Saturday, March 28, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011 (Bgn 3)


Berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru adalah akar dari Dharma duniawi dan Dharma non duniawi. Manusia yang tidak berbakti pada Ayahbunda, tidak menghormati guru, maka apa daya lagi, cuma bisa belajar sedikit ilmu pengetahuan dan teknologi, seiring dengan kemajuan teknologi, etika moral pun kian merosot.

Orang Tiongkok zaman dulu sangat menekankan akan “bakti, persaudaraan, setia, dapat dipercaya, kesusilaan, kebenaran, kejujuran, tahu malu, kemuliaan, mengasihi, harmonis, perdamaian”, kini sudah tidak ada lagi, bagaimana dunia ini tidak diliputi kekacauan? Tidak ada alasan tidak dilanda kekacauan.

Begitu masyarakat dunia dilanda kekalutan, maka lingkungan hunian kita, Planet Bumi ini akan ditimpa bencana. Mengapa demikian? Lingkungan berubah menuruti perubahan niat pikiran penghuninya, hati manusia tidak bajik, tubuh fisik sakit-sakitan, lingkungan hunian dilanda banyak musibah, semua ini adalah bentuk respon.

Bentuk respon ini pada zaman dulu dianggap sebagai mitos, orang zaman dulu percaya, ilmuwan zaman sekarang telah membuktikan bahwa niat pikiran kita yang timbul ternyata mempengaruhi lingkungan alam, dapat mempengaruhi pepohonan, bunga dan rerumputan, maka itu manusia tidak boleh membangkitkan niat jahat.

Dr.Masaru Emoto dari Jepang melakukan eksperimen kristalisasi air selama belasan tahun, sepertinya tahun 2004 ketika saya menghadiri konferensi di Jepang, sekalian berkunjung ke laboratorium-nya, dia menyampaikan penjelasan secara rinci kepada diriku.

Waktu itu dia telah melakukan eksperimen sebanyak ratusan ribu kali, memberitahukan padaku, air memang dapat melihat, dapat mendengar dan memahami maksud hati manusia!

Kita membangkitkan niat pikiran baik, dia akan memberi respon dengan menampilkan bentuk kristal air yang indah, sebaliknya bila kita membangkitkan niat pikiran buruk, maka responnya adalah memperlihatkan bentuk kristal air yang jelek dan menyeramkan.

Eksperimen ini memperoleh pengakuan dari para ilmuwan, laporan ini sering tampil dalam konferensi yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sutra Mahayana menyebutkan, bukan hanya air yang dapat membaca niat pikiran manusia, bahkan pepohonan, bunga, rerumputan, gunung, sungai dan permukaan alam, pasir, debu, bebatuan, semua ini juga dapat melihat, dapat mendengar dan mengetahui maksud hati manusia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011


孝養父母、奉事師長這是根,世出世法的大根大本。人不孝父母、不敬師長,那就沒法子了,可以向西方學一些科學技術,所謂高科技,做人的那種德行沒有了。我們中國古人最講求的,孝悌忠信沒有了,禮義廉恥沒有了,仁愛和平也沒有了,天下焉能不亂?沒有不亂的道理。社會一亂,我們居住的環境,地球就有災變。為什麼?依報隨著正報轉,人心不善,自己身體多病,居住的環境多災多難,感應得來的。這種感應在古時候認為是神話,古人相信,現在科學家證明了,量子學家證明了,我們起心動念確確實實會影響山河大地,會影響樹木花草,所以人不能有惡念。日本江本勝博士做水實驗,做了十幾年,我好像是二00四年在日本開會,到他的實驗室去參觀,他給我做了很詳細的報告。那個時候他已經實驗十幾萬次,告訴我,水確確實實懂得人的意思,它會看、會聽、懂得人的意思,礦物!我們好的意念,它的反應,水結晶像雪花一樣非常之美,我們要是不善的意念、壞的念頭,它的反應就很恐怖、很難看。這個實驗得到科學家的肯定,在聯合國做了多次報告。礦物,我告訴他,大乘經上講的不但是水,樹木花草、山河大地,沙、塵土、石頭,統統都能看、都能聽、都懂得人的意思。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七七集)  2011/4/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0377





 
 
Selama kalpa yang tak terhingga kita menjalani masa kehidupan demi masa kehidupan, tidak pernah terpisahkan dari enam alam tumimbal lahir, bahkan mungkin saja kita cuma berputar bolak-balik dalam ruang lingkup antara Kamaloka hingga Neraka Avici, sungguh merupakan siksaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.    

Kemelekatan pada perasaan (suka dan benci) yang terlampau mendalam, mungkin saja Ayahbunda kita atau Opa Oma kita, Opa Oma buyut kita setelah meninggal dunia bertumimbal lahir ke dalam keluarga kita sendiri, apa alasannya?

Mungkin saja dia datang menjadi cucu anda, cicit anda, dia kembali lagi, tidak sanggup mengikhlaskan keluarganya. Yang parahnya jika dia tidak memiliki akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, juga tidak sanggup mengikhlaskan rumahnya, maka akan berubah menjadi hewan, contohnya tikus atau kecoak.

Di dusun para petani memelihara hewan ternak, anjing, ayam, kerbau, kuda, mungkin saja adalah tumimbal lahir dari leluhurnya, si petani tidak mengetahuinya, tiap hari mencambuknya.

Perumpamaan begini banyak terdapat di dalam sutra Buddha, di dalam catatan insan terpelajar zaman dulu di Tiongkok juga banyak terdapat perumpamaan begini.

Saya percaya semua ini bukan hanya ditujukan supaya manusia mau kembali ke jalan yang benar, namun merupakan kejadian nyata. Jika anda perbanyak membacanya, perbanyak memahaminya, lama kelamaan anda pasti bisa mengerti, setelah mengerti barulah kita dapat menjauhi kejahatan mengembangkan kebajikan, mengubah kesesatan menjadi kebenaran, meluruskan niat pikiran.

Bertemu dengan Buddha Dharma merupakan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh yang tak terhingga, kita mesti menggenggam dengan seerat-eratnya.

Alam Sukhavati nyata adanya, bukan hanya Buddha Sakyamuni yang membabarkan saja, bahkan semua Buddha di sepuluh penjuru juga serentak merekomendasikan dan memuji, masihkah kita tidak ingin ke sana?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011

Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.
Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci


我們生生世世無量劫來沒有離開過六道,而且在六道裡面,大概都是欲界天到阿鼻地獄這個侷限裡面搞輪迴,真正是苦不堪言。情執很深,說不定我們的父母或者是祖父母、曾祖父母又到我家來投胎了,為什麼?變成我的孫子、重孫子,他又來了,捨不得離開這個家庭。如果沒有這樣的善根福德因緣,也捨不得這個家,那就變成家裡面的動物,老鼠、蟑螂,變成這個,真的不是假的。鄉下農民家裡養的畜生,養的狗、養的雞、養的牛、養的馬,很可能都是祖先又來了,不知道,還要用鞭子打牠。佛經裡面講這個事情講得多,道教裡面也講得多,古人讀書筆記裡例子很多。我覺得那不是專門用來勸善的,是講事實真相。你要是多讀、多了解,慢慢你就明白了,明白之後我們才真的會棄惡揚善、改邪歸正、端正心念。遇到佛法那是無量的善根福德緣分,我一定好好抓緊。極樂世界真有,不是假的,不是釋迦牟尼佛一個人介紹,十方諸佛都推薦、都讚歎,這能不去嗎?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七七集)  2011/4/15  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0377