Thursday, March 5, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 April 2011


Setiap praktisi pelafal Amituofo saat menjelang ajalnya umumnya dikatakan telah terlahir ke Alam Sukhavati, ini merupakan ungkapan penghormatan kepada dirinya. Benarkah dia telah terlahir ke Alam Sukhavati?

Meskipun saat menjelang ajal, sekujur tubuhnya lentur, puncak kepalanya terasa hangat, namun bukan merupakan kepastian bahwa dia telah terlahir ke Alam Sukhavati, hal ini tidak boleh tidak dipahami.

Orang yang terlahir ke Alam Dewa (Surga), puncak kepalanya juga hangat, demikian pula orang berpahala besar yang akan bertumimbal lahir ke Alam Manusia menjadi raja, puncak kepalanya juga akan terasa hangat, jika ada fenomena begini muncul, maka dapat dipastikan dia takkan jatuh ke tiga alam rendah.

Lantas bagaimana kita dapat memastikan seseorang praktisi telah terlahir ke Alam Sukhavati? Saat menjelang ajal, dia akan mengatakannya sendiri, pikirannya masih jernih, dengan jelas memberitahukan orang-orang di sekelilingnya, Buddha Amitabha sudah datang menjemputku, sekarang saya akan pergi mengikutiNya, begini barulah punya kepastian, kalau dia tidak mengatakannya secara langsung, maka tidak dapat diandalkan.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 April 2011


每一個念佛往生的都說往生極樂世界,那是恭維他,說好聽的,不見得是真的。縱然臨命終時,全身柔軟,頭頂發熱,也不一定是往生,這不能不知道。生天的人也是頭頂熱,如果來生到人間是大福報,他到這個世間來做國王的,也會頭頂發熱,這些瑞相現前,可以斷定他不墮三惡道,這是真的,往生靠不住。往生什麼是真的?他自己說,臨命終時清清楚楚、明明白白告訴大家,阿彌陀佛來接引我,我現在去了,這是真的,這真往生,他自己沒有說靠不住。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五五集)  2011/4/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0355



 

Praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati saat menjelang ajalnya, pikirannya harus jelas. Maka itu praktisi Buddhis paling takut pada Penyakit Pikun, kalau terserang Penyakit Pikun, maka masalah pun jadi besar, meskipun ada sahabat Dharma yang datang membantunya melafal Amituofo, juga bukanlah sebuah jaminan.

Maka itu sepanjang hidup manusia tidak boleh tidak menimbun berkah (melafal Amituofo merupakan berkah terbesar), saat menjelang ajal terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan adalah pahala, meninggal dunia dengan damai.

Saat menjelang ajal memberitahukan pada orang-orang di sekelilingnya, Buddha Amitabha sudah datang menjemputku, perkataan ini dapat memastikan dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati menyempurnakan KeBuddhaan.

Sepanjang hayatmu, cuma hal ini yang merupakan nyata adanya, yang dapat dibawa pergi, sedangkan hal lainnya tidak ada satupun yang bisa dibawa pergi.

Meskipun anda tidak ikhlas dan merindukannya, seerat apapun ikatan kasih tersebut, juga tak berdaya, inilah yang disebut sebagai berpisah dengan yang dicintai.

Masih ada musuh kerabat penagih utang, saat menjelang ajal semuanya datang cari masalah, inilah yang disebut sebagai berkumpul dengan yang dibenci.

Maka itu dalam kehidupan keseharian, masalah ini harus kita renungkan, setelah memahaminya, hendaknya dibuang jauh-jauh (kemelekatan pada perasaan suka dan benci), jangan lagi menghiraukannya, senantiasa menjaga kesucian hati, barulah sepatah Amituofo ini jadi efektif.   

Dengan hati yang tidak suci (masih melekat pada perasaan suka dan benci), walaupun dalam sehari anda mampu melafal Amituofo hingga seratus ribu kali, namun juga takkan terjalin dengan Buddha Amitabha, inilah yang dikatakan praktisi tempo dulu sebagai, “Mulut melafal Amituofo tapi pikiran tidak terfokus, meskipun melafal hingga tenggorokan pecah pun sia-sia saja”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 April 2011


真正往生的人臨終之前頭腦一定很清楚。所以學佛人也最怕痴呆症,老年痴呆症,一得痴呆症麻煩可就大了,助念都不保險。所以人在這一生不能不修福,臨命終時走得很自在是福報,善終。善中之善,臨命終時告訴你,阿彌陀佛來接引我,這個人成佛去了。你一生當中只有這樁事情是真實的,你帶得走的,其他的沒有一樣東西可以帶走。你怎麼牽掛,什麼樣的情執,都沒有辦法,到那個時候要愛別離,還有一些冤親債主統統來找你,怨憎會,到臨命終時全都來了。所以這些事情平常我們都要把它想通、想明白,就把它扔掉,不要再去理會了,心裡頭乾乾淨淨,這一句阿彌陀佛才會相應。不乾不淨那心是骯髒的,怎麼念,一天十萬聲,跟阿彌陀佛不相應,這就是古人講的,「口念彌陀心散亂,喊破喉嚨也枉然」。句句都是真話,不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五五集)  2011/4/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0355




 

Di dalam sebuah Vihara harus ada rupang Buddha dan Bodhisattva, barulah dapat disebut sebagai Vihara. Namun yang paling penting adalah di dalam Vihara tersebut ada praktisi sejati.

Tanpa adanya praktisi sejati yang berdiam di dalamnya, juga tetap disebut sebagai Vihara, tetapi Vihara ini tidak dapat membawa dampak positif yang besar bagi masyarakat.

