Sutra
Buddha selalu menyebutkan, Keyakinan hati adalah akar dari Jalan KeBuddhaan,
induk dari segala jasa kebajikan, yakni keyakinan hati dapat menumbuhkan segala
jasa kebajikan.”
Maka
itu keyakinan merupakan hal yang sangat penting, merupakan akar dari Jalan
Agung (Jalan KeBuddhaan), induk dari segala jasa kebajikan, kata induk di sini
adalah perumpamaan bahwa keyakinan dapat menumbuhkan; yang juga berarti bahwa
keyakinan hati dapat menumbuhkan jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa
batas, apabila keyakinan hati manusia telah hilang, maka takkan berdaya apa-apa
lagi.
Dalam
masyarakat hari ini, kita selalu mendengar sebuah perkataan, yakni krisis
keyakinan hati, manusia telah kehilangan keyakinan hati, akibatnya Bumi pun
menuju kemusnahan. Kebenaran ini dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni dengan sangat
jelas, hari ini hanya ada seorang saja yang dapat memahaminya yakni ilmuwan
mekanika kuantum, dia mengetahuinya, jika kita menyampaikan padanya ajaran
sutra Buddha, dia langsung bisa memahaminya. Yakni yang saya katakan tadi, jika
manusia telah kehilangan keyakinan hati, akibatnya Bumi pun menuju kemusnahan.
Buddha
membabarkan pada kita tentang “Lima Racun”, bukan hanya membahayakan tubuh
fisik, bahkan juga mencelakai Planet Bumi. Lima Racun adalah ketamakan,
kebencian, kedunguan, keangkuhan, kecurigaan; kecurigaan atau keraguan adalah
tidak percaya.
Ketamakan
mengundang bencana air, kini di Planet Bumi di mana-mana terjadi bencana air, permukaan
air laut meninggi. Kebencian mengundang bencana api, letusan gunung berapi, suhu
Bumi mengalami kenaikan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 April 2011
佛法大經大論上常說,「信為道元功德母,長養一切諸善根」,所以信就非常重要,它是大道的根源,功德之母,母是比喻能生的意思;也就是說,信心能生無量無邊的功德,人的信心失掉,那一點辦法都沒有了。今天的社會,我們常常聽說一句話,說信心危機,人失掉了信仰,我們換句話說,人失掉了信心,用佛法來說,人把信心失掉,那地球就毀掉了。這個道理佛說得很清楚,今天只有一個人他懂得,量子力學家,他知道,如果我們把佛經一講他馬上聽懂。就是我說的,信心要沒有了,地球會毀掉。
佛給我們講五毒,不但害身體,還害地球。五毒是貪瞋痴慢疑,疑就是不信,沒有信心。貪心所感的是水災。今天地球到處有水災,從哪裡來的?找它根本的原因是貪婪,感得的水災,海水上升,江河氾濫。瞋恚所感得的是火災,火山的爆發,地球溫度上升。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八七集) 2011/4/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0387
Sekarang penelitian
di dunia diarahkan pada fenomena fisik (benda berwujud), sedangkan yang dibahas
di dalam Buddha Dharma adalah fenomena psikologis. Diantara kedua fenomena ini,
manakah yang lebih penting? Fenomena psikologis (hati dan pikiran) lebih
penting. Apa alasannya?
Setelah
adanya niat pikiran barulah ada benda. Hal ini dikemukakan oleh Max Planck (seorang
fisikawan Jerman yang banyak dilihat sebagai penemu teori kuantum). Beliau
hidup pada abad sebelumnya, juga merupakan guru dari Albert Einstein. Max
Planck menghasilkan seorang murid yang memiliki prestasi yang luar biasa.
Max
Planck mengemukakan sebuah teori yang sama dengan apa yang tercantum di dalam
sutra Buddha, dia mengatakan menurut penelitian yang dilakukan sepanjang
hayatnya terhadap atom, di dunia ini sesungguhnya tidak ada yang disebut
materi, lantas dari mana materi ini berasal?
Setelah
dilakukan penelitian, materi benda sesungguhnya berasal dari niat pikiran. Hal
ini serupa dengan yang dikatakan di dalam Buddha Dharma, segala sesuatu
tercipta dari hati dan pikiran.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 April 2011
現在世界上研究是物理現象,佛法講的是心理現象。這兩種現象到底哪個重要?心重要。為什麼?有心而後才有物。這是德國哲學家普朗克說的。這是上一個世紀,普朗克是愛因斯坦的老師,門下也出了一個傑出的學生,他一生研究原子、研究量子。他說了一句很重要的話,跟佛經上完全相應。他說根據他一生對原子的研究,這個世間根本就沒有物質這個東西。物質從哪裡來的?追根究柢,物質從哪裡來的?物質從意念產生的,物質的基礎是意念、是念頭。這個說法跟中國相宗,大乘相宗說法完全相同。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八七集) 2011/4/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0387
Tidak
memiliki keyakinan hati adalah kecurigaan, apabila diri sendiri tidak memiliki
keyakinan hati, maka sistem kekebalan tubuh atau imunitas juga tidak ada lagi,
gampang diserang penyakit. Apabila keyakinan hati itu sangat kuat, anda takkan
jatuh sakit.
Jika
keyakinan hati telah hilang, maka gunung, sungai dan permukaan alam takkan kuat
dan padat lagi, struktur tanah pun jadi longgar, perbukitan mengalami longsor,
daratan pun runtuh dan tenggelam ke dasar laut. Ini dikarenakan keyakinan hati
tidak ada lagi, makanya betapa pentingnya hal ini!
Hari ini
Buddha Dharma membahas tentang hal ini, hanya para ilmuwan mekanika kuantum
yang paling memahaminya, tetapi dia masih belum tahu berapa besar dampak yang
ditimbulkan terhadap lingkungan luar.
Maka itu
bila kita menginginkan supaya Bumi ini bebas dari bencana, maka setiap orang
hendaknya memperkuat keyakinan hati. Yang pertama adalah yakin bahwa diri
sendiri adalah Buddha, ini yang paling penting.
Orang
Tiongkok zaman dulu yakin bahwa diri sendiri adalah Suciwan, maka itu di dalam “Klasik
Tiga Aksara” kalimat pertamanya adalah “Sifat dasar manusia adalah bajik”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 April 2011
沒有信心那就是懷疑,對自己來講,自己沒有信心,你的免疫能力就沒有了,你很容易得病;如果自信心很強,你不會得病。自信心要是失掉,山河大地就不堅固了。你看我們念《地藏經》,「堅牢地神」,地是很堅牢的,信心十足,這個大地堅固,不會出事情;信心不堅固,大地鬆了,山會倒下來,大地會沉到海裡。這是什麼?信心沒有了,所以這個多重要!
我們今天佛法講這個東西,只有量子力學家他懂得,但是他還不曉得對於外面的影響這麼大,他還不知道。所以,我們要想這個地球,化解地球的災難,有沒有方法?有!大家都有堅定的信心就沒有事情了。這個信心的頭一個,要相信自己是佛,這最重要的。中國古人相信自己是聖人,所以《三字經》上頭一句話就是建立信心,這個信心還得了嗎?「人之初,性本善」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八七集) 2011/4/30 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0387