Semua Buddha Tathagata memiliki
tekad agung yang serupa, yakni berharap semua makhluk segera mencapai
KeBuddhaan. Semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha.
Tetapi mengapa sekarang dia
berubah jadi begini? Di dalam “Avatamsaka Sutra”, Buddha Sakyamuni membabarkan,
“Oleh karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan, makanya tidak dapat menemukan
kembali jiwa sejati”.
Masalah yang dihadapi para
makhluk sekarang adalah penyakit batinnya, yakni khayalan, perbedaan dan
kemelekatan. Jadi harus melepaskan (mengenyahkan) khayalan, perbedaan dan
kemelekatan, maka masalah pun tuntas sudah.
Ada tiga tingkatan kelahiran di
Alam Sukhavati, yakni tingkatan tinggi, menengah dan rendah. Tingkatan rendah
ini didominasi oleh orang awam yang belum sanggup melepaskan kemelekatan,
sehingga membawa serta rintangan karmanya terlahir ke Alam Sukhavati.
Inilah bentuk Maitri Karuna
Buddha Amitabha hingga sedemikian mendalamnya. Orang awam yang belum
menyingkirkan kekotoran batin juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, juga dapat
ikut mendengar pembabaran Dharma-Nya, kesempatan ini sungguh sulit ditemukan.
Lantas bagaimana upaya Buddha
Amitabha sehingga para penduduk Alam Sukhavati dapat melepaskan kemelekatan?
Umpamanya manusia di dunia ini serakah akan harta kekayaan, setibanya di Alam
Sukhavati segera berubah jadi tidak serakah lagi, mengapa demikian?
Di Alam Sukhavati segala benda
berharga terlampau banyak tersedia, anda boleh mengambil dan mengumpulkan
hingga sebanyak-banyaknya, namun sumber daya tersebut takkan habis-habisnya
tersedia di alam tersebut, hingga anda jadi tidak hobi lagi mengoleksinya.
Sesungguhnya di alam manusia
ini, benda apa yang paling berharga bagi nyawa kita? Bukan harta benda, tidak
ada kaitannya dengan kekayaan, sesungguhnya yang paling berharga bagi nyawa
kita adalah udara, tanpa udara 10 menit saja kita sudah mati.
Tetapi siapa yang serakah akan
udara? Tidak pernah terdengar ada orang
yang menyimpan udara di brankasnya, mengapa demikian? Terlampau banyak
tersedia.
Alam Sukhavati penuh dengan
aneka batu permata, anda tergiur dan ingin menyimpannya di istana-mu? Lihatlah
dulu, apa kegunaan emas di sana? Orang memakainya buat mengaspal jalanan lho. Coba
renungkan adakah orang yang menyimpan bahan aspal di rumah? Bukankah bikin
kotor saja?
Emas digunakan buat mengaspal
jalan, batu permata digunakan sebagai bahan bangunan, juga tersedia terlampau
banyak, makanya setibanya di Alam Sukhavati, kalau anda masih tergiur melihat
barang-barang begini, bisa-bisa jadi bahan lelucon orang lain.
Jurus Buddha Amitabha yang satu
ini sungguh hebat, membuat keserakahanmu segera hilang tak berbekas.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
一切諸佛如來的大願就一樁事情,希望一切眾生早一天成佛。一切眾生本來是佛,這是真因。他現在為什麼變成這個樣子?《華嚴經》上佛說過,「但以妄想執著而不能證得」。眾生現在的麻煩,得病了,得什麼病?得三種毒病,妄想的毒、分別的毒、執著的毒,這是三毒,這個事情可麻煩了。能把妄想分別執著徹底放下,你的問題解決了。可以分段放下的。你看這三輩往生,下輩的完全凡夫,沒放下,帶業往生,了不起。帶業不能成就,這是阿彌陀佛慈悲到極處,見思煩惱沒斷也能往生,也能接受他的教誨,這太難得、太難得。往上去不稀奇,實報土不稀奇,方便土也不稀奇,最稀奇的是凡聖同居土,他有辦法叫凡聖同居土裡頭嚴重執著的這些人把執著放下。譬如我們這個世間的人貪財,到西方極樂世界你就不貪財,為什麼?那財太多,你取之不盡,用之不竭。其實我們這個世間,對我們的身命什麼最重要?不是財,財有沒有沒有關係,最重要是空氣,沒空氣十分鐘就死了。什麼人貪空氣?沒聽說哪個人把空氣儲存起來,為什麼?太多了。西方極樂世界財太多,你要金銀財寶,人家黃金是鋪馬路的。有沒有人到馬路上去把柏油拿出來藏在家裡、戴在身上?沒有,黃金是鋪馬路的。寶石,珍貴得不得了,人家建築材料,建築材料是珠寶,太多了,所以不貪,貪的時候被人笑話。阿彌陀佛這一招很厲害,讓你所有的貪心到他那邊去全都消失掉。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九0集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0390
Di dunia fana
ini, makanan dan minuman, pria dan wanita, bisa menimbulkan kemelekatan.
Sedangkan praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya adalah pria,
takkan ada wanita, bahkan penduduk di sana, semuanya memiliki penampilan yang
sama dengan Buddha Amitabha, memiliki
rupa kewibawaan yang tak terhingga (bukan hanya memiliki 32 tanda Buddha dan 80
tanda sekunder, namun memiliki tanda Buddha yang tak terhingga dan tanda
sekunder yang tak terhingga).
