Sunday, July 19, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2011 (Bgn 1)


Persembahan dupa, bunga, pelita merupakan yang paling umum. Tetapi yang paling penting adalah air, persembahan lainnya boleh tidak ada, tetapi air tidak boleh tidak ada.

Air harus bersih dan jernih, tidak boleh mempersembahkan air teh, teh memiliki warna, tidak bersih.

Air melambangkan hati, hati harus serupa air yang bersih, hati yang suci, harus serupa dengan permukaan air yang tenang tidak beriak. Maka itu begitu melihat persembahan air, sesungguhnya ditujukan guna mendidik kita, Buddha tidak membutuhkannya, Bodhisattva juga tidak membutuhkannya.

Ketika melihat persembahan air, kita harus teringat pada hati yang suci, hati yang setara. Permukaan air yang jernih dan seimbang, bagaikan sebilah cermin, dapat memantulkan segala sesuatu dengan jelas, inilah yang disebut tercerahkan, kenyataannya adalah mewakili bagian judul sutra kita ini yakni “Suci, Setara dan Tercerahkan”,  suci, setara dan tercerahkan adalah hati kita.

Alangkah pentingnya persembahan air itu, setiap saat mengingatkan diri sendiri, hati itu harus suci, hati itu harus setara, hati itu harus tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2011

Catatan :
Nama lengkap dari Sutra Usia Tanpa Batas adalah “Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”.


香這是最普遍的,供花、供燈、供香,這最普遍的。可是裡面最重要的是供水,什麼供具都沒有,水不能沒有。水要乾淨,不能供茶,供茶就錯了,茶有顏色,不乾淨。水代表什麼?水代表心地,心要像水一樣乾淨,清淨心,要像水一樣不動,不起波浪。所以看到水,實際上都是給我們看的,佛不需要,菩薩都不需要,給我們看的,我們看到水,就想到清淨心、平等心。水在清淨平等,像一面鏡子一樣,它能夠照見外面的物相,那就是覺,實際上就代表我們這個經題裡面講的「清淨平等覺」,清淨平等覺就是自己的心。所以你說這個水多重要,讓它時時刻刻提醒自己,心要清淨、心要平等、心要覺。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一二集)  2011/5/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0412




 
 
Dupa melambangkan sila dan samadhi, mencium wangi dupa, melihat dupa, harus teringat pada sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), dengan mengamalkan sila mencapai samadhi, dengan tercapainya samadhi terbukalah kebijaksanaan, inilah makna-nya.

Dupa juga melambangkan keyakinan, orang Tiongkok sangat memandang berat pada kepercayaan diri, insan zaman dulu berkata bahwa orang yang tidak bisa dipercaya tidak punya tempat berpijak di dalam masyarakat.

Tetapi sekarang, kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya, sudah tidak dihiraukan lagi, masyarakat kini jadi kacau.

Lebih parahnya lagi, orang masa kini sudah kehilangan sifat asli manusia. Apa itu sifat asli manusia? Orang Tiongkok zaman dulu mengatakan “Pada dasarnya sifat manusia adalah bajik”, kita sudah kehilangan sifat asli, niat pikiran yang timbul adalah niat buruk, yang bertentangan dengan kebajikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2011


香代表戒定,聞到香、看到香就要想到戒定慧,因戒得定,因定開慧,它表這些意思。香代表信,中國人對信看得很重,古人所謂「人無信則不立」,人要沒有信用,在社會上就沒有立足之地,把信看得非常重。可是現在,仁義禮智信大家都不講求了,這個社會亂了。說得嚴重一點,現在的人失去了人性。人性是什麼?中國古人講得好,「人之初,性本善」,我們把本善喪失掉了,起心動念都是不善,與本善相違背。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一二集)  2011/5/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0412


 

 

Sifat alami manusia, manusia memiliki hati nurani, manusia harus menjunjung etika moral, yang dimaksud etika moral secara garis besar adalah mencakup 12 kata yakni “bakti, persaudaraan, setia, dapat dipercaya, kesusilaan, kebenaran, kejujuran, tahu malu, kemuliaan, mengasihi, harmonis, perdamaian”, ini merupakan semangat berdirinya Negeri Tirai Bambu selama beribu-ribu tahun, merupakan inti konsep pendidikan yang digalakkan oleh negara, masyarakat dan keluarga.

