Monday, November 30, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011 (Bgn 13)

 

 

“Melakukan kebajikan dan melekat, berkah yang diperoleh ada batasnya.” Mengapa demikian? Pahala duniawi tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir.

 

 “Sutra Intan” menyebutkan: Hendaknya berdana tanpa disertai kemelekatan. Seperti apa yang dikatakan sebagai berdana tanpa melekat pada rupa, berdana tanpa melekat pada suara, wangi-wangian, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran.

 

Di dalam Sutra Intan juga disebutkan bahwa Bodhisattva seharusnya berdana dengan sedemikian rupa, tidak melekat. Mengapa demikian? Apabila Bodhisattva berdana tanpa disertai kemelekatan, maka berkah kebajikannya adalah tak terbayangkan.

 

Jika melakukan kebajikan lalu melekat pada berkah, maka sebesar apapun kebajikan yang dilakukannya, pahala yang diperoleh ada batasannya. Zaman dulu, Kaisar Liang Wudi, adalah donatur besar di dalam pintu Buddha, mungkin sepanjang sejarah tidak ada lagi orang lain yang dapat melampaui dirinya.

 

Vihara yang dibangun oleh Kaisar Liang Wudi termasuk megah dan agung, berapa banyak jumlah vihara yang telah didirikannya? 480 unit. Dia mencintai Buddha Dharma, melindungi Buddha Dharma, asalkan ada orang yang hendak menjadi anggota Sangha, kaisar akan merasa amat bersukacita, menjadi pendukungmu, memberi persembahan kepada beratus-ratus ribu orang anggota Sangha. Apakah pahala sang kaisar besar atau tidak?

 

Dia masih memiliki kemelekatan dan perbedaan, makanya Master Bodhidharma langsung memberi jawaban : Tidak ada jasa kebajikannya.

 

Saat bersua, kaisar sedang memamerkan kebajikannya di hadapan Master Bodhidharma, lalu bertanya : Apakah jasa kebajikan beta besar atau tidak? Bodhidharma menjawab : Tidak ada jasa kebajikannya.

 

Kaisar melakukan kebajikan disertai dengan kemelekatan dan perbedaan, makanya tidak memiliki jasa kebajikan, tetapi ada pahalanya. Berapa besar pahalanya? Terbatas.

 

Pahala ini pasti hanya sebatas terlahir di alam surga di Kamaloka, itupun cuma bisa mencapai Surga Caturmaharajika atau Trayastrimsa saja. Apa yang dimaksud dengan berkah kebajikan, apa yang dimaksud dengan jasa kebajikan, kita harus tahu membedakannya, jangan sampai salah paham.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

Apa beda jasa kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?

http://semerbaksukhavati.blogspot.com/2014/02/apa-beda-jasa-kebajikan-berkah.html

 

 

「再者著相修福,其福有盡。」為什麼?世間福報,果報在六道裡頭。「如《金剛經》云:應無所住行於布施。所謂不住色布施,不住聲香味觸法布施。須菩提:菩薩應如是布施,不住於相。何以故?若菩薩不住相布施,其福德不可思量。」所以只要著福,修再大的福報,那福報有限。過去的梁武帝,大家都曉得,這在佛門修布施,大概在中國佛教史上沒有人能超過他。在他手上建這些寺院庵堂,規模都非常雄偉,多少座?四百八十座。他喜愛佛法、護持佛法,人要是希望出家,他無比高興,他做你的護法,供養出家人幾十萬人。福報大不大?他是取相分別,所以達摩祖師直截了當告訴他:並無功德。他在達摩祖師面前誇耀,問達摩祖師:我的功德大不大?達摩祖師說「並無功德。」取相分別,沒功德,有福報。福報大不大?有限,因為他分別取相,所以福報有限。那個福報是肯定在欲界天,欲界天有限,這個有限不是四王天就是忉利天。什麼叫福德,什麼叫功德,我們要把它搞清楚、搞明白,千萬不要誤會了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五九集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0559

 

 

 


“Lingfeng” adalah nama yang disandang oleh Master Ouyi, oleh karena saat lanjut usia, beliau menetap di “Vihara Lingfeng” di Kabupaten Anji, Provinsi Zhejiang, makanya masyarakat menyapa-nya sebagai Lingfeng Master Ouyi.

