Manusia sulit melihat kesalahannya sendiri, tetapi kalau melihat kesalahan orang lain, begitu gampangnya. Bagi insan yang memiliki kebijaksanaan, ketika melihat kesalahan orang lain, dia akan segera bercermin ke dalam dirinya sendiri, apakah juga memiliki kesalahan yang sama; jika melihat kesalahan orang lain tetapi tidak tahu melakukan introspeksi diri, ini menciptakan karma buruk.
Bila tahu melakukan pengamatan terhadap diri sendiri, maka si pelaku adalah insan yang berbudi pada diriku, saya berterima kasih padanya. Mengapa demikian? Begitu melihat kesalahannya, saya langsung bercermin ke dalam batin, menemukan ternyata saya juga memiliki tabiat yang sama, tanpa cermin ini, saya tidak menyadari tabiat jelek diri sendiri, saya harus memperbaiki diri, saya harus berterima kasih padanya.
Tiap hari melakukan perenungan ke dalam diri sendiri, melatihnya berkesinambungan selama 3-5 tahun ke depan anda telah menjadi insan suci dan bijak, meskipun belum menjadi Buddha, minimal juga telah menjadi Bodhisattva.
Maka itu semua makhluk merupakan jelmaan Buddha dan Bodhisattva, mereka datang untuk memerankan sebuah pentas, dengan pemikiran sedemikian rupa, kita berinteraksi dengan orang lain, kemajuan batin kita akan berkembang pesat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Agustus 2011
人發現自己的毛病很困難,但是看到別人的過失很容易,如果是真正有智慧的人,他看到別人過失,別人像我的一面鏡子一樣,我馬上照照自己有沒有,這聰明人;只看到別人過失,不知道回光反照,那就造孽。如果懂得回光反照,那個造作惡業的人是我的恩人,我感恩他。為什麼?他那樣一做的時候,我發現我的過失,沒有這個鏡子照著我,我發現不了自己過失,我要改過自新,我要感恩他。天天回光反照,時時回光反照,三、五年的功夫,你不是聖人,你也是賢人了;你沒有成佛,你也成菩薩了。所以一切眾生都是諸佛菩薩,都是在我面前表演的、在示現的,我們用這種心態處事待人接物,進步就很快。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五二四集) 2011/8/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0524
Harta benda yang diperoleh dengan cara yang tidak benar, akibatnya jatuh ke tiga alam penderitaan. Dari tiga alam penderitaan, yang pertama pasti jatuh ke Neraka dulu, mengeliminasi karma buruk, usai itu beralih ke Alam Binatang untuk melunasi utang, anda mengambil harta kekayaan milik orang lain, sekarang harus melunasinya, orang yang jatuh ke Alam Binatang umumnya datang melunasi tagihan utang.
Tempo dulu ada yang bertumimbal lahir jadi kerbau atau kuda untuk bekerja keras dan mengabdi untuk melunasi utang, jika beban utang belum tuntas, bertumimbal lahir lagi jadi hewan guna melunasi utang hingga tuntas, demikianlah berulang kali bertumimbal lahir hingga seluruh utangnya benar-benar lunas, barulah dapat keluar dari Alam Binatang.
Kemudian bertumimbal lahir ke Alam Manusia, tetapi masih membawa tabiat buruk dari tiga alam sengsara, yakni keserakahan, kebencian dan kedunguan. Maka itu menjadi manusia mudah melakukan kesalahan, setelah melakukan kesalahan, jatuh kembali ke tiga alam rendah, penderitaan ini tak terungkapkan dengan kata-kata.
Kesalahan yang dilanggar, ringan atau berat, siksaan yang akan dijalani, semua ini terletak pada jodoh yang tidak sama, kita berharap dapat bertemu dengan jodoh yang baik, jangan ketemu dengan jodoh yang buruk, sekarang kita jangan menjalin jodoh buruk dengan orang lain, namun menjalin jodoh baik dengan semua orang, kelak kita memiliki banyak jodoh baik.