Anda
ingin mengenakan pakaian yang bagaimana, maka pakaian tersebut langsung melekat
pada tubuh anda, tidak perlu beli kain dan menjahit lagi, namun muncul secara
alamiah, maka itu hatimu takkan timbul keserakahan lagi.
Di dalam
istana-mu di Alam Sukhavati, juga tidak butuh lemari, merepotkan saja, karena
pakaian anda tidak perlu disimpan, ketika ingin dikenakan, pakaian akan muncul
dengan sendirinya, ketika tidak dihendaki lagi, pakaian akan sirna dengan
sendirinya.
Demikian
pula dengan makanan dan minuman, tidak perlu ruangan dapur, ingin makan apa,
hidangan langsung muncul di hadapanmu, saat tidak menghendakinya lagi, hidangan
tersebut langsung sirna, tidak perlu cuci piring lagi. Segala sesuatu tersedia
sesuai dengan keinginan hati, mana ada hati loba lagi.
Di dalam
istana anda lapang, tidak ada barang yang membuat sumpek, ketika sahabatmu
datang bertamu, sofa akan muncul sesuai dengan yang anda pikirkan, ketika tamu
pulang, anda tidak menghendakinya lagi, sofa pun sirna, tidak perlu lagi berberes-beres.
Ke mana lagi harus cari lingkungan begini, cuma ada di Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
這邊飲食、男女,佛知道男女會造成情執,很麻煩。凡是到極樂世界去往生的人,全部都是男身,沒有女人,而且身相跟阿彌陀佛一樣,不是三十二相八十種好,身有無量相,相有無量好。你的穿著,想穿什麼,衣服在身上,不要去買也不要製作,自然變化所作,所以你也不貪著了。家裡也不要用保險箱,也不要用衣櫥,為什麼?太麻煩,衣想穿,在身上;不想,它就沒有了,不見了。飲食也是,不要廚房,想吃什麼東西,百味飲食擺在桌子上,不想吃的時候,沒有了、不見了,也用不著洗碗、洗筷子,不需要,所以什麼貪心都沒有了。你住的房子乾乾淨淨,裡面什麼都沒有,空曠,客人來的時候要座位,念頭一想,座位已經擺齊了,客人走了,座位也沒有了,不要收拾。到哪裡去找這個環境,只有極樂世界有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九0集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0390
Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita
tiga judul sutra Aliran Sukhavati (Sutra Usia Tanpa Batas, Amitabha Sutra dan
Amitayurdhyana Sutra), tiga judul sutra ini khusus memperkenalkan pada kita
tentang Alam Sukhavati di penjuru barat, menasehati kita melepaskan segala
kemelekatan, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Sama halnya pula dengan para Tathagata
di sepuluh penjuru, tidak ada seorang pun Buddha yang tidak menasehati para
makhluk di enam alam tumimbal lahir supaya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.
Maka itu para makhluk yang terlahir ke
Alam Sukhavati itu jumlahnya sangatlah banyak sekali, setiap hari jumlah
praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati jumlahnya sudah tak berdaya dihitung
lagi.
Setelah kita mendengar perkataan ini,
jadi timbul keraguan lagi, apa alasannya? Jumlah penduduk Alam Sukhavati yang
kian bertambah jumlahnya, kalau begitu bukankah di sana ramai dan ribut sekali,
sudahlah, saya tidak jadi ke sana, lebih baik saya mengucilkan diri ke atas pegunungan
yang terpencil. Kalau begini, pemikiran anda telah keliru secara keseluruhan.
Luasnya Alam Sukhavati, idealnya
lingkungan Alam Sukhavati, tiada satu hal pun yang tidak terwujud sesuai dengan
harapan. Setibanya di Alam Sukhavati, jika anda tidak ingin melihat begitu
banyak orang, jika anda ingin menyendiri di atas pegunungan atau di tepi danau,
menikmati suasana yang hening, ke manapun dapat anda temukan, takkan melihat
kehadiran orang lain.
Ketika anda memikirkan Buddha
Amitabha, Buddha Amitabha langsung hadir di hadapanmu; ketika anda tidak
memikirkanNya, Buddha Amitabha pun tidak tampak lagi.
Di Alam Sukhavati, segalanya berjalan
sesuai dengan harapan setiap insani, sungguh terlampau langka dan sulit
ditemukan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 2 Mei 2011
釋迦牟尼佛為我們講解淨土三經,三經專門介紹西方極樂世界,勸我們放下萬緣求生淨土。世尊如是,十方如來亦如是,沒有一尊佛不勸他們的六道眾生往生極樂世界。所以極樂世界往生的人太多太多了,每天往生那個人數沒法子計算。我們聽了之後不要起疑慮,為什麼?極樂世界這麼多人,那不吵吵鬧鬧的,算了,我不去了,我去找個山上躲起來去修行。那你就錯了,你完全錯了。極樂世界之大,極樂世界的理想,沒有一樣不如願。你到極樂世界,你不願意看到那麼多人,你想一個人在山上或者是湖邊清閒、幽靜的環境,你到那裡去你看到就是,你看不到有別人。你想阿彌陀佛,阿彌陀佛就出現;你不想他,阿彌陀佛就不見了。這個世界樣樣事能如人願,真的是非常非常稀有難得。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九0集) 2011/5/2 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0390