Friday, July 3, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2011 (Bgn 1)


Pikiran benar adalah hal yang asing bagi para makhluk, bagaimana cara mengubah yang asing ini menjadi akrab bagi diri kita, inilah yang disebut keterampilan melatih diri.

Bagaimana cara mengubahnya? Yakni menerapkan teori yang dipelajari ke dalam kehidupan keseharian, dengan demikian dapat mengubahnya. Kalau sudah belajar tetapi tidak mengamalkannya, maka selamanya takkan bisa berubah.

Sekarang orang yang belajar teori itu jumlahnya banyak, sedangkan yang mengamalkannya justru sedikit. Mesti melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, barulah perlahan-lahan dapat mengubahnya.

Apa yang selama ini akrab dengan kita, harus kita jauhi dan merasa asing, sekarang hal apa yang akrab dengan kita? Siaran televisi, internet, DVD.

Kami jarang keluar, terkecuali saat bepergian ke luar negeri, akan singgah di bandara, lihatlah toko bebas bea di dalam bandara, berapa judul DVD yang dijual di sana? Minimal juga ada beribu-ribu jenis, tayangan apa yang ada di dalamnya? Mendidik orang jadi jahat.

Maka itu tayangan DVD, siaran televisi, internet telah mendidik manusia jadi jahat. Manusia sudah jadi akrab dengan hal-hal negatif, dan telah berakar di hatinya, dicabut pun tidak bisa, bahkan tiap hari memupuknya, menyuburkan-nya, sehingga menjadi begitu akrab dengannya.

Cobalah anda masuk ke dalam toko DVD, lalu carilah sekeping DVD yang bertemakan pendidikan kesusilaan, pendidikan etika moral atau pendidikan Hukum Sebab Akibat, pasti takkan berhasil menemukannya.

Sebaliknya bila anda mencari DVD yang bertemakan kekerasan, asusila, pembunuhan, pencurian, berzina, berbohong, semua ini pasti tersedia.

Maka itu hari ini upaya kita untuk menghancurkan kesesatan para makhluk, mengantarkan mereka pada jalan pencerahan, menjauhkan penderitaan memperoleh kebahagiaan, adalah sedemikian sulitnya!

Maka itu pula ada orang yang mengatakan, hari ini hantu lebih gampang diselamatkan daripada manusia, hal ini nyata adanya. Hantu sudah tahu apa yang dinamakan kesengsaraan, maka itu dia mudah tercerahkan, sementara manusia malah terlena dalam nafsu keinginan, tidak sanggup kembali ke jalan yang benar, maka itu lebih sulit diselamatkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2011


  菩提正念是眾生的生處,生處轉熟,熟處轉生,這就是講功夫了。怎麼轉?那就是學而時習之,就能轉過來。學了之後不習,永遠轉不過來。現在學的人很多,習的人很少。習是什麼?真幹,把所學的倫理道德因果落實在生活,落實在工作,落實在處事待人接物。一定是長時的薰修,長時間的學習、落實,慢慢的這才能轉熟。熟處,我們要遠離它,現在最熟的是什麼?電視、網路,這些光碟。我們其他的地方很少去,到國外去參加活動的時候都會經過機場,你看機場裡面的免稅店,你看那些光碟有多少?至少我看有幾千種,那裡面的內容是什麼?那都是教育。所以現在這些光碟、電視、網路把人全教壞了。那些東西他已經很熟,已經在他心裡上生根,拔都拔不掉,還天天去給它加養分,去增長它,生處就更生疏,沒有。你到這些賣光碟的店裡面去找一個倫理道德因果的,找不到;你要找暴力、色情、殺盜淫妄,全都是。所以今天幫助眾生轉迷為悟、離苦得樂,難,真是難事!所以有人講,今天度鬼容易度人難。這個話是真的,不是假的。鬼已經嘗到苦頭,他容易覺悟,人現在是迷在欲望裡頭,回不了頭來,比鬼難、比畜生難。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0四集)  2011/5/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0404




 
 
Harus diingat prinsip yang diajarkan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta kepada kita yakni “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, apa artinya mengendalikan enam landasan indria? Yakni melepaskan segala kemelekatan, takkan menaruhnya di dalam hati, hati suci-mu akan muncul ke permukaan, hanya sepatah Amituofo, mengantarmu terlahir ke Alam Sukhavati.

Andaikata anda telah yakin, maka pasti akan mengamalkannya! Sementara itu, urusan untuk membantu para makhluk adalah menuruti jodoh yang ada, takkan memaksakan kehendak guna mewujudkannya. Diri sendiri harus berhasil dulu, diri sendiri belum mencapai KeBuddhaan, dalam mengamalkan Jalan Bodhisattva, menuruti jodoh apa adanya, jadi bukan menyuruhmu berpangku tangan, tapi takkan memaksakan kehendak, jangan sengaja mencari-cari, tapi turutilah jodoh yang ada, kalau memang berjodoh yah lakukanlah, kalau memang tidak punya jodoh yah tidak usah dilakukan.

