Wednesday, March 18, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2011 (Bgn 1)


Dalam mempelajari baik Buddha Dharma maupun Dharma duniawi, prinsipnya adalah sama yakni harus menggunakan hati yang tulus, suci dan bijaksana, barulah anda dapat berhasil menguasainya.

Perkataan ini mudah diucapkan tapi sulit diamalkan, apa alasannya? Tidak adanya hati yang suci. Umumnya hati manusia selalu diliputi keraguan dan kekhawatiran, keserakahan dan kedunguan.

Hal ini melukai karir belajar kita, apa alasannya? Semua ini merintangi jiwa sejati kita, sehingga timbul keraguan di benak kita, mencurigai Buddha dan Bodhisattva, mencurigai insan suci dan bijak zaman dulu.

Keraguan merupakan rintangan terbesar bagi Bodhisattva. Mengapa keraguan dimasukkan ke dalam kelompok akar kekotoran batin? Akar kekotoran batin itu terdiri dari ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan kecurigaan atau keraguan.

Kecurigaan ini bukanlah ditujukan untuk hal-hal yang umum, tetapi dia mencurigai Buddha dan Bodhisattva, meragukan ajaran insan suci dan bijak, maka itu, walaupun sudah begitu ulet belajar Ajaran Buddha, begitu tekun melatih diri, akhirnya tidak bisa berhasil, jadi mesti menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan terlebih dulu, barulah dapat meraih keberhasilan.

Oleh karena ajaran insan suci dan bijak, ajaran sutra yang dibabarkan oleh Buddha dan Bodhisattva mengalir keluar dari jiwa sejati, sementara hati kita tidak tulus, sehingga tidak mampu menyelaminya.

Ketika buku Sutra dibuka, tiap kata dan kalimatnya telah kita buat penghalang, makanya tiap hari membaca Sutra, tiap hari berharap, namun hasilnya cuma kosong melompong, mengapa demikian? Rintangan masih belum dilenyapkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2011


如果心清淨,這個是求學,無論是世法、是佛法,原理是相通的,要用真心去學、用清淨心去學、用智慧心去學,你才能學到。這些話說得容易,做起來難,為什麼?沒有清淨心。一般人的心總是有疑有慮,有疑惑、有顧慮,有貪、有痴。這些東西對我們學習造成致命的傷害,為什麼?它障礙我們真性,讓我們對所學的產生疑惑,讓我們對佛菩薩起疑惑,對古聖先賢起疑惑。疑是菩薩最大的障礙,為什麼把疑寫在根本煩惱裡頭?根本煩惱六個,疑是第五個,貪瞋痴慢下頭就是疑。不是對普通事情的懷疑,對自性懷疑、對法性懷疑、對佛菩薩懷疑、對聖賢懷疑,我們縱然有心去學佛、去求道,都不能成就,一定要破迷開悟你才會有成就。因為聖賢的教誨、佛菩薩的經教是從真心流露出來的,我們自己心不真,就跟它格格不入。展開經卷,字字句句我們都設了障礙物,天天讀誦、天天希望,最後是落空,為什麼?障礙沒除去。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七一集)  2011/4/11  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0371

 


 

Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam Sutra bahwa keyakinan hati adalah akar dari Jalan KeBuddhaan, induk dari segala jasa kebajikan, yakni keyakinan hati dapat menumbuhkan segala jasa kebajikan.

Dengan keraguan hati belajar Ajaran Buddha, hanya bisa memperoleh berkah kebajikan, tidak dapat mendatangkan jasa kebajikan. Berkah kebajikan dan jasa kebajikan adalah tidak sama, berkah kebajikan membuahkan kenikmatan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran) di dalam enam alam tumimbal lahir, anda memperoleh kenikmatan namun tak berdaya mengakhiri samsara, tidak dapat keluar dari Triloka.

Lain halnya dengan jasa kebajikan, jasa kebajikan dapat membantumu menyempurnakan sila, samadhi dan prajna, dapat membantumu terbebas dari enam alam tumimbal lahir, terbebas dari Dasa Dharmadhatu, dapat membantumu terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, inilah jasa kebajikan.

Dalam belajar Ajaran Buddha, mesti tahu membedakan dengan jelas, manakah yang merupakan jasa kebajikan dan manakah yang merupakan berkah kebajikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2011

Apa beda jasa kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :

Dasa Dharmadhatu :


 佛在經上講這個「信」字講得好,「信為道元功德母」。信心是佛道的根源,一切功德之母,就是信心能生一切功德。疑心學佛,可以給人福德,不能給你功德。福德跟功德不一樣,福德的果報是你在六道裡得到五欲六塵的享受,這個五欲是財色名食睡,你能得到豐足的享受,不能了生死,不能出三界。功德不一樣,功德能幫助你成就戒定慧,能幫助你脫離六道輪迴、脫離十法界,能幫助你到極樂世界去成佛,那是功德。學佛,對什麼是功德、什麼是福德,要分得清清楚楚。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七一集)  2011/4/11  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0371


 

 

Umumnya manusia kalau melihat orang lain sedang menikmati kesenangan, hatinya akan timbul kedengkian, sebaliknya kalau melihat orang lain lagi susah, hatinya berbunga-bunga, dia memiliki hati yang selalu ingin menang dari orang lain.

Hati begini adalah kekotoran batin yang parah, yang merintangi kita melatih sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan). Rintangan ini kalau tidak disingkirkan, bagaimana keterampilan melatih diri bisa efektif?

Adanya hal ini bercampur di dalamnya, ketika kita membaca Sutra, bentuk-bentuk pikiran ini berbaur di dalamnya, saat melafal Amituofo juga serupa. Hal ini merusak keterampilan kita, jasa kebajikan tidak ada lagi, yang tersisa cuma berkah kebajikan.

Sekarang di dunia ini, ada berapa orang yang masih menggunakan ketulusan hati? Hal ini juga termasuk kita sendiri di dalamnya, diri sendiri mesti merenungkan dengan pikiran jernih, melakukan introspeksi diri dengan serius, apakah selama ini saya bersikap tulus pada orang lain?

Terhadap Buddha dan Bodhisattva, terhadap buku Sutra, terhadap sahabat Dharma, terhadap guru, apakah saya telah menggunakan ketulusan hati?

Jika tidak tulus berarti munafik penuh kepura-puraan, maka buah akibatnya akan sungguh menyengsarakan, sangat menyedihkan! Jatuh ke tiga alam rendah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 April 2011


一般人看到別人得樂他不歡喜,他有嫉妒心,看到一般人在那裡吃苦,他很高興,他有僥倖心、有好勝心。這些心全是煩惱,而且是很嚴重的煩惱,障礙我們修學戒定慧。這個東西要不去掉,我們修學功夫怎麼得力?有這個東西摻雜在裡面,我們誦經的時候,這些雜念摻雜在裡頭,念佛的時候也摻雜在裡頭。把平常功夫全都破壞了,功德沒有了,剩下來是福德,這個不能不知道。現在在這個世間,幾個人用真心?這也包括自己,自己要冷靜、要認真去觀察,我有沒有用真心。對待佛菩薩、對待經教、對待同學、對待老師,有沒有用真心?如果沒有用真心,果報很苦,很淒慘!在哪裡?在三惡道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七一集)  2011/4/11  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0371