Tuesday, July 14, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2011 (Bgn 5)


Pelita melambangkan membakar diri sendiri guna menerangi orang lain. Menyalakan dupa, dupa melambangkan surat atau pesan, melambangkan sila dan samadhi, Buddhisme mengatakan sila dan samadhi adalah dupa sejati.

Maka itu dengan menyalakan dupa, anda langsung teringat pada mengamalkan sila, melatih samadhi (konsentrasi), jadi dupa gunanya untuk mengingatkan dirimu.

Kalau anda bilang, bakar dupa cuma buat persembahan kepada Buddha, tidak ada urusannya dengan diri sendiri, anda sudah keliru, memangnya Buddha menghendaki dupa ini buat apa? Buddha tidak menghendaki apapun.

Menyalakan dupa di depan rupang Buddha, adalah mengundang Buddha sebagai saksi kita, kita berniat belajar dengan serius, inilah maknanya. Saya ingin mengamalkan sila, melatih samadhi, Buddha menjadi saksi bagi diriku, jadi bakar dupa itu bukanlah buat Buddha tapi buat diri sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2011


燈代表燃燒自己,照耀別人。燒香,香代表信,代表戒定,佛門講戒定是真香。那麼燃這炷香,你就要想到持戒、修定,提醒你,作用在此地。如果說這支香是供佛,與自己不相干,全錯了,佛要這個香幹什麼?佛什麼都不要。在佛面前燒,是以佛給我們做證明,我們要學習,是這個意思。我要修戒、修定,佛給我做證明,不是佛需要。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一0集)  2011/5/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0410




 
 
Dupa juga melambangkan pesan, disebut sebagai dupa pesan, makna-nya juga sangat mendalam. Zaman dulu untuk menyebarkan berita bukanlah hal yang gampang seperti sekarang ini, di perbatasan negeri tirai bambu, beribu-ribu li nun jauh di sana, jika tiba-tiba ada musuh datang menyerang, apa yang harus dilakukan untuk menyampaikan berita ini ke ibu kota kekaisaran?

Makanya mereka terpikir cara sedemikian rupa, perbatasan Tiongkok Utara dikelilingi oleh tembok besar atau great wall, di atas tembok besar setiap jarak tertentu dibangun sebuah pos atau disebut “menara api”.

Apa kegunaan menara api? Seperti tempat dupa, ketika di perbatasan ada musuh datang menyerang, prajurit di menara api akan membakar kotoran serigala supaya asapnya mengepul tinggi-tinggi, asap ini berisi kode-kode sejenis bahasa morse.

Oleh karena asap dari kotoran serigala tidak mudah hilang ditiup angin, begitu menara api atau pos pertama mengepulkan asap, prajurit di pos ke-2 yang melihatnya segera membakar kotoran serigala dan membiarkan asap membumbung tinggi supaya dapat dilihat pos ke-3, dan seterusnya, sampai beberapa jam kemudian, berita tersebut bisa diterima oleh ibu kota, kaisar segera mengetahuinya.

Dengan cara ini guna menyampaikan pesan, menara api ibarat tempat dupa. Jadi ini adalah lambang, menyalakan dupa adalah melambangkan pesan yang kita sampaikan kepada para Buddha dan Bodhisattva, inilah makna-nya, sebagai ungkapan Dharma.

Jika anda tidak memahami ungkapan Dharma ini, maka sia-sia saja menyalakan pelita, membakar dupa, menabur bunga, anda tidak memahami makna-nya.

Apabila anda memahaminya, setiap saat mengingatkan diri sendiri, memberitahukan pada diri sendiri bagaimana cara melatih diri. Benda persembahan adalah sarana pendidikan.

Termasuk topik yang telah kita bahas sebelumnya, yakni membangun stupa dan mengukir rupang, juga merupakan sarana pendidikan, agar dirimu setelah melihat rupang Buddha, “Melihat insan berbakat yang bermoral tinggi dan meneladaninya”, saya sesungguhnya adalah Buddha, mengapa hari ini terpuruk hingga sedemikian rupa? Hendaknya giat melatih diri, menemukan kembali jiwa sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2011


香還表信,叫信香,這個意思也很深。古時候傳遞信息沒有今天科學技術,邊防,幾千里路之外,如果敵人侵犯我們這個地方,如何把這個信息立刻通報給皇上?所以就想出這麼個方法,中國北方的防禦是長城,長城每隔一段有個烽火台,你們到長城去參觀就看到。烽火台是什麼?就像香爐一樣,邊關有了事情,他就點狼煙,狼的糞,就燒這個。因為狼煙風不容易吹散,很不容易吹散,那個狼煙一點,第二個人一看,馬上自己點起來,這樣大概幾個小時就傳到京師,北京就知道了。用這個方法傳遞信息,烽火台就像香爐一樣。所以這是表,燒燃這支香表我們對諸佛菩薩傳遞信息,是這個意思,表法的。你要不知道表法,燈是白點了,香也白燒了,花也白散了,你全都不懂它的意思。如果你懂得,時時刻刻都在提醒我自己,告訴我自己怎樣修行。它是教育,用現在的術語它是教具,教學的工具。包括塑造前面講起立塔像,也是工具,教具,讓你看到佛像,見賢思齊,我本來是佛,為什麼變成這個樣子?要認真努力修行,回歸本位。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一0集)  2011/5/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0410