Sunday, November 8, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Agustus 2011

 

 

Saat anda mencapai pembebasan agung, maka seluruh kondisi batin yang anda lihat juga merupakan pembebasan agung; saat anda mencapai KeBuddhaan, anda melihat gunung, sungai, permukaan alam beserta seluruh isinya juga telah mencapai KeBuddhaan, semua makhluk juga telah mencapai KeBuddhaan. Mengapa demikian?

 

Anda dapat melihat jiwa sejatinya, jiwa sejati sesungguhnya adalah Buddha, setiap makhluk adalah Buddha, hanya saja sekarang sedang tersesat. Dia masih belum tercerahkan, bukan berarti dia bukan Buddha, jiwa sejatinya tidak tersesat, yang tersesat itu adalah Alayavijnana-nya (gudang kesadaran atau kesadaran ke-delapan).

 

Alayavijnana adalah semu makanya anda dapat memutuskan (melenyapkan)-nya, sedangkan yang sejati itu tidak mungkin diputuskan. Jiwa sejati itu tidak dapat diputuskan. Demikian pula dengan kebijaksanaan juga tidak dapat diputuskan, oleh karena adalah sejati, namun oleh karena sekarang sedang tersesat, makanya kebijaksanaan beralih menjadi kekotoran batin.

 

Maka itu Sutra menyebutkan, “Kekotoran batin adalah KeBodhian”. Bodhi itu adalah kebijaksanaan. Saat tercerahkan, kekotoran batin beralih menjadi kebijaksanaan, sebaliknya saat tersesat, kebijaksanaan beralih menjadi kekotoran batin.

 

Jadi kekotoran batin dan kebijaksanaan merupakan satu hal, bukan dua hal yang terpisah, hanya beralih saja. Kekotoran batin tidak dapat diputuskan (dilenyapkan), jika kekotoran batin dilenyapkan maka kebijaksanaan juga akan ikut sirna.

 

Jadi tidak ada yang dilenyapkan, hanya beralih saja, kekotoran batin beralih menjadi kebijaksanaan. Maka itu saat tercerahkan, enam alam tumimbal lahir beralih menjadi “Alam Dharma Tunggal Sejati”; sebaliknya saat tersesat, Alam Dharma Tunggal Sejati beralih menjadi enam alam tumimbal lahir.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Agustus 2011

 

Alam Dharma Tunggal Sejati dan Dasa Dharmadhatu :

https://smamituofo.blogspot.com/2013/07/alam-dharma-tunggal-sejati-dan-dasa.html

 

Delapan Kesadaran :

https://daunbodhi.blogspot.com/2019/01/delapan-kesadaran.html

 

 

「若能一念入佛境界者,無量光明」,智慧,「普周塵剎」。這個周是周遍法界,過去、現在、未來所有一切諸佛剎土,塵是形容多,多到什麼程度?就像塵沙一樣,沒辦法計算,普周塵剎。「三塗六道同時解脫」,你自己解脫了,你看到所有一切境界全都解脫;你自己成佛了,你看到山河大地一切萬物全都成佛了,一切眾生都成佛了。為什麼?你看到他的自性,自性本來是佛。你看到他的相,那相就是六道、三途、十法界,是相。從性上看,個個都是佛,這個佛迷在這裡,那個佛迷在那裡,沒覺悟。沒覺悟不能說他不是佛,他的自性沒有迷,迷的什麼?阿賴耶識。阿賴耶是假的,不是真的,是迷了之後自性裡出了個副產品,這個東西不是真的。不是真的,你能夠放下,你能把它斷掉,真的斷不掉。自性斷不掉,見聞覺知斷不掉,它是真的。智慧斷不掉,現在迷了,智慧變成煩惱。所以經上常講煩惱即菩提,菩提是智慧,覺悟的時候煩惱變成智慧,迷的時候智慧變成煩惱。它是一個東西,不是兩樣,轉變而已。煩惱不能斷,煩惱斷掉了智慧就沒有了。轉變叫斷,不是真的斷了,煩惱變成智慧。所以,三途六道都變成一真法界,恢復了,恢復正常,覺悟了就恢復;迷了的時候,一真法界變成三途六道。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五四九集)  2011/8/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0549