Thursday, July 23, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2011 (Bgn 2)


Ketika saya masih berusia muda, tiap hari berceramah di luar, para praktisi senior era terdahulu, berkomentar, Master Chin Kung hobi berceramah. Sesungguhnya saya bukanlah suka berceramah, saya menggunakan cara ini untuk mengatasi kekotoran batin dan tabiatku, jadi bukanlah karena hobi.

Oleh karena saya merasa cara ini dapat mengatasi kekotoran batin dan tabiatku, bagiku cara ini sungguh efektif. Ketika saya melafal Amituofo, timbul bentuk-bentuk pikiran, demikian pula ketika bermeditasi juga timbul bentuk-bentuk pikiran, hanya ketika membaca buku dan mempersiapkan materi ceramah, yang dapat menyita perhatianku, harus konsentrasi.

Apalagi ketika bertemu dengan istilah, harus memeriksa-nya di kamus dan mempelajarinya. Dengan demikian takkan timbul bentuk-bentuk pikiran, saya menggunakan cara ini guna memusatkan perhatian.

Setiap orang memiliki akar kebijaksanaan yang tidak serupa, cara ini sangat efektif bagi diriku. Maka itu saya menggunakan cara ini sepanjang waktu enam dekade, hingga hari ini masih efektif bagi diriku.

Oleh karena cara ini ini efektif, makanya saya menggunakannya terus, bagus! Takkan ada efek samping yang tidak diinginkan. Kalau mengubah cara yang sudah efektif, kadang kala malah menimbulkan masalah. Cara ini diwariskan oleh guruku.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2011


我在年輕的時候,天天在外面講經,老一代的這些大德們,出家老一代的和尚,他們談到我,淨空法師好講經,他講我好講經。我聽到之後,我不是好講經,我是用這個方法來對付煩惱習氣。這是真的,不是好。因為我覺得這個方法對治煩惱習氣,對我來講很有效。我念佛,會打妄想,坐禪也有妄想,只有讀書,準備講經就沒有妄想,要專注。經典裡面還有生字要查字典,還有一些名相、術語要查資料。這樣就不會有雜念進來了,我是用這個方法。各人根性不相同,這個方法對我很有效。所以我用了六十年,到今天還是有效。有效的方法,繼續用下去,好!不會出事情。改變方法,有的時候就出麻煩。這個方法老師教的,有承傳。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一四集)  2011/5/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0414

 


 
 
Kita tahu bahwa manusia saat menjelang ajal, musuh kerabat penagih utang akan datang menagih utang. Anda pernah membunuhnya, sekarang dia datang minta pelunasan nyawa, anda pernah menipu uangnya, sekarang dia datang minta pelunasan uang, di sinilah celah bagi mara untuk cari kesempatan, si mara pun datang ikut meramaikan suasana.

Di dalam “Ksitigarbha Sutra” tercantum bahwa pasien di saat menjelang ajal, akan memberitahu orang-orang yang berada di sampingnya : Saya melihat si A datang, dia berdiri di depan pintu. Si A maupun nama-nama yang disebutkan pasien merupakan keluarga dan kerabatnya yang telah meninggal dunia, si pasien melihat kehadiran mereka.

Benarkah itu adalah keluarga dan kerabatnya? Bukan, melainkan musuh kerabat penagih utangnya yang datang memikatnya supaya mengikuti mereka. Musuh kerabat penagih utang berupaya membawanya pergi guna membuat perhitungan dengannya, utang nyawa dibayar nyawa, utang uang dibayar uang.

Kalau bukan Buddha Sakyamuni menyampaikannya di dalam Sutra, mana mungkin kita bisa mengetahuinya? Namun kenyataannya, kita juga pernah melihat kasus sedemikian rupa, betapa banyaknya, hal ini nyata adanya.

Sekitar 2-3 hari menjelang ajalnya, si pasien akan melihat penampakan ini. “Ksitigarbha Sutra” menyebutkan dengan jelas, itu adalah ulah mara, dia sedang menanti kesempatan.

Lain halnya dengan praktisi pelafal Amituofo, saat menjelang ajal akan melihat cahaya Buddha menyinari, mara segera menjauh dan mengambil langkah seribu.

Melihat cahaya Buddha, musuh kerabat pun jadi segan cari masalah, sebaliknya mereka ikut bersukacita dan memuji. Mereka berharap setelah anda terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan, datang kembali menyelamatkan diri mereka.

