Monday, April 6, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011 (Bgn 6)


Buddha dan Bodhisattva mengajarkan kita supaya memfokuskan pikiran pada satu objek, sehingga anda dapat mencapai samadhi (pikiran terfokus) dan mengembangkan prajna (kebijaksanaan), setelah kebijaksanaan terbuka, begitu membaca Sutra langsung bisa memahaminya, betapa efisiennya!

Ketika pikiran telah terfokus, Alam Sukhavati adalah kampung halaman kita, kapan saja juga boleh terlahir ke sana, ini nyata adanya.

Jika ada yang bertanya, saya memfokuskan pikiranku pada satu titik, apakah dapat menyembuhkan penyakitku? Tentu saja dapat. Kami telah membaca begitu banyak Sutra, tidak pernah mendengar ada Bodhisattva di Alam Sukhavati yang jatuh sakit, tidak ada, tidak pernah terbaca hal begini, andaikata ada, Buddha Sakyamuni pasti akan mengatakannya keluar.

Bukan saja tidak ada, penduduk Alam Sukhavati tidak butuh makan dan minum, tidak butuh tidur, tidak memiliki lima nafsu keinginan, yakni harta, rupa, popularitas, makanan, tidur, semua ini sudah tidak dihendaki lagi.

Kita harus pikir baik-baik, penduduk Alam Sukhavati tidak menghendaki segala materi ini lagi, andaikata kita masih melekat padanya, apakah kita memenuhi kelayakan sebagai calon penduduk Alam Sukhavati.

Apa yang dihendaki penduduk Alam Sukhavati, kita juga menghendakinya, apa yang telah dibuang oleh penduduk Alam Sukhavati, kita juga harus membuangnya, barulah dapat terjalin dengan Mereka, menjadi sahabat melatih diri. Dengan demikian kedatangan anda pasti akan disambut dengan hangat oleh penduduk Alam Sukhavati.

Apa yang dihendaki penduduk Alam Sukhavati, tak lain adalah Sila, Samadhi (pikiran terfokus) dan Prajna (kebijaksanaan); apa yang Mereka buang adalah ketamakan, kebencian dan kedunguan.

Yang Mereka hendaki adalah tanpa keakuan, tidak boleh ada keakuan, jika masih ada keakuan maka sudah keliru. Setelah melepaskan kemelekatan pada keakuan, barulah dapat menemukan kembali aku yang sejati. Aku yang sejati adalah jiwa sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


佛菩薩、老祖宗是教我們把這個心的力量集中在一點,集中在一點你得定,你開智慧,智慧開了之後,一接觸就通達、就明瞭,多省事!心要集中一處的時候,極樂世界是老家,什麼時候去都行,那是真的,那不是假的。

要有人問,我把心集中一處,能不能治我的病?當然能。我們讀這麼多經,沒有聽說極樂世界哪一個菩薩生病了,沒有,沒有看到過,要有,釋迦牟尼佛一定會說出來。不但沒有,他們不需要飲食、不需要睡眠,五欲沒有了,財色名食睡他都不要了。我們要好好想想,極樂世界人這東西不要,我們如果要,要就錯了,要就去不了極樂世界。極樂世界人要的我們要,極樂世界人不要的我們也不要,志同道合,你想去,人家那邊鼓掌歡迎你。他們要的,戒定慧,他們不要貪瞋痴;他們要的,無我,不能有我,有我是錯了。真正做到無我,真的我才找到。執著這個身是我,真我找不到,這是假的,認假為真,錯了。有真我,真我是自性,自性清淨圓明體那是真我。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八0集)  2011/4/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0380




 

Kesulitan kita yang terbesar adalah masih memiliki hati perbedaan, apabila kita berhasil menghancurkan rintangan terbesar ini, maka untuk selanjutnya karir melatih diri kita akan berjalan lancar.

Mengapa ada kemelekatan? Oleh karena kita melekat pada keakuan, inilah yang merupakan rintangan pertama yang harus dihancurkan dalam melatih diri.

Maka itu bila anda ingin menilai keterampilan melatih diri seorang praktisi, tidak perlu melihat dari segi lainnya, contohnya sehari dia membaca berapa banyak sutra, berapa kali dia melakukan sujud, berapa kali dia melafal Amituofo, atau berapa banyak dupa yang dia bakar, semua ini hanyalah buat penampilan semata, jadi dari segi manakah kita menilainya?

Apakah dia masih melekat pada keakuan, apakah dia masih memiliki niat mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi. Selama dia masih memiliki niat egois begini, melekat pada keakuan, maka dia masih orang awam, bahkan orang awam yang orisinal, bagaimana pun dia berdaya upaya melatih diri, juga tidak dapat melampaui enam alam tumimbal lahir, upayanya hanya akan membuahkan berkah.

Daya upaya-nya hanya membuahkan berkah Alam Dewa dan Alam Manusia, tidak dapat keluar dari Triloka (Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka), untuk keluar dari Triloka harus melepaskan kemelekatan pada keakuan, tiada niat mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


我們最大的困難就是有取捨、有分別。取捨是執著,這個是最麻煩的事情,第一大關,很不容易突破,突破之後菩提道上確實就一帆風順。為什麼會有這個執著?因為執著有個我。佛法的學習,頭一關是破我執,不但是大乘,小乘須陀洹我執就破掉。所以你要看修行人看他的功夫,不看別的,別的靠不住,一天念多少部經,磕多少個大頭,念多少聲佛號,或者坐多少支香,都是樣子,問他什麼?他還執不執著身是我,還有沒有自私自利的念頭。只要還有自私自利的念頭,還執著身是我,他是凡夫,道道地地的凡夫,他怎麼用功修行,都不能夠超越六道輪迴,但他修的是福。

修行得來的是人天福報,出不了三界,出三界一定要把我執放下,確實沒有自私自利的這個念頭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八0集)  2011/4/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0380


 

 

Mengapa Buddha dan Bodhisattva menghendaki kita supaya menemukan kembali jiwa sejati? Oleh karena apa yang akan diperoleh, anda takkan berdaya membayangkannya. Kita boleh menggunakan satu kalimat guna mengungkapkannya yakni kesempurnaan terunggul.

