Friday, August 14, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011 (Bgn 5)

 

 

Orang Tiongkok zaman dulu selalu berkata, siswa Buddha hendaknya menyepuh emas pada Buddha, agar tidak memalukan dan mencoreng muka Buddha, yang artinya anda melatih diri dengan baik. Sebaliknya jika anda melanggar sila dan melakukan kesalahan, maka anda telah memoleskan kotoran di wajah Buddha.

 

Hari ini niat pikiran kita yang timbul, ucapan dan tindakan, apakah kita telah menyepuh emas pada Buddha atau malah memoleskan kotoran pada Buddha?

 

Bagi yang menyepuh emas kepada Buddha, kelak terlahir ke Alam Sukhavati, sebaliknya bagi yang memoles kotoran di muka Buddha, kelak pasti jatuh ke Neraka, jika berharap kelak masih dapat bertumimbal lahir ke Alam Manusia dan Alam Dewa, maka ini cuma jadi angan-angan belaka.

 

Setelah memahami kebenaran ini dengan jelas dan dimengerti, apakah anda masih enggan melatih diri dengan serius? Apakah anda masih mendambakan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, wangi-wangian, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran)? Masihkah anda bernafsu mengejar ketenaran dan keuntungan? Masalah ini sangat parah, Buddha dan Bodhisattva juga tak berdaya membantu, apa yang ditabur itulah yang dituai.

 

Hari ini kondisi masyarakat dunia begitu kacau, bencana merajalela, apa sebabnya? Karma buruk yang diciptakan para makhluk di Planet Bumi, termasuk karma buruk yang diciptakan diri sendiri.

 

Namun demikian, kita sudah termasuk salah satu yang cukup beruntung, dapat bersua dengan “Sutra Usia Tanpa Batas”, bertemu dengan “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas” karya Upasaka Huang Nian-zu, barulah kita bisa terselamatkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

我們中國老人常講,佛弟子要給佛貼金,佛的臉上有光,你修得不錯、修得好;如果你犯了過失,你就是佛臉上塗糞。我們今天起心動念、所作所為,是給佛貼金,還是給佛塗糞?給佛貼金的就到極樂世界去,給佛臉上塗糞的那就得下無間地獄,來生還想作人、要生天,沒這個事情,那是妄想。你要真的搞清楚、搞明白了,你能不幹嗎?你在這個世間還能貪圖這些世間五欲六塵嗎?還可以貪圖名聞利養嗎?那個麻煩就大了,佛菩薩幫不上忙,自作自受。今天社會這麼亂,災變這麼多,什麼原因?居住在地球上的眾生不善業所感,這不善業裡頭有我一分。我們今天是不幸當中有大幸,遇到《無量壽經》,遇到黃念老的註解,我們才能得救。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四O集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0440

 

 


 

 

Kita termasuk salah satu yang cukup beruntung, dapat bersua dengan “Sutra Usia Tanpa Batas”, bertemu dengan “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas” karya Upasaka Huang Nian-zu, barulah kita bisa terselamatkan.

 

Tanpa adanya buku Sutra ini dan Penjelasan Sutra, kita takkan berdaya mempelajarinya lebih lanjut dan terperinci, meskipun tempo dulu para praktisi senior termasuk Guru Li ada menceramahkannya, namun tidak begitu rinci, akibatnya kami masih merasa setengah percaya setengah tidak.

 

“Sutra Usia Tanpa Batas” akan menyelamatkan para makhluk di era sekarang ini, juga pada zaman berakhirnya Dharma yang masih tersisa sembilan ribu tahun lagi, selain versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju, takkan ada lagi versi kedua.

