Monday, April 20, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2011 (Bgn 2)


Oleh karena merupakan satu kesatuan kehidupan, makanya niat pikiran kita yang timbul, gunung, sungai dan permukaan alam juga bisa mengetahuinya. Ketika keyakinan hati kita sudah tidak ada lagi, permukaan alam pun jadi longgar, sehingga terjadi longsor dan tanah ambles, sungguh mengerikan!

Kebencian dan kemurkaan mengundang letusan gunung berapi. Kedunguan mendatangkan bencana angin, lihatlah mengapa sekarang banyak kejadian Tornado? Dungu!

Ini bukanlah takhayul, bahkan ilmuwan mekanika kuantum dapat memahaminya. Keangkuhan mengundang bencana gempa, pongah dan hati yang tidak seimbang.

Kecurigaan dan keraguan, maka permukaan alam jadi longgar, imunitas tubuh tidak ada lagi, imunitas Bumi juga tidak ada lagi, maka itu gunung tinggi pun bisa runtuh, daratan dapat tenggelam ke dasar laut.

Ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, kecurigaan, lima racun ini adalah penyebabnya. Apabila kita melenyapkan lima racun ini, jiwa raga akan senantiasa  sehat, memiliki tubuh Vajra yang takkan rusak, lingkungan yang kita diami takkan berbeda lagi dengan Alam Sukhavati, bencana apapun takkan timbul. Hal yang sedemikian bagusnya, pada era ini tidak ada yang mau meneladaninya, sungguh patut disayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2011


因為是一個生命共同體,所以我們起心動念,山河大地都知道。我們的信心沒有了,山河大地就鬆掉,它就瓦解掉,這個可怕!

我們的瞋恚心暴躁,脾氣大暴躁,就感得火山爆發。愚痴就感得風災,你看現在的風,為什麼龍捲風這麼多?愚痴!這不是迷信,這個東西對量子學家講他懂,對別人講不懂。傲慢就是地震,傲慢不平;懷疑,那就一切都鬆散了,身體免疫力沒有了,地球的免疫力也沒有了,所以高山會倒下來,大地會沉到海底。貪瞋痴慢疑,佛講絕了,就講五個字。如果我們把這五樣東西斷掉,身心健康,金剛不壞身,我們居住的國土就跟極樂世界一樣的,寶地,什麼災難都沒有。這麼好的東西,這個時代沒人學習,你說多可惜。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八七集)  2011/4/30  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0387





 
 
Kami bersua dengan Buddha Dharma merupakan sebuah kebetulan, sungguh tak terduga. Oleh karena sewaktu duduk di bangku sekolah, menerima pengaruh dari beberapa orang guru, sehingga menganggap Ajaran Buddha adalah kepercayaan takhayul. Maka itu kami tidak pernah berniat mengenal Ajaran Buddha.

Terus terang saja, untuk mengenal Ajaran Buddha juga mustahil, anda baca sutra Buddha tapi tidak dapat memahami artinya, juga tidak ada orang yang mengajarimu. Siapa yang dapat menyampaikan ajaran sutra secara jelas, siapa yang dapat memahaminya?

Saya belajar ilmu filsafat pada Profesor Fang Dong-mei, tidak terduga beliau adalah seorang praktisi Buddhis. Saya bertanya padanya dari mana beliau belajar Ajaran Buddha?

Guru Fang memberitahukan padaku, para periode melawan penjajahan Jepang, beliau sedang memberi kuliah di Universitas Nasional Chung Yang, selama satu kurun waktu beliau jatuh sakit lalu menyepikan diri ke Gunung Emei.

Waktu itu di Gunung Emei tidak ada beredar koran, majalah dan sebagainya, yang ada cuma sutra Buddha. Setiap ada waktu luang, beliau akan membaca sutra, makin dibaca makin tertarik, akhirnya tak terpisahkan lagi dari mempelajari dan mendalami sutra Buddha, sepanjang hayatnya. Demikianlah Guru Fang menyampaikan padaku bagaimana jalinan jodohnya belajar Ajaran Buddha.

Kemudian beliau menyampaikan padaku pengantar filsafat, bagian terakhir adalah “Filosofi Buddhis”, mengurai kesalahpahaman kami selama ini terhadap Ajaran Buddha, barulah menyadari ternyata Buddha Dharma merupakan sebuah ilmu pendidikan yang agung.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 April 2011


我們遇到這個也是個偶然的事情,沒想到。因為年輕的時候,在學校裡接受一些老師的教誨,都以為佛教是迷信,佛教是宗教、是迷信。所以從來就沒有一個念頭想去接觸它。實在講,接觸也不可能,你就是拿到佛經,看不懂,也沒人教你,事實上有困難。誰能把這個經典講清楚、講明白?我跟方東美先生學哲學,沒想到他是個佛學家。我向他請教,我說你佛學從哪學來的?他告訴我,抗戰期間他在中央大學教書,有一段時期他生病,在峨嵋山養病。那個時候峨嵋山上什麼報紙雜誌這些東西統統沒有,只有佛經。沒有事情就翻佛經看,愈看愈有味道,就從這看上癮了,沒有一天離開佛經,一輩子。給我說出這一番道理出來。所以跟我講哲學概論,最後一個單元「佛經哲學」,把我們從前誤會統統化解了,曉得佛法是這麼樣一套大學問。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八七集)  2011/4/30  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0387