Tuesday, December 29, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 September 2011 (Bgn 2)

 

 

Ketika kita dicelakai orang lain, janganlah punya niat balas dendam, praktisi senior zaman dulu mengajari kita, kami sendiri juga menasehati orang lain dengan cara sedemikian rupa, dengan ketulusan dan memaafkan serta Maitri Karuna guna mengurai konflik masyarakat dunia.

 

Ketulusan dan memaafkan, di dalam “Lun Yu” atau Analek Konfusius, disebutkan, “Ajaran Konfusius tidak lain hanyalah ketulusan dan memaafkan”.

 

Buddha Dharma mengatakan Maitri Karuna, Konfusius mengatakan ketulusan dan memaafkan, Laozi mengatakan tiga permata yakni yang pertama adalah cinta kasih universal, yang kedua adalah berhemat dan bersahaja, yang ketiga adalah tidak menonjolkan diri, mengapa demikian? Dapat mengundang dengki dan rintangan dari orang lain.

 

Jika kita benar-benar mempelajarinya, membalas budi kebajikan orang lain, senantiasa mengingat budi orang lain, harus tahu membalas budi; tidak mendendam pada orang lain, bagaimana pun buruknya perlakuan orang lain kepada diriku, memfitnah diriku, menghina diriku, menipu diriku, mencelakai diriku, semuanya tuntas sudah, jangan taruh di hati, malah berterima kasih padanya. Mengapa demikian?

 

Dia datang menguji sampai di mana keterampilan kesabaranku, apakah hatiku suci atau tidak, apakah tahan uji atau tidak, jadi jangan ada kebencian, jangan ada mendengki, jangan ada dendam pada orang lain.

 

Melupakan kesalahannya, tidak melupakan jasanya, bekerja bersama dengan orang lain, jika terdapat kesalahan biarlah saya yang menanggungnya, jika ada jasa biarlah orang lain yang menikmatinya, begini sudah bagus!

 

Membantu mewujudkan kebajikan orang lain, tidak melakukan hal yang merugikan orang lain; tidak menyebarluaskan kejelekan orang lain, namun menyebarluaskan kebaikan orang lain.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 September 2011

 

我們受別人的害沒有關係,絕不可以害別人,這個道理要懂。古大德教導我們,我們今天在海外也是勸導大家,忠恕慈悲來化解社會的衝突。忠恕,儒家說的,孔孟之道,《論語》裡說,「夫子之道,忠恕而已矣」。佛法是慈悲,孔子講忠信,老子講三寶,第一個是慈,慈悲;第二個是儉,節儉,知足;第三個,不敢為天下先,為什麼?惹別人嫉妒障礙。我們要是真正去學,報人之德,別人對我的好處念念不忘,要知道報恩;不報人之怨,別人對我怎麼不好,毀謗我、侮辱我、欺騙我、陷害我,一筆勾消,不要放在心上,反而感恩他。為什麼?他來考驗我,我有沒有忍辱的功夫、我心地清不清淨,要禁得起考驗,沒有怨恨、沒有嫉妒、沒有障礙,不報人的怨。分人之過,不分人之功,跟人在一起共事,有過失我來承當,有功德推給別人,好!成人之美,不成人之惡;隱人之惡,不隱人之善。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八六集)  2011/9/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0586

 

 

 

 

Membantu mewujudkan kebajikan orang lain, tidak melakukan hal yang merugikan orang lain; tidak menyebarluaskan kejelekan orang lain, namun menyebarluaskan kebaikan orang lain.

 

Sepanjang hidupku takkan mengecewakan orang lain, namun dapat menerima dikecewakan orang lain. Saya takkan memfitnah orang lain, namun dapat menerima difitnah orang lain.

 

Dengan kesungguhan hati merekomendasikan dan membimbing orang lain, melihat orang ini dapat dibimbing dan meraih keberhasilan, hendaknya mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna membantunya.

 

Bekerja bersama orang banyak, hendaknya bersikap hangat, jangan sampai mengundang iri hati dan rintangan dari orang lain, asalkan seseorang itu dapat melatih tanpa keakuan, maka iri hati dan rintangan dari orang lain akan jadi hampa, dia bukan menjalin jodoh buruk denganku, tetapi dengan semua orang yang bakal memperoleh manfaat dari ceramah yang diberikan.

 

Contohnya saya memberi ceramah di sini, lalu mereka menebarkan fitnah untuk merusak reputasi vihara, apakah mereka sedang menjalin jodoh buruk denganku? Tidak, tetapi mereka telah menjalin jodoh buruk dengan umat vihara tersebut, umat di vihara tersebut jadi kehilangan kesempatan untuk mendengar ceramah. Inilah yang disebut dengan memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya para makhluk, ini adalah dosa berat pertama yang dia lakukan.

 

Dosa berat kedua adalah merintangi keberlangsungan Dharma Tathagata di dunia, kedua jenis dosa ini cukup untuk menyeretnya ke dalam Neraka Avici.

 

Dia tidak mencelakai diriku sama sekali, saya berterima kasih padanya, melimpahkan jasa kebajikan dari pelatihan diriku kepada dirinya, mengapa demikian?

 

Dia jatuh ke Neraka, semoga dapat meringankan siksaan yang harus dijalaninya, hendaknya menggunakan hati iba dalam memandang orang begini, mengapa demikian?

 

Sesungguhnya sifat aslinya adalah bajik, setiap makhluk sesungguhnya  adalah Buddha, dia melakukan hal yang tidak terpuji oleh karena sesat sesaat, maka itu hendaknya menggunakan hati iba memandangnya, jangan perhitungan dengannya, jangan balas dendam padanya.

 

Anda melihat dengan lebih jelas, apa yang telah dia perbuat sekarang, kelak dia akan menuju ke mana, ketika karmanya berbuah dan dia harus menerima akibatnya, anda akan sangat iba melihat kondisinya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 September 2011

 

成人之美,不成人之惡;隱人之惡,不隱人之善。我一生不辜負別人,可以承受別人辜負我;我不謗人,我可以承受別人來謗我。要以深心提拔人,看到這個人可以教,可以成就,全心全力幫助他。跟人在一起共事,一定要熱情,盡可能不要引起別人對我的嫉妒障礙。嫉妒障礙,實在說人只要真正學無我,別人對我嫉妒障礙全落空了,結罪不跟我結罪,跟誰結罪?要跟得利益的人結罪。譬如講經教學,他們造謠生事把這個道場毀掉,跟我結不結罪?不結罪,跟誰結罪?跟這個道場有緣的聽眾,跟他們結罪,他們聽經聞法的機會沒有了,結罪從這一方面。這是什麼?斷一切眾生的法身慧命,這是一重罪;第二重罪,障礙如來正法住世,這兩種罪就是無間地獄。他沒有害到我,我感激他,我還要把自己修學功德迴向他,為什麼?他墮地獄,希望少受點苦,總是要用憐憫心待人,為什麼?他本性本善,他本來是佛,他做出這些糊塗事情是一時迷惑,一定要用憐憫心去看待他,不要計較,不要有報復。你會看得很清楚,他現在造的業他將來到哪裡去,你要看到果報的時候你會憐憫他。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八六集)  2011/9/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0586