Friday, November 6, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2011 (Bgn 2)

 

 

Akhir-akhir ini banyak terdengar kasus orang yang dirasuki oleh musuh kerabat penagih utang. Kejadian begini bukanlah takhayul, sekitar 3 bulan yang lalu, ada seorang praktisi awam yang dirasuki, sudah bertahun-tahun dia mengidap penyakit asma, berobat namun tak kunjung sembuh.

 

Kemudian dia mengasingkan diri dan melafal Amituofo sebulan lamanya, menemukan ternyata ada seorang musuh kerabat penagih utang merasuki tubuhnya dan menyiksa dirinya sehingga penyakitnya tak kunjung sembuh.

 

Praktisi ini segera melakukan pertobatan, dia menyapa makhluk halus itu sebagai Bodhisattva asma, memohonnya supaya tidak menyusahkan dirinya, agar dia dapat membaca Sutra dan melafal Amituofo dengan baik, berharap agar musuh kerabat penagih utang ini bersedia melatih diri bersama-sama, lalu melimpahkan jasa kebajikannya kepada arwah tersebut, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Begitu tekad hatinya diikrarkan, ternyata penyakit asma-nya telah sembuh. Dia bertanya apakah Bodhisattva asma masih ada? Masih ada dan berada di sisinya. Sebulan kemudian arwah ini bilang pada si praktisi bahwasannya dia telah terlahir ke Alam Sukhavati, penyakit asma si praktisi pun sembuh, tanpa perlu diobati.

 

Namun kemudian si praktisi menemukan wajahnya jadi begitu jelek, dia segera terpikir, jangan-jangan ini ulah musuh kerabat penagih utang. Ternyata benar, ada lagi musuh kerabat penagih utang lainnya yang datang cari masalah.

 

Dia menemukan wajahnya seperti wajah penderita Rosacea (gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik yang menyerupai jerawat), makanya dia menyapa arwah itu sebagai Bodhisattva rosacea.

 

Dengan cara yang sama, dia memohon pada Buddha Amitabha, Buddha Amitabha sungguh ber-Maitri Karuna, menjemput arwah tersebut terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kedua jenis penyakit ini dideritanya selama bertahun-tahun dan tak berdaya diobati, menyiksa dan membuatnya merana, akhirnya masalah ini berhasil diatasi.

 

Maka itu penyakit karena gangguan musuh kerabat penagih utang, cara mengobatinya adalah dengan melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, orang yang tidak belajar Dharma tidak mengetahuinya, sehingga menjalani siksaan bertubi-tubi.

 

Praktisi yang belajar Dharma, memahami kondisi begini, segera melimpahkan jasa kebajikan, mendoakan agar dia terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga arwah itu ikhlas dan bersukacita, meninggalkan si praktisi, penyakitnya pun sembuh, baik diri sendiri maupun keluarga juga memperoleh manfaat yang baik.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2011

 

這些年來,好像是整個宇宙、整個世界來了一個總清算。許許多多學佛的同學,在家、出家的都有,冤親債主來索命的、來討債的,時有所聞。這個事情不是迷信,不是假的。也就是最近大概三個月之前,有個學佛的同修,在家的,他氣喘病很多年了,老是治不好。閉一個月關念佛,發現氣喘是一個冤親債主住在他身上,叫他受這個罪,這才發現了。發現之後他真懺悔,他稱氣喘菩薩,稱他這個債主,要求他不要跟他為難,讓他能夠把經念好,能把佛號念好,希望這個冤親債主菩薩跟他一起修行,他把自己修行功德迴向給他,求生淨土。這個心一發,果然氣喘病就沒有了。他說氣喘菩薩在不在?在,就在他身邊。一個月以後,他告訴他,阿彌陀佛接他到極樂世界去了,他氣喘病就沒有了,不用治就好了。以後立刻就想到,他臉色很難看,他就想到了,是不是又是冤親債主找的?果然沒錯,是冤親債主。他臉真是不好看,像酒糟一樣,他叫他酒糟菩薩。也用這個方法求阿彌陀佛,阿彌陀佛真慈悲,把他接引到極樂世界去。這兩個毛病很多年,得了很多年都沒辦法,非常痛苦,這問題解決了。所以讓我們回想,我們身體這裡不舒服、那裡不舒服,肯定都是冤親債主住在身上找麻煩的,不學佛的人不知道,要受煎熬,要受報應。學佛的人明白了,給他迴向,給他供牌位,超度他。他歡喜了,離開了,你的病就好了。所以自身、家庭都得好處。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五四二集)  2011/8/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0542

 

 

 

 

Hari ini mengapa dunia berubah jadi parah begini? Inilah hasil dari konsep pendidikan dunia barat yang keliru, mengajarkan anak didik supaya bersaing, bertolak belakang dengan konsep pendidikan dunia timur yang mengajarkan untuk mengalah.

