Jika
tiap hari mendengar ceramah tetapi tidak diamalkan, maka percuma saja.
Andaikata anda mendengar ceramah dan telah memahaminya, pasti mengamalkannya.
Mendengar ceramah tetapi tidak menerapkannya ke dalam kehidupan keseharian,
berarti anda masih belum paham.
Kenapa
masih belum paham? Meremehkan Aliran Tanah Suci, tidak menempatkan metode
pelafalan Amituofo di hati, demikianlah rupanya. Terhadap diri sendiri, jalinan
jodoh yang terunggul tiada taranya, pada satu masa kehidupan ini terlewatkan
sia-sia. Mengapa demikian?
Pada
satu masa kehidupan ini anda dapat mencapai KeBuddhaan, kesempatan
ini sungguh sulit diperoleh dan ditemukan. Pada satu masa kehidupan ini, telah
berkesempatan bersua dengannya, ketika sudah bertemu tetapi tidak ada Kalyanamitra
yang membimbingmu, sehingga sulit meyakininya.
Saya
pribadi sepanjang hidup ini, sesungguhnya sejak awal telah bersua dengan
Kalyanamitra (Upasaka Li Bing-nan), namun akhirnya juga masih harus
berputar-putar dulu, barulah dapat meyakininya.
Penyakitku
ini adalah penyakit umum yang diderita oleh kaum intelek, kaum intelek hobi
memperkaya pengetahuan, sebaliknya mereka justru tidak sudi memfokuskan diri
pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama
jangka panjang.
Sekarang
saya telah memahami, memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya,
manfaat yang diperoleh bila dibandingkan dengan memperkaya ilmu, adalah berkali-kali lipat.
Dengan
memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan
selama jangka panjang, hal ini dapat mencapai samadhi, dengan tercapainya
samadhi maka terbukalah prajna atau kebijaksanaan.
Sedangkan
kaya ilmu takkan bisa mencapai samadhi dan prajna, hanya bisa memperoleh secuil
pengetahuan saja, malah dapat menciptakan rintangan bagi terbukanya
kebijaksanaan, inilah yang disebut sebagai Rintangan Pengetahuan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Mei 2011
天天聽經,聽了做不到,沒用。這個沒用二個字的意思很深,包括什麼?包括你聽經聽的沒聽懂,你聽懂了哪有不真幹的道理?聽經沒落實,沒懂。為什麼沒懂?沒有誠敬,輕視淨土,沒把念佛放在心上,是這麼個道理。對自己來說,這一生無比殊勝的緣分錯過了,當面錯過。為什麼?你這一生能成佛,這個機會多難得,真正是百千萬劫難遭遇。這一生碰到了,碰到的時候,沒有善友引導你,真不容易相信。我這一生是遇到真正善知識,還拐了個大彎。我這個病是知識分子的病,知識分子就是廣學多聞,喜歡搞這個。一門深入,長時薰修,知道,不願意搞,要廣學多聞,這知識分子的通病。現在才知道,一門深入比廣學多聞不知道要超過多少倍。一門深入、長時薰修可以得定、可以開慧,廣學多聞不行,學的什麼?學的都是些皮毛、知識,不開智慧,對開智慧它造成障礙,這個障礙叫所知障。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一0集) 2011/5/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0410
Apakah
dia memiliki keyakinan dan tekad yang benar? Lihatlah apakah dia serius
mengamalkan atau tidak, kalau dia serius mengamalkan maka sudah benar,
sebaliknya kalau tidak serius mengamalkan, maka keyakinan dan tekadnya adalah
palsu, asli dan palsu dilihat dari pengamalannya.
Inilah
yang dikatakan Master Xiuwu sebagai : “Dapat berteori tetapi tidak sanggup
mengamalkan, bukanlah kebijaksanaan sejati”, tahu berteori tetapi tidak sanggup
mengamalkan adalah palsu, bukan nyata adanya!
Anda
bilang dia tidak yakin, tetapi kayaknya dia percaya, anda bilang dia percaya,
tetapi “Keyakinannya tidak teguh
bagaikan embun di pagi hari”, tidak tahan uji, maka itu dalam kehidupan
keseharian tidak dapat efektif.
Hari
ini kita melihat kondisi orang lain, hendaknya melakukan introspeksi diri,
lantas bagaimana pula dengan diriku sendiri? Dengan demikian barulah ada
manfaatnya.
Oleh
karena kita tidak dapat melihat tabiat jelek diri sendiri, selalu mencari
alasan guna membenarkan diri sendiri, orang lain selalu saja salah, ini
merupakan penyakit batin orang awam pada umumnya, setiap individu juga
memilikinya, sama halnya pula dengan diri sendiri.
Maka
itu harus memahami bahwa orang lain merupakan cermin terbaik bagi diri kita, begitu
melihat kesalahan orang lain, diri sendiri segera melakukan introspeksi diri, apakah
saya juga memiliki tabiat jelek sedemikian rupa.
Kita
bercermin, ketika melihat wajah kita kotor, kita cepat-cepat pergi mencuci
muka. Ini adalah kegunaan cermin, tetapi kita tidak menyadari bahwasan-nya
seluruh manusia di permukaan Bumi merupakan cermin kita.
Namun
sayangnya kita hanya tahu bercermin, tidak tahu kembali ke jalan yang benar dan
memperbaiki diri sendiri, inilah letak kesalahan kita. Praktisi sejati tahu
cara bercermin, sebaliknya praktisi gadungan tidak tahu cara bercermin dengan
benar.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Mei 2011
Keyakinan tidak teguh
bagaikan embun di pagi hari :
他是不是真信真願?你看他是不是真幹,他真幹就是的,如果他沒有真幹,他那個真信真願都是假的,你看真假從這裡看法。這就是修無師所說的,「能說不能行,不是真智慧」,能說不能行,是假的,不是真的!
你說他不信,他好像又很信,你說他信,他露水道心,他把持不住,所以在生活當中它起不了作用。這是我們看別人,別人是我們一面鏡子,看過別人要回光返照,我怎麼樣?就得受用。因為自己看自己的毛病看不到,總以為自己樣樣都是對的,別人都是錯的,這是凡夫的通病,人人都有,自己也有。所以要懂得,別人是我們自己最好的鏡子,貴在看到別人馬上就回光返照,這就起作用。我們照鏡子,看到臉上有髒東西,趕緊回過頭來把臉洗乾淨。這是鏡子的作用,而不知道這個世間一切人事物都是我們的鏡子。但是我們照這個鏡子,不能回過頭來修理自己,錯就錯在這裡。真正修行人叫會照,不會修行的人叫不會照。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四一0集) 2011/5/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0410