Friday, August 14, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juni 2011 (Bgn 1)

 

  

Di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha memberikan ramalan pencapaian KeBuddhaan kepada para Bodhisattva yang datang berkunjung dari sepuluh penjuru.

 

Istilah sekarang adalah pengesahan atau pengakuan, yakni memberi kepastian kepada para Bodhisattva bahwa anda pasti akan meraih keberhasilan.

 

Lantas bagaimana pula dengan kita-kita yang awam ini? Buddha dapat memberi ramalan pencapaian KeBuddhaan, memberi pengesahan kepada orang lain, sedangkan kita-kita yang awam ini tidak punya kemampuan begini, hal ini mesti dipahami.

 

Kita melatih diri hingga mencapai kondisi batin tertentu, lantas kita ingin mencari seorang praktisi senior guna mengesahkan pencapaian kita, pada zaman dulu, Guru Sesepuh dan praktisi senior masih dapat memberikan pengesahan kepada dirimu, mengapa demikian? Oleh karena dia sendiri telah mencapainya. Sesepuh ke-6 Aliran Zen, Master Huineng memohon pada Sesepuh ke-5 untuk memberi pengesahan kepada dirinya, tindakan begini sudah betul.

 

Hari ini baik di dalam maupun di luar Negeri Tirai Bambu, ada begitu banyak orang yang mengaku-ngaku telah mencapai tingkatan tertentu, lantas siapa yang telah memberi pengesahan kepada mereka? Katanya Master Chin Kung yang telah memberi mereka pengesahan. Bicara sembarangan!

 

Saya sendiri saja belum mencapai pencerahan, bahkan tingkatan kesucian pertama (Srotapanna) saja belum tercapai, bagaimana saya bisa memberi pengesahan kepada orang lain? Maka itu omongan mereka adalah ucapan sembarangan, palsu dan bukan nyata adanya. Praktisi sekalian hendaknya berlaku agak cerdas sedikit, jangan begitu gampang dikelabui, sekarang yang namanya penipu itu jumlahnya sudah terlampau banyak sekali.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juni 2011

 

前面我們看到,極樂世界阿彌陀佛為十方菩薩授記,授記就是印證,就是給菩薩做證明,你肯定會得到。那我們這些凡夫,佛可以給人授記,給人做印證,凡夫沒這個能力,這是學佛同修不能不知道的。我們自己所修所學的境界,請一個人來印證,古時候祖師大德可以給你做印證,為什麼?他證得了。惠能大師請忍和尚給他印證,對的。今天確確實實,在國內外有不少人,他們說他證得什麼地位了,誰給他印證的?他說淨空法師給他印證的。叫胡說八道!我自己沒有開悟,連初果也沒有證得,我有什麼資格給人印證?那都是假的,都不是真的。頭腦要聰明一點,不要被人騙了,現在騙人的事情太多太多了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四一集)  2011/6/7  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0441

 

 

 

 

Tempo dulu ketika saya berada di Hong Kong, ketua biro urusan keagamaan, Ye Xiao-wen, sangat akrab denganku. Suatu pagi kami bersua dan sarapan bersama, dia memberitahukan padaku, di Daratan Tiongkok banyak orang yang memperalat namaku untuk melakukan penipuan, saya bilang saya tidak tahu hal ini! Mereka telah melakukan pemeriksaan secara detail, katanya pemerintah akan mengambil langkah tegas. Saya mengucapkan terima kasih padanya.

 

Kasus begini bila ditinjau dari Hukum Sebab Akibat, sangatlah tidak baik, memperalat nama-ku untuk menipu umat Buddha, dosa ini sangat berat. Saya tidak menyuruhmu berbuat demikian, anda melakukan atas kehendak diri sendiri, memperalat nama-ku melakukan penipuan, akibatnya adalah jatuh ke Neraka! Kenapa harus melakukan perbuatan bodoh sedemikian rupa?

 

Umat Buddha kebanyakan tidak mendalami ajaran sutra, makanya bisa dijebak dan diakali. Sebaliknya jika anda memahami ajaran sutra, maka begitu anda mendengar omongan orang lain, langsung tahu itu adalah asli atau palsu, takkan terjebak, takkan tertipu.

 

Maka itu nama-ku yang semu ini, banyak digunakan orang untuk menciptakan karma buruk, saya juga ikut merasa bersalah. Hal ini akan mencelakai diriku, merupakan tindakan yang tidak hormat terhadap diriku, memperalat namaku pergi melakukan penipuan.