Sekarang telah diabaikan, masyarakat jadi kacau. Bukan saja kehidupan sosial jadi bermasalah, bahkan mengundang timbulnya bencana alam. Hal ini berkaitan dengan perilaku manusia.

Sutra menyebutkan “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran”. Alam Sukhavati itu bagus, bagusnya di mana? Setiap penduduk di sana berhati bajik, maka itu kondisi masyarakat di sana selamanya stabil, hidup berdampingan secara harmonis, segala bencana takkan timbul.

Di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha setiap harinya membabarkan Dharma, berkesinambungan tak terputus, penduduk di sana tiada yang tidak menerima ajaran Buddha Amitabha tiap harinya.

Manusia dapat dididik jadi baik, Buddha dan Bodhisattva dihasilkan dari didikan, insan suci dan bijak juga dihasilkan dari didikan, Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati telah memberikan bukti nyata dan teladan kepada semua penghuni di jagat raya.

Andaikata seluruh penduduk di Planet Bumi dapat serupa dengan penduduk Alam Sukhavati, bajik dan suci, maka Planet Bumi juga dapat menyerupai Alam Sukhavati. Apa alasannya?

Buddha Sakyamuni menyampaikan di dalam sutra sebagai “Lingkungan berubah menuruti perubahan niat pikiran penghuninya”. Apabila niat pikiran kita baik, maka lingkungan alam pun jadi bagus, cuaca bersahabat, negara makmur rakyat sejahtera, bencana takkan timbul.

Sepanjang tiga dasawarsa terakhir ini, para ilmuwan telah menemukan bahwa niat pikiran manusia memengaruhi lingkungan alam, bahkan pergerakan planet-planet di lintasannya.

Apabila niat pikiran kita benar, maka planet-planet takkan bergeser dari orbitnya; sebaliknya bila niat pikiran kita sesat, planet-planet akan menyimpang dari orbitnya, dipengaruhi oleh pancaran gelombang pikiran kita.

Bayangkan, niat pikiran manusia memiliki kekuatan yang sedemikian dahsyatnya!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2011


人的天性,人有良心,人要講道德。道德,四維八德,合起來只有十二個字,「孝悌忠信,禮義廉恥,仁愛和平」,這是中國幾千年立國的精神,家庭、社會、國家推動教育理念的核心。現在疏忽了,不講求了,社會亂了。不但社會亂,還引起地球的災變。這個東西與人性有關係嗎?有。經上講得好,「一切法從心想生」。極樂世界好,好在哪裡?極樂世界人人心地都善良,純淨純善,所以它的社會好,社會永遠安定,人民永遠相親相愛,山河大地什麼災難都沒有。道理,阿彌陀佛教得好,阿彌陀佛在極樂世界天天講經教學,沒有一天間斷,極樂世界的居民,沒有一個不是天天在接受阿彌陀佛的教誨。人是教得好的,佛菩薩是教出來的,聖賢人是教出來的,極樂世界,阿彌陀佛在遍法界虛空界給我們做最好的榜樣。如果我們地球上的居民,像極樂世界那樣的善良、那樣的清淨,我們地球就變成極樂世界了。為什麼?佛在經上講得很多,叫「依報隨著正報轉」。這個要用現代的話說,物質環境隨著我們念頭在產生變化,我們的念頭好,環境沒有一樣不好,真的是風調雨順,國泰民安,災厲不起,人民安樂。它是真的,不是假的。一直到近代,這三十年來,科學家發現了,發現到人的意念與山河大地,乃至於太空當中星球運行有關係。我們的念頭純正,太空當中星球運行的軌道它就不會偏斜;我們要是邪思邪念,心行不正,它走到我們這個範圍,受到我們這個意念的干擾,這個意念是波動的干擾,它不穩定,它就有偏斜。人的意念有這麼大的力量!以前我們看到經文講到不相信,沒想到今天科學家給我們證明了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一二集)  2011/5/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0412