Saturday, December 19, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 September 2011 (Bgn 2)

 

Beberapa tahun yang silam kami menyaksikan DVD yang berjudul “Shan Xi Xiao Yuan”, di sebuah dusun terdapat lebih dari 40 orang yang mengidap Penyakit Kanker, dimana pihak Rumah Sakit memvonis penyakit mereka tidak dapat diobati lagi, sisa usia mereka berkisar 2-3 bulan saja.

 

Mereka merupakan praktisi Buddhis, maka itu melepaskan niat pikiran yang ingin bertahan hidup, mengerahkan segenap pikiran guna melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Setelah melafal Amituofo sebulan dua bulan kemudian, penyakit pun sembuh, tiga bulan kemudian memeriksakan diri ke Rumah Sakit, sel-sel kanker tidak tampak lagi.

 

Dokter bertanya, bagaimana cara mereka sembuh, mereka menjawab, dengan melafal Amituofo. Mereka tidak mengharapkan kesembuhan, segenap hati membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, namun masa hidup mereka di dunia ini masih ada.

 

Kasus begini sudah kita lihat banyak sekali, banyak pasien yang menderita penyakit kritis dimana tidak ada Rumah Sakit yang mampu menyembuhkannya, dia pun melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, tetapi dikarenakan masa hidupnya di dunia ini masih ada, penyakit pun sembuh, kesehatannya pulih kembali.

 

Dari sini dapat diketahui, keyakinan hati dan kekuatan niat pikiran adalah sungguh tak terbayangkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 September 2011

 

前幾年我們看「山西小院」的光碟,四十多個人得的癌症,醫院宣布無法治療,告訴他們壽命只有二、三個月。這些都是學佛的,大家也放棄求生的意念,一心一意念阿彌陀佛求生淨土。念了一、二個月好了,念到三個月再到醫院檢查沒有了。問他用什麼方法治療,他說念阿彌陀佛念好的。並不是想好,是想到極樂世界去,結果他還有壽命。這些例子我們看到很多,許多人在重病沒有醫藥可救的時候,他就念阿彌陀佛求生淨土,因為他壽命還沒到,還有壽命,居然就好了,恢復健康。由此可知,這個信心、念力不可思議。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七九集)  2011/9/5  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0579

 

 

 

 

Tujuan kita terlahir ke Alam Sukhavati adalah mencapai Nitya Sthita (Tanah Suci tertinggi di Alam Sukhavati), bahkan hanya dalam satu masa kehidupan sudah dapat mencapainya, tidak perlu melewati masa kehidupan kedua.

 

Tidak ada yang kedua, cuma satu saja, maka itu disebut dalam satu masa kehidupan meraih keberhasilan. Praktisi sekalian hendaknya mengingat perkataan ini, mengapa demikian?

 

Kita terlahir ke Alam Sukhavati adalah dalam kondisi masih hidup, bukannya setelah meninggal barulah ke sana. Dalam kondisi masih hidup, anda melihat kehadiran Buddha Amitabha, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta yang datang menjemputmu, jadi anda perginya dalam kondisi hidup, setelah kesadaran (vijnana) anda meninggalkan tubuh kasar, barulah tubuh kasar anda meninggal dunia.

 

Jika setelah meninggal dunia barulah terlahir ke Alam Sukhavati, ini disebut sebagai tubuh antarabhava memperoleh penyelamatan. (Antarabhava adalah periode peralihan antara selesainya satu masa kehidupan ke masa kehidupan berikutnya).

 

Di dalam sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) diuraikan dengan jelas, orang yang memperoleh penyelamatan pada periode Antarabhava adalah orang yang memiliki rintangan karma yang berat, tidak memahami kebenaran secara jelas, tidak melepaskan kemelekatan.

 

Sedangkan praktisi yang telah memahami kebenaran secara jelas dan dimengerti, bagaimana mungkin dia tidak bersedia melepaskan kemelekatan? Mana ada aturan begini!

 

Jika masih ada secuil kemelekatan yang belum sanggup dilepaskan, lekaslah mengingatkan diri sendiri, supaya segera melepaskannya, saya masih belum memiliki keyakinan benar, saya masih belum memahami sepenuhnya; jika telah memahami sepenuhnya, apapun takkan dihendaki lagi.

 

Apapun tidak dihendaki lagi, memperoleh pembebasan agung, segala kecemasan takkan ada lagi, khayalan apapun juga takkan ada lagi, segala keinginan memperoleh dan takut kehilangan juga tersapu bersih, kini hanya ada sepatah Amituofo saja.

