Monday, December 7, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2011 (Bgn 2)

 

Di dalam “Uraian Karunikaraja Prajnaparamita Sutra” dikatakan dengan jelas, “Jika masih ada ajaran dan ada yang mengamalkan, ada yang mencapai tingkatan kesucian, maka periode ini disebut sebagai Periode Dharma Sejati”.

 

Meskipun Sang Buddha tidak berada di dunia ini, namun masih ada praktisi yang melatih diri menuruti Buddha Dharma, mengamalkan sila, melatih samadhi, benar-benar dapat mencapai tingkatan kesucian tertinggi Arahat. (Empat tingkatan kesucian dalam Mazhab Theravada adalah Sotapanna, Sakadagami, Anagami, Arahat).

 

Yang mencapai tingkatan Arahat jumlahnya tidak banyak, tetapi yang mencapai tingkatan kesucian Sotapanna, Sakadagami, Anagami, juga tidak sedikit jumlahnya, inilah yang disebut sebagai Periode Dharma Sejati, ada yang melatih diri dan ada yang mencapai pencerahan.

 

Periode Dharma Mirip, “Ada ajaran dan ada yang mengamalkan, tetapi tidak ada yang mencapai tingkatan kesucian, disebut sebagai Periode Dharma Mirip”, masih mirip dengan Periode Dharma Sejati, ada yang menceramahkan Dharma, ada yang mempelajarinya, ada yang benar-benar mengamalkan sesuai dengan ajaran, tetapi tidak ada yang mencapai tingkatan kesucian, inilah yang disebut sebagai mirip, mirip tetapi tidak murni.

 

Lebih lanjut lagi adalah “Cuma ada ajaran, tetapi tidak ada yang mengamalkan dan juga tidak ada yang mencapai pencerahan, disebut sebagai Periode Akhir Dharma”.

 

Saat sekarang disebut Periode Akhir Dharma, ajaran masih ada, orang yang berceramah dan yang mengajar juga masih ada, tetapi tidak ada yang mengamalkan, juga tidak ada yang mencapai pencerahan.

 

Apabila orang yang berceramah dan yang mengajar itu sudah tidak ada lagi, maka periode berikutnya adalah Periode Kemusnahan Dharma, tidak ada lagi, hal ini sungguh mengerikan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2011

 

下面《仁王經疏》裡面講得很清楚,比前面講得清楚,「有教有行,有得果證,名為正法」。依照佛法修行,雖然佛不在世,真正持戒修定,確確實實能證阿羅漢果。證阿羅漢的不多,但是證初果、二果多,三果也不少,這是正法,有修有證。像法,「有教有行,而無果證,名為像法」,還相似,有講經、有學教的,有真正依教奉行的,但是沒有證果的,這叫相似,相似就不是純真。再往後去,「唯有其教,無行無證,名為末法」。現在是什麼?末法是還有教,講經教學有,但是沒有行、沒有證。如果講經教學都沒有,末法後頭就會滅法,法就滅了,就沒有了,這個很恐怖。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六八集)  2011/8/31  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0568

 

 

 


Kita membangkitkan niat mulia untuk menjadi siswa Buddha, namun jika sebagai siswa Buddha kita malah merusak reputasi Ajaran Buddha sehingga ikut ambil andil dalam memusnahkan Dharma, apakah Buddha berharap memiliki siswa seperti ini?

 

Siswa begini justru ada banyak sekali jumlahnya, kenapa bisa begini? Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, Raja Mara Papman memberitahu kepada Buddha Sakyamuni, dia berniat memusnahkan Buddha Dharma.

 

Buddha Sakyamuni memberitahukan padanya : Dharma yang dibabarkan Buddha adalah Dharma Sejati (Saddharma), tidak ada yang bisa memusnahkan Dharma Sejati, hanya pernah mendengar bahwa kesesatan tidak mungkin bisa mengungguli kebenaran, tidak pernah terdengar bawa kesesatan dapat memusnahkan kebenaran.

 

Raja Mara Papman berkata : “Menanti hingga saat Dharma-Mu memasuki Periode Akhir Dharma, saya akan mengutus anak Mara dan cucu Mara-ku, semuanya akan meninggalkan keduniawian, guna memusnahkan Dharma-Mu”.

