Saturday, December 26, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011 (Bgn 6)

 

 

Siapakah pendukung Dharma yang sesungguhnya? Para Buddha dan Bodhisattva. Pada zaman dulu di Tiongkok, pendukung Dharma bukanlah manusia biasa, di dalam Vihara, mereka yang menjabat sebagai ketua vihara, para pengurus, adalah jelmaan Bodhisattva, bukan manusia biasa! Maka itu Buddha Dharma berjaya, Mereka memiliki kemampuan pengamatan.

 

Masa kini, pendukung Dharma adalah manusia biasa, tidak memiliki kemampuan begini, tidak mempunyai kebijaksanaan, tidak sanggup mengamati seseorang, insan yang seharusnya didukung tidak dibantu, akhirnya si praktisi sejati terpaksa angkat kaki, vihara pun jadi merosot, bukankah kejadiannya sedemikian rupa?

 

Hal-hal begini dalam sepanjang hayat kami saksikan dengan mata kepala sendiri, kami melihat orang-orang yang tidak benar begini, saat menjelang ajal, matinya susah.

 

Terutama pada momen terakhir, ketika anda ingin mewujudkan keinginan terakhir, orang-orang yang berada di sisimu malah merintangi upayamu, kami pernah menyaksikan kejadian begini.

 

Ada seorang anggota Sangha, saat menjelang ajal masih memiliki sedikit kebijaksanaan, dia hendak mengubah vihara-nya menjadi vihara ceramah, lalu dia mencari diriku, saya bilang baguslah!

 

Namun akhirnya para umat di sana tidak menyetujuinya. Saat itu anggota Sangha ini juga tak berdaya, karena dirinya menderita sakit berat, tekadnya tidak terwujud, perginya juga tidak damai.

 

Kami yang menyaksikan hal ini secara langsung, apakah tidak timbul mawas diri? Maka itu seseorang itu dalam kehidupan ini harus memiliki satu arah dan satu tujuan, apapun kesulitannya saya juga takkan berganti haluan, barulah bisa berhasil.

 

Belajar Ajaran Buddha itu tidaklah sulit, kesulitannya adalah tidak memiliki keyakinan hati yang teguh, yang tidak tergoyahkan. Perlahan-lahan menanti kesempatan, saat jodohnya masak, para makhluk memiliki berkah, barulah kita mengabdikan diri dan perbanyak berkontribusi; sebaliknya jika jodoh tidak masak, para makhluk tidak memiliki berkah, meskipun kita ingin mengabdi juga tidak punya kesempatan.

 

Dengan perkataan lain, kalau jodoh belum masak, maka kita selamatkan diri sendiri dulu, kalau jodoh sudah masak barulah kita utamakan menyelamatkan para makhluk, sementara diri sendiri agak lambat berhasil tidaklah masalah.

 

Jadi jika tidak memiliki kesempatan untuk berdedikasi bagi orang banyak, maka terlebih dulu melatih diri sendiri, saat tiba saatnya kita berkesempatan mengabdi, maka kita dapat melangkah lebih jauh, memandang lebih jelas, lebih mengerti.  

 

Guru Sesepuh dan Praktisi Senior menyampaikan pada kita satu jurus rahasia guna meraih keberhasilan yakni “Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang”.

 

Sejak zaman dulu hingga sekarang, segala keberhasilan tak luput dari tiga persyaratan ini, yaitu tulus, patuh, serius mengamalkan, patuh pada ucapan Buddha dan Bodhisattva.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

真正護法的人是誰?諸佛菩薩。中國在過去,護法的不是凡人,你在寺廟裡面,這些主持、這些執事,菩薩再來的,他哪裡是凡人!所以佛法興旺,他能觀機。

 

  現在是凡夫,沒有這個能力,沒有智慧,不能觀人,應該護持的沒有護持,最後他走了,道場也沒落了,這個情形不就是這樣的嗎?這都是我們在一生當中親眼看見的,我們看見這些人走得都不好。尤其在最後一著,你自己想做的事情,旁邊人障礙你,我們見過。法師到臨命終的時候,還有一點智慧,想把道場改成為弘法道場,找到我,我說好!結果信徒不答應。他這個時候沒辦法了,重病,願與心違,他往哪裡去就可想而知,走得不好。我們看到這些,能不警惕嗎?所以一個人在一生要有一個方向、有一個目標,什麼樣困苦艱難我不改變,你就會有成就。學佛確實不難,難在堅定的信心,決定不動搖。慢慢等待機緣,機緣成熟,眾生有福,我們要多做貢獻;機緣不熟,眾生沒有福,眾生沒有福,想做也沒用。換句話說,機緣不熟的時候成就自己要緊,有這個機緣的話可以先為眾生,我自己慢一點成就不要緊。沒有機緣一定是先成就自己,到有緣的時候我走向更高處,看得更清楚、更明白。祖師大德教給我們,「一門深入,長時薰修」,這是祕訣。古今中外,一切成功的條件都是老實、聽話、真幹,聽佛菩薩的話。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585