Kalau sekarang hobi berseteru dengan orang lain, menjalin jodoh buruk, kelak apakah anda takkan bertemu dengan jodoh buruk? Begitu bertemu dengan jodoh buruk, penyakit batin lama pun kambuh, tabiat-tabiat jelek pun bangkit keluar, tanpa sadar menciptakan karma buruk, setelah menjalani siksaan di tiga alam sengsara, barulah menyadarinya, menyesal pun sudah terlambat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Agustus 2011
「不義之財,得來容易,任性揮霍,頃刻消散,重復盜取」,故云『消散復取』。於是『神明剋識,終入惡道』。到最後的結果呢?最後結果墮三惡道。三惡道肯定先墮地獄,把你的惡業消除,然後再墮畜生再還債,你奪取別人的得要還,畜生道多半都是還債的。在古時候變牛、變馬去還債服勞役,債要是沒有還完,來生變畜生還要還,繼續還,還完了才能離開畜生道。再到人間來,債已經還的差不多,都還清了再得人身,但是得人身是什麼?帶著有三惡道的習氣,很濃的三惡道習氣,三惡道習氣是什麼?貪瞋痴的習氣。所以得人身很容易犯過失,犯過失又墮落了,真是苦不堪言。你犯的是輕是重,你將來受的罪,這都是總在遇緣不同。這句話裡面的含義很深,總在遇緣不同,我們希望多遇善緣,不要遇惡緣,我們現在就不跟人結惡緣,專跟人結善緣,我們將來善緣多、惡緣少。現在要是常常跟人結惡緣,你能不遇到惡緣嗎?一遇到惡緣,所謂舊病就復發,這個舊病是前世的罪業,無始的習氣就發作,不知不覺就造重業,造的時候不知道,等墮到三惡道受苦,知道,來不及了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五二四集) 2011/8/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0524
Mengapa sekarang banyak orang yang berbuat jahat? Belum melihat balasan karma. Tidak melihat balasan karma, ini adalah kecerobohan-mu, sesungguhnya balasan karma ada di depan mata, anda telah melewatkannya begitu saja, anda bilang anda tidak melihatnya, ini dikarenakan anda terlampau ceroboh.
Hari ini masyarakat di seluruh dunia, baik pria, wanita, tua dan muda, hampir semuanya melakukan kejahatan, nilai sosial (nilai-nilai yang ada dalam masyarakat tentang baik dan buruknya suatu perilaku) telah berubah, masyarakat terutama media memotivasi orang berbuat jahat, memuji pelaku kejahatan, memuji kehebatan mereka, sementara insan jujur dianggap tidak bisa sukses, beginilah nilai sosial masa kini.
Hari ini kita melihat dunia dilanda bencana bertubi-tubi, kita dapat mengamati dibaliknya, Langit sudah hendak melakukan perhitungan utang piutang, jika hal ini terjadi maka bencana besar akan terjadi.
Beragam ramalan bencana dilontarkan dan manusia berhasil melewatinya dengan selamat, mengapa bisa demikian? Oleh karena setelah mengetahui bencana bakal terjadi, manusia jadi rajin berdoa.
Kini para ilmuwan memastikan kekuatan dari doa itu sangat besar sekali, kekuatan ini dapat meredakan bencana buat sementara waktu, namun tidak dapat menuntaskan akar permasalahan, jadi bencana cuma diundur, tidak hilang.
Terkecuali jika hati manusia jadi bajik, takkan lagi melakukan kejahatan, kembali ke jalan yang benar, barulah dapat mengurai bencana, jadi doa hanya dapat mengobati gejala tetapi bukan akar penyebabnya.
Hati manusia harus kembali ke jalan yang benar, serupa dengan yang dikatakan Gregg Braden (penulis Amerika), menjauhi kejahatan menimbun kebajikan, menjauhi kesesatan berlindung kepada kebenaran dan meluruskan niat pikiran, barulah dapat mencabut akar permasalahan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Agustus 2011
為什麼現在作惡的人這麼多?沒有看到報應。沒看到報應,實在說是你自己粗心大意,報應就在眼前,你疏忽了,你說你沒有看到是疏忽。今天這個社會大眾,男女老少普遍都在作惡,價值觀變了,社會特別是媒體鼓勵人作惡,讚歎人作惡,作惡的人有本事,行善的人老實沒出息,現在是這樣的價值觀。我們今天看到整個社會,整個地球的災難,這裡頭隱隱約約我們體會到了一樁,老天要算總帳了,算總帳那就是大災難,上天要算總帳了。什麼時候災難降臨呢?六百年前,法國的預言家諾查丹瑪斯他預言告訴我們,世界末日,一九九九年是世界末日。一九九九年我們平安度過,所以有很多人說他的預言不準。但是諾查丹瑪斯的預言在這幾百年當中,很多預言真的兌現了。這一次的預言不準,為什麼不準?我們細心去觀察,體會到因為這個預言全世界人都知道,一九九九年知道有多少宗教徒都為這個事情祈禱。
現在科學家肯定祈禱的能量非常大,把這個事情化解,不是真的化解了,推後了,延後,延到什麼時候?延到現在。祈禱暫時化解,如果人心都向善,都不再作惡,真的回頭了,那就真的化解,所以祈禱是治標不治本。人心真正回過頭來,像布萊登所說的,真的棄惡揚善、改邪歸正、端正心念,那就徹底的化解。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五二四集) 2011/8/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0524
Siksaan di tiga alam rendah harus dijalani pelaku kejahatan. Alam Neraka mengeliminasi dosa berat, usai itu barulah dialihkan ke Alam Setan Kelaparan untuk mengeliminasi sisa dosa, usai itu dialihkan lagi ke Alam Binatang untuk melunasi utang, yakni utang uang dibayar uang, utang nyawa dibayar nyawa.
