Zaman
dulu mana ada orang yang tidak berbakti pada Ayahbunda, mana ada pula orang
yang berlaku tidak tulus dan tidak hormat pada orang lain, setiap orang masih
tahu bersikap tulus dan hormat pada Ayahbunda.
Tempo
dulu Ayahbunda merupakan panutan buah hatinya, maka itu setiap insan
menggunakan ketulusan dan rasa hormat kepada Ayahbunda-nya, dalam memperlakukan
semua makhluk, sehingga dengan mudah dia telah berhasil membangkitkan
Bodhicitta.
Sekarang
anak-anak sudah tidak berbakti pada Ayahbunda, Ayahbunda juga tidak memandang
buah hatinya sebagai putra-putrinya, tetapi anak-anak dipandang sebagai
kawannya pula, katanya ini cukup modis, tidak tahunya ini justru lancang, salah
total, tindakan ini telah mencabut akar kesusilaan.
Apabila
akar kesusilaan telah dicabut maka keharmonisan dalam masyarakat juga telah
dicabut, demikian pula keharmonisan di alam semesta juga telah dicabut,
bayangkan alangkah beratnya dosa begini. Siapa yang mengetahuinya? Siapa yang
dapat mengungkapkannya keluar? Tidak ada seorang pun!
Pada
zaman dulu, setiap orang juga tahu bahwa sosok yang memiliki budi kebajikan
terbesar terhadap dirinya, adalah Ayahbunda, sedangkan sosok yang setara dengan
Ayahbunda adalah guru.
Lihatlah
di dalam “Tiga Berkah Karma Suci”, butir pertama adalah “Berbakti pada
Ayahbunda”, butir kedua adalah “Menghormati guru”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
古時候沒有人不孝順父母,對別人不誠不敬,對父母沒有不誠敬的。父母就是個好樣子,用對父母的那種真誠對一切眾生,菩提心他很容易就發起來。
現在兒女對父母不孝了,父母也不把兒女看作兒女,看作什麼?朋友,這挺時髦的,殊不知大錯特錯,把倫常根拔掉了。倫常的根拔掉,就是社會和諧的根拔掉了,宇宙和諧的根拔掉了,你說這個罪多重。誰知道?誰能說得出?沒人!古時候人人都知道,對自己恩德最大的是父母,跟父母同等的是老師。學佛,你看淨業三福第一條「孝養父母」,第二句「奉事師長」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382
Membangkitkan
Bodhicitta, caranya adalah memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, Bodhicitta
adalah hati yang tulus, mesti menggunakan hati yang tulus untuk melafal
Amituofo.
Jika
melafal Amituofo dengan hati khayal atau hati semu (munafik penuh kepura-puraan),
takkan bisa terjalin dengan Buddha Amitabha. Hendaknya menggunakan hati yang
tulus, satu arah, satu tujuan, poin ini sangat penting sekali.
Urusan terbesar dalam kehidupan manusia, tak lain adalah membulatkan tekad terlahir ke
Alam Sukhavati di penjuru barat, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha. Mengapa
kita mesti mewujudkan hal ini?
Oleh
karena Buddha Amitabha berharap kita mewujudkannya, Buddha Sakyamuni juga
berharap supaya kita mematuhi perkataan Buddha Amitabha. Bukan saja Buddha
Sakyamuni menasehati kita sedemikian rupa, bahkan seluruh Buddha Tathagata yang
tersebar di sepuluh penjuru dari tiga masa, juga serupa, tidak ada seorang pun
Buddha yang tidak menasehati siswa-siswaNya supaya membangkitkan Bodhicitta,
memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan. Mengapa demikian?
Oleh
karena Guru mengasihi para siswaNya, Guru berharap para siswaNya dapat meraih
keberhasilan. Jika anda menyayangi murid anda, benar-benar ingin mereka
berhasil, maka antarlah dia menuntut ilmu di Alam Sukhavati. Buddha Amitabha
adalah Guru yang baik, berguru padanya adalah pilihan tepat dan takkan salah
lagi, pasti meraih keberhasilan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
有了菩提心,在方法上一向專念,菩提心是真心,要用真心去念佛;妄心念佛不行,不相應。用真心,一向,一個方向、一個目標,這是非常非常的要緊。
我們這一生頭一樁大事,就是頭等大事,不是別的,就是求生西方極樂世界,親近阿彌陀佛。我們為什麼要這樣做?阿彌陀佛希望我們這樣做,釋迦牟尼佛也希望我們聽從阿彌陀佛的話。不但釋迦如此,十方一切諸佛如來完全相同,沒有一尊佛不勸他的學生發菩提心,一向專念阿彌陀佛。為什麼?老師對學生的愛護,老師希望學生成就。你真愛他、真成就他,就把他送到極樂世界去求學。阿彌陀佛是好老師,跟他學準沒有過失,準能成就。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382
Buddha
Amitabha adalah Guru yang baik, berguru padanya adalah pilihan tepat dan takkan
salah lagi, pasti meraih keberhasilan. Setelah anda mencapai KeBuddhaan, tekad
Buddha Sakyamuni menyelamatkan para makhluk barulah jadi sempurna.
Andaikata
anda tidak meraih keberhasilan, maka Buddha Sakyamuni akan sangat kecewa
sekali, Sang Buddha akan merasa bahwa kesempatan yang sedemikian bagusnya, kamu
malah menyia-nyiakan dan melewatkannya begitu saja, menanti hingga kesempatan
berikutnya, entah berapa panjang waktu yang harus dilewati, entah berapa banyak
kalpa dan tumimbal lahir yang harus dilalui barulah berpeluang bersua dengan
kesempatan ini satu kali, kesempatan ini bukan selalu dapat dijumpai.
Maka
itu setelah bersua dengan kesempatan ini, janganlah pernah mengendurkannya sama
sekali, harus menggenggam dengan seerat-eratnya, membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan
diri melafal Amituofo berkesinambungan, kita hanya memiliki satu arah, hanya
memiliki satu tujuan, hal lainnya mesti dilepaskan.
Master
Lianchi berkata, “12 bagian Tripitaka, biarlah orang lain yang tercerahkan
darinya”, segalanya telah dilepaskan; "84 ribu pintu Dharma, biarlah orang
lain yang mempraktikkannya", 84 ribu pintu Dharma juga telah dilepaskan.
Hanya
terfokus melatih Pintu Dharma Tanah Suci, hanya memfokuskan diri melafal
Amituofo, pasti meraih keberhasilan!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 22 April 2011
阿彌陀佛是好老師,跟他學準沒有過失,準能成就。你成佛了,釋迦牟尼佛教化眾生的願望就圓滿,達到了。你要是不能成就,佛就很失望,會感到這麼好的一個機會,你錯過了,你再等吧,等下一次,下一次很長很長時間,你又要經多劫輪迴才碰到一次,這機會不是常常碰到的。所以碰到之後決定不能放鬆,一定要抓緊,發菩提心,一向專念,我們只有一個方向,只有一個目標,其他的統統放下。蓮池大師告訴我們,「三藏十二部,讓給別人悟」,全放下了;「八萬四千行,饒與他人行」,八萬四千法門也放下。只專修淨土這一門,只專念阿彌陀佛這一尊佛,決定成就!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八二集) 2011/4/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0382