 

Setelah bersua dengan Pintu Dharma ini, hendaknya serius mengamalkannya, bertemu dengan kesempatan atau jalinan jodoh ini, anda melatih diri menuruti apa yang tercantum di dalam Sutra ini, maka dapat mengeliminasi rintangan karma, dapat meredam kekotoran batin, menghapus keraguan, terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Tak peduli tingkatan Bunga Lotus yang dicapai, apakah itu tingkatan atas, menengah atau bawah, semua ini terpulang kembali pada jodoh, apabila jalinan jodohnya bagus, anda akan terlahir pada Bunga Lotus tingkatan paling tinggi; sebaliknya jika jalinan jodohnya kurang bagus, juga bukan masalah, seperti kata Master Ouyi, bisa mencapai Bunga Lotus tingkatan paling rendah sekali-pun sudah merasa sangat puas.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

Periode berlangsungnya Dharma Buddha Sakyamuni 12 ribu tahun, terdiri dari :

Periode Dharma Sejati 1000 tahun

Periode Dharma Mirip 1000 tahun

Periode Berakhirnya Dharma 10 ribu tahun

 

 

我們今天是不幸當中有大幸,遇到《無量壽經》,遇到黃念老的註解,我們才能得救。沒有這個經,這個經、這個註解講得透徹!我從學佛以來,過去一些老法師,包括我的老師,講淨土經典沒有這麼詳細,所以聽多少遍都還半信半疑。度現前的眾生,往後末法九千年,除這個本子之外,找不到第二種。我們既然遇到了就要認真學習,遇到就是機緣,你依照這部經修行可以滅罪,可以伏住煩惱、伏惑,可以往生。往生西方極樂世界的品位高下那就是緣分,緣分好你可能上上品往生,緣分不好就下下品往生,也好。蕅益大師說的,下下品往生他就很滿足了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四O集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0440

 

 

 

 

Tak peduli tingkatan Bunga Lotus yang dicapai, apakah itu tingkatan atas, menengah atau bawah, semua ini terpulang kembali pada jodoh, apabila jalinan jodohnya bagus, anda akan terlahir pada Bunga Lotus tingkatan paling tinggi; sebaliknya jika jalinan jodohnya kurang bagus, juga bukan masalah, seperti kata Master Ouyi, bisa mencapai Bunga Lotus tingkatan paling rendah sekali-pun sudah merasa sangat puas.

 

Oleh karena meskipun terlahir pada tingkatan paling rendah juga memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha, semuanya juga menjadi Bodhisattva Avaivartika, sungguh sulit diperoleh, keistimewaan ini tidak ada di alam para Buddha di sepuluh penjuru.

 

Dengan menikmati fasilitas sebagai Bodhisattva Avaivartika, maka kemampuan gaib, kebijaksanaan dan pelatihan diri-mu adalah sama dengan Buddha Amitabha, sungguh tak terbayangkan.

 

Hal ini menjelaskan pada kita bahwa begitu tiba di Alam Sukhavati dan bertatap muka dengan Buddha Amitabha, memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, anda langsung memiliki kemampuan untuk berjelajah ke sepuluh penjuru alam guna menyelamatkan para makhluk.

 

Di dunia ini kita masih memiliki banyak sanak keluarga dan sanak saudara yang perlu kita selamatkan, begitu terlahir ke Alam Sukhavati, anda langsung memiliki kemampuan tersebut, jadi tidak perlu harus menanti hingga anda berhasil melatih diri, meskipun sekarang anda masih belum berhasil, namun anda telah memperoleh pemberkatan kebijaksanaan, kemampuan gaib dan keterampilan melatih diri dari Buddha Amitabha.

 

Namanya juga Bodhisattva Avaivartika, ruang geraknya tanpa batas, mana ada tempat yang tidak dapat ditujuNya!

 

Anda dapat berjelajah ke negeri seluruh Buddha di sepuluh penjuru dengan bebas tanpa rintangan, anda dapat terjalin dengan para makhluk yang berjodoh dengan-mu, para makhluk memiliki permohonan, anda dapat merespon-nya, anda memiliki kemampuan untuk membantunya menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, membantunya menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, anda pasti akan membimbingnya melafal Amituofo, pasti menasehatinya supaya membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Adakah manfaat lain yang dapat mengungguli manfaat ini? Tidak ada lagi. Kesempatan ini telah terpampang di hadapan kita, andaikata kita melewatinya begitu saja, maka bisa dibayangkan alangkah beratnya rintangan karma-mu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

Sembilan Tingkat Bunga Teratai :

https://daunbodhi.blogspot.com/2018/12/sembilan-tingkat-bunga-teratai.html

 

 

