Dalam
masyarakat sekarang ini, siapa yang tidak berpura-pura? Jika anda menggunakan
hati yang tulus pada orang lain, anda akan dirugikan, diakali-nya, ditipu-nya,
malah diejek sebagai foolish.
Orang
Tiongkok zaman dulu berkata, “Orang bodoh punya berkahnya tersendiri, menderita
kerugian adalah berkah”, makna dibaliknya sungguh mendalam, sudah jelas dia
tidak menderita kerugian sama sekali, tidak tertipu, justru dia telah memperoleh
keuntungan besar.
Maka
itu kesalahpahaman ini (pandangan salah) adalah dikarenakan menuruti kekotoran
batin dan tabiat. Serupa dengan ular berbisa dan hewan buas, merupakan bahaya
besar dan tidak memberi manfaat.
Dari
penampilan luar tampaknya hal yang bajik, berdana, menjalankan sila, melatih
kesabaran, melatih diri dengan tekun dan
sebagainya, tetapi bagaimana di dalamnya? Ketamakan, kebencian, kedunguan,
keangkuhan dan kecurigaan sama sekali tidak dienyahkan, inilah yang disebut
sebagai kebajikan yang bercampur racun.
Dengan
penampilan luarnya yang cukup meyakinkan, si praktisi gadungan ini, siapa yang
bakal mengetahuinya? Buddha dan Bodhisattva mengetahuinya, setan dan malaikat
juga mengetahuinya.
Maka
itu kebajikannya itu bukanlah asli, tetapi adalah palsu. Praktisi gadungan
begini meskipun belum ketahuan belangnya, dia dapat mengelabui manusia di dunia
ini, namun Buddha dan Bodhisattva mengetahuinya dengan jelas, Langit akan
membereskan orang munafik begini.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 01 Mei 2011
《四帖疏》裡面講的「惡性難侵」,這括弧說是「惡性牢固」。再說得明白一點,他誤會了,他以為這個是正知正見,搞顛倒了、搞錯了。現在這個社會哪個人不是假的?你要用真心對待人,你吃虧了,你上當了,你傻。中國古人講「傻人有傻福、吃虧是福」,這個裡頭意思很深,大學問、大道理,說穿了他真沒吃虧,真沒上當,他佔大便宜了。所以這種誤會完全隨順煩惱習氣,錯了。事同蛇蝎,這是像毒蛇猛獸,有大害沒有一利。雖起三業,名為雜毒之善。表面上做的好事,布施、持戒、忍辱、精進修這些,裡面怎麼樣?貪瞋痴慢疑一點也沒斷,這叫雜毒之善。亦名虛假之行,誰知道?佛菩薩知道,鬼神知道。所以不名真實業,它不是真的,它不是實實在在的善業,不是的,假的。這種人世間人不知道,他能夠欺瞞世間人,佛菩薩明瞭,上天會收拾這種人。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八八集) 2011/5/1 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0388
Buddha
Sakyamuni membantu semua makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan,
adalah dengan cara mengajar. Dengan menyampaikan Dharma, dapat membantu semua
makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, dengan menyampaikan Dharma
juga dapat membantu masyarakat menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, dengan
menyampaikan Dharma juga dapat membantu sebuah negara menjauhi penderitaan
memperoleh kebahagiaan, dengan menyampaikan Dharma juga dapat membantu seluruh
dunia menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, sungguh menakjubkan.
Insan suci
dan bijak Tiongkok zaman dulu sangat cerdas, sebelum Ajaran Buddha tersebar
sampai ke Negeri Tirai Bambu, mereka telah melontarkan konsep yang tertuang di
dalam “Li Ji (salah satu dari lima klasik ajaran Konfusius)” , yakni “Dalam
membangun negara dan menata kehidupan bermasyarakat, pendidikan kesusilaan
harus diutamakan”.
