Kini kita
mengerti bahwa tempat yang kita diami ini, titik tempat ini sangatlah penting.
Di dalam buku kuno, kita dapat melihat kisah tentang Kaisar Shun, sebelum
menjadi kaisar, Shun pernah mendiami sebuah dusun selama tiga tahun, akibat
pengaruh Shun, penduduk di dusun tersebut jadi memahami tata krama, semuanya
telah menerima pendidikan budi pekerti.
Shun
tidak pernah berniat mendidik mereka, oleh karena Shun memiliki kepribadian yang
terpuji, dengan sendirinya masyarakat setempat jadi terpengaruh dan
meneladaninya, anda adalah se-unggun pelita, setelah tiga tahun menerangi dusun
tersebut, seluruh kegelapan batin masyarakat di sana telah sirna, demikian pula
dengan kesesatan mereka juga telah lenyap, inilah yang disebut melatih diri
yang sesungguhnya.
Manusia
awam saja dapat bertindak sedemikian rupa, apalagi Buddha dan Bodhisattva? Belajar
Buddha Dharma dengan cara demikian barulah betul. Andaikata sudah menjadi
praktisi tapi masih sama dengan orang sesat, maka akan menjadi orang berdosa di
dalam pintu Buddha. Mengapa demikian?
Begitu
masyarakat melihatnya, ternyata praktisi Buddhis adalah begini rupanya, lantas
buat apa belajar Ajaran Buddha? Kini masyarakat mulai timbul keraguan pada Buddha
Dharma, jika tidak ada insan yang datang memulihkannya, Buddha Dharma akan
lenyap dari dunia ini, oleh karena yang lenyap itu sudah terlampau banyak.
Di
wilayah India dan sekitarnya sudah tidak ada lagi, zaman dulu siswa-siswa
Buddha Sakyamuni berkelana ke empat penjuru guna menyebarluaskan Ajaran Buddha
ke seluruh dunia, sekitar 2-3 abad pertama, sekarang sudah tidak ada lagi.
Wilayah
Xiyu (kawasan barat sepanjang Jalur Sutra), Iran, Afganistan, zaman dulu
merupakan negara Buddhis, berjarak dekat dengan India, anggota Sangha dari
India menyebarluaskan Buddha Dharma ke sana, dari wilayah Xiyu kemudian Ajaran
Buddha memasuki Negeri Tirai Bambu.
Kala itu
Kaisar Han Mingdi (28 – 75 Masehi) mengirim utusan khusus menuju ke Xiyu untuk
mencari tahu tentang Buddha Dharma, akhirnya sampai di wilayah sekarang adalah
Xinjiang, utusan khusus ini bersua dengan dua orang Bhiksu India yang bernama Kasyapa
Matanga dan Dharmaratna, lalu mengundang mereka datang ke Tiongkok.
Kami
pernah berkunjung ke Indonesia, saya pernah berkunjung ke Yogyakarta sebanyak
tiga kali, setiap kali saya juga akan berziarah ke Candi Borobudur, yang
merupakan peninggalan abad ketujuh Masehi. Ini membuktikan sebelum abad ke-7
Masehi, Buddha Dharma sangat berjaya di sana, kini telah memudar.
Mazhab
Mahayana tersebar ke Negeri Tirai Bambu, sedangkan Mazhab Theravada tersebar ke
kawasan Asia Tenggara, Thailand, Myanmar, Kamboja dan sebagainya.
Tetapi kemajuan
ilmu dan teknologi menyebabkan masyarakat mulai meragukan, hari ini kontribusi
apakah yang telah diberikan Ajaran Buddha kepada masyarakat? Adakah manfaatnya
belajar Buddha Dharma? Lantas dimanakah letak manfaatnya?
Andaikata
kita ingin memahaminya, ingin tercerahkan, apa yang diajarkan di dalam Sutra,
kita mampu mengamalkannya, maka dengan demikian Buddha Dharma telah memberikan
kontribusi nyata kepada masyarakat ini.
