Sunday, April 5, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011 (Bgn 3)


Setiap harinya, lihatlah di negeri para Buddha yang tersebar di sepuluh penjuru, tidak ada seorang Buddha pun yang tidak memuji Buddha Amitabha, tidak ada seorang Buddha pun yang tidak membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci.

Mengapa Buddha Amitabha bisa memiliki jodoh Dharma yang sedemikian unggulnya? Ini juga merupakan tekad agungNya, ketika Beliau mencapai KeBuddhaan, nama-Nya akan tersebar dan terdengar oleh para Buddha di sepuluh penjuru, para Buddha di sepuluh penjuru serentak memuji-Nya.

Para Buddha di sepuluh penjuru menasehati para penduduk negeriNya supaya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, menyerahkan-nya kepada Buddha Amitabha untuk dibimbing.

Demikian pula dengan di alam saha kita ini, Buddha Sakyamuni juga tak terkecuali, membabarkan Dharma 49 tahun lamanya. Ajaran Buddha tersebar sampai ke Negeri Tirai Bambu dan mengalami masa keemasan pada periode Dinasti Sui dan Dinasti Tang.

Pada periode ini, Ajaran Buddha di Tiongkok telah berkembang sampai ada sejumlah sepuluh aliran atau sekte, Mazhab Mahayana terdiri dari 8 aliran, Mazhab Theravada terdiri dari 2 aliran.

Sampai sekarang ini, boleh dikatakan semua aliran tersebut sudah tidak ada lagi. Bangunan Vihara masih berdiri, tetapi praktisi sejati sudah tidak ada lagi, orang yang benar-benar memahami Ajaran Buddha juga tidak ada lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011

Delapan Aliran Mahayana Yang Berkembang di Tiongkok Sepanjang Sejarah :


每一天,你看看十方諸佛剎土,沒有一尊佛不讚歎阿彌陀佛,沒有一尊佛不宣揚淨土。阿彌陀佛為什麼有這樣殊勝的法緣?這也是他的本願,他成佛的時候,他的名號十方諸佛都聽到,十方諸佛讚歎。十方諸佛將他自己國土裡面的眾生,根性鈍的、善根福德劣的都送到西方極樂世界,交給阿彌陀佛去度他。我們這個世界釋迦牟尼佛也不例外,你看他老人家當時在世的時候,四十九年的教學,圓寂之後,正法、像法各種不同的法門。諸位要知道,隋唐時代是中國佛教的黃金時代,在中國有十個宗派,大乘八個宗,小乘二個宗。到現在,現在可以說全沒有了。現在寺廟有,真正修學的人沒有,真正懂得的人沒有了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七九集)  2011/4/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0379

  

 

Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) selalu berkata padaku, “Membangun vihara tanpa disertai kegiatan ceramah dan melatih diri, tidak dapat menjayakan Buddha Dharma”.

Praktisi senior zaman dulu berkata, “Manusia dapat menjayakan ajaran dan bukan malah sebaliknya ajaran dapat menjayakan orangnya”, kejayaan dan kemunduran Ajaran Buddha, budaya warisan leluhur adalah terletak pada manusia-nya.

Hari ini kami kekurangan tenaga pengajar di bidang pendidikan budaya warisan leluhur, maka itu kami berharap semoga generasi muda bersedia mendedikasikan diri, “Meneruskan ajaran para suciwan, mewujudkan perdamaian dunia”, ini di bidang budaya warisan leluhur.

Sedangkan di bidang Buddha Dharma Mahayana adalah “Meneruskan jiwa kebijaksanaan Buddha, menyebarluaskan Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk”.  

Hendaknya melakukannya dengan serius, belajar dengan bersungguh-sungguh, belajar itu memang susah, banyak rintangannya. Setelah berhasil juga tidak gampang, perjalanan dalam memberi ceramah, banyak kesulitan yang muncul tanpa terbayangkan sebelumnya, semua ini harus dihadapi dan diatasi.

Setelah tamat belajar, anda telah memiliki kebijaksanaan, anda tahu bagaimana cara untuk menyelesaikan permasalahan dengan bijak. Hendaknya menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain.

Tanpa memiliki kebijaksanaan maka setiap langkah yang dijalani akan terasa begitu beratnya. Jangan pernah melupakan prinsip bahwa dengan menjalankan Sila barulah mencapai Samadhi (pikiran terfokus), dengan tercapainya Samadhi barulah diperolehnya Prajna (kebijaksanaan), pastinya dengan mengandalkan Sila, Samadhi dan Prajna, barulah dapat meraih keberhasilan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


  我在年輕的時候跟李老師學教,老師常常講,「有廟無道,不能興教」。我們聽古大德常說,「人能弘道,非道弘人」,佛教的興衰、傳統文化的興衰都在人。釋迦牟尼佛當年在鹿野苑,五個人起家,一個老師,五個學生,五比丘,這個故事我們要懂。在今天,儒釋道都缺乏人才,所以我們殷切的期望著,年輕人要發心,「為往聖繼絕學,為萬世開太平」,這傳統文化,為大乘「續佛慧命,弘法利生」。要真幹,要真學,學習是非常辛苦,是真難,這個不是假的,障礙很多。學成了,也不是容易事情,你像弘法,弘法也有非常非常意想不到的艱難困苦,都得要克服。學成之後你有智慧,有智慧,你知道應該怎麼樣去做法。完全學佛,要恆順眾生,隨喜功德。沒有智慧,你就寸步難行。一定因戒得定,因定開慧,肯定是依戒定慧三學這個指導原則,我們才能成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七九集)  2011/4/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0379