 

Mendengar hal ini, Buddha Sakyamuni tidak mengucapkan sepatah kata pun, hanya mengalirkan air mata, sekarang apa yang sedang kita hadapi, pada titik kritis ini, kita menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2011

 

我們自己自動發心要做佛的弟子,做佛的弟子把佛的法滅掉,佛希不希望有這樣的弟子?真有很多,這是怎麼回事情?釋迦牟尼佛在世的時候,魔王波旬就告訴釋迦牟尼佛,他發了個心要把佛法滅掉。佛告訴他:佛的法是正法,沒有人能夠把正滅掉,只聽說邪不勝正,沒有聽說邪能把正滅掉。波旬就說:「等到你末法的時候,我讓我的魔子魔孫統統出家來滅你的法」。佛聽了,一句話不說,流眼淚,現在我們遭遇的,就是在這個臨界點,我們親眼看到。不但佛法要滅,羅馬教廷陶然主教告訴我,全世界信仰宗教的人一年比一年少,他說如果像這樣下去,二、三十年之後,這個世界上再也沒有信仰宗教的人。其他宗教也意識到這個問題。我當時提出來的,宗教要回歸到教育。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六八集)  2011/8/31  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0568

 

 

 

 

Saya bertanya pada Master Zhangjia, apakah Buddha Dharma dapat musnah? Beliau memberitahukan padaku, Dharma Buddha Sakyamuni masih berlangsung hingga 9 ribu tahun kemudian, jadi selama periode ini Buddha Dharma pasti takkan musnah.

 

Tetapi Buddha Dharma akan mengalami kejayaan dan kemunduran, hal ini tidak bisa dihindarkan, selama kurun waktu 9 ribu tahun ini akan ada kejayaan dan kemunduran.

 

Saat kini Buddha Dharma sedang mengalami kemunduran yang sangat parah, meskipun demikian, akan bangkit kembali, siapa yang akan memeloporinya?

 

Yakni seperti yang disebutkan di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 44 : “Apabila pada masa mendatang di dunia ini, sampai ketika Dharma sejati telah lenyap, dalam kurun waktu 12 ribu tahun, jika ada praktisi yang memupuk akar kebajikan melafal Amituofo, dan pada kelahiran lampaunya telah memberikan persembahan kepada para Buddha yang tak terhingga, karena kekuatan pemberkatan dari para Tathagata”.

 

Mereka bertekad datang kembali ke dunia guna menjayakan kembali Buddha Dharma, untuk menjayakannya kembali bukanlah secepat yang kita bayangkan, oleh karena semangat masyarakat yang telah mengalami luka berat, bertemu dengan kondisi dunia yang kacau, Bumi dilanda bencana, semangat masyarakat pun mengalami kemunduran besar, perlahan-lahan barulah dapat pulih kembali.

 

Ibarat pasien yang menderita penyakit berat, tidak bisa langsung sembuh, namun membutuhkan perawatan yang cukup lama, barulah perlahan-lahan pulih seperti sedia kala, kebenaran ini mudah dipahami.

 

Maka itu yang paling penting adalah kita harus belajar dengan serius, dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci tidaklah mudah!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 31 Agustus 2011

 

我向章嘉大師請教,佛法會不會滅掉?他告訴我,佛說的不會錯,佛沒有妄語,佛說末法還有九千年,肯定佛法不會滅掉。但是佛法有興有衰,這是不能避免的,九千年當中有興有衰。現在佛法是衰到低谷,似乎是滅法,還會起來,什麼人帶起來?就是這經上講的,「當有眾生,值諸善本,已曾供養無量諸佛,由彼如來加威力故」。他們會乘願再來把佛法再興起來,再興起來絕對不是我們想像那麼快,因為這個社會元氣大傷,遭到這個亂世,地球的這些災變,元氣大衰,再慢慢恢復。好像人生病,生了一場大病,不會一下突然好,要相當時間去調養,慢慢恢復健康,這個道理我們能懂。所以最重要的我們要認真修學,遇到這個法門不容易!

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五六八集)  2011/8/31  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0568