Buddha Dharma sering menyebutkan, “Manusia mati jadi kambing, kambing mati jadi manusia, saling menelan dan memakan, memakan dagingnya setengah kati kelak harus membayarnya setengah kati juga”, tidak ada makan siang yang gratis, kelak segala utang piutang harus dituntaskan.
Kalau yang anda makan adalah ikan, kelak bertumimbal lahir jadi ikan dan dimakannya; kalau yang anda makan adalah udang, kelak bertumimbal lahir jadi udang dan dimakannya. Jika tidak sadar-sadar juga, masih saja kebingungan, maka setiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas tidak usai-usainya, sungguh merupakan siksaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.
Di dalam enam alam tumimbal lahir, setiap kelahiran demi kelahiran melakoni balas budi dan balas dendam, tagih utang dan bayar utang, inilah yang dikerjakan, jika empat jenis kemelekatan ini tidak sudi dilepaskan, selamanya mengingat di dalam hati, maka masalah pun jadi parah.
Makanya selamanya anda tidak bisa keluar dari lingkaran tumimbal lahir, berputar terus di dalamnya, lantas bagaimana caranya supaya bisa keluar dari lingkaran tumimbal lahir?
Yakni melepaskan segala kemelekatan, apa yang saya utang dari orang lain, saya ikhlas melunasinya, sedangkan utang orang lain pada diriku, saya tidak menghendakinya lagi, anggaplah lunas sudah.
Niat pikiran apapun takkan dipikirkan lagi, memusatkan perhatian pada melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, setibanya di Alam Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan, terhadap orang baik yang berbudi maupun bermusuhan denganku, semuanya akan kuselamatkan, inilah yang disebut makhluk yang berjodoh.
Para musuh kerabat ini merupakan orang yang berjodoh dengan dirimu, jika tidak berjodoh, anda tidak dapat menyelamatkannya karena dia takkan mau menerima ajaranmu, anda sampaikan padanya, dia tidak percaya dan juga tidak paham.
Sebaliknya jika berjodoh dengannya, anda sampaikan Dharma padanya, dia akan bersukacita menerimanya, maka itu disebut Buddha menyelamatkan insan yang berjodoh.
Mereka yang berjodoh denganku, yang memiliki utang piutang denganku, semuanya akan saya selamatkan, maka masalah pun dapat terselesaikan dengan sempurna.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Agustus 2011
「內外皆記,罪報追隨,故輾轉三途」,換句話說,這三種罪你都得要受,地獄、餓鬼、畜生,你要在這裡面去受罪。地獄消你的重罪,餓鬼消你的餘罪。畜生你得去接受報應,那就是討債還債,欠命的還命,欠債的還錢,你得搞這些。佛法裡面常說「人死為羊,羊死為人,互相吞噉,吃牠半斤,還牠八兩」,沒有白吃的,將來統統要還債。你吃的是魚,來生要變魚還給牠;吃的是蝦,來生變蝦還給牠,牠吃你。如果沒有覺悟,迷惑在裡頭,生生世世就搞這些把戲,真的是苦不堪言。所以,『累劫難出,痛不可言』,「累劫」是多劫,在六道裡生生世世就是報恩報怨、討債還債,就幹這些,這些恩怨、債務,你永遠都不肯放下,你永遠都記在心裡,麻煩大了。所以你出不了輪迴,出輪迴的心怎麼樣?把這個全放下了,我欠人的我要還,人欠我的不要了,一筆勾消。什麼念頭都不想,專想阿彌陀佛到極樂世界去,到極樂世界成佛之後,跟我有恩有怨的這些人,我統統度他們,這叫有緣人。你要跟他沒有緣他不接受,你跟他講他不相信,他聽不懂;你跟他有緣,他歡喜,他接受,所以佛度有緣人。跟我有恩怨的、有債務的,我統統都來幫助他,這個問題才真正獲得圓滿解決。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五二四集) 2011/8/5 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0524