 

Konsep pendidikan ala barat mengajarkan anak-anak sejak kecil untuk bersaing. Konsep pemikiran orang barat tidak mengakui manusia adalah orang baik, menganggap setiap manusia adalah orang jahat, tidak percaya di dunia ini ada orang baik, beginilah pandangan hidup mereka, bertolak belakang dengan orang timur.

 

Leluhur Bangsa Tionghoa sejak beribu-ribu tahun silam telah mengajarkan bahwa “Sifat dasar manusia adalah bajik”, serupa dengan ajaran yang dibabarkan Buddha Sakyamuni bahwa “Semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha”.

 

Hari ini bangsa barat telah menemui jalan buntu, masyarakat yang bergejolak, Bumi diserang bencana bertubi-tubi, barulah merasa panik.

 

Bulan Maret tahun ini, salah seorang sahabatku yang memiliki kedudukan tinggi di bidang politik di Australia, datang mengunjungiku di Toowoomba. Dia bertanya padaku, kondisi masyarakat dunia sekarang ini, apakah masih bisa pulih kembali menjadi damai sejahtera? Saya jawab bisa.

            

Dr. Arnold J. Toynbee (sejarawan Inggris) mengatakan, “Untuk memecahkan masalah-masalah sosial di abad ke-21, hanya dengan falsafah Konfusius dan Mencius serta Buddha Dharma Mahayana”.

 

Apa yang dimaksud dengan falsafah Konfusius dan Mencius? “Konfusius mengajarkan welas asih, Mencius mengajarkan kebenaran”, welas asih dan kebenaran merupakan inti ajaran dari Konfusius dan Mencius.

 

Welas asih adalah mengasihi sesama manusia, orang zaman sekarang tidak tahu mengasihi, hanya tahu menyakiti, makanya dunia berubah jadi separah ini.

 

Jika setiap orang tahu mengasihi, maka dia takkan menyakiti orang lain, takkan merusak lingkungan alam, kondisi masyarakat dapat terselamatkan, makanya harus menggalakkan welas asih.

 

Apa yang dimaksud dengan kebenaran? Hati nurani, dalam memperlakukan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, hendaknya menggunakan hati nurani, memberi manfaat bagi semua makhluk, tidak boleh menyakiti para makhluk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2011

 

 

今天世界為什麼會變這樣?就是教育裡面理念錯了,教競爭,這西方教育,跟東方教育不相同。西方教育從小,從幼兒園就教競爭。西方人的理念,不承認人是好人,認為人的本質是醜陋的,是惡的,不是善的,不相信世間有好人,這是西方人的人生觀,跟東方人不一樣,中國千萬年來老祖宗傳下來的「人性本善」,釋迦牟尼佛傳下來的「一切眾生本來是佛」,不一樣。今天西方已經走到盡頭,走投無路了,社會的動亂,地球的災變,他慌了。

 

  今年三月我在澳洲,澳洲的朋友,這幾個朋友在政治上都很有地位的,到圖文巴來看我。問我一個問題,現在的社會,他是講整個世界,能不能再恢復安定和平?我告訴他,我說可以。湯恩比博士說過,英國人講的,「要解決二十一世紀社會問題,只有中國孔孟學說跟大乘佛法」。孔孟學說是什麼?「孔曰成仁,孟曰取義」,仁義是孔孟學說的核心。仁是愛人。現在人不愛人,現在人傷害別人,所以世界變成這個樣子。如果人人能夠愛人,他就不會傷害人,不會破壞大自然,社會就有救,所以要提倡仁。義是什麼?合情、合理、合法,這叫義,也就是所謂天理良心,處事待人接物得有良心,利益眾生,不能夠傷害眾生。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五四二集)  2011/8/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0542