48
tekad agung Buddha Amitabha ditujukan untuk menyelamatkan siapa? Terhadap diri
sendiri adalah guna menyelamatkan daku; terhadap jagat raya adalah guna menyelamatkan
semua makhluk.
Maka
itu tidak ada seorang pun Buddha yang tidak memuji Buddha Amitabha. Mengapa
demikian? Semua Buddha mempunyai sebutir tekad hati yang sama, yakni semoga
semua makhluk segera mencapai KeBuddhaan.
Sutra
menyebutkan “Semuanya mencapai KeBuddhaan”, ini merupakan hati dan tekad para
Buddha Tathagata. Tetapi para makhluk tidak sanggup menyingkirkan kekotoran
batin dan tabiat, sehingga Buddha pun tak berdaya membantu mereka mencapai
kemajuan batin, jadi para makhluk mesti sanggup melepaskan kemelekatan, barulah
Buddha dapat membantunya.
Para
Buddha membantu para makhluk adalah dengan cara mengajarkan Dharma,
menyampaikan kebenaran kepadamu, kemudian anda sendiri yang harus melatih diri,
anda sendiri yang mencapai keberhasilan.
Buddha
Amitabha menggunakan cara yang sangat menakjubkan, mendirikan Alam Sukhavati.
Alam Sukhavati itu ibarat Vihara, ibarat sekolah.
Lantas
syarat apa yang harus dipenuhi untuk memasuki sekolah tersebut? Yakni “Membangkitkan
Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”.
Makna
Bodhicitta, di sini Upasaka Huang Nian-zu menggunakan penjelasan dari Master
Ouyi. Master Ouyi mengatakan benar-benar yakin pada Pintu Dharma Tanah Suci,
tidak ragu sama sekali, inilah Bodhicitta tertinggi yang tiada taranya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 Mei 2011
四十八願度誰?對我們來說,度我的;就整個法界來說?他確確實實是普度遍法界虛空界一切諸佛剎土裡面的六道眾生。這個了不起!所以沒有一尊佛不讚歎阿彌陀佛。為什麼?一切諸佛同一個心願,巴不得這些眾生趕快成佛。經上講「一切皆成佛」,這是諸佛如來的本心,真心本願。可是眾生煩惱習氣他放不下,放不下,佛沒有能力幫助他提升,沒有,一定要他自己放下,佛幫不上忙。佛對眾生幫的忙就是教學,把事實真相告訴你,然後你自己修行,自己成就,所以佛法是師道。彌陀佛想的這個方法就太妙,建立一個西方極樂世界,那是什麼?道場,是學校。怎麼樣才能入學?入學的條件,「發菩提心,一向專念」。菩提心,念老在這個註解裡引用蕅益大師所講的。蕅益大師講得好,真正相信這個法門,不懷疑,真相信,真想往生極樂世界,這就是無上菩提心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0一集) 2011/5/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0401
Benar-benar
yakin, tidak ragu sama sekali, membulatkan tekad saya mesti terlahir ke Alam
Sukhavati, saya mesti mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, hati beginilah
yang disebut sebagai Bodhicitta tertinggi tiada taranya.
Setelah
membangkitkan tekad maka harus diamalkan. Bagaimana caranya? Yakni memfokuskan
diri melafal Amituofo berkesinambungan, satu arah, satu tujuan, melepaskan
seluruh metode lainnya.
Seluruh
pintu Dharma yang dibabarkan Buddha Sakyamuni 49 tahun lamanya, saya hanya
memilih satu judul sutra saja, “Amitabha Sutra” atau “Sutra Usia Tanpa Batas”,
sudah cukup, dan sepatah Amituofo, yang lainnya jangan dihendaki lagi, semuanya
dilepaskan.
Praktisi
begini merupakan insan yang memiliki kebijaksanaan, orang yang paling
berpahala. Apa alasannya? Setibanya di Alam Sukhavati, semua pintu Dharma bisa anda
pelajari, seluruhnya bisa anda peroleh.
Anda
harus mengikhlaskan terlebih dulu, barulah bisa memperolehnya keseluruhannya.
Maka
itu orang Tiongkok sering mengucapkan pepatah “Mengikhlaskan barulah bisa
memperoleh”. Anda dapat mengikhlaskan seluruh pintu Dharma yang dibabarkan
Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, barulah sampai di Alam Sukhavati, bersua
dengan Buddha Amitabha, anda akan menguasai keseluruhannya.
