Kunci
dari pelatihan diri adalah seperti yang dikatakan oleh Master Zhangjia yakni
mengikhlaskan dan melepaskan kemelekatan. Terutama pada era sekarang ini, kalau
otak kita lebih jernih sedikit mengamati keadaan di sekeliling kita, maka kita
jadi mudah mengikhlaskan.
Anda
tidak bisa tidak mengikhlaskan, jika tidak sanggup mengikhlaskan maka
masalahnya akan jadi besar, mengapa demikian? Anda tidak dapat keluar dari enam
alam tumimbal lahir, ini adalah masalah besar.
Pada
masa lampau kelahiran demi kelahiran, kehidupan demi kehidupan, kita pasti
pernah bertemu dengan Buddha Dharma, pasti juga pernah melatih diri, namun
tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Kita
berjodoh dengan Aliran Tanah Suci, jodoh ini sangat mendalam, pada satu masa
kelahiran ini bersua kembali. Andaikata pada satu masa kehidupan ini masih juga
tidak sanggup mengikhlaskan, maka harus bertumimbal lahir lagi, Upasaka Li
Bing-nan mengatakan, masih harus menjalani tumimbal lahir untuk kalpa yang
panjang, bukan untuk kurun waktu yang singkat, sungguh merana!
Apabila
kita tercerahkan, telah mengerti, tidak ingin lagi bertumimbal lahir, maka
harus serius mengamalkan. Genggamlah dengan erat prinsip penting yang
disampaikan di dalam sutra Buddha, setiap saat mengingatkan diri sendiri,
begini sudah boleh.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 11 Mei 2011
關鍵,還是章嘉大師說得簡單扼要,看破、放下。特別在我們現在這個時代,這個時代如果頭腦稍微冷靜一點容易看破。你不能不看破,你不看破你的麻煩就大了,為什麼?你出不了六道輪迴,這是大事。過去生中生生世世,我們肯定遇到過佛法,肯定在佛法裡面有修行,沒成功,沒能往生。我們跟淨土有緣,有很深的緣,這一生又遇到了。如果這一生再不能看破,那還要搞輪迴,李老師說的,還得長劫輪迴,不是短時間,很辛苦!如果我們覺悟,知道了,不想再搞了,那就得真幹。抓住佛經講的幾個綱領,時時刻刻提醒自己就行了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0七集) 2011/5/11 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0407
Apa
yang disampaikan oleh enam ratus gulungan “Maha Prajnaparamita Sutra” kepada
kita, saya simpulkan dalam satu kalimat saja, Buddha Sakyamuni telah
membabarkan sutra ini selama 22 tahun, apa isinya? “Segala sesuatu adalah semu,
kosong (atyanta-sunyata) dan tidak bisa diperoleh”.
Artinya
terhadap segala sesuatu juga harus sanggup mengikhlaskan, jangan taruh di hati,
kalau taruh di hati maka anda sudah keliru. Segala sesuatu boleh dipakai,
tetapi jangan sampai ada niat mengendalikannya, menguasainya, adanya niat untuk
mengendalikannya, sudah salah, menciptakan karma buruk; adanya niat untuk
memiliki dan menguasainya juga menciptakan karma buruk, bahkan tubuh fisik
sendiri juga tidak bisa dimiliki.
Seluruh
Suciwan memperingatkan kita bahwa nyawa manusia tidaklah kekal, apakah anda
dapat mengetahui besok masih hidup atau tidak? Bencana dan musibah begitu
banyak! Orang yang mengalami kematian tidak wajar, tiap hari ada berapa banyak
jumlahnya? Melihat angka yang tertera di internet, sungguh mengerikan.
Hal
ini memperingatkan kita, setelah mendengar berita-berita ini, melihat foto-foto
ini, hendaknya harus bermawas diri, kehidupan ini tidak kekal. Hendaknya
melepaskan kemelekatan pada tubuh fisik ini, kebijaksanaan-mu akan berkembang;
jika setiap saat selalu saja memikirkan kepentingan badan jasmani ini, anda
selalu merisaukannya, tidak sanggup terbebas dari belenggu ini.
Maka
itu dalam belajar Buddha Dharma, hal pertama yang harus dipahami adalah tubuh
ini bukanlah aku. Setelah memahaminya, jangan lagi melekat padanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 11 Mei 2011
Atyanta-sunyata :
六百卷《大般若》跟我們講的,我總結十二個字,佛說二十二年,說什麼?「一切法無所有,畢竟空,不可得」。這個意思就是對一切法都要看破,不要放在心上,放在心上錯了。一切法可以受用,不能控制,不能佔有,有控制的念頭,錯了,造業;有佔有的念頭也造業,連身都不能佔有。
世出世間聖人都警告我們,人命無常,你能知道明天還能活在人間嗎?天災人禍很多!死於非命的人每天有多少人?這就是屬於意外災害的,網路上看看這些數字,太可怕了。這是警告我們,我們聽到這些信息,看到這些畫面,要警覺,無常。對身都放下,你智慧就會生起來;念念老為這個身體,你墮在煩惱之中,你沒有解脫出來。所以學佛頭一個要曉得,這身不是我。真明白了,再不執著了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0七集) 2011/5/11 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0407
Di
dalam “Mulajata-hridayabhumi-dhyana-sutra” disebutkan : “Dharma Ratna ibarat
pedang kebijaksanaan, menebas samsara, memutuskan belenggu tumimbal lahir.”
Dharma
Ratna mencakup seluruh sutra yang dibabarkan oleh Buddha dan sastra yang
disampaikan oleh Guru Sesepuh, sutra dan sastra membantu mengembangkan
kebijaksanaan kita.
Tanpa pedoman
dari sutra dan sastra, selamanya kebijaksanaan kita tidak bisa muncul ke
permukaan. Sesungguhnya setelah kita memperoleh sutra dan sastra ini, masih
butuh bimbingan dari Kalyanamitra, tanpa bantuan Kalyanamitra, kita tidak tahu
makna-nya.
Membaca
sutra merupakan hal yang bagus, dapat mengembangkan kebijaksanaan, tetapi kalau
tidak paham artinya, lama kelamaan bisa timbul kebosanan.
Jika
dipaksakan membacanya beberapa tahun kemudian, makin dibaca makin merasa muak,
akhirnya dikesampingkan saja, bahkan pergi belajar metode lainnya, hal ini
sudah umum. Maka itu peranan Kalyanamitra amatlah penting.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 11 Mei 2011
「又《心地觀經》云:法寶猶如智慧利劍,割斷生死,離繫縛故。」法寶是佛、祖師傳下來的一切經論,經論幫助我們、啟發我們智慧現前。我們如果沒有經論的啟示,智慧永遠不能現前。實在講,我們得到這些經論還要有善知識引導,沒有善知識我們看不懂。讀經好事,也能開智慧,但是讀不下去,厭煩。意思不懂,天天去念,枯燥無味。念上幾年,愈念愈煩躁,最後都把它拋開,甚至於去學其他宗教了,這個事情常有。所以善知識比什麼都重要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0七集) 2011/5/11 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0407