Apakah
tubuh jasmani tidak butuh perawatan sama sekali? Bukan, pemikiran begini telah
keliru. Dirawat secara benar. Ajaran Mahayana menyebutkan bahwa segala sesuatu
muncul dari hati dan pikiran, demikian pula tubuh fisik juga muncul dari hati
dan pikiran.
Cara
merawat tubuh jasmani, yakni hari ini kita mengatakannya sebagai cara
memelihara kesehatan, terlebih dulu harus dimulai dari memelihara hati, apa
alasannya?
Tubuh
fisik berubah mengikuti perubahan niat pikiran, kesehatan mental lebih penting
dari segalanya. Apabila mental kita sehat, maka fisik pun sehat. Sebaliknya bila
mental tidak sehat, maka fisik pun takkan sehat.
Apa
yang dimaksud dengan mental yang sehat? Hati yang suci, di dalam hati tidak ada
bentuk-bentuk pikiran, takkan ada kerisauan, takkan ada ketakutan, hati yang
suci, hati yang setara, tercerahkan dan tidak sesat, hati begini merupakan yang
paling sehat. Hati yang sehat akan menggerakkan tubuh fisik yang sehat.
Tubuh
ini merupakan fenomena fisik, landasan dari fenomena fisik adalah niat pikiran.
Maka itu, niat pikiran baik, walaupun tubuh terinfeksi virus penyakit, namun
dengan sendirinya akan pulih seperti sedia kala.
Maka
itu Buddha Dharma menekankan pada melatih hati dan pikiran, menghapus kejahatan
menimbun kebajikan, segala virus penyakit takkan dapat menjangkiti-mu; mengubah
kesesatan beralih pada kebenaran, walaupun terinfeksi virus penyakit, namun tubuh
akan pulih kembali seperti sedia kala; meluruskan niat pikiran, merupakan
mentalitas terbaik, sehat secara lahiriah maupun batiniah, hal ini tidak boleh
tidak dipahami.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Mei 2011
身體是不是可以不需要保養?不是的,那個想法就又錯了。如理如法的去保養。大乘知道萬法唯心,一切法唯心所現,身體是心現的、識變的。保養之道,也就是今天講養生之道,養生得先會養心,為什麼?身隨著你的心念在轉變,心理健康比什麼都重要。心理健康,身體焉能不健康嗎?哪有這個道理!心不健康,想身體健康非常困難,這個道理學大乘人的懂。心健康是什麼?心清淨,心裡沒有煩惱,沒有雜念,沒有憂慮,沒有恐怖,心地清淨,心地平等,覺而不迷,這個心是最健康的。健康的心就帶動健康的身體。縱然這個身,身是物質現象,物質現象的基礎是心念。所以,心念好,物質的身體縱然染上病毒,它能夠自然的恢復正常,正常就是健康。所以佛法中叫修心,斷惡修善,所有一切不好的病毒你就不會感染;改邪歸正,縱然有病毒,它會恢復正常,改邪歸正;端正心念,最好的心態,身心健康,這個不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九九集) 2011/5/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0399
Sekarang
jika ingin melakukan kebajikan adalah hal yang sulit, kalau bukan Bodhisattva
maka akan sulit mewujudkannya, Bodhisattva dapat bersabar, Bodhisattva tidak
takut menderita, tidak takut pada rintangan.
Oleh
karena makhluk sekarang tidak mengecap pendidikan insan suci dan bijak,
berbagai pandangan mereka adalah menyimpang. Dia sedang kesusahan, anda pergi
membantunya, dia akan mencurigai-mu.
Saya
dan anda tidak punya hubungan apa-apa, mengapa anda mau membantuku? Apa niat
terselubung-mu? Apa tujuanmu? Dia akan berpikir demikian.
Bukan
saja tidak berterima kasih padamu, malah menganggap dirimu adalah orang jahat,
menganggap anda pasti memiliki niat terselubung, anda ingin mengambil
keuntungan darinya. Lihatlah, apa boleh buat!
Maka
itu sekarang untuk menyelamatkan para makhluk adalah hal yang terlampau sulit!
Anda harus memakai cara apa untuk membuktikan diri sendiri tidak punya niat
terselubung, tidak punya tujuan apapun, mustahil dia percaya, di dunia ini mana
ada orang baik?
Dia
mengira anda ingin mengambil keuntungan dari dirinya, ini merupakan hal yang
lumrah, jika anda katakan padanya anda tidak punya tujuan juga tidak punya niat
terselubung, maka dia akan menganggap anda tidak normal, dia jadi takut padamu,
makanya terlampau sulit.
