Wednesday, October 21, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2011 (Bgn 1)

 

 

Kalimat berikutnya adalah “Penduduk Alam Sukhavati memiliki suasana hati yang stabil dan benar, melatih diri menuju Jalan KeBuddhaan, maka itu takkan disesatkan oleh pandangan salah”.

 

Di dunia ini terdapat banyak sekte sesat, makanya insan yang melatih diri gampang mengarah ke jalan menyimpang, tanpa disadarinya menganggap yang sesat sebagai yang benar, ketika dirinya telah siuman dan sadar, namun terlambat sudah.

 

Maka itu bagi seorang praktisi, tidak boleh tidak bermawas diri, tidak boleh tidak dibekali pengetahuan Dharma yang cukup. Terlebih dulu melakukan pengamatan, tanpa disertai opini sendiri, barulah anda mampu membedakan benar dan sesat, betul dan salah.

 

Jika disertai perasaan emosional, menggunakan penafsiran sendiri, maka selalu saja melakukan kesilapan. Perbanyak membaca buku Klasik ajaran insan suci dan bijak, perbanyak mendengar ajaran insan suci dan bijak, hal ini akan bermanfaat bagi diri sendiri.

 

Jika bersua dengan guru yang baik, serupa dengan yang dikatakan insan zaman dulu sebagai “hanya bisa mengandalkan jodoh”, ini adalah bentuk respon, pikiran kita benar, tindakan kita benar.

 

Apa standar atau patokan dalam menilai pikiran kita benar dan tindakan kita benar? Yakni segala yang kita lakukan bukan demi ketenaran dan keuntungan diri sendiri, begini disebut sebagai benar.

 

Jika hal yang kita lakukan tersebut di dalamnya mengandung unsur demi mengejar ketenaran dan keuntungan diri sendiri, maka ini sudah tidak benar, yang berarti pandanganmu mudah salah.

 

Setelah menyingkirkan niat mengejar ketenaran dan keuntungan, maka pikiran pun jadi benar, pikiran dapat terfokus, ini merupakan sebuah syarat yang sangat penting, kita harus mampu mewujudkannya.

 

Mereka takkan terjebak masuk ke sekte sesat, dikarenakan “Para Bodhisattva menuruti ajaran sutra untuk membatasi perbuatan sendiri yang dilakukan melalui tubuh, ucapan dan pikiran