Usai dikerjakan segeralah melupakannya, jangan diingat-ingat terus, juga jangan mengharapkan pamrih ataupun buah akibatnya, balasan baiknya. Apapun hasilnya, janganlah dipikirkan, begini barulah disebut jasa kebajikan. Semua jasa kebajikan ini dilimpahkan ke Tanah Suci Sukhavati.

Kalau sudah selesai berbuat baik, terus mengharapkan datangnya balasan baik, hatimu tidak lagi suci, di hatimu ada bentuk-bentuk pikiran. Kalau balasan yang datang itu menyenangkan, maka anda akan kegirangan, sebaliknya kalau balasan itu datang tidak sesuai dengan harapan, maka wajahmu berubah jadi muram dan suram, anda telah diputar sepenuhnya oleh kondisi luar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2011


「正由稱名易故」,這個法門容易。「相續即生」,這個佛號一句接一句。一定要記住大勢至菩薩告訴我們的原則,大勢至菩薩是修念佛法門成就的,他的念佛經驗非常豐富,他教我們的方法是「都攝六根,淨念相繼」,都攝六根是什麼意思?萬緣放下,世出世間法都別放在心上,你的清淨心現前了,只有一句佛號,不但你將來往生,你的往生品位不可思議。你要真相信,你要真幹!那幫助眾生的事情隨緣,自己沒成就、沒成佛,在行菩薩道的時候隨緣,不是叫你不做,絕不攀緣,絕不找著去做,有緣就做,沒緣就不做。有緣做了就把它忘掉,不問後果,以後怎麼結果不要去理它,那就是功德。把這些功德統統迴向求生淨土,這都是符合一向專念。如果我做了一定要得到什麼結果,你的心就不清淨,你的心就有雜念了。有好結果,你就生歡喜心,沒有好結果,你就愁眉苦臉,你完全被外頭境界轉了,這錯了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0四集)  2011/5/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0404


 


 
 
Apa yang merupakan tekad hati semua Buddha? Yakni agar semua makhluk segera mencapai KeBuddhaan. Buddha Amitabha telah mewujudkannya, dengan metode yang paling mudah, paling praktis, paling aman, paling cepat, dan paling unggul, yakni melafal Amituofo.

Lihatlah, sebuah metode yang sedemikian bagusnya, sehingga dirimu dalam satu kelahiran menyempurnakan KeBuddhaan.

Sekarang kita menggunakan metode ini guna mencapai Alam Sukhavati, setibanya di Alam Sukhavati, kita tetap menggunakan metode ini guna mencapai KeBuddhaan, mengapa demikian? Cepat!

Sesampainya di Alam Sukhavati, kalau masih belajar metode gado-gado, maka ini akan makan banyak waktu, entah sampai kapan selesainya. Jadi apakah 84 ribu pintu Dharma, masih perlu dipelajari tidak?

Tidak perlu, oleh karena begitu anda menemukan kembali jiwa sejati, dengan sendirinya anda sudah bisa memahami semuanya. Lihatlah Master Huineng, tuna aksara, tidak pernah belajar sutra, tapi bisa memahami seluruhnya, tidak ada satupun yang tidak dipahaminya.

Asalkan menemukan kembali jiwa sejati maka semuanya sudah bisa dipahami dengan sendirinya, anda telah berhasil menemukan sumber dimana segala Dharma mengalir darinya, maka itu tidak ada satupun hal yang tidak anda pahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2011

  我們再看下面一段:「總之持名念佛,是諸佛本懷,究竟方便,徑中之徑。此誠為萬古不移之論」。這幾句話非常重要,不是真正深入經藏的人不容易相信,真正叫難信之法。諸佛的本懷是什麼?我們在前面念到的,一句話,「一切皆成佛」,這是諸佛的本懷,諸佛希望一切眾生快快成佛,巴不得大家立刻就成佛,這是諸佛本懷。阿彌陀佛真的做到了,用最容易、最簡單、最方便、最直捷、最穩當、最快速的,還成就最高的辦法,執持名號,這個辦法實在太巧妙,八萬四千門裡頭都沒有,你看這麼一個好方法,讓你一生圓滿成佛。我們現在用這個方法到極樂世界,到極樂世界不捨這個方法,還是這個方法成佛,為什麼?快!到極樂世界再去搞千經萬論,那不曉得拐多大的彎,走彎路了。千經萬論要不要學?不要學。為什麼?見性全會了。你們大家都看到惠能大師不認識字,沒學過,千經萬論懂不懂?沒有一樣不懂,全通了。只要見性全通了,世出世間法都是從自性流出,你見了性,根源找到了,你就沒有一樣不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0四集)  2011/5/10  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0404