Friday, September 25, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011 (Bgn 5)

 

 

Kita menghormati semua orang, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita semuanya, “Semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha”, maka itu hendaknya memperlakukan semua makhluk dengan hormat.

 

Bodhisattva Samantabhadra mengajarkan kita untuk “Bernamaskara menghormati para Buddha”, dia sesungguhnya adalah Buddha, hanya saja dia sendiri tidak mengetahuinya, namun Buddha dan Bodhisattva mengetahuinya dan menyampaikannya pada kita, barulah kita menyadarinya.

 

“Bernamaskara menghormati para Buddha, memuji Tathagata, memberi persembahan, bertobat atas rintangan karma”, menurutmu orang tipe begini, siapa yang tidak menyukainya, siapa yang tidak menghormatinya, siapa yang tidak mengasihinya!

 

Selama bertahun-tahun kami berkelana di berbagai belahan dunia, mengunjungi mancanegara, praktisi sekalian juga mengetahuinya. Di dalam Negeri Tirai Bambu ada sebagian orang yang salah paham, mengapa demikian? Dia tidak pernah berinteraksi denganku, dia hanya menerka-nerka dan berprasangka di sana, mungkin saja diriku ini adalah tipe orang yang suka bersaing.

 

Dia telah keliru, kenyataannya saya tidak suka bersaing dan berebutan, apa yang anda hendaki, saya takkan berminat padanya. Apa yang saya hendaki, saya percaya anda pasti tidak berminat, jika anda memang menghendakinya juga sangat bagus, saya akan mengalah dan memberinya padamu, anda bilang “Mulai sekarang Master Chin Kung tak perlu berceramah lagi, biar saya yang berceramah saja”, bagus, silahkan saja, saya akan mengalah dan memberi kesempatan ini padamu, menjadi pendengar lebih berberkah daripada berceramah di atas podium. Menjadi seorang penceramah sangatlah susah dan letih, sedangkan pendengar tinggal duduk manis, alangkah nyamannya, benar-benar tahu menikmati hidup.

 

Maka itu anda menghendaki berceramah di atas podium, saya akan mengalah padamu, dalam segala hal, saya juga dapat mengalah, dengan siapapun takkan ada gesekan.

 

Konflik terjadi karena kecurigaan yang diciptakan mereka sendiri, bukan nyata adanya. Kami tidak berebutan popularitas denganmu, juga tidak berebutan keuntungan denganmu, bahkan dalam hal berceramah, saya juga takkan bersaing denganmu, apa yang anda hendaki, saya dapat mengalah dan menyerahkan padamu, saya akan berterima kasih padamu, bersujud padamu, mengapa demikian?

 

Anda telah memindahkan beban yang saya pikul, kini saya sudah sangat rileks, saya sudah bebas. Maka itu pikiran dan tindakan harus selaras.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

我們尊重一切人,一切人都是佛,釋迦牟尼佛告訴我們「一切眾生本來是佛」,我們眼目當中他都是佛,所以我們對一切眾生永遠是禮敬。普賢菩薩教給我們「禮敬諸佛」,他真的是佛,不是假的,他自己不知道,佛菩薩知道,佛菩薩告訴我們,我們也知道。「禮敬諸佛,稱讚如來,廣修供養,懺除業障」,你說這樣的人,誰不歡喜、誰不尊重、誰不愛戴他!

 

  我們這些年來,在世界上走了很多國家地區,大家都知道。中國國內有些誤會的,是什麼?他沒有跟我相處過,他在那裡猜,大概我也是個喜歡競爭的人。猜錯了,我不跟人競爭,你要的,我都不要。我要的,我相信你也不要,你要也很好,我都讓你做,你說「講經說法你別講了,我來講」,好,我就讓給你講,當聽眾比當講師有福,講師很苦、很累,聽眾多舒服,在那裡享受。所以你要講台,我也讓給你,我統統都能讓,跟任何人都沒有衝突。那個衝突是他們自己懷疑當中產生的,不是事實真相。我們不跟你爭名,也不跟你爭利,連弘法利生我也不跟你爭,你要我全讓給你,我還給你感恩、給你磕頭,為什麼?你把我這個擔子卸下來,我輕鬆了,我解脫了。所以得乎中而形於外,表裡一如。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九0集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0490

 

 

 

 


Petikan Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Bab 31 :

..............Bodhisattva yakin sepenuhnya, bertekad bulat, memfokuskan diri pada pelafalan Amituofo, menyempurnakan jasa kebajikan yang sesungguhnya. Karena jalinan jodoh melafal Amituofo, dapat memunculkan semua akar kebajikan..........

 

Dengan adanya jalinan jodoh, maka dapat membantu pelatihan diri kita; tanpa adanya jalinan jodoh, kita tidak tahu harus memulainya dari mana. Maka itu setiap praktisi yang mendengar nama Buddha Amitabha lalu timbul hati sukacita; mendengar Sutra Usia Tanpa Batas atau mendengar Amitabha Sutra, lalu timbul hati sukacita, ini dikarenakan pada masa kelahiran lampau sudah pernah mempelajarinya.`

 

Pada masa kehidupan lampau jika tidak menimbun akar kebajikan, maka pada masa kehidupan sekarang, anda akan menemukan banyak kesulitan, anda takkan memercayai Ajaran Sukhavati.

 

Persoalan begini, jika anda mengamatinya dengan seksama, bahkan praktisi non awam pun bisa bertemu dengan kesulitan ini, dia memilih belajar Pintu Dharma lainnya, dia tidak memercayai Pintu Dharma Tanah Suci, apa alasannya?

 

Pada masa kelahiran lampau tidak menjalin jodoh sedemikian rupa, sehingga pada masa kehidupan sekarang tidak dapat bersua dengan kalyanamitra, setelah mendengar Sutra Usia Tanpa Batas, dia juga tidak sanggup membangkitkan keyakinan.

 

Mendengar ceramah bertopik Sutra Usia Tanpa Batas, dia merasa tidak suka, tidak sanggup melanjutkannya lagi, baru duduk beberapa menit saja, dia langsung angkat kaki, ada orang tipe begini, bahkan jumlahnya tidak sedikit.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Juli 2011

 

【因緣願力。出生善根。摧伏一切魔軍。尊重奉事諸佛。為世明燈。最勝福田。殊勝吉祥。堪受供養。赫奕歡喜。雄猛無畏。身色相好。功德辯才。具足莊嚴。無與等者。】

 

這個一段念老註子裡面說,「右段更廣明菩薩真實功德」。『因緣願力』,「因緣,《魏譯》作因力、緣力」,這兩種力量。「《淨影疏》曰:因力緣力為第一門,起修所依。過去所修一切善行,能生今善,名為因力」。這是因,因是過去所修的。「近善知識聽聞正法,名為緣力」。因緣具足,就成就我們修學;如果沒有因緣,我們不知道從哪裡學起。所以每個同修,你們聽到阿彌陀佛生歡喜心,聽到這部經或者聽到《阿彌陀經》,聽到淨土能生歡喜心的,都是過去生中曾經學過。過去生中沒有善根,你這一生中比較困難,你不相信。這樁事情,如果你稍稍細心,你去觀察,不學佛的人不算,學佛的人乃至於出家的人,他學別的法門,他不相信淨土,什麼原因?過去生中沒有因,這一生遇到善知識,聽聞這部經,他也不相信。他聽了不喜歡,聽不下去,兩個小時聽幾分鐘他就走了,有,不在少數。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九0集)  2011/7/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0490