Justru sebaliknya dampak negatifnya lebih besar, umat yang datang bersembahyang hanya tahu memohon berkah, inilah kepercayaan takhayul. Mereka mengira dengan mendonasikan uang maka Buddha akan melindungi dirinya, pemikiran begini jelas sudah sesat, bukan saja Buddha tidak dapat melindungi dirimu, tetapi anda sendiri telah menciptakan karma buruk, sementara itu diri sendiri juga tidak menyadarinya. Apa karma buruk yang telah diperbuat?

Anda menganggap Buddha dan Bodhisattva sebagai pejabat korup yang bisa disuap, anda mencoba menyogok supaya permohonanmu terkabul, jadi ada unsur transaksi di dalamnya, coba pikirkan, anda telah menganggap Buddha dan Bodhisattva sebagai orang apa, inilah karma buruk, anda tidak punya rasa hormat pada Buddha dan Bodhisattva, anda hanya memikirkan keuntungan diri sendiri.

Bahkan saya pernah mendengar kejadian nyata dimana ada penjudi sebelum bertaruh di atas meja judi, terlebih dulu berkunjung ke Vihara, bakar dupa lalu minta dilindungi supaya bisa menang.

Kalau menang maka dia akan kembali untuk bayar kaul, alhasil dia kalah. Apa yang terjadi setelah dia kalah judi? Pulang rumah dan memecahkan rupang Buddha, katanya Buddha tidak sakti.  

Dengan niat buruk menghancurkan rupang Buddha adalah sama dengan melukai Buddha (salah satu dari Pancanantariya Karma), akibatnya jatuh ke Neraka Avici!

Maka itu di dalam sebuah Vihara tidak boleh tidak ada kegiatan ceramah Dharma. Insan yang benar-benar tercerahkan akan memperkenalkan Buddha, Dharma, Sangha kepada khalayak ramai supaya mereka dapat membangkitkan perasaan hormat kepada Tri Ratna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 April 2011

Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan baca di :


佛堂裡面一定要供佛菩薩形像,那是道場。最重要的,這個道場有真正修行人,如果沒有真正修行人,這供佛地方也是個道場,不能說它不是道場,它對於一切眾生影響不大。這個影響有正面的、有負面的。負面是什麼?是一些人到這裡來求佛菩薩保佑他升官發財,這是負面的。他到這來燒香拜佛目的何在?是來求福的,這屬於迷信。以為我拿這些金錢來供養佛,佛會保佑我,這種心態就錯了,不但佛不能保佑你,你已經在造了罪,自己不知道。什麼罪?你把佛菩薩當作貪官污吏,你賄賂他,希望他給你好處,有交換條件的,你把佛菩薩看作什麼人,這就是罪過,你對佛菩薩沒有尊重心,完全是利益交換。我還聽說,真的事情,不是假的,賭徒到賭場去賭博,先去在寺廟裡面拜佛供佛,希望佛菩薩保佑他能贏錢,贏完錢之後再來還願,結果輸了。輸了怎麼樣?回去把佛像砸掉了,這個佛不靈。你說他造孽不造孽!惡意砸壞佛像,罪過跟出佛身血是相等的,果報在無間地獄,真冤枉!所以道場裡頭不能沒有道,道場裡頭有沒有佛沒有關係,有道太重要了!有佛得有道,這個裡頭真學佛人,真正明白人,把佛法僧三寶詳細介紹給你,讓你真正對三寶能生起恭敬心,你就有福了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五五集)  2011/4/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0355




 

Kondisi terlahir ke Alam Sukhavati adalah ibarat bangun dari mimpi. Mimpi berada di dalam enam alam tumimbal lahir, selama kalpa tak terhingga tak berdaya terbangun, sekarang barulah berhasil terbangun dan apa yang terlihat?

Melihat kampung halaman sendiri, melihat sanak keluarga, kerabat dan sahabat yang telah terlebih dulu terlahir ke Alam Sukhavati, panorama yang indah sempurna, sampai-sampai diri sendiri tidak berani memercayainya.

Jika tidak memiliki pemahaman yang jelas terhadap ajaran sutra, pastinya takkan berani memercayai bahwa Alam Sukhavati sesungguhnya merupakan kampung halaman diri sendiri. Ibarat pengemis yang melihat istana megah, tidak berani memasukinya.

Kita berada di dalam enam alam tumimbal lahir selama kalpa yang tak terhingga, tidak menyadari kampung halaman diri sendiri ternyata begitu indah sempuna, begitu berwibawanya, bahkan mimpi pun tidak berani membayangkannya.

Kalau bukan Buddha Sakyamuni yang tak kenal jenuh berulang kali membabarkannya kepada kita, memperkenalkannya kepada kita, bagaimana kita bisa mengetahuinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 April 2011
 

往生極樂世界那個時候的狀況,確確實實就像作夢的時候一下醒過來了。作夢是什麼?六道,無量劫來都沒能醒得過來,這一下醒過來之後,看到什麼?看到自己的老家,看到自己的家人,看到自己的伴侶,那麼樣的莊嚴,那樣的美好,讓自己幾乎都不敢相信。所以我們對於經教要不熟悉,麻煩!怕的是什麼?境界現前不敢去。幸虧有阿彌陀佛來接引,沒有阿彌陀佛來接引,你遇到你不敢進去。就好像一個乞丐,貧窮人,看到皇宮富麗堂皇,走到旁邊,趕緊躲起來,畏懼!我們在六道輪迴多久?無量劫了,不知道自己家是這麼美好、這樣的莊嚴,真的連作夢都沒想到。不是釋迦牟尼佛苦口婆心為我們宣揚,為我們講解介紹,我們怎麼會知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五五集)  2011/4/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0355