Kita harus
meneladani Bodhisattva, Bodhisattva adalah teladan terbaik bagi kita, inilah
Mahayana, belajar Ajaran Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 12 Juli 2011
Video kartun serial Shun Agung :
現在我們明瞭,我們居住環境的一小點,這個小點很重要。我們讀古書看到舜王,舜王居住在那個村莊三年,那村莊的人個個都懂規矩,全被教化了。舜王沒有意思去教化,自自然然感化,你是這一盞燈,你照了三年,別人的黑暗全沒有了,他那個迷暗都沒有了,這叫真修。世間人尚且如此,何況佛菩薩?學佛這樣學就對了。如果還跟世俗一樣的迷暗,那就是佛門的罪人。為什麼?世間人一看,佛是這個樣子的,這佛要它幹什麼?現代社會多數大眾已經對佛法質疑了,如果沒有人來挽救,佛法會在這個世間消失掉,因為消失的已經太多了。印度周邊佛法全沒有了,當年世尊弟子四面八方去弘揚,在最初的二、三百年,現在全沒有了。西域、伊朗、阿富汗這一代都是古時候佛教國家,距離印度近,印度一些高僧大德都在那邊弘法,所以從西域傳到中國。
中國當年漢明帝派遣特使到西域去尋求佛法,只到現在的新疆,遇到摩騰、竺法蘭,禮請他們到中國,這兩個是印度高僧。印尼我們去過,日惹我去過三次,每一次都到它那邊有個古塔,是公元七世紀的遺蹟,證明公元七世紀之前那邊的佛法很發達,現在沒有了。唯獨傳到中國這一支,大乘。傳小乘這一支傳到南洋,泰國、緬甸、柬埔寨這些地方現在還有。可是今天科學昌明,大家都學會了懷疑,今天對佛教、對宗教提出質疑。宗教對社會、對人類有沒有貢獻?有沒有好處?好處在哪裡?如果我們要明白、要覺悟,經典裡教導我們,我們都做到,佛法對社會就真實的貢獻了。我們的確要學菩薩,菩薩是我們的好榜樣,這是大乘,學淨宗。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四九一集) 2011/7/12 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0491
Tempo
dulu kami menerima wejangan dari Upasaka Huang Nian-zu, beliau memberitahukan
padaku, Upasaka Xia Lianju berharap supaya “Pure Land Learning Society”
dikembangkan.
Di dalam
Negeri Tirai Bambu tidak didirikan, hanya merekomendasikan nama ini, makanya
beliau berharap agar saya dapat mendirikannya di luar negeri.
“Pure
Land Learning Society” pertama kali didirikan di Vancouver, kabarnya sekarang
masih ada. Yang kedua berdiri di Amerika, Upasaka Yang Yihua menjadi penanggung
jawabnya, hingga sekarang masih cukup berjaya, berlokasi di Sunnyvale, San
Francisco.
“Pure
Land Learning Society” yang ketiga berdiri di Los Angeles, Upasaka Chen
Jingchang memeloporinya, sampai sekarang masih ada, juga sangat berjaya.
Di Amerika
Serikat, di Kanada, waktu itu kami memiliki lebih dari 30 cabang “Pure Land Learning Society”, sekarang mungkin
banyak yang telah bubar.
Begitu ide
tentang “Pure Land Learning Society” dimunculkan, mendapat respon dari banyak
pihak, berbagai negara di belahan dunia termasuk Eropa, Asia Tenggara, bahkan di
Malaysia sendiri memiliki lebih dari seratus cabang “Pure Land Learning Society”,
yang telah resmi terdaftar sudah ada lebih dari 50 cabang, separuhnya lagi
masih belum terdaftar, tetapi menyelenggarakan kegiatan.
Di
Australia ada sekitar belasan cabang, sekarang di Jepang sepertinya ada 2-3
cabang yang memfokuskan diri melatih Ajaran Tanah Suci, mengandalkan “Sutra
Usia Tanpa Batas”. “Sutra Usia Tanpa Batas” merupakan sutra terunggul bagi
praktisi Aliran Sukhavati, sebagai pedoman dan landasan melatih diri.
Pada saat
permulaan berdirinya “Pure Land Learning Society”, kami mengusulkan lima jenis
materi sebagai pintu pelaksanaan, semoga kita semuanya dapat mengamalkannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 12 Juli 2011
Lima Mata
Pelajaran Aliran Sukhavati :
我們早年接受黃念老的教誨,他告訴我,夏蓮老希望把淨宗學會發展起來。在國內沒做,只提出這個名稱,沒做,所以他希望我在國外先做。我們第一個淨宗學會是在溫哥華成立的,加拿大淨宗學會,聽說現在還在;第二個學會是在美國成立的,楊一華居士負責,現在還挺興旺的,在舊金山桑尼維爾;第三個學會是在洛杉磯,陳景昌居士在推動的,現在還在,也很興旺。在美國,在加拿大,我當年在那個時候有三十多個會,現在可能有很多都不存在了。這個會這麼提出來,響應的很多,許多國家包括歐洲、南洋,馬來西亞有一百多個淨宗學會,已經註冊的有五十多,還有五十多沒註冊,但是都有活動,一百多個淨宗學會。澳洲大概有十幾個,現在在日本,日本好像現在有二、三個,專修淨土,依《無量壽經》。《無量壽經》是淨宗學會修學的第一經,基本的,理論方法的依據。
淨宗學會成立之初,我們提出行門的五科,希望我們大家都能夠做到,都能落實。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四九一集) 2011/7/12 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0491