Jadi praktisi pelafal Amituofo saat menjelang ajal pasti memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2011


我們知道人在臨命終時,冤親債主都在這個時候來討債。你殺了他的,討命債,你欠他的,這討錢財,這就是魔得其便,在這個時候他都來了。

  《地藏經》裡面告訴我們,人在臨命終時,這個亡人告訴他旁邊家親眷屬說:我看到某人來了,他站在門口。所說的全是他所認識的親朋好友、家親眷屬過去的、先亡的,都看到了。是不是真的?不是真的。地藏菩薩告訴我們,是他的冤親債主變幻他的家親眷屬來誘導他,來帶他走,不是真的。帶他走了,跟他算帳的,來索命的、來討債的。佛在經上要不這樣告訴我們,我們怎麼會知道?但是這些事情,我們看了很多,是真的。亡者在這個時候,應該是臨終前二、三天,這種境界就出現。出現這個境界,頂多兩天他就走了,《地藏經》上說得很清楚,那就是魔,他在等你。如果是念佛的人,臨終的時候,佛光注照,這魔都沒有了,都遠離。魔知不知道?知道。他見到佛來接引你,這些冤親債主不但不找麻煩,他找不到麻煩,他也歡喜讚歎。他也希望你成佛之後,可以度他。這要證明,只要是往生的人,佛一定來接引他。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一四集)  2011/5/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0414



 
 

Di dalam sutra “Gu Yin Wang Jing” tercantum : “Apabila ada empat jenis siswa Buddha, dapat menerima, meyakini dan melafal nama Buddha Amitabha, saat menjelang ajal, Buddha Amitabha dan para Suciwan hadir di hadapan sang praktisi, si praktisi dapat bersua dengan Buddha Amitabha”.

Yang dimaksud dengan empat jenis siswa Buddha adalah Bhiksu, Bhiksuni, Upasaka dan Upasika. Praktisi pelafal Amituofo saat menjelang ajalnya pasti dijemput Buddha Amitabha. Kita harus meyakini hal ini, jangan ada keraguan sama sekali, barulah disebut sebagai pikiran benar. Pikiran benar ini pasti direspon Buddha Amitabha, saling terjalin, takkan meleset sama sekali.

Manusia saat menjelang ajalnya akan melihat kehadiran arwah sanak keluarga dan sanak saudaranya yang datang memikatnya supaya ikut bersama mereka, sesungguhnya ini adalah jelmaan musuh kerabat penagih utangnya.

Ada pula raja mara yang mampu menyamar jadi Buddha dan Bodhisattva datang menjemputmu, ada yang melihat Buddha Sakyamuni, Buddha Bhaisajyaguru, apakah boleh mengikuti mereka? Tidak boleh, karena itu adalah samaran mara.

Dalam keseharian anda melafal Amituofo, tetapi saat menjelang ajal malah Buddha Sakyamuni atau Buddha Bhaisajyaguru yang datang menjemput, maka ketahuilah ini pasti adalah samaran mara. Oleh karena dalam keseharian anda tidak melafal nama Buddha Sakyamuni atau nama Buddha Bhaisajyaguru, bagaimana mungkin saat menjelang ajal Mereka yang datang menjemput?

Maka itu peserta Zhunian (kegiatan membantu pasien melafal Amituofo) ketika melihat pasien bilang melihat Buddha lainnya datang menjemput, maka segera nasehati si pasien jangan ikut dengannya, itu adalah samaran mara, harus menanti hingga Buddha Amitabha yang muncul barulah boleh mengikutiNya, poin ini amatlah penting.

Kalau tidak mengingatkan si pasien, maka dia akan sembarangan mengikuti Buddha samaran, sehingga masuk ke dalam perangkap mara.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2011


「又《鼓音王經》云:若有四眾,能正受持,彼佛名號,臨命終時,阿彌陀佛,即與大眾,往此人所,令其得見」。這都是證明。四眾?出家男眾女眾,在家男眾女眾,這叫四眾。四眾念佛弟子,下面這句話重要,能正受持,著重在正。正是什麼?正是正心正念,能夠接受經典的教誨,執持名號。臨命終時,阿彌陀佛,即與大眾,往此人所,令其得見,他見到佛,這是決定往生。真正往生的瑞相是這樣的。「又《華嚴經》云:如來有十種佛事。一者,若有眾生,專心憶念,則現其前。是均為本經之良證」。給我們證明念佛人往生,阿彌陀佛決定來迎接,不可能說佛不來迎接的。這個我們信得過,一點懷疑都沒有,我們的念才叫正念。正念有感,佛就有應,感應道交,絲毫不爽。

  念佛人臨命終時,佛沒有來迎,決定不能走。家親眷屬來誘惑你,那是冤親債主,還有,如果是魔王外道,他會變現佛菩薩形相來接引你,他不是阿彌陀佛。臨終的時候見到釋迦牟尼佛、藥師如來,真有。是不是他來接引?決定不是。你平時不念他,他怎麼會來?見到的佛不是阿彌陀佛,就知道是假的,魔來接引你,這個一定要認識。還有臨終助念的人要幫助他,他要看到,我看到釋迦牟尼佛來了,立刻要知道決定不能跟他去,要提醒他,一定要跟阿彌陀佛去,這個話最重要了。如果不提醒他,他就跟他去了,那就上大當。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四一四集)  2011/5/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0414