 

Di dalam buku karyanya yang berjudul “Jin Gang Jing Po Kong Lun”, Master Ouyi berkata bahwa melatih enam paramita hendaknya tanpa disertai kemelekatan. Enam paramita terdiri dari Dana paramita, Sila paramita, Ksanti paramita, Virya paramita, Dhyana paramita, Prajna Paramita.

 

Umpamanya anda cuma berdana satu sen (tanpa kemelekatan), berapa besar jasa kebajikannya? Serupa dengan keseluruhan alam semesta. Kaisar Liang Wudi tidak mengetahui kebenaran ini, mengapa demikian?

 

Buddha Dharma Mahayana menyebutkan hati lapang berkah pun besar, dia tidak melekat makanya kelapangan hatinya sangatlah luas. Tidak ada hati yang membeda-bedakan, tiada kemelekatan, kelapangan hatinya bagaikan ruang angkasa, sedemikian luasnya, meskipun dia hanya berdana sedikit uang, namun dia memiliki kelapangan hati yang serupa dengan ruang angkasa (Hati selapang ruang angkasa mampu merangkul alam semesta beserta seluruh isinya), alangkah besar jasa kebajikannya ini.

 

Selama anda memiliki hati yang melekat dan membeda-bedakan, meskipun anda mendanakan satu ton emas namun berkah yang diperoleh itu terbatas. Jika tidak melekat dan tidak membeda-bedakan, meskipun hanya berdana uang satu koin, namun jasa kebajikan ini melampaui berdana satu ton emas.

 

Kebenaran ini merupakan “Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”, hati yang lapang menghasilkan berkah yang besar, sebaliknya hati yang sempit menghasilkan berkah yang kecil.

 

Hati selapang ruang angkasa mampu merangkul alam semesta beserta seluruh isinya, sanggup memaafkan, mampu merangkul seluruh alam semesta beserta seluruh isinya.

 

Di manakah letak jagat raya? Ada di dalam hati diri sendiri, hati kita lebih luas daripada ruang angkasa. Perkataan ini disampaikan oleh Buddha Sakyamuni di dalam “Surangama Sutra”.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

「靈峯」是蕅益大師,《破空論》是《金剛經破空論》,這部書就是蕅益大師寫的,他在這個書裡頭這麼說,「以無所住法,住般若中,熾然修行六波羅蜜,而不取相」,這是大師教人。修六波羅蜜就是修布施、持戒、忍辱、精進、禪定、般若,統統不著相。「是故能令少施與虛空等」,布施多少?布施一分錢,布施一毛錢,功德多大?跟虛空法界一樣大。梁武帝不知道,為什麼?《還源觀》上講到的「含容空有」,也就是大乘常說的量大福大,他不住相,量就大了。沒有取捨,不住相,他的心量跟虛空一樣,這麼大的心量,他施一點點錢,那個量跟虛空法界一樣大。只要你取相分別,你布施萬兩黃金,得福有限。不著相,不取相、不著相,布施一文錢,功德超過那個著相的布施萬兩黃金,超過它。這個道理就是一切法從心想生,與心量相應的大,與心量相違背的就小。含空容有,就是心包太虛、量周沙界,量周沙界是容有,能包容,含空也是能夠含受整個虛空。虛空在哪裡?虛空在我心裡面,心比虛空大。這個話是世尊在《楞嚴經》上說的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五九集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0559

 

 

 

 

Dalam hal berdana, hendaknya menaati “Tiga Faktor Dalam Berdana Adalah Kosong” yakni tidak melekat pada siapa pendana, siapa penerima dan barang apa yang didanakan.

 

Usai berdana janganlah diingat terus, di dalam hati takkan ada jejak sama sekali, dengan demikian barulah pahalanya besar, serupa dengan ruang angkasa.

 

Berdana juga demikian, mengamalkan sila juga sama, melatih kesabaran juga sama, melatih ketekunan, dhyana dan prajna juga demikian rupanya. Dari enam paramita ini, butir yang terakhir adalah prajna (kebijaksanaan). Tidak melekat adalah kebijaksanaan.

