Friday, March 20, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2011 (Bgn 6)


Ketika masih menjadi praktisi pemula, Master Zhangjia mengajariku : Serahkan seluruh hidupmu kepada Buddha dan Bodhisattva, biarkan Buddha dan Bodhisattva yang mengaturnya, diri sendiri tidak perlu merisaukannya sama sekali.

Saya meyakini perkataan guruku, menerima dan mengamalkannya, makanya sepanjang hayatku sedikit beban pikiran, sedikit kerisauan. Inilah yang dikatakan oleh Profesor Fang Dong-mei sebagai kenikmatan hidup tertinggi.

Saat berusia lanjut, saya memfokuskan diri pada “Sutra Usia Tanpa Batas”. Menurut perkiraanku, sebelum bulan Oktober tahun ini, ceramahku sudah selesai. Usai itu saya akan kembali mengulang ceramah dengan topik yang sama yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”. Oleh karena Sutra ini memberikan manfaat langsung. Ini merupakan jalinan jodoh terunggul.

Saat berusia muda, saya benar-benar ingin memberi ceramah, membangkitkan tekad hati guna meneruskan karir Buddha, menyebarluaskan Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, mempertahankan keberlangsungan Dharma sejati.

Selama saya masih memiliki kesanggupan, saya akan mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna membantu praktisi sekalian. Belajar Ajaran Buddha yang pertama adalah hati yang suci, jangan memaksakan kehendak, jangan banyak urusan.

Dalam masyarakat sekarang ini, siaran televisi, internet, mengacaukan hati manusia. Setiap hari mereka menyiarkan info negatif, kita berhak menolaknya, kita boleh tidak melihatnya.

Sudah beberapa dasawarsa saya tidak menyaksikan siaran televisi, tidak pernah berselancar di dunia maya, bahkan telepon pun sudah dilepaskan. Makanya jarang ada telepon buatku, saya tidak menelepon orang, orang lain juga tidak dapat menghubungiku. Mengapa demikian?

Lebih baik waktu yang ada digunakan buat melafal Amituofo, kurangi percakapan yang tidak berguna, melafal Amituofo barulah nyata adanya, hal lainnya adalah semu belaka.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2011


  我初學佛的時候章嘉大師教給我,他說:你這些事情,這一生的事情,全交給佛菩薩,佛菩薩安排,自己什麼心都不要操。我信老師的話,依教奉行,所以在這一生當中少煩少惱。這真的,這是方老師所講的人生最高的享受。晚年一心在大乘,一心在《無量壽》。這部經,我想在今年十月前可以講圓滿,圓滿之後我還在這個世間,我再跟大家講經,就這部經的精彩段片跟大家分享。因為它真得利益,當下就得利益。這是無比殊勝的緣分。年輕,真正發心學教,發大願心,續佛慧命,弘法利生,正法久住。我還有一點餘力,如果身體還可以的話,我全心全力幫助大家。學佛第一個就學清淨,不攀緣、不多事。現在這個社會,電視、網路,那擾亂人心。他們有權每天在播放,我也有權可以不接受,我可以不看。幾十年不看電視,從來沒有接觸過網路,我連電話都放下了。所以我電話很少,人找不到我,我也不給別人打電話。為什麼?念佛就好,少說廢話,念佛是真的,搞什麼都是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七二集)  2011/4/12  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0372

 


 

Kita memusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, hatiku adalah Amituofo, Amituofo adalah hatiku. Jangan lagi memikirkan hal lainnya, jika memikirkan hal lainnya adalah tumimbal lahir, memikirkan Buddha Amitabha pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha, dalam satu kelahiran pasti mencapai KeBuddhaan, menjadi Buddha yang bagaimana? Sama dengan Buddha Amitabha.

Serupa dengan pembahasan kita sebelumnya, Pangeran Ajatasatru dan rombongannya berpikir dalam hati, setelah mendengar Buddha Sakyamuni mengenalkan Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, sangat mengaguminya, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, menjadi Buddha yang sama dengan Buddha Amitabha.

Begini barulah betul, berarti Pangeran Ajatasatru bersama rombongannya benar-benar menyimak apa yang disampaikan Buddha Sakyamuni, mereka mengamalkan dengan serius, akhirnya meraih keberhasilan.

Setiap niat pikiran kita yang timbul, Buddha pasti mengetahuinya, demikian pula kita di sini melafal Amituofo, di Kolam Tujuh Mustika Alam Sukhavati akan tumbuh sekuntum Bunga Lotus yang terukir nama-mu.

Sepanjang dirimu melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, meningkatkan kualitas batin tanpa henti, maka Bunga Lotus akan terus tumbuh berkembang, menjadi kuntum Bunga Lotus yang besar, cahaya dan warnanya kian hari kian cemerlang dan indah, sampai saat menjelang ajal, Buddha Amitabha akan membawa sekuntum Bunga Lotus ini datang menjemputmu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 April 2011

Artikel terkait :
Penjelasan SUTB Bab 10


我們真正能把心住在彌陀德號上,心就是阿彌陀佛,阿彌陀佛就是心,你所得到的,平等的身口意全得到了。不要再想別的,想別的全是生死輪迴,想阿彌陀佛決定往生極樂世界。親近阿彌陀佛,決定一生成佛,成什麼樣的佛?跟阿彌陀佛一樣。就像前面阿闍王子他們心裡所想的,聽到世尊介紹極樂世界,就非常嚮往、非常羨慕,一心要到極樂世界作佛,要跟阿彌陀佛一樣。這就對了,真聽進去了,他們真幹,最後真成就了。我們起心動念佛都知道,起這種心、動這種念,阿彌陀佛講堂外面的七寶蓮池就生一朵蓮花,這個蓮花上有你的名字。你的願心、念心不退,勇猛精進,境界不斷向上提升,七寶池蓮花天天長大,就變大了,光色愈變愈顯著,將來往生,佛就拿這朵蓮花接引你。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三七二集)  2011/4/12  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0372