Sebelum menemukan kembali jiwa sejati, apa yang anda peroleh adalah sangat terbatas, lagi pula ruang gerakmu juga sangat terbatas. Maka itu manusia tidak boleh tidak menemukan kembali jiwa sejatinya.

Untuk menemukan kembali jiwa sejati, tidak boleh melekat pada tubuh fisik ini, juga tidak boleh mendambakan suatu tempat, ini adalah rumahku, pemikiran begini sudah keliru.

Lantas di manakah rumahmu? Jagat raya barulah merupakan rumah sendiri. Kita selalu menganggap rumah dengan keterbatasan ruang gerak ini sebagai tempat kediamanku, bukankah ini sungguh memprihatinkan!

Jagat raya barulah merupakan tempat kediaman diri sendiri, dengan demikian barulah Maitri Karuna dalam jiwa sejati dapat muncul ke permukaan. Mengapa demikian? Anda akan mengasihi semua makhluk, dengan sendirinya juga akan membantu semua makhluk untuk menemukan kembali jiwa sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


為什麼這些諸佛菩薩要明心見性,明心見性所得到的你無法想像。我們可以用一句話來形容它,你所得到的是大圓滿,究竟圓滿,徹底的圓滿。你不究竟的,你沒有見性,你得到的東西是有限的,而且什麼?是非常有限,局限在一個點上。了解這個事實真相,我們才覺悟到人不能不見性,你要不見性就大錯特錯了。見性可不能留戀這一個身體,不能留戀局限在這一個地區,這是我的家,錯了。什麼是你的家?遍法界虛空界是自己的家。我們把這幾間屋子當作自己的家,你說可憐不可憐!遍法界虛空界是自己,是自己的身,是自己的家,是自己所擁有的一切,這個時候自性裡面的慈悲心才生出來。為什麼?你會愛一切眾生,自自然然幫助一切眾生回歸自性。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八0集)  2011/4/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0380



 

 

Di dalam “Mahavaipulya mahasamghata Sutra”, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita bahwa melafal Amituofo merupakan samadhi menakjubkan yang mendalam dan tertinggi tiada taranya.

Mari kita renungkan ucapan Bhagava ini, apakah betul atau tidak? Pintu Dharma Pelafalan Amituofo adalah samadhi menakjubkan yang mendalam dan tertinggi tiada taranya, ini nyata adanya.

Tak peduli pintu Dharma manapun juga, asalkan memfokuskan pikiran maka adalah Dhyana atau samadhi. Melafal Amituofo juga dapat memfokuskan pikiran, makanya melafal Amituofo juga adalah melatih samadhi.

Membaca sutra juga dapat memfokuskan pikiran, makanya membaca sutra juga merupakan samadhi. Memperhatikan keluar masuknya napas juga dapat memfokuskan pikiran makanya melatih pernapasan juga adalah samadhi. Samadhi adalah memfokuskan pikiran atau melatih konsentrasi.

Lihatlah apa yang dikatakan oleh Bodhisattva Mahasthamaprapta sebagai “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, mana boleh dikatakan bukan samadhi? Justru merupakan samadhi menakjubkan yang mendalam dan tertinggi tiada taranya.

Kebahagiaan samadhi dapat menyembuhkan segala penyakit, tubuh terserang penyakit tak lain adalah sel-sel tubuh kita terinfeksi virus penyakit, dengan samadhi dapat memulihkan sel-sel yang terinfeksi menjadi sehat kembali, samadhi dapat menyembuhkan penyakit.  

Memfokuskan pikiran pada satu objek, maka tidak ada hal yang tidak teratasi. Bukan hanya menyeimbangkan jiwa raga kita, namun juga dapat menyeimbangkan alam semesta, lintasan planet-planet bahkan galaksi di ruang angkasa, anda juga mampu menyeimbangkannya, memiliki kemampuan yang sedemikian besarnya.

Memfokuskan pikiran pada satu objek, maka tidak ada hal yang tidak teratasi. Perkataan Buddha ini sungguh nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 April 2011


所以世尊在《大集經》上告訴我們,念佛是什麼?無上深妙禪。我們冷靜想想世尊這句話,說得對不對?念佛法門是無上深妙禪,它是真的。可惜什麼?可惜現在人不會念,就是念佛不能攝心,禪是能攝心。無論是什麼法門,只要攝心就是禪。念佛要能攝心,它怎麼不是禪?讀經能攝心,讀經是禪,數息能攝心,數息是禪,禪就是能攝心。你看大勢至菩薩講得多好,「都攝六根,淨念相繼」,那能說不是禪嗎?無上深妙禪,不是佛隨便說的,是真的不是假的。禪悅能治一切病,病痛無非是我們細胞染上病毒,禪定能夠讓這些病毒統統恢復健康狀態,禪能治病。這是從根本上講,用心念來調整,這就制心一處,用心念來調整。不但調整你的身心,可以調整宇宙,甚至於星球在太空當中運行,星系在太空當中運行,你都能夠控制它,都能調整它,有這麼大的能力。制心一處,無事不辦,佛說的話不是假話。
  
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三八0集)  2011/4/20  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0380