Kita
hidup pada era ini, terutama bagi insan yang telah berusia lanjut, setelah
melewati waktu beberapa dekade, kami akhirnya jadi mengerti dan tercerahkan.
Memiliki
jalinan jodoh yang sedemikian unggulnya bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci,
bertemu dengan Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas, berjodoh dengan Buddha,
berjodoh dengan Upasaka Xia Lian-ju dan Upasaka Huang Nian-zu.
Upasaka
Xia Lian-ju merangkum “Sutra Usia Tanpa Batas” dari berbagai versi terjemahan,
sedangkan Upasaka Huang Nian-zu menulis Penjelasan Sutra. Mereka menuntun para
makhluk yang berjodoh terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, menyempurnakan KeBuddhaan.
Jika
tidak terlahir ke Alam Sukhavati maka kemungkinan besar adalah jatuh ke tiga
alam rendah. Kita harus memiliki sikap mawas diri yang tinggi, melepaskan
segala kemelekatan, mengerahkan segenap hati guna membulatkan tekad terlahir ke
Tanah Suci Sukhavati, melafal berkesinambungan tak terputus, tidak boleh
diabaikan, tidak boleh dilupakan.
Kapan
saja Buddha datang menjemput, kita telah siap baik secara lahiriah maupun
batiniah, tidak perlu menunda hingga hari esok maupun lusa, hendaknya melakukan
perenungan sedemikian rupa, memperoleh manfaat yang tak terbayangkan. Mengapa
demikian?
Takkan
lagi mendambakan dunia ini, melepaskan segala kemelekatan. Selain diri sendiri
membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, juga memberi motivasi pada
praktisi lainnya, agar mereka meningkatkan ketekunan dan meraih keberhasilan,
inilah yang dimaksud dengan memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Memberi
manfaat pada diri sendiri terlebih dulu, barulah dapat memberi manfaat bagi
insan lainnya, apabila diri sendiri belum memperoleh manfaat yang sesungguhnya,
meskipun anda memberi manfaat bagi insan lain, hasilnya juga tak seberapa.
Terhadap
mereka yang belum membangkitkan keyakinan hati, dengan upaya kausalya membantu
mereka membangun keyakinan hati; terhadap mereka yang telah membangkitkan
keyakinan hati, membantu meningkatkan keyakinan hati, membantu mereka
membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, dengan demikian dalam
menjalankan karir Buddha Amitabha, kita telah mengerahkan segenap tenaga dan
pikiran, jasa kebajikan ini telah sempurna.
Maka
itu, pada era sekarang ini, alangkah berharganya nilai sebuah keyakinan hati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 01 Mei 2011
「《安樂集》謂具此三心」,這個三心就是論註裡頭所說的淳心、一心、相續心,具足這三心,「若不生者,無有是處」,你想求生西方極樂世界,肯定成就,一絲毫懷疑都沒有,你決定得生。我們生活在現前這個時代,尤其是年歲大的人,幾十年閱歷當中,我們明白、覺悟了。有殊勝的緣分遇到淨土,遇到這部《無量壽經》的註解,與佛有緣,與夏老、與黃念老有緣。這兩個人出生在現代,一生所做這樣一樁偉大的事業,會集《無量壽經》,給《無量壽經》做充分的註解。他們引導一切有緣人同生淨土,生淨土就成佛道,不生淨土大概都是要去三惡道。我們要有高度的警覺心,放下萬緣,一心一意求生淨土,念茲在茲,不能疏忽,不能忘記。最好今天就往生,明天就往生,不再等到後天,常作如是觀,利益不可思議。為什麼?對這個娑婆世界沒有留戀,完全放下了。除了自己信願念佛之外,遇到與淨宗有緣的人幫他一把,鼓勵他精進,帶領他成就,這是利他。自利而後才能利他,自己沒有得到真實利益,縱然有利他的願行,效果不大。對於沒有信心的人,以善巧方便幫助他建立信心;已經有信心的人,幫助他信心增長,幫助他發願求生,彌陀的事業我們就盡心盡力了,盡心盡力就是功德圓滿。所以,淨信在現前這個時代極為可貴。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八八集) 2011/5/1 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0388
Apa
yang dimaksud dengan ketulusan? Ketulusan artinya tidak berpura-pura. Hendaknya
menggunakan hati yang tulus dalam menjalani kehidupan keseharian, dalam bekerja
dan berinteraksi dengan orang lain.
Dalam
masyarakat sekarang ini, banyak orang yang memiliki kecurigaan yang berlebihan,
dunia sekarang ini merupakan dunia yang penuh dengan kepura-puraan, mungkin
anda beranggapan : “Orang sekarang hobi main tipu-tipu, masak saya disuruh
jujur? Apalagi disuruh tulus pula pada orang lain? Kalau begini bukankah saya
bisa rugi besar?”
Memang
betul, anda memang dirugikan, tapi ini cuma persoalan sepele, lihatlah di
belakangnya, berkah besar sedang menyongsong. Berkah besar apa? Saat menjelang
ajal terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, manfaat yang diperoleh adalah tak
terbayangkan!
Menderita
kerugian sedikit, apalah artinya, buat apa diperhitungkan! Orang yang tidak
ikhlas dirugikan, takkan memperoleh berkah apapun. Orang Tiongkok zaman dulu
berkata, “Menderita kerugian adalah berkah”, yang juga berarti berkah sedang
datang ke hadapanmu, tapi anda malah menolaknya, ini bukan tindakan orang
bijaksana, berkah besar sedang datang ke hadapanmu, tapi anda malah menolaknya
mentah-mentah, bukankah ini namanya bodoh.
