Di manakah letak Surga dan Neraka? Sebersit niat baik memunculkan sebuah Surga; sebersit niat jelek memunculkan sebuah Neraka. Ketika anda membangkitkan niat baik maka anda merasa bahagia, sebaliknya ketika anda memiliki niat jelek maka anda merasa merana.
Jadi bahagia atau merana, diri sendirilah yang merasakannya, orang lain tidak tahu, tetapi Buddha mengetahuinya dengan jelas dan dimengerti. Buddha memiliki kebijaksanaan, anda hobi berbuat jahat, Buddha juga takkan menghentikan-mu, andaikata Buddha berusaha menghentikan-mu, berarti Buddha telah terpengaruh oleh dirimu. Dia bukan Buddha lagi, sudah berubah jadi orang awam, sehingga begitu gampang ditarik ikut terlibat dalam masalahmu.
Buddha memiliki kebijaksanaan, Dia takkan tergoyahkan, hanya melihat dirimu menciptakan karma jelek lalu menerima balasannya, menanti hingga anda sudah muak menjalani hukuman, mulai menyesali perbuatan diri sendiri, tidak ingin menjalani siksaan lagi, saat inilah Buddha akan datang menyelamatkan dirimu. Mengapa demikian?
Anda telah tercerahkan, tidak ingin berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir lagi, barulah Buddha datang membantumu. Selama anda belum sadar, Buddha takkan datang membantumu, bukan karena tidak Maitri Karuna, tetapi anda takkan bisa menerima-nya, anda tidak memohon, Buddha takkan merespon, setelah anda memohon, barulah Buddha datang merespon.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011
天堂地獄在哪裡?空空如也,自性本空。可是什麼?你一個善念就現一個天堂,你一個惡念就現一個地獄,這個念頭會現相的。你現這個現象別人不知道,你自己感受到,天堂你有樂受,地獄你有苦受。苦樂感受是你自己的事情,別人不知道,可是佛都看得清清楚楚、明明白白。佛有智慧,你做讓你做,佛不會制止你,佛要是制止你,那就被你拖下水,他就不是佛了,他就變成凡夫,他被你拖下水了。他聰明,他有智慧,他如如不動,看你造業受報,什麼時候你罪受得太多太苦,你不想再受了,這個時候佛就來度你。為什麼?你覺悟了,不想再搞輪迴,他才來幫你忙。你還沒有覺悟,佛不會幫助你,不是不慈悲,是你不能接受,是你沒有感,佛就沒有應,你要有感,他才有應。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三七集) 2011/6/5 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0437
Manusia masa kini lebih banyak terjalin dengan siluman, mara dan setan jahat lainnya. Apa yang dimaksud dengan siluman, mara dan setan jahat lainnya? Yakni membunuh, mencuri, berzina dan berdusta, niat pikiran begini sangatlah kuat, makanya semakin dekat dengan siluman, mara dan setan jahat lainnya, semakin jauh dengan Buddha dan Bodhisattva.
Kebenaran ini mesti dipahami dengan jelas, setelah dimengerti barulah menyadari betapa bernilainya Ajaran Sukhavati. Ajaran Sukhavati tidak boleh tidak dipelajari, ajaran ini dapat mengantar kita dalam satu masa kehidupan ini mencapai kesempurnaan.
Penjelasan berikutnya adalah Bab 37, “Bagaikan Pengemis Memperoleh Mustika”, gambaran ini terlampau bagus sekali! Dengan adanya Pintu Dharma Tanah Suci, dalam satu masa kehidupan ini kita pasti terselamatkan.
Tetapi kita harus memiliki pemahaman yang jelas tentang Pintu Dharma ini, harus mengenalinya, barulah sanggup membangkitkan keyakinan hati padanya.
Mengapa pemahaman-mu masih kurang? Oleh karena masih melekat pada perasaan (suka dan benci), anda masih belum sanggup melepaskannya. Asalkan anda bersedia melepaskan kemelekatan pada perasaan, maka anda juga telah melepaskan enam alam tumimbal lahir, sebaliknya jika masih belum sanggup melepaskan kemelekatan pada perasaan, maka tetap saja berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Orang yang belajar Ajaran Buddha itu jumlahnya banyak, tetapi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati justru sedikit jumlahnya, alasannya terletak di sini.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011
我們現在這個感是對妖魔鬼怪的感最強烈、最多。妖魔鬼怪是什麼?殺盜淫妄,我們這種意念很強,所以跟妖魔鬼怪很近,跟佛很遠。這些事實真相不能不搞清楚,不能不明瞭。為什麼?真的清楚了,真的明白了,你就曉得淨宗之可貴,淨宗不能不學,淨宗可以在我們這一生當中圓滿成就。本經後頭有一品,品題叫「如貧得寶」,這個形容得太好!我們有了這個法門,這一生決定得救。可是這個法門要清楚、要認識,你的心才發得起來。你認識不清楚,為什麼?還是迷戀在這個情執上。不能說你不認識,你認識的程度不夠,你還不能把情執放下。放下情執就是放下六道輪迴,放不下情執依舊搞六道輪迴。學佛的人多,往生的人少,道理就在此地。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三七集) 2011/6/5 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0437
Ajaran Buddha resmi masuk ke Daratan Tiongkok pada tahun 67 Masehi, sepanjang hampir dua ribu tahun ini ada begitu banyak praktisi yang meraih keberhasilan. Praktisi yang melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, menurut perkiraanku ada seratus ribu orang, betapa unggulnya!
Selain metode Tanah Suci tiada jalan kedua lagi, kita tidak memiliki kesanggupan mempelajari metode lainnya, hanya dengan melatih Pintu Dharma ini barulah kita memiliki kepastian. Apa alasannya?
Pintu Dharma lainnya wajib memutuskan kekotoran batin hingga ke akar-akarnya, hal ini sulit sekali! Sedangkan Pintu Dharma Tanah Suci, yang penting adalah dapat meredam kekotoran batin, membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati, asalkan kita memiliki kemampuan untuk meredam kekotoran batin, maka kita dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Meredam lebih gampang daripada harus memutuskan sampai ke akar-akarnya, bagaimana caranya meredam? Yakni dengan melafal Amituofo. Ketika niat pikiran timbul, tak peduli itu adalah kegembiraan atau kecemasan atau ketakutan atau kebencian, langsung melafal Amituofo guna meredamnya.
Niat pikiran apapun yang muncul, segera menggantinya dengan lafalan Amituofo, demikianlah cara meredamnya, dengan demikian dapat membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati.
Jadi inilah salah satu syarat yang diperlukan, jika anda tidak mampu meredamnya, apa boleh buat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Juni 2011
佛教是公元六十七年正式傳到中國,將近兩千年有這麼多人成就。念佛往生到淨土去成佛的人,這兩千年來我保守的估計是十萬人,你說多殊勝!我們除淨土走別的門我們走不通,我們沒有這個能力,我們求往生這個門,這個門我們走得通,我們有把握。為什麼?那些門真的要斷煩惱,斷煩惱難!這個法門不要斷煩惱,帶業往生,只要我們有能力把煩惱伏住就能往生。伏比斷容易太多了,怎麼個伏法?一句阿彌陀佛。所以會念,當我們起心動念的時候,不管是歡喜、是憂慮,還是恐怖,還是怨恨,這種念頭一生,阿彌陀佛把它壓住。什麼念頭都歸到阿彌陀佛,這就把煩惱伏住,這就能帶業往生。所以阿彌陀佛需要這個條件,你伏不住那就沒法子。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四三七集) 2011/6/5 日本岡山淨宗學會 檔名:02-039-0437