Maka
itu Buddhisme berkata, Buddha menyelamatkan insan yang berjodoh.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Mei 2011
現在做好事難,不是菩薩不容易做,菩薩有耐心,菩薩不怕苦,不怕障緣。因為現在的眾生沒有受到聖賢的教育,許許多多的觀念都偏頗了。他有困難,你去幫助他,他懷疑你。我跟你無緣無故,你為什麼幫助我?你有什麼企圖?你有什麼目的?他這樣想法。不但不感恩你,他把你當個壞人,認為你有企圖,你有目的,你要佔他便宜。你看看有什麼辦法!所以現在,佛法講度眾生困難,太難了!你要用什麼方法證明你沒有企圖、沒有目的,只是同情你,他不相信你,世界上哪有這種人?他認為你有企圖、有目的、要佔便宜,這是正常的;你說你沒有目的、沒有企圖,他認為你不正常,他怕你。這真難。所以佛家講,佛度有緣人。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九九集) 2011/5/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0399
Buddhisme
mengatakan bahwa Buddha menyelamatkan insan yang berjodoh, apa maksudnya
berjodoh? Anda membantu dirinya, dia menerimanya, dia berterima kasih, dia
menuruti, dia memperoleh manfaat, orang begini tidaklah banyak.
Maka itu
ketika mendengar ceramah Dharma, di hatinya akan timbul perasaan sukacita, menurut
Buddha Dharma, ini adalah akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh
yang ditimbun selama kelahiran demi kelahiran, kehidupan demi kehidupan.
Andaikata
pada masa kehidupan sebelumnya tidak pernah belajar, maka pada satu masa
kehidupan sekarang ini sangatlah sulit sekali, dia takkan bisa menerimanya.
Apa yang
dia lihat adalah manfaat yang ada di depan mata, anda jelaskan padanya tentang
Buddha dan Bodhisattva, dia takkan percaya; anda jelaskan padanya tentang
manfaat pada kehidupan mendatang, dia bilang anda takhayul.
Ajaran
Mahayana mengatakan bahwa Pintu Dharma Tanah Suci merupakan Dharma yang sulit
diyakini, lihatlah sekarang ini, 84 ribu pintu Dharma, semuanya sudah menjadi Dharma
yang sulit diyakini, sedangkan Ajaran Tanah Suci sudah merupakan yang paling
sulit diantara yang tersulit, berapa orang saja yang percaya?
Apabila
setelah mendengar Ajaran Sukhavati, lalu dapat membangkitkan keyakinan,
menerima dan mau melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati,
maka praktisi ini seperti yang disebutkan di dalam “Amitabha Sutra” sebagai
memiliki banyak akar kebajikan, banyak berkah kebajikan, banyak jalinan jodoh.
Memiliki
banyak akar kebajikan dan banyak berkah kebajikan, merupakan hasil pelatihan
diri selama kelahiran demi kelahiran, bukan hanya satu atau dua masa kehidupan
saja, kalau cuma satu atau dua masa kehidupan saja, takkan menghasilkan akar
kebajikan dan berkah kebajikan yang sedemikian besarnya.
Hari ini
kita mampu membangkitkan keyakinan, dapat mengamalkannya, memiliki keteguhan
hati untuk bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, ini seperti yang
disebutkan di dalam “Sutra Intan” sebagai, akar kebajikan, berkah kebajikan dan
jalinan jodoh yang ditimbun selama kalpa yang tak terhingga, pada satu masa
kehidupan sekarang ini sudah masak, pada satu masa kehidupan ini juga terlahir
ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Mei 2011
Catatan :
Akar kebajikan adalah dapat
meyakini dan dapat memahami.
Berkah kebajikan adalah dapat
bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh adalah dapat
bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci
佛家講,佛度有緣人,什麼叫有緣?你幫助他,他接受,他感恩,他順從,他得利益,這樣的人不多。所以聽經、學佛,聽到能生歡喜心,依照佛法來講,都是過去生中生生世世累積的善根福德因緣。如果過去生中沒有學過,這一生就非常非常困難,他不能接受。他所看到的是眼前的利益,你跟他講佛菩薩,他不相信;你跟他講來生的利益,他說你那是宗教,那是迷信,立刻就把你否定掉。大乘裡面說淨土法門難信之法,現在我看八萬四千法門每一門都是難信之法,淨土是難中之難,幾個人相信?聽到真能相信,真能接受,也能念阿彌陀佛求生淨土,這不就是《彌陀經》上所講的多善根、多福德、多因緣。多善根福德是你過去生中多世修行的結果,不是一生、一世兩世,像《金剛經》上所說的,一世兩世沒有這麼大的善根福德。我們今天能信、能行,有決心要求生淨土,那就像《金剛經》說的,無量劫中修積的善根福德因緣這一生當中成就了,在這一生當中成佛了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九九集) 2011/5/6 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0399