Patut diketahui bahwa tubuh kasar ini bukanlah diriku yang sesungguhnya, maka itu jangan terlampau menghabiskan waktu guna merawatnya, tentu saja juga janganlah sengaja merusaknya, ini juga berdosa.
Jika anda menghabiskan banyak waktu guna merawatnya, maka akan timbul kemelekatan, anda akan mengalami kemerosotan batin, anda takkan berdaya membebaskan diri dari lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Setelah memahami kebenaran, takkan melekat lagi pada tubuh ini, kapan pun boleh meninggalkannya, takkan ada ketakutan lagi, tiap niat pikiran yang timbul adalah membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Saya tidak mungkin membawa tubuh berisi kotoran ini ke Alam Sukhavati, kalau saya membawa serta tubuh berbau busuk ini ke sana, tentunya sangat memalukan, mengapa demikian? Tubuh ini dinamakan “Kantong kulit berisi kotoran”, sungguh menjijikkan.
Setibanya di Alam Sukhavati, anda akan mengenakan tubuh Vajra-narayana yang takkan rusak, merupakan Dharmakaya, memiliki rupa yang bagus dan berwibawa, yang terunggul tiada bandingnya.
Jika anda bersikukuh ingin membawa tubuh kasarmu ke sana, maka ini ibaratnya pengemis berpakaian compang-camping hendak memasuki istana megah, dimana di dalamnya telah tersedia pakaian dengan mutu terbaik buat dirimu, tetapi anda masih tidak ikhlas melepaskan dan membuang pakaian compang-camping tersebut.
Maka ketahuilah bahwa tidak ada satupun yang bisa dibawa pergi dari dunia ini, kelak anda bakal tinggal di istana megah yang di dalamnya telah tersedia barang berkualitas terunggul, maka itu anda akan mengikhlaskan benda-benda di dunia fana ini, takkan merasa sakit hati sama sekali, menyempurnakan Dana Paramita-mu.
Setibanya di Alam Sukhavati anda akan memperoleh keistimewaan serupa dengan yang dinikmati Bodhisattva Dharmakaya, dimana Alam Manusia tidak dapat sebanding dengannya, demikian pula Alam Surga juga tidak dapat sebanding dengannya, bahkan Dasa Dharmadhatu juga takkan dapat sebanding dengannya, sungguh tak terbayangkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011
一定要曉得,身不是自己,對待這個身,不要太過分的去重視它,當然你也不要有意去糟蹋它,那也是罪過。不能過分重視,為什麼?過分重視,這裡面就產生情執,你不但沒有提升,你墮落了,墮落在哪裡?墮落在六道裡頭,你出不了六道輪迴。真相了解之後,這個身時時可以捨,沒有恐怖,念念想求生淨土。我求生到極樂世界,我不能把這個身體帶去,這個身體帶去的時候你自己也感覺到難為情,為什麼?這叫臭皮囊,骯髒的東西。到西方極樂世界,你的身體是金剛不壞身,是法性身,相好莊嚴無與倫比,這個身體帶去,那就像你帶到一個富麗堂皇的宮殿裡面,帶了一些叫化子破破爛爛的衣服,你還不肯捨棄,你帶這個東西幹什麼。所以要知道,這個世界所有的一切統統不能帶。你會變成什麼?變成歡喜捨掉,一點都不會心痛,成就你圓滿布施波羅蜜。圓滿的布施你得三種功德,得財富,得聰明智慧,得健康長壽。但這三樣東西都不是真的,都要捨。為什麼?它身外之物,到極樂世界你所受用的全是自性本來具足的,我們沒有開發,阿彌陀佛開發了,他開發出來供養給我們。換句話說,到極樂世界你就得到如法身菩薩同樣的享受,人間不能比,天上不能比,十法界裡面的佛菩薩也不能比,真正是不可思議。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八一集) 2011/7/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0481
Cara untuk mengurai konflik adalah dengan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), Enam Paramita, orang Tiongkok mengatakannya sebagai welas asih, harus tulus dan pemaaf.
Ajaran Konfusius yakni welas asih, tulus dan memaafkan, benar-benar dapat menyelesaikan masalah, di dalam Buddhisme dikatakan sebagai ketulusan dan Maitri Karuna.
Bukan saja tidak ada kebencian, tidak ada balas dendam, masih harus mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna membantunya menghancurkan kesesatan dan mengembangkan pencerahan, mewujudkan pendidikan etika moralnya, supaya mereka dapat menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan.
