Wednesday, April 8, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011 (Bgn 3)


Zaman dulu mana ada orang yang tidak berbakti pada Ayahbunda, mana ada pula orang yang berlaku tidak tulus dan tidak hormat pada orang lain, setiap orang masih tahu bersikap tulus dan hormat pada Ayahbunda.  

Tempo dulu Ayahbunda merupakan panutan buah hatinya, maka itu setiap insan menggunakan ketulusan dan rasa hormat kepada Ayahbunda-nya, dalam memperlakukan semua makhluk, sehingga dengan mudah dia telah berhasil membangkitkan Bodhicitta.

Sekarang anak-anak sudah tidak berbakti pada Ayahbunda, Ayahbunda juga tidak memandang buah hatinya sebagai putra-putrinya, tetapi anak-anak dipandang sebagai kawannya pula, katanya ini cukup modis, tidak tahunya ini justru lancang, salah total, tindakan ini telah mencabut akar kesusilaan.

Apabila akar kesusilaan telah dicabut maka keharmonisan dalam masyarakat juga telah dicabut, demikian pula keharmonisan di alam semesta juga telah dicabut, bayangkan alangkah beratnya dosa begini. Siapa yang mengetahuinya? Siapa yang dapat mengungkapkannya keluar? Tidak ada seorang pun!

Pada zaman dulu, setiap orang juga tahu bahwa sosok yang memiliki budi kebajikan terbesar terhadap dirinya, adalah Ayahbunda, sedangkan sosok yang setara dengan Ayahbunda adalah guru.

Lihatlah di dalam “Tiga Berkah Karma Suci”, butir pertama adalah “Berbakti pada Ayahbunda”, butir kedua adalah “Menghormati guru”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


古時候沒有人不孝順父母,對別人不誠不敬,對父母沒有不誠敬的。父母就是個好樣子,用對父母的那種真誠對一切眾生,菩提心他很容易就發起來。

現在兒女對父母不孝了,父母也不把兒女看作兒女,看作什麼?朋友,這挺時髦的,殊不知大錯特錯,把倫常根拔掉了。倫常的根拔掉,就是社會和諧的根拔掉了,宇宙和諧的根拔掉了,你說這個罪多重。誰知道?誰能說得出?沒人!古時候人人都知道,對自己恩德最大的是父母,跟父母同等的是老師。學佛,你看淨業三福第一條「孝養父母」,第二句「奉事師長」。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八二集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0382



 
 
 
Membangkitkan Bodhicitta, caranya adalah memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, Bodhicitta adalah hati yang tulus, mesti menggunakan hati yang tulus untuk melafal Amituofo.

Jika melafal Amituofo dengan hati khayal atau hati semu (munafik penuh kepura-puraan), takkan bisa terjalin dengan Buddha Amitabha. Hendaknya menggunakan hati yang tulus, satu arah, satu tujuan, poin ini sangat penting sekali.

Urusan terbesar dalam kehidupan manusia, tak lain adalah membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha. Mengapa kita mesti mewujudkan hal ini?

Oleh karena Buddha Amitabha berharap kita mewujudkannya, Buddha Sakyamuni juga berharap supaya kita mematuhi perkataan Buddha Amitabha. Bukan saja Buddha Sakyamuni menasehati kita sedemikian rupa, bahkan seluruh Buddha Tathagata yang tersebar di sepuluh penjuru dari tiga masa, juga serupa, tidak ada seorang pun Buddha yang tidak menasehati siswa-siswaNya supaya membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan. Mengapa demikian?

Oleh karena Guru mengasihi para siswaNya, Guru berharap para siswaNya dapat meraih keberhasilan. Jika anda menyayangi murid anda, benar-benar ingin mereka berhasil, maka antarlah dia menuntut ilmu di Alam Sukhavati. Buddha Amitabha adalah Guru yang baik, berguru padanya adalah pilihan tepat dan takkan salah lagi, pasti meraih keberhasilan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011
 

有了菩提心,在方法上一向專念,菩提心是真心,要用真心去念佛;妄心念佛不行,不相應。用真心,一向,一個方向、一個目標,這是非常非常的要緊。

我們這一生頭一樁大事,就是頭等大事,不是別的,就是求生西方極樂世界,親近阿彌陀佛。我們為什麼要這樣做?阿彌陀佛希望我們這樣做,釋迦牟尼佛也希望我們聽從阿彌陀佛的話。不但釋迦如此,十方一切諸佛如來完全相同,沒有一尊佛不勸他的學生發菩提心,一向專念阿彌陀佛。為什麼?老師對學生的愛護,老師希望學生成就。你真愛他、真成就他,就把他送到極樂世界去求學。阿彌陀佛是好老師,跟他學準沒有過失,準能成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八二集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0382



 
 

Buddha Amitabha adalah Guru yang baik, berguru padanya adalah pilihan tepat dan takkan salah lagi, pasti meraih keberhasilan. Setelah anda mencapai KeBuddhaan, tekad Buddha Sakyamuni menyelamatkan para makhluk barulah jadi sempurna.

Andaikata anda tidak meraih keberhasilan, maka Buddha Sakyamuni akan sangat kecewa sekali, Sang Buddha akan merasa bahwa kesempatan yang sedemikian bagusnya, kamu malah menyia-nyiakan dan melewatkannya begitu saja, menanti hingga kesempatan berikutnya, entah berapa panjang waktu yang harus dilewati, entah berapa banyak kalpa dan tumimbal lahir yang harus dilalui barulah berpeluang bersua dengan kesempatan ini satu kali, kesempatan ini bukan selalu dapat dijumpai.

Maka itu setelah bersua dengan kesempatan ini, janganlah pernah mengendurkannya sama sekali, harus menggenggam dengan seerat-eratnya, membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, kita hanya memiliki satu arah, hanya memiliki satu tujuan, hal lainnya mesti dilepaskan.

Master Lianchi berkata, “12 bagian Tripitaka, biarlah orang lain yang tercerahkan darinya”, segalanya telah dilepaskan; "84 ribu pintu Dharma, biarlah orang lain yang mempraktikkannya", 84 ribu pintu Dharma juga telah dilepaskan.

Hanya terfokus melatih Pintu Dharma Tanah Suci, hanya memfokuskan diri melafal Amituofo, pasti meraih keberhasilan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 April 2011


阿彌陀佛是好老師,跟他學準沒有過失,準能成就。你成佛了,釋迦牟尼佛教化眾生的願望就圓滿,達到了。你要是不能成就,佛就很失望,會感到這麼好的一個機會,你錯過了,你再等吧,等下一次,下一次很長很長時間,你又要經多劫輪迴才碰到一次,這機會不是常常碰到的。所以碰到之後決定不能放鬆,一定要抓緊,發菩提心,一向專念,我們只有一個方向,只有一個目標,其他的統統放下。蓮池大師告訴我們,「三藏十二部,讓給別人悟」,全放下了;「八萬四千行,饒與他人行」,八萬四千法門也放下。只專修淨土這一門,只專念阿彌陀佛這一尊佛,決定成就!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八二集)  2011/4/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0382