Sesungguhnya
kesempatan ini sangat berharga sekali, orang lain yang menghendakinya saja
belum tentu bisa memperolehnya, tanpa alasan yang jelas difitnah begitu saja,
maka pahala-mu akan sangat besar sekali.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 01 Mei 2011
什麼叫真?真就不是虛妄。要用真誠心生活,要用真誠心工作,要用真誠心處事待人接物。在現前這個社會,一定有很多人質疑,這個世界是個虛偽的世界,別人起心動念都是欺騙我,我要用誠心誠意待人,豈不是吃大虧了嗎?沒錯,是吃虧了,吃虧是小事,你後面得的利益大了。後頭得什麼利益?往生佛國親近彌陀,你得這個利益太大了!吃點小虧算什麼,何必去計較!不肯吃虧的人,這個大的福報得不到。中國古人講「吃虧是福」,福來了你還不要,這不是有智慧的人,大福報來了你把它推辭掉,這愚痴。實在講是求之不得的,無緣無故受別人冤枉那個福報最大。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八八集) 2011/5/1 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0388
Jika kita
melakukan kesalahan, orang lain datang mengkritik kita, menyalahkan diri kita,
menfitnah diri kita, menghina diri kita, hal ini masih bisa dimaafkan, memang
diri kita yang salah.
Tetapi
apabila kita tidak melakukan kesalahan, lalu dituduh orang lain, maka berkah
kebajikan kita akan sangat besar sekali. Kita tidak melakukan kesalahan tetapi
difitnah dan diperlakukan tidak adil, kenapa kita bisa mendapatkan hinaan
semacam ini?
Pada masa
kehidupan sekarang kita memang tidak melakukan kesalahan ini, tetapi pada masa
kelahiran lampau, kelahiran demi kelahiran yang lampau, kalpa demi kalpa yang
lampau.
Buddha
Dharma menyebutkan, kehidupan manusia itu bukan cuma pada satu masa sekarang
ini saja, pada masa lampau ada kalpa yang tak terhingga, demikian pula pada
masa mendatang juga ada kalpa yang tak terhingga, selama anda masih berputar di
dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, maka selama kalpa yang tak terhingga
anda akan terus berpetualang di dalamnya, menjalani waktu yang sangat panjang.
Pada satu
masa kehidupan ini, anda tidak melakukan kesalahan tersebut, tetapi pada masa
kehidupan-kehidupan lampau, anda melakukannya. Begitu kita merenungkannya, kita
jadi sadar, adakah orang yang tidak menciptakan karma buruk? Tidak mungkin,
mana ada orang yang tidak pernah menjalin ikatan permusuhan dengan makhluk
lainnya?
Pada satu
masa kehidupan ini, beruntung dapat bersua dengan Buddha Dharma, sehingga dapat
memahami kebenaran ini, manfaat terbesar adalah saat menghadapi kondisi susah,
dapat ikhlas menerima dan menjalaninya.
Ketika
berada dalam keadaan yang tidak menyenangkan, bertemu dengan jodoh buruk, kita
dapat ikhlas dan bersukacita menerima dan menjalaninya, hal ini dapat
mengeliminasi rintangan karma diri sendiri, membentuk etika moral diri sendiri,
mengembangkan kebijaksanaan diri sendiri, maka itu hal ini juga merupakan hal
yang bagus, bukan saja tidak memiliki kebencian, masih harus bersyukur dan
berterima kasih.
Demikianlah
praktisi sejati akan mengalami kemajuan batin, sebaliknya praktisi gadungan
dalam menghadapi kondisi buruk begini justru mengalami kemerosotan batin,
bahkan menjalin ikatan permusuhan dengan makhluk lainnya, akibatnya kelahiran
demi kelahiran saling balas membalas tiada usainya, ini merupakan siksaan yang
tak terungkapkan dengan kata-kata.
Insan
cerdas yang memiliki kebijaksanaan akan menangkap dan mempergunakan kesempatan
ini (kondisi susah), sehingga meningkatkan mawas diri dan membulatkan tekad,
pada satu masa kehidupan ini mesti melampaui Dasa Dharmadhatu.
Memiliki
keyakinan dan kepastian, memiliki kemampuan guna melampauinya, terus terang
saja adalah Aliran Sukhavati, dengan mengandalkan lafalan Amituofo.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 01 Mei 2011
Dasa Dharmadhatu :
有過失,別人批評我們、指責我們、毀謗我們、侮辱我們,那情有可原,真有過失。沒有過失,那個福德就更大。沒有過失,為什麼還遭這種羞辱?這一生沒有過失,前世的,多生多劫的。佛法告訴我們,人不是這一世,過去有無量劫,未來也有無量劫,只要你不超過六道輪迴,無量劫的在六道裡頭輪轉,時間可長了。這一世沒造業,前世的,再前世的。我們這樣一想,哪有不造業的?不可能,哪有不跟眾生結怨的?這一生得人身,有幸聞到佛法,把這些道理搞清楚、搞明白了,最大的好處是什麼?逆來順受。逆境惡緣當中,我們甘心情願歡喜承受,消自己的業障,成自己的德行,開自己的智慧,好事,不但沒有怨恨,還有感恩。在大乘法裡這叫逆增上緣,逆境能幫助我們德行的提升,能幫助我們智慧增長,能幫助我們業障消除,能幫助我們圓成佛道。所以一個真正修學大乘的人,真正念佛的人,他是什麼心?一片感恩之心、一片慈悲之心,這是真的不是假的。真的,所以他才有真成就;假的,那就錯了,那就墮落了,那還要跟這些眾生冤冤相報沒完沒了,那是苦不堪言。聰明人、有一點智慧的人,抓住這個機緣,在這一生當中一定要超越十法界。有把握、有能力超越的,實在講就是淨宗法門,依靠阿彌陀佛。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三八八集) 2011/5/1 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0388