Perseteruan, kebencian, cara yang digunakan orang barat, menindas, balas dendam, semua ini takkan menyelesaikan masalah, hanya akan memperuncing masalah, memperburuk kondisi, hal ini tidak boleh tidak dipahami.
Ketika pandangan dualisme (yang saling bertentangan, contohnya suka benci, benar salah) telah dihancurkan, barulah menyadari ternyata semua makhluk dan diri sendiri merupakan satu kesatuan, anda akan mengasihi setiap insan.
Meskipun dia membenci-mu, mencari gara-gara dengan-mu, ini adalah rintangan karma, dia sedang tersesat, dia tidak tercerahkan. Pada saat begini dia justru membutuhkan bantuanmu, apa alasannya?
Anda telah belajar Ajaran Buddha, anda hendak mengamalkan Jalan Bodhisattva, anda hendak menyelamatkan para makhluk yang menderita, dia itu termasuk salah satu makhluk yang sengsara, dia berjodoh dengan-mu, jadi mana boleh tidak menyelamatkannya?
Inilah yang disebut sebagai melatih diri, apa yang diajarkan oleh Buddha dan Bodhisattva telah kita amalkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011
化解衝突的方法要戒定慧,要六波羅蜜,在中國人講的要仁義、要忠恕。儒家的仁義忠恕真能解決問題,佛家的真誠慈悲。不但沒有怨恨、沒有報復,還要全心全力幫助他破迷開悟,成就他的道德學問,讓他們真正能夠離苦得樂。對立、怨恨,外國人用的是手段、鎮壓、報復,解決不了問題,會把問題愈演愈烈、愈攪就愈亂,這我們不能不知道。所以身見要斷,邊見要斷。邊見斷了的時候,一切眾生跟自己是一體,你會對於任何一個人親切的去愛他。他雖然不愛你,找你的麻煩,那是什麼?業障,他迷惑,他沒覺悟。在這個時候,正要你去幫助他,為什麼?你學佛了,你要行菩薩道,你要普度苦難眾生,他苦難,你跟他有緣,你怎麼不度他?這叫真修行,這不是假的,佛菩薩教導我們的,我們全都做到了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八一集) 2011/7/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0481
Terhadap orang yang baik padaku, takkan timbul kemelekatan padanya, sebaliknya terhadap orang yang cari masalah denganku, takkan timbul kebencian, selamanya memelihara sebutir hati yang suci, setara dan tercerahkan. Inilah yang kita pelajari dari “Sutra Usia Tanpa Batas”.
Walaupun hati pencerahan itu sekarang masih belum ada, tetapi mesti memiliki hati yang suci dan hati yang setara. Etika moralmu lebih tinggi dibandingkan dengan dirinya, begitu dia tercerahkan, dia akan tergugah, dengan sendirinya akan salut padamu, belajar padamu.
Jika anda malah memiliki pandangan sesat seperti dirinya, sama-sama berseteru, maka ikatan permusuhan tidak mudah terurai, hal ini mesti dipahami.
Maka itu orang yang memahami Hukum Karma akan tahu merasa takut. Setiap kelahiran demi kelahiran, kehidupan demi kehidupan, saling balas membalas tiada habis-habisnya, kedua belah pihak entah harus melewati siksaan selama berapa masa kehidupan, hingga salah satu pihak sudah sadar dan tercerahkan, barulah ikatan permusuhan ini dapat terurai, andaikata dua-duanya tidak sadar-sadar juga, maka ini sungguh menyedihkan, kenapa harus melakukan hal dungu sedemikian rupa!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2011
跟我處得很好的,決定沒有一點貪戀心,跟我作對的沒有怨恨心,永遠用什麼心?清淨平等覺心,我們學《無量壽經》真的得到這個。覺心現在雖然沒有,一定是清淨、平等。你的德行比他高,他一覺悟了,他自然受感動,他自然佩服你,跟你學習;你要跟他一般見識,兩個人對立,不容易化解,這個一定要知道。所以知道因果就會害怕。因果裡面是什麼?報復,生生世世糾纏不清,冤冤相報沒完沒了,雙方不知道要痛苦到多少生多少世,其中有一個覺悟才能化解,兩個都不覺悟那太可憐了,為什麼幹這種傻事!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四八一集) 2011/7/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0481