Anda
sanggup mengikhlaskan barulah bisa memperolehnya. Di dunia ini anda masih
memiliki secuil pahala, anda sanggup mengikhlaskannya, setibanya di Alam
Sukhavati, anda bisa memperoleh pahala besar.
Anda
tidak sanggup mengikhlaskan alam saha ini, maka takkan punya peluang terlahir
ke Alam Sukhavati.
Hanya
insan yang memiliki kebijaksanaan, insan yang memiliki pahala, barulah dia mau
melakukannya. Sebaliknya insan yang tidak punya pahala, dia takkan terpikir hal
ini, mendambakan pahala yang ada di depan mata, alangkah celakanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 Mei 2011
真正相信,不懷疑,真正肯發心,我一定要到極樂世界,我一定親近阿彌陀佛,這個心就是無上菩提心。
心發了,得真幹。怎麼幹法?就是一向專念,一個方向,一個目標,其他的統統放下,別再搞了。釋迦牟尼佛四十九年所說的一切法,我就要一本《彌陀經》、一本《無量壽經》就夠了,一句阿彌陀佛就行了,其他統統不要了,全都放下。這個人什麼人?最有智慧的人,最有福報的人。為什麼?到了西方極樂世界,你一切都得到了。你真能放得下,你才能得到。所以咱們中國古人口頭上常常說的成語「捨得」,你看這個味道,你能把釋迦牟尼佛四十九年所有的法捨掉,你就得到,你就全都得到了,見了阿彌陀佛,一切都得到了。你能捨,才能得。這個世間還有一點福報,這個福報捨掉,到極樂世界得大福報。這個世界捨不得,極樂世界就沒分。大喜大捨,到西方極樂世界你就大得大樂。真有智慧、真有福報的人,他才肯幹。沒有福報的人,他想不到,貪戀眼前的福報,這個事情就壞了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0一集) 2011/5/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0401
Beberapa
tahun ini, begitu banyak berita yang tersebar sampai kemari, juga banyak rekan
praktisi yang datang menyampaikan padaku, topiknya selalu itu-itu saja, yakni
ramalan bencana.
Saya
beri tahu kalian, jangan pikirkan bencana terus. Mengapa demikian? Jika anda
benar-benar belajar Ajaran Buddha, benar-benar memahami Buddha Dharma, Sang
Buddha berkata pada kita “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran”, anda
pikirkan bencana terus, maka bencana pun muncul, apa yang anda pikirkan, maka
itulah yang muncul.
Kenapa
tidak memikirkan Buddha Amitabha saja? Mengapa tidak memikirkan Alam Sukhavati?
Anda asyik memikirkan bencana, padahal bencana tidak ada kaitannya dengan kita
(tidak dapat mengantarkan kita ke Alam Sukhavati).
Tak
peduli ramalan bencana versi apapun yang sampai ke tempat kita, maka kita harus
menghentikannya. Saya menerima banyak sekali berita beginian, saya tidak menghiraukannya
sama sekali, saya hanya bertanya padanya, bagaimana sikap mental anda dalam
menghadapi bencana? Alhasil semua orang menyampaikan respon yang sama yakni
melafal Amituofo.
Kalau
begini bukankah sudah benar? Hanya tahu melafal Amituofo, hal lainnya janganlah
dihiraukan, selanjutnya jangan lagi mendengarkan rumor.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 8 Mei 2011
這幾年,有很多信息傳到我這兒來,也有很多同學來問我,都是講災難。我告訴大家,心裡不能有災難。為什麼?你要真正學佛,真正懂得佛法,佛告訴我們「一切法從心想生」,你老是念災難,災難就來了,念什麼,什麼東西就來。你為什麼不念阿彌陀佛?為什麼不念極樂世界?你去念災難,災難與我們不相干。不管什麼的傳言傳到我這裡,到我這裡就為止了。我得到很多信息,我一點都不重視它,我只問他,用什麼樣的心態來對待這個災難?結果絕對大多數都說念佛。那不就成了嗎?只要念佛,其他就不要管了,以後也就別聽了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四0一集) 2011/5/8 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0401