 

 

 

 

Hari ini di dalam lautan samsara, kita telah bersua dengan mercusuar, yang menunjukkan pada kita sebuah jalan untuk keluar dari penderitaan. Kita melatih diri sendiri, memberikan teladan yang baik buat diperlihatkan kepada orang banyak, inilah yang disebut membimbing semua makhluk untuk keluar dari lautan penderitaan.

 

Saat menjelang ajal muncul berbagai fenomena istimewa, khalayak ramai yang menyaksikannya, akan segera tercerahkan, memahami kebenaran ini nyata adanya sehingga serius mengamalkannya.

 

Tanpa sebuah teladan dan bukti, terutama pada era seperti sekarang ini, masyarakat lebih percaya pada pengetahuan ilmiah, terhadap apapun harus meragukannya terlebih dulu, setelah melihat adanya bukti barulah memercayainya.

 

Saat menjelang ajal, pikiran masih jelas dan jernih, tidak menderita penyakit, begitu bilang pergi langsung beranjak pergi, begitu barulah elegan.

 

Kita benar-benar membangkitkan tekad, bukanlah demi diri sendiri, namun demi memberi teladan nyata buat diperlihatkan kepada para makhluk, supaya mereka meyakini Pintu Dharma Tanah Suci, meyakini bahwa melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati adalah nyata, maka itu saya memperagakan teladan buat diperlihatkan kepada mereka, Buddha Amitabha memberkati dirimu, anda dapat mewujudkannya.

 

Maka itu dalam belajar itu tidak boleh tidak serius, jasa kebajikannya adalah tak terhingga dan tanpa batas. Jika anda dapat menggugah satu orang, menuntun satu orang terlahir ke Alam Sukhavati, Bodhisattva Maha Maitri berkata, jasa kebajikan ini lebih besar daripada menyelamatkan diri sendiri.

 

Jika dapat menuntun dua orang terlahir ke Alam Sukhavati, maka jasa kebajikan ini lebih besar lagi, apalagi kalau bisa membawa belasan orang ke sana, ratusan orang, maka anda adalah Bodhisattva Agung, jika bisa membawa puluhan ribu orang ke sana, maka anda adalah jelmaan Buddha Amitabha.

 

Demikianlah motivasi yang diberikan Bodhisattva Maha Maitri kepada diri kita, yakni giat menyebarluaskan Pintu Dharma ini. Upaya menyebarluaskan Pintu Dharma ini hendaknya dilakukan dengan serius, namun andaikata diri sendiri tidak mengamalkannya maka sama juga dengan bohong.

 

Diri sendiri mesti mengamalkannya dengan bersungguh-sungguh, diri sendiri mesti meraih keberhasilan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 September 2011

 

  

  「故囑守護」,囑咐我們守護,「為一切有情作生死海中之明燈,導諸眾生出離苦海,故云長夜利益」。長夜是六道輪迴,在這個裡頭永遠迷惑顛倒。覺悟的人出去了,不覺悟的人留在這裡。我們今天所遇到的是生死海中的燈塔,指出我們一條出苦的道路。我們自己修,做出好樣子給人看,這就是導諸眾生,引導一切眾生出離苦海。你往生的時候那種瑞相,大家看到了,他有感受,他明白了,他知道這個事情是真的,他真幹。沒有好的樣子,特別是在這個時代,這個時代人講科學,對什麼首先懷疑,真的看到樣子他就不懷疑,真看到了。往生的時候清清楚楚、明明白白,沒有病痛,說走就走,這才行。我們真正發願,不是為自己,是為給眾生做樣子,讓眾生相信淨土法門,相信念佛往生是真的,我做這個樣子給大家看,阿彌陀佛加持你,你真能做得到。所以這個不可以不認真學習,功德無量無邊。你能感動一個人,帶一個人往生,大慈菩薩說,比你往生的功德大,你帶一個人去。帶兩個人就更好,帶上十幾個人,你就是菩薩,帶上上百的人,你是大菩薩,要超過一萬人,那你是阿彌陀佛再來,這大慈菩薩說的。勉勵我們,也就是弘護這個法門。弘護是要真幹,自己不真幹那是假的,那不是真的;自己一定真幹,一定成就。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五八五集)  2011/9/8  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0585