往生西方極樂世界的品位高下那就是緣分,緣分好你可能上上品往生,緣分不好就下下品往生,也好。蕅益大師說的,下下品往生他就很滿足了。

 

  因為下下品往生,下品下生到極樂世界就得彌陀本願威神加持,你就提升到阿惟越致菩薩的待遇,這是太難得,十方諸佛世界沒有的。享受這種待遇,從事相上來看,你的神通、智慧、道力幾乎跟佛相等,這真正不可思議。這告訴我們一樁什麼事情?到極樂世界見到阿彌陀佛,得阿彌陀佛的加持,你就有能力到十方世界去度化眾生。那說明我們這個世界很多家親眷屬,想度他,你有能力了,不必等到極樂世界你修成,沒有修成,阿彌陀佛智慧、神通、道力加持給你。阿惟越致菩薩,哪裡不能去!

 

一切諸佛剎土裡面的十法界,你來去沒有障礙,你能跟一切眾生,一切有緣眾生感應道交,這些眾生有感,你就有應,你就能幫助他,幫助他離苦得樂,幫助他破迷開悟,你肯定會教他念佛,肯定會勸他往生。世出世間真實利益,還有能超過這一著的嗎?沒有了。這個大事因緣擺在我們面前,如果當面錯過,你的罪就重了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四O集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0440

 

 

 

 

Hari ini masyarakat dunia bergolak, suasana hati manusia labil dan mudah tersinggung, tidak mampu menenangkan pikiran, maka itu sulit menyelami ajaran, inilah kesulitan menyebarluaskan ajaran Suciwan pada era kini.

 

Setiap insan ingin menenangkan diri namun tak berdaya, terutama saat sekarang di Planet Bumi ini, di mana-mana bencana merajalela, kita baru saja melewati Bulan Maret, April dan Mei, tiga bulan ini, ada seorang rekan praktisi yang mengumpulkan berita-berita tentang peristiwa bencana yang terjadi selama kurun waktu tiga bulan ini, ternyata ada sejumlah lebih dari 200 kasus, hanya dalam kurun waktu tiga bulan saja, sungguh mengerikan.

 

Mengapa bisa ada begitu banyak bencana? Para ilmuwan mengeluarkan peringatan kepada kita bahwa kejadian bencana akan kian lama kian bertambah jumlahnya, para ilmuwan mendeteksinya berdasarkan Ilmu Fisika.

 

Lempeng bumi yang terletak di bawah laut sedang bergerak, tidak seperti waktu dulu susunannya rapat, sekarang terus bergerak sehingga mengakibatkan gempa bumi, tsunami, gunung berapi meletus.

 

Para ilmuwan menggunakan teori-teori Fisika guna menjelaskan berbagai fenomena alam ini, tetapi mereka tidak dapat menjelaskan lebih lanjut apa yang menjadi akar permasalahannya, mereka tidak tahu.

 

Lebih mendalam lagi adalah berkaitan dengan mental, seperti yang dikatakan oleh fisikawan Jerman yakni Max Planck, bahwa landasan dari semua fenomena material adalah pikiran, yakni niat pikiran manusia, jadi segala benda materi itu adalah semu, bukan nyata adanya, hal ini telah dibuktikan secara ilmiah.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juni 2011

 

現在社會動亂人心浮躁,定不下來,所以很不容易契入,這是今天聖教弘揚的困難處。用什麼方法把人心定下來?人人都想定下來,就是沒辦法。現在又碰到整個地球,到處都有災變,剛剛過去三月、四月、五月這三個月,有同學把一些災難新聞的標題,只把這些標題告訴我,兩百多起,三個月,非常可怕。災難為什麼會有這麼多?科學家預告我們,可能往後愈來愈多,科學家的探測是以物理為根據。海底地球的板塊活動了,不像從前靠得那麼密,現在浮動,這就產生處處都有地震、海嘯、火山爆發。他們完全根據物理,物理能夠把這些原因探討出來,可是更深層的因素他就不知道。更深層的因素是心理,像德國科學家普朗克所說的,他說所有一切物質現象的基礎是意念,就是人的念頭,物質現象是假的,不是真的,科學探測出來了。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四四O集)  2011/6/6  日本岡山淨宗學會  檔名:02-039-0440