Kini ahli
purbakala mengatakan bahwa klasik “Li Ji” harusnya sudah ada sebelum era
Dinasti Han, yakni pada periode Chunqiu dan Zhan’guo, pada periode ini Ajaran
Buddha masih belum tersebar sampai ke Tiongkok. Orang Tiongkok menjunjung
tinggi pendidikan moralitas, oleh karena pendidikan kesusilaan dapat
menyelesaikan segala permasalahan.
Buddha
Sakyamuni memahami hal ini, makanya Sang Buddha menyampaikan Dharma guna menyelesaikan
segala masalah baik duniawi maupun non duniawi, sehingga memperoleh jasa
kebajikan dan manfaat yang sempurna.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 01 Mei 2011
佛幫助一切眾生離苦得樂,用教學的方法。教學能幫一切眾生離苦得樂,教學也能幫助一個社會離苦得樂,也能幫助一個國家離苦得樂,也能幫助全世界離苦得樂,妙極了。中國古聖先賢聰明,佛法沒到中國之前,肯定沒到中國之前,這個話不是從佛那裡聽來的,中國人自己說的,「建國君民,教學為先」,這是出在《禮記.學記》裡面。現在學術界考古,《禮記》這部書的成就應該在漢朝之前,也就是說春秋戰國那個時代,那個時代佛教沒傳到中國來,中國人重視教育,教育能解決一切問題。佛懂得,所以佛是用教育解決世出世間一切問題,都能達到究竟圓滿的功德利益,這是我們不能不知道的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八八集) 2011/5/1 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0388
Pelimpahan
jasa mengandung makna yang sangat mendalam dan luas, bukan demi diri sendiri,
namun demi orang lain, jasa kebajikan dari melatih diri sendiri, apa yang telah
dipelajari, apa yang telah diajarkan kepada orang lain, keseluruhannya adalah
demi insan lain, sama sekali bukan demi diri sendiri, benar-benar telah
mewujudkan tanpa keakuan, melupakan diri sendiri.
Mengapa
harus demi orang lain? Membantu orang lain adalah sama dengan membantu diri
sendiri, oleh karena semua makhluk merupakan satu kesatuan. Karena itu di dalam
Buddha Dharma disebutkan bahwa Maitri Karuna Buddha kepada semua makhluk adalah
tanpa syarat.
Maitri
adalah cinta kasih universal, serupa dengan kasih sayang Ayahbunda kepada
putra-putrinya, alamiah dan tanpa syarat. Karuna adalah belas kasih universal, membantu
para makhluk untuk mengatasi penderitaan, para makhluk dan diriku merupakan
satu kesatuan, makanya membantu orang lain adalah sama dengan membantu diri
sendiri.
Hanya
dengan memahami kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, barulah dia dapat
mewujudkannya, barulah dia akan melakukannya dengan penuh sukacita tanpa merasa
kelelahan.
Inilah
alasan mengapa Buddha Sakyamuni tidak memilih menjadi raja, juga tidak memilih
segala jenis profesi lainnya di dunia ini, Beliau memilih menjadi seorang Guru,
sepanjang hayatNya mengajar, dengan status begini muncul di dunia ini, maka itu
Ajaran Buddha bukanlah kepercayaan takhayul.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 01 Mei 2011
迴向這個意義非常的深廣,不為自己,為別人,我自己所修、所學、所教、所傳全是為別人,沒有一樣是為自己,真正做到無我、忘我。為什麼要為別人?為別人是真正為我,因為自他不二,知道遍法界虛空界跟自己的關係是一個生命共同體,是一體。所以大乘教裡面說「無緣大慈」,慈悲是愛,無緣是沒有條件,無條件的愛。就像父子,父母愛兒女,兒女愛父母,這是天性,沒有任何條件。「同體大悲」,大悲是憐憫眾生在受苦,幫助他解決苦難,眾生跟我一體,幫助眾生就是幫助自己。只有徹底了解諸法實相,他才能做到,他才能夠樂此不疲。所以釋迦佛不做國王,世間種種行業他全放下了,他做教員,做教師,終身教學,這樣的身分出現在世間,他不是宗教。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八八集) 2011/5/1 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0388