Dengan
keyakinan mendalam dan tekad menyeluruh, memfokuskan diri melafal Amituofo,
satu arah, satu tujuan, melafal Amituofo berkesinambungan, membulatkan tekad
terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat. Kita berharap terlahir ke Alam
Sukhavati mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha, begini sudah benar.
Andaikata
bukan demi mengakhiri samsara lalu membangkitkan Bodhicitta, tidak
memiliki keyakinan dan tekad yang mendalam, meskipun sudah memfokuskan diri
melafal Amituofo, juga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Maka
itu, keyakinan benar dan tekad benar, merupakan dua persyaratan utama yang
mesti dipenuhi guna terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
以深信願,深信切願,懇切的願望,一向專念,一個方向、一個目標,專念阿彌陀佛,求生西方極樂世界。我們希望到極樂世界親近阿彌陀佛,這就對了。如果不是真為生死,發菩提心,沒有深信願,縱有一向專念也不能往生。所以,真信、真願是往生西方極樂世界必須具備的第一個條件。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九一集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0391
Mendengar
bahwa Pintu Dharma Pelafalan Amituofo adalah metode yang gampang diamalkan,
jadi timbul perasaan meremehkan, yakni hati yang tidak hormat.
84
ribu pintu Dharma merupakan metode yang sulit diamalkan, apakah anda sanggup
melatihnya? Anda takkan sanggup mengamalkannya.
Metode
yang gampang diamalkan, anda pasti sanggup menjalankannya, dalam satu masa
kehidupan ini, anda pasti dapat meraih keberhasilan.
Maka
itu bukan saja tidak boleh meremehkannya, bahkan harus bangkitkan perasaan
hormat padanya, perasaan yang bersyukur padanya, Buddha Amitabha memahami bahwa
akar kebijaksanaanku sangat buruk, makanya menggunakan metode ini guna
menyelamatkanku, membantuku meraih keberhasilan.
Andaikata
memandang enteng padanya, “Keyakinan hati semu, tekad hati santai, mulut
membahas tentang karma suci, tetapi hati mendambakan duniawi”.
Kalimat
di atas sangat penting, hatinya masih mendambakan lima nafsu keinginan (harta,
rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan,
rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), masih mendambakan dunia ini, “Dengan
cara begini berniat terlahir ke Alam Sukhavati, tinggal menanti hingga tibanya
tahun keledai”, yang artinya tidak punya harapan lagi.
Cobalah
lihat diantara 12 shio, adakah shio keledai? Katanya harus menanti hingga
tibanya tahun keledai, barulah anda bisa berhasil, mana mungkin ada tahun
keledai? Maka itu maksud dari perkataan insan zaman dulu tersebut adalah anda
pasti tidak bisa meraih keberhasilan.
Maka
itu mesti demi mengakhiri samsara lalu membangkitkan Bodhicitta, hendaknya
melepaskan segala kemelekatan, jangan lagi mendambakannya sama sekali.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
下面念老為我們開示。「敬祈」,恭恭敬敬,祈求「當世行人」,當世是現代,現代修淨土的同學們,「慎莫初聞淨宗易行」,慎是謹慎、小心,千萬不要誤會,聽說淨宗是易行道,「便生輕慢」。對於這個法門、這個宗派就生輕慢心,就是不尊重它,為什麼?它是易行道。八萬四千法門是難行道,難行道你能不能行得通?你行不通。易行道這條道路是你決定可以走得通的,你這一生真的能成就。不但不能輕慢,要生尊重心、感恩的心,阿彌陀佛知道我的根性很劣,用這個法門幫助我、成就我。如果輕慢,「信心虛浮,志願弛緩,口談淨業,心戀塵緣」,這四個字非常非常重要,心裡面還貪戀五欲六塵,還貪戀這個世間,「如是求生,當待驢年」,那就是沒指望了。你們看看生肖,十二生肖有沒有屬驢的?到驢年你才會成就,沒有驢年,這是古人常說的話,就是你決定不能成就。所以,一定要真為生死發菩提心,要把塵緣徹底放下,不再有絲毫貪戀。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九一集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0391
Mesti
demi mengakhiri samsara lalu membangkitkan Bodhicitta, hendaknya melepaskan
segala kemelekatan, jangan lagi mendambakannya sama sekali.
Terutama
saat sekarang ini dimana bencana sering terjadi, melihat laporan di media cetak
dan internet, hendaknya lebih mengingatkan diri sendiri, meningkatkan mawas
diri.
Hidup
pada era ini, bahkan masa hidup yang singkat ini, dalam kurun waktu 2-3 tahun,
saya mesti berhasil dalam pelatihan diriku. Bagaimana caranya?
Melepaskan
segala kemelekatan, membangkitkan keyakinan mendalam dan tekad menyeluruh,
memfokuskan diri melafal Amituofo, sehingga memiliki kepastian terlahir ke Alam
Sukhavati.
Andaikata
berhasil melewati bencana dalam kondisi selamat, berarti anda masih memiliki tugas
yang perlu diselesaikan di dunia ini. Tugas apakah itu? Membantu masyarakat
memulihkan tatanan sosial, membutuhkan kebijaksanaan dan pengalamanmu.
Hal
ini membutuhkan jasa kebajikan dari pelatihan dirimu, membantu para makhluk
yang menderita, menghancurkan kesesatan dan mengembangkan pencerahan, menjauhi
penderitaan memperoleh kebahagiaan, menggeluti karir Bodhisattva.
Tetapi
saya bukan Bodhisattva, bagaimana bisa melakukannya? Dengan cara membangkitkan
keyakinan dan tekad melafal Amituofo, maka anda sudah berhasil, orang ini
disebut sebagai Bodhisattva.
Di
dunia ini, dia membantu para Buddha dan Bodhisattva mendidik para makhluk.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
一定要真為生死發菩提心,要把塵緣徹底放下,不再有絲毫貪戀。尤其現在災難頻繁,我們從媒體的報導,網路上所看到的,更應當高度的提醒自己、警覺自己。在這一生當中,而且時間短促,我這二、三年當中,我的淨業一定修成。怎麼修成?塵緣徹底放下,深信切願,一向專念,往生西方極樂世界真有把握,這就對了。如果這個災難過去了,你還在這個世間,那你就有任務。什麼任務?收拾災難的殘局,幫助社會恢復秩序,需要你的智慧,需要你的方法,需要你的經驗。這就是需要你修學的功德,幫助苦難的眾生,破迷開悟,離苦得樂,菩薩事業。我不是菩薩,我怎麼能做?信願念佛成功了,這個人就是菩薩。還在這個世間,他就能幫助諸佛菩薩教化眾生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九一集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0391