Wednesday, July 8, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2011 (Bgn 2)


Kunci dari pelatihan diri adalah seperti yang dikatakan oleh Master Zhangjia yakni mengikhlaskan dan melepaskan kemelekatan. Terutama pada era sekarang ini, kalau otak kita lebih jernih sedikit mengamati keadaan di sekeliling kita, maka kita jadi mudah mengikhlaskan.

Anda tidak bisa tidak mengikhlaskan, jika tidak sanggup mengikhlaskan maka masalahnya akan jadi besar, mengapa demikian? Anda tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, ini adalah masalah besar.

Pada masa lampau kelahiran demi kelahiran, kehidupan demi kehidupan, kita pasti pernah bertemu dengan Buddha Dharma, pasti juga pernah melatih diri, namun tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Kita berjodoh dengan Aliran Tanah Suci, jodoh ini sangat mendalam, pada satu masa kelahiran ini bersua kembali. Andaikata pada satu masa kehidupan ini masih juga tidak sanggup mengikhlaskan, maka harus bertumimbal lahir lagi, Upasaka Li Bing-nan mengatakan, masih harus menjalani tumimbal lahir untuk kalpa yang panjang, bukan untuk kurun waktu yang singkat, sungguh merana!

Apabila kita tercerahkan, telah mengerti, tidak ingin lagi bertumimbal lahir, maka harus serius mengamalkan. Genggamlah dengan erat prinsip penting yang disampaikan di dalam sutra Buddha, setiap saat mengingatkan diri sendiri, begini sudah boleh.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2011


關鍵,還是章嘉大師說得簡單扼要,看破、放下。特別在我們現在這個時代,這個時代如果頭腦稍微冷靜一點容易看破。你不能不看破,你不看破你的麻煩就大了,為什麼?你出不了六道輪迴,這是大事。過去生中生生世世,我們肯定遇到過佛法,肯定在佛法裡面有修行,沒成功,沒能往生。我們跟淨土有緣,有很深的緣,這一生又遇到了。如果這一生再不能看破,那還要搞輪迴,李老師說的,還得長劫輪迴,不是短時間,很辛苦!如果我們覺悟,知道了,不想再搞了,那就得真幹。抓住佛經講的幾個綱領,時時刻刻提醒自己就行了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0七集)  2011/5/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0407





 
 
Apa yang disampaikan oleh enam ratus gulungan “Maha Prajnaparamita Sutra” kepada kita, saya simpulkan dalam satu kalimat saja, Buddha Sakyamuni telah membabarkan sutra ini selama 22 tahun, apa isinya? “Segala sesuatu adalah semu, kosong (atyanta-sunyata) dan tidak bisa diperoleh”.

Artinya terhadap segala sesuatu juga harus sanggup mengikhlaskan, jangan taruh di hati, kalau taruh di hati maka anda sudah keliru. Segala sesuatu boleh dipakai, tetapi jangan sampai ada niat mengendalikannya, menguasainya, adanya niat untuk mengendalikannya, sudah salah, menciptakan karma buruk; adanya niat untuk memiliki dan menguasainya juga menciptakan karma buruk, bahkan tubuh fisik sendiri juga tidak bisa dimiliki.

Seluruh Suciwan memperingatkan kita bahwa nyawa manusia tidaklah kekal, apakah anda dapat mengetahui besok masih hidup atau tidak? Bencana dan musibah begitu banyak! Orang yang mengalami kematian tidak wajar, tiap hari ada berapa banyak jumlahnya? Melihat angka yang tertera di internet, sungguh mengerikan.

Hal ini memperingatkan kita, setelah mendengar berita-berita ini, melihat foto-foto ini, hendaknya harus bermawas diri, kehidupan ini tidak kekal. Hendaknya melepaskan kemelekatan pada tubuh fisik ini, kebijaksanaan-mu akan berkembang; jika setiap saat selalu saja memikirkan kepentingan badan jasmani ini, anda selalu merisaukannya, tidak sanggup terbebas dari belenggu ini.

Maka itu dalam belajar Buddha Dharma, hal pertama yang harus dipahami adalah tubuh ini bukanlah aku. Setelah memahaminya, jangan lagi melekat padanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2011

Atyanta-sunyata :


六百卷《大般若》跟我們講的,我總結十二個字,佛說二十二年,說什麼?「一切法無所有,畢竟空,不可得」。這個意思就是對一切法都要看破,不要放在心上,放在心上錯了。一切法可以受用,不能控制,不能佔有,有控制的念頭,錯了,造業;有佔有的念頭也造業,連身都不能佔有。

世出世間聖人都警告我們,人命無常,你能知道明天還能活在人間嗎?天災人禍很多!死於非命的人每天有多少人?這就是屬於意外災害的,網路上看看這些數字,太可怕了。這是警告我們,我們聽到這些信息,看到這些畫面,要警覺,無常。對身都放下,你智慧就會生起來;念念老為這個身體,你墮在煩惱之中,你沒有解脫出來。所以學佛頭一個要曉得,這身不是我。真明白了,再不執著了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0七集)  2011/5/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0407




 

Di dalam “Mulajata-hridayabhumi-dhyana-sutra” disebutkan : “Dharma Ratna ibarat pedang kebijaksanaan, menebas samsara, memutuskan belenggu tumimbal lahir.”

Dharma Ratna mencakup seluruh sutra yang dibabarkan oleh Buddha dan sastra yang disampaikan oleh Guru Sesepuh, sutra dan sastra membantu mengembangkan kebijaksanaan kita.

Tanpa pedoman dari sutra dan sastra, selamanya kebijaksanaan kita tidak bisa muncul ke permukaan. Sesungguhnya setelah kita memperoleh sutra dan sastra ini, masih butuh bimbingan dari Kalyanamitra, tanpa bantuan Kalyanamitra, kita tidak tahu makna-nya.

Membaca sutra merupakan hal yang bagus, dapat mengembangkan kebijaksanaan, tetapi kalau tidak paham artinya, lama kelamaan bisa timbul kebosanan.

Jika dipaksakan membacanya beberapa tahun kemudian, makin dibaca makin merasa muak, akhirnya dikesampingkan saja, bahkan pergi belajar metode lainnya, hal ini sudah umum. Maka itu peranan Kalyanamitra amatlah penting.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Mei 2011

「又《心地觀經》云:法寶猶如智慧利劍,割斷生死,離繫縛故。」法寶是佛、祖師傳下來的一切經論,經論幫助我們、啟發我們智慧現前。我們如果沒有經論的啟示,智慧永遠不能現前。實在講,我們得到這些經論還要有善知識引導,沒有善知識我們看不懂。讀經好事,也能開智慧,但是讀不下去,厭煩。意思不懂,天天去念,枯燥無味。念上幾年,愈念愈煩躁,最後都把它拋開,甚至於去學其他宗教了,這個事情常有。所以善知識比什麼都重要。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四0七集)  2011/5/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0407