa yang paling berharga? Kesucian hati adalah yang paling berharga.

 

Kenapa hati sucimu tidak muncul? Bentuk-bentuk pikiran terlampau banyak, keraguan dan kecurigaan terlampau banyak. Maka itu Buddha Sakyamuni menyampaikan di dalam sutra, keraguan merupakan rintangan terbesar bagi Bodhisattva, oleh karena ragu barulah anda memiliki pertanyaan, jika anda tidak ragu maka takkan ada pertanyaan lagi.

 

Oleh karena memiliki keraguan, hatimu tidak suci, kesucian hatimu tidak dapat muncul ke permukaan, kapan waktunya anda tidak ragu lagi maka kesucian hatimu akan muncul ke permukaan.

 

Mengapa tidak ragu lagi? Karena anda telah menyadari ternyata segala sesuatu hanyalah khayalan semu, bukan nyata adanya. Sutra Intan menyebutkan bahwa kemelekatan pada Dharma saja mesti dilepaskan, apalagi kemelekatan terhadap non Dharma. Dengan melepaskan segala kemelekatan barulah anda dapat menemukan yang sejati.

 

Maka itu dalam belajar Buddha Dharma, janganlah memperlakukannya sebagai ilmu pengetahuan semata, dimana anda harus bertanya hingga sejelas-jelasnya, memperoleh pembuktian atau penjelasan yang sedetail-detailnya.

 

Lantas bagaimana sikap kita yang seharusnya dalam belajar Buddha Dharma? Buddha Dharma bukanlah ilmu pengetahuan, namun merupakan kebijaksanaan sejati, dari mana asal kebijaksanaan? Dari kesucian hati.

 

Efek dari kesucian hati adalah kebijaksanaan, dampak dari hati yang setara juga adalah kebijaksanaan, inilah bagian dari judul lengkap sutra ini yakni “Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”. Dengan hati yang suci dan setara, barulah tercapai pencerahan.  

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011

 

一切法都是假的,你管它幹什麼?你去想它幹什麼?不需要了。諸佛菩薩、祖師大德教我們,什麼東西最可貴?清淨心最可貴。你清淨心為什麼不能現前?妄念太多,疑惑太多。所以佛在經上常說,疑是菩薩最大的障礙,因為有疑你才有問,你不疑就不問了。因為你有疑,你心不清淨,清淨心不能現前,什麼時候不疑,清淨心就現前。為什麼不疑?全是假的,它不是真的。不但世間一切法都是假的,佛真是講得好,佛法是假的,《金剛經》上明明白白的告訴我們,「法尚應捨,何況非法」。法是什麼?法是釋迦牟尼佛四十九年所演的、所說的一切法,要放下,你才能夠證得真如;你要不放下,永遠不能證得。所以我們學佛,不要把佛法當作知識來學習,知識是什麼?追根究柢。要把它當作什麼來學習?當作契入心性來學習。它不是知識,它是真實智慧,智慧從哪來?從清淨心來的。清淨心起作用就是智慧,平等心起作用就是智慧,這經題上說得好,清淨平等後面就覺了,清淨是真心,平等是圓滿的真心,後面自然朗然大覺,智自在所依真如就現前。這個智是自性裡頭本有的般若智慧,不是從外來的,從外面來的都有礙,自性裡面所悟的沒有障礙,所以稱之為自在。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八二集)  2011/7/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0482

 

 

 

 

 

Dengan menimbun akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh selama masa kehidupan demi kehidupan lampau, barulah dapat menghasilkan buah akibat yang terunggul, jadi bukan karena faktor kebetulan.

 

Setelah memahami poin ini, kita tidak boleh meremehkan orang lain, bahkan hewan hingga serangga kecil, nyamuk, semut dan sebagainya, mungkin saja setelah mati, mereka dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Setan dan malaikat juga melatih metode ini, demikian pula dengan hewan juga melatih metode ini. Tempo dulu saya pernah membaca sebuah buku yang mengupas tentang hewan-hewan yang melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, merupakan kisah nyata.

 

Hewan-hewan ini pada masa silamnya adalah praktisi yang melatih metode pelafalan Amituofo, saat menjelang ajal timbul sebersit niat pikiran sesat sehingga jatuh ke Alam Binatang.

 

Meskipun jatuh ke Alam Binatang namun akar kebajikannya sangat tebal, begitu mendengar suara lafalan Amituofo, melihat rupang Buddha Amitabha, dia akan membangkitkan perasaan hormat, mendengar suara lafalan Amituofo dia sangat bersukacita, dia akan ikut melafal, terutama bagi yang memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang tebal, dia akan mengamalkannya, dia juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Bahkan ada yang terlebih dulu mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, meninggal dunia dalam posisi berdiri, atau berlutut di depan altar Buddha, itu adalah wujud dari bertobat atas rintangan karma-nya.

 

Ketika masih memiliki wujud manusia tidak serius melatih diri sehingga tidak meraih keberhasilan, sekarang dengan wujud hewan barulah melatih diri dengan serius sehingga meraih keberhasilan, apa sebabnya?

 

Setelah jatuh ke Alam Binatang barulah menyadari penderitaan. Jika diamati dengan seksama, kita akan menemukan mereka lebih tekun daripada diri kita, sedangkan kita masih kurang serius mengamalkan, kalah dengan mereka. Mereka menjadi teladan yang bagus.

     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011

 

Catatan :

Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.

Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan

Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci

 

 

累劫的善根福德因緣,才有這種殊勝的果報,不是偶然的。明白這一點,我們決定不敢輕慢,乃至於這些小動物蚊蟲、螞蟻,說不定牠死了以後真的往生極樂世界。鬼神也修這個法門,畜生也修這個法門。我過去看到一本書,書的題目叫《物猶如此》,物是什麼?動物。這本書裡面專門講動物念佛往生的,都是真的事實。這些動物是什麼人?前生都是念佛人,臨命終時一念錯了,一念迷惑到畜生道去了。雖然到畜生道,牠的善根很厚,聽到念佛的聲音,看到佛像,看到佛像牠會恭敬,聽到念佛聲音牠會歡喜,牠就跟著學,善根福德厚的牠真幹,牠也能往生。而且還有預知時至的,還有站著走的,在佛面前跪著走的,那是在懺悔業障。得人身修行沒有成就,變畜生修行成就了,為什麼?知道做畜生苦。我們看不出來,你得細心去觀察,牠比我們用功,我們沒有認真幹,牠真幹。這些都是我們的榜樣!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四八二集)  2011/7/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0482