 

Jadi dalam melakukan dana harus ada kebijaksanaan, dalam mengamalkan sila juga harus ada kebijaksanaan, dalam hal kesabaran juga harus pakai kebijaksanaan, ketekunan dan dhyana (melatih konsentrasi) juga harus ada kebijaksanaan. Dengan adanya kebijaksanaan barulah terjalin dengan jiwa sejati, inilah yang disebut jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas.

 

Sebaliknya jika masih melekat dan membeda-bedakan, jasa kebajikan tidak ada lagi, namun merupakan berkah kebajikan yang terbatas, berkah kebajikan ini berbuah dengan tumimbal lahir di Alam Manusia dan Alam Dewa (Surga), ada batasnya.

 

Jika tidak melekat dan tidak membeda-bedakan barulah jasa kebajikannya besar, seperti yang disebutkan di dalam “Po Kong Lun”, buku karya Master Ouyi, ada sebuah perumpamaan, ibarat biji Sawi yang dikorek keluar isinya, sehingga berbentuk kosong, apakah ruang kosong ini ada bedanya dengan ruang kosong di jagat raya? Tidak ada bedanya.

 

Tidak ada bedanya, maka itu jasa kebajikannya juga adalah sama. Yang namanya kekosongan (Sunyata) itu tidak ada perbedaan, tidak ada kekosongan luar maupun dalam, juga tidak ada kekosongan besar maupun kecil.

 

“Berkah yang tanpa kemelekatan barulah merupakan berkah yang besar”. Jika anda melekat maka anda telah melakukan kekeliruan, ini merupakan hal umum dalam kehidupan keseharian.

 

Maka itu insan yang dapat menimbun berkah besar adalah orang yang memahami kebenaran, memiliki kebijaksanaan, dia berdana kecil namun memperoleh berkah besar.

 

Bahkan hingga dia tidak berdana sama sekali, hanya membangkitkan sebutir niat baik, pahalanya sudah tak terbayangkan. Apalagi bila dia mampu mewujudkan niat baik tersebut, maka pahalanya akan lebih besar lagi.

 

Setelah memahami kebenaran ini, barulah dikatakan belajar Ajaran Buddha, sebaliknya jika tidak paham maka dikatakan sebagai percaya takhayul.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

Apa beda jasa kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?

http://semerbaksukhavati.blogspot.com/2014/02/apa-beda-jasa-kebajikan-berkah.html

 

 

「而眾生住於相故,妄自計果計因,觀大觀小。若能稱性而住,不住諸相。譬如芥子中空與十方空,性無二無別。」它大就大在這個地方,這個地方就是稱性而住,稱性而行。不住諸相,就是三輪體空,無我相、無人相,也無當中施捨之相,布施之後心裡頭痕跡都沒有,這個福報大,跟虛空法界一樣。布施如是,持戒亦如是,忍辱亦如是,精進、禪定亦如是。六度前面五個是事,最後一個是智慧。智慧在哪裡?不住相就是般若。你布施裡頭有般若,你持戒裡頭有般若,你忍辱裡頭有般若,精進、禪定裡頭有般若,有般若就跟自性相應,那就叫無量無邊的功德。要是有取相分別,功德就沒有了,是有限的福德,這個福德果報在人天,有限。佛法這些微妙精深的道理不能不懂。不住相,為什麼大?《破空論》裡頭有解釋,有個比喻,譬如芥子,芥菜子,芥菜子裡面的空,我們把芥菜子裡面挖掉,芥菜子裡頭空,這個空跟十方的空間有沒有差別?沒有差別。沒有差別,功德不就一樣的嗎?所以空性無二無別。以空沒有內外,空沒有彼此,空沒有方隅,就是沒有東南西北,空沒有形相,更無小空異大空,沒有什麼小空大空。「無相之福,其福乃大。」你著相就錯了,這些都是在日常生活當中。所以明理的人能修大福,明理、有智慧的人,他施小得大福。乃至於他沒有施,只起一個善念,福報都不可思議。他要是能夠把這個善念做到,那福報就更大。這些理事我們懂了,這真學佛,不懂那這叫做迷信。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五九集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0559