Saturday, August 15, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2011 (Bgn 2)

 

  

Dalam masyarakat sekarang ini, di mana-mana terdapat pencemaran batin yang parah, godaan dan cobaan, apakah anda memiliki kemampuan untuk menghadapinya? Jika anda tidak memiliki kemampuan tersebut, maka dirimu-lah yang akan dipengaruhinya, anda pun mengalami kemerosotan batin. Maka itu hari ini untuk melatih diri adalah sedemikian sulitnya!

 

Hari ini bila kita ingin menggunakan tiga persyaratan yang diajukan Guru Li kepada diriku, umumnya orang lain takkan sudi menerimanya, begitu anda mengemukakan tiga persyaratan ini, dia langsung memalingkan mukanya dan mengambil langkah seribu, guru yang lebih hebat dari dirimu masih banyak lagi stoknya, buat apa bersusah payah diikat dirimu.

 

Tempo dulu, tiga persyaratan dari Guru Li masih efektif ditujukan kepada diriku, saya masih bersedia mematuhinya, coba saja kalau sekarang saya terapkan pada orang lain, pasti takkan ada yang berani datang belajar, sudah tidak mungkin lagi, kami juga tidak berani menggunakan tiga persyaratan ini, padahal tiga butir ini merupakan syarat untuk mewariskan Dharma.

 

Lihatlah Master Yanpei sendiri tidak menaatinya, dia meninggalkan Vihara Guanzong, mengkhianati gurunya, Master Dixian seorang sosok yang hebat!

 

Master Yanpei kabur melarikan diri keVihara Nanputuo, Master Taixu menyelenggarakan Kampus Buddhis di sini, Master Yanpei kemudian berguru pada Master Taixu.

 

Master Taixu memiliki pemikiran modern, sementara Master Dixian mempertahankan pemikiran lama. Maka itu sepanjang hayatnya, Master Yanpei sungguh patut disayangkan, andaikata dia bersedia menaati ajaran dari Master Dixian, maka dia akan menjadi penerus Aliran Tiantai.

 

Master Yanpei itu orangnya sangat cerdas, sepanjang hayatnya menekuni bidang pendidikan, menghasilkan banyak karya tulis. Namun itu hanyalah pengetahuan semata, bukanlah kebijaksanaan. Kebijaksanaan muncul dari moralitas yang tebal, dari ketulusan, rasa hormat dan tahu berterima kasih.

 

 Tanpa disertai ketulusan dan perasaan hormat, rendah hati dan moral yang tinggi, sikap bakti dan hormat, apa yang anda pelajari hanyalah pengetahuan semata, merupakan dua hal yang berbeda dengan kebijaksanaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2011

 

今天這種社會,無時無處不是嚴重的污染、誘惑,你有能力抵抗嗎?你沒有能力一定被它同化去了,你就墮落。所以今天佛法的修學太難太難了!我們用古時候這三個條件,李老師對我,我還能接受,一般人不接受,你提出這個條件的時候,掉頭而去,比你高明的人很多,我何必來受你的約束。現在這一條,上一代對我還能行得通,我用這一套就沒有人了,不可能了,我們也不敢用這一條。祖祖相傳,傳法基本的條件就這三條。

 

你看演培法師就沒有遵守,他離開觀宗寺,背叛了老師,他老師是諦閑法師,不得了的人!他是偷跑掉的。跑到哪裡去?跑到南普陀,太虛法師在那裡辦佛學院,他到那裡去了,跟太虛法師去了。太虛法師是新派,新思潮,諦閑法師是非常守舊,那是老古板。所以演培法師一生可惜了,他要是遵守諦老和尚的教誡,那他是天台宗的傳人。這人很聰明,一生教學,著作等身,他的全集有一百多冊。知識,不是智慧,智慧是從厚德、從誠敬感恩裡面生出來的。沒有誠敬、沒有謙德、沒有孝敬,你所學到的是知識,跟智慧是兩樁事。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四五集)  2011/6/9  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0445

 

 

 

 

Tanpa disertai ketulusan dan perasaan hormat, rendah hati dan moral yang tinggi, sikap bakti dan hormat, apa yang anda pelajari hanyalah pengetahuan semata, merupakan dua hal yang berbeda dengan kebijaksanaan.

 

Jika masih memiliki keangkuhan, orang sekarang tidak paham, insan terpelajar zaman dulu sangat memahaminya, setinggi apapun kedudukanmu, sebagus apapun keadaanmu, asalkan ada sedikit saja kesombongan, maka tamatlah karirmu, hal ini disampaikan oleh Konfusius.

 

Konfusius memberikan sebuah perumpamaan, jika orang ini memiliki bakat yang serupa dengan Zhou-gong, “Andaikata memiliki bakat serupa Zhougong, tetapi angkuh dan kikir, maka kepribadian orang begini tak layak dibahas lagi.”

 

Andakata orang ini pongah, berhati sempit, maka hal lainnya cuma semu belaka, tidak ada satupun hal yang tulus darinya, kalimat ini tercantum di dalam “Lun Yu (Analek Konfusius)”.

 

Jadi tak peduli anda memiliki etika moral setinggi apapun, bagaimana pun terkenalnya dirimu, selama ada sedikit keangkuhan saja, maka celakalah, orang lain pasti akan berkata, tidak usah hiraukan dirinya, dia itu adalah praktisi palsu.

 

Anda juga tidak perlu membongkar rahasia-nya, jangan sampai mengikat permusuhan dengannya, tidak pantas, dia takkan memaafkan dirimu. Lantas harus bagaimana bersikap padanya? Menghormati tetapi menjauhinya, ini adalah sikap dasar dalam belajar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Juni 2011

 

Catatan :

Zhougong adalah adik dari Kaisar Zhou Wu-wang, dia mendukung pemerintahan abangnya, setelah abangnya mangkat, dia mendukung pemerintahan keponakannya, menanam landasan yang kuat bagi kelangsungan Dinasti Zhou selama 800 tahun.

 

 

沒有誠敬、沒有謙德、沒有孝敬,你所學到的是知識,跟智慧是兩樁事。還有這個傲慢,現在人不懂,古時候讀書人都懂,你再高、再好,只要有一點傲慢,你就完蛋了,孔老夫子說的。孔老夫子舉個例子,假如這個人他的德行才華像周公一樣,「如有周公之才之美,使驕且吝,其餘則不足觀矣」。你這個人態度驕慢、很小氣,其他全是假的,沒有一樣是真的,這句話在《論語》裡頭。所以無論你怎麼高的德行、怎麼高的名位,只要有一點點驕慢,就完了,別去理他,他都是假的,不是真的。你也不必說破他,說破他跟他結冤仇,不值得,他不會饒恕你的。所以對他怎麼?敬而遠之,這些都是修學上的基本態度。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四五集)  2011/6/9  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0445