 

Belajar Ajaran Buddha harus tahu mengembangkan kebijaksanaan, belajar berpikir kritis, janganlah malah makin belajar makin mudah dijebak, makin belajar makin mudah diperdaya! Kalau berulang kali kena tipu, maka anda telah melakukan kekeliruan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juni 2011

 

  我在香港,以前宗教局的局長葉小文先生跟我很熟。有一天早晨在一起吃早飯,他就告訴我,國內許多人,拿著法師的招牌在外頭招搖撞騙,這些事情你都不知道。我真不知道!他們調查得很清楚,他說由我們政府來處理。我說那好,謝謝你們。這樁事情如果從因果上來說很不好,拿著我當招牌去欺騙善男信女,這個罪很重。我沒有叫你去做,你自己幹的,拿著我的名義去搞,將來果報都在地獄,很不好!為什麼幹這種傻事?信徒們迷惑顛倒,不研究經教,所以你會上當,你會被人欺騙。如果你對於經教通達明瞭,你一聽人家說話就知道是真的是假的,不會上當、不會受騙。所以我這個假名、虛名,人家拿去造罪業的時候我也有過失,我沒有罪我有過,他們有罪,我有過。這是不是對我好?不是的,這是害我,這不是對我尊敬,拿我當招牌去欺騙人。學佛就是學智慧、學聰明,怎麼會愈學愈笨、愈學愈愚痴!天天上當,常常上當,這就大錯特錯了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四一集)  2011/6/7  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0441

 

 

 


Dalam era berakhirnya Dharma ini, kita melatih diri sendiri dan ingin tahu apakah kita sudah berada di jalur yang benar atau malah menyimpang, ingin mencari orang lain datang mengesahkan pencapaian batin kita, siapakah yang harus kita cari? Carilah buku sutra, isi sutra akan memberi kita pengesahan.

 

Ucapan ini telah berulang kali saya sampaikan selama bertahun-tahun. Sutra dan sastra menjadi pengesah bagi pengetahuan dan pandangan kita, pola pikir kita, apakah benar atau salah.

 

Bacalah isi sutra, jika pencapaian kita sama dengan apa yang tercantum di dalam sutra, maka kita telah berada di jalur yang benar, sebaliknya jika tidak sesuai, berarti jalur kita sudah menyimpang, beginilah caranya untuk mengesahkan pelatihan diri sendiri.

 

Dengan menggunakan sila guna mengesahkan ucapan dan tindakan kita. Maka itu isi sutra adalah menjadi pengesah bagi pelatihan diri kita, membantu kita belajar, bersamaan itu pula memberikan pengesahan.

 

Apabila ucapan dan tindakan kita terjalin dengan sila, maka itu adalah ucapan benar dan tindakan benar; pemikiran dan pandangan kita sesuai dengan isi sutra, maka ini adalah pemikiran benar dan pandangan benar.

 

Jadi tidak perlu mencari orang lain untuk menjadi pengesah, oleh karena praktisi sejati takkan membocorkan jati dirinya, yang membocorkan jati dirinya bukanlah praktisi sejati. Lagi pula praktisi sejati tidak dapat ditemukan dengan sengaja, namun tergantung pada jodoh.

 

Kalau ada seseorang yang mendatangimu lalu mengaku-ngaku : “Saya ini adalah Buddha abc yang turun ke dunia lho, atau Bodhisattva xyz yang turun ke dunia lho”, ini sudah jelas adalah gadungan, sudah jelas datang menipu, mana ada praktisi yang datang membuat pengakuan sendiri!

 

Terkecuali kalau dia sudah membongkar jati dirinya, langsung memasuki ketidakkekalan, ini barulah tulen. Apa alasannya? Dia tidak mengelabui orang lain, begitu jati dirinya terbongkar dia langsung meninggal dunia, anda takkan bisa mencari dirinya lagi, begini barulah tulen.

 

Sebaliknya kalau yang sudah sibuk ngaku-ngaku tapi masih tak pergi-pergi, ini sudah jelas pembohong, tukang tipu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Juni 2011

 

在末法時期,我們自己修學的,自己要想知道是不是正確,要找個人印證,可以,有必要。找誰?找經典,經典給我們印證。這個話我也說了多少年。經論印證我們的知見,我們的看法、想法有沒有錯誤,打開經論來看,跟經論上所講的相應就正確,經論所講的不相應那就錯了,用這個來印證;用戒律來印證我們的行為,我們的言語,我們的舉止、行動,戒律做印證。所以三藏經典就是給我們做印證的,幫助我們學習,同時給我們做印證。如果言語、造作與戒律相應,那是正語、正行;我們的思想、見解跟經論相應,你是正知正見、佛知佛見,就沒有錯。別找人,人,真人不露相,露相不是真人,真人可遇不可求。自己來給你說「我是什麼佛再來的、什麼菩薩再來」,全是騙人的,哪有這種道理的!他說了就走,那是真的,那不是假的。為什麼?他不騙人,身分說出來他就走了,往生了,你再也找不到他,那是真的;說了還不走,就是騙人的,就不是真的。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四一集)  2011/6/7  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0441