 

Melafal Amituofo sepatah demi sepatah, saling sambung menyambung, mukjizat ini adalah sungguh tak terbayangkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 September 2011

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

我們到極樂世界的目標肯定是常寂光,而且是真的一生就成就,不要再經過第二生。沒有兩次的,一次的,所以這個法門叫一生成就的法門,諸位要記住這句話。為什麼?我們往生到極樂世界是活著去的,不是死了去的。你活著,你看到阿彌陀佛來接引你,看到觀音、勢至來接引你,活著去的,我去了,我們靈魂離開這個身體再死掉。所以他不是死了去的,死了去的時候中陰得度。這個經典裡講得清楚,真正不是中陰得度,中陰得度是業障重的,事實真相沒搞清楚的,沒有真正放下的。真搞清楚、真搞明白,他怎麼會不放下?哪有這個道理!還有一點點沒有放下,那就是警惕自己,我們馬上警覺到,我還沒放下,我還不是真信,我還沒搞清楚;真搞清楚,什麼都不要了。什麼都不要了,一切得大自在,什麼憂慮都沒有,什麼妄想都沒有,一切得失一掃而光,只有一個名號,一句阿彌陀佛。這個阿彌陀佛,聲聲跟阿彌陀佛都連線,所以感應不可思議。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七九集)  2011/9/5  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0579

 

 

 


Insan yang berbuat baik akan memperoleh balasan baik, orang jahat mendapatkan balasan buruk, hal ini sesuai dengan Hukum Sebab Akibat. Adakah orang yang memercayainya?

 

Anda mungkin melihat ada pelaku kejahatan, tapi sepanjang hidupnya malah menikmati berkah, mengapa demikian? Oleh karena Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa kehidupan.

 

Maka itu ucapan Buddha hendaknya diingat baik-baik! Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, “Jika ingin mengetahui benih karma apa yang ditanam di masa kehidupan lampau, lihatlah apa yang anda terima pada masa kehidupan sekarang”; “Jika ingin mengetahui apa yang akan anda terima pada masa kehidupan mendatang, maka lihatlah apa yang anda perbuat pada masa kehidupan sekarang”.

 

Setelah memahami kebenaran ini anda pasti tercerahkan, pada satu masa kehidupan ini dia jadi kaya raya, oleh karena pada masa kehidupan lampau dia banyak berbuat baik; pada masa kehidupan sekarang dia berbuat jahat, pada masa kehidupan mendatang menerima akibat perbuatannya. Ini adalah hukum alam, nyata adanya.

 

Jika pada masa kehidupan sekarang ini kita hidup merana, banyak musibah, padahal kita telah banyak berbuat baik, ini dikarenakan pada masa kelahiran lampau tidak memupuk pahala, sekarang balasan yang kita terima adalah akibat perbuatan di masa kehidupan lampau, sedangkan karma baik yang kita lakukan sekarang, balasannya akan kita terima pada masa kehidupan mendatang.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 September 2011

 

  「又指知一切眾生因緣果報」,前面是從理上說的,這從事上講,知道一切眾生因緣果報。「作樂業得樂報,因果相契,為是處。作惡業希望樂報,因果相背,為非處,猶言無有是處」。這個解釋也非常重要,解釋正確沒有錯誤,畢竟六道裡面的眾生留戀六道佔絕大多數,不想捨離。他們在六道裡頭希望得福報,希望得福報要做善事,這個地方講因緣果報。作樂業就是善業,你才能得樂報,因果相契,這是處;你造惡業希望得樂報,因果相違背,這叫非處,沒這個道理。善因善果,惡因惡報,惡因不可能得善果,沒有這個道理。這個話說的人能相信嗎?我看到某個人做的不善,為什麼他有那麼大的福報?有那麼高的地位?這個地方就要講求因果通三世,不是一世的。所以佛講的話,講得好!你都要聽,都要記住。佛說「欲知前世因」,你要想知道你前世幹了些什麼,造的什麼因,「今生受者是」,我這一生所享受的就是的;「欲知來世果」,我要想知道我來世的果是什麼,「今生作者是」,你這一生所幹的,那來世的果。這四句話佛講的,如果你真聽懂、真聽明白就恍然大悟,這一生大富大貴,前生修善;這一生所造作的不善,來生惡報,是這麼回事情。這真的,這不是假的。如果我們這一生當中很辛苦,受很多難,我們也做了不少好事,還在受苦受難,過去生中沒修福報,現在享受是過去造的業,過去真沒修。這一生修的,來世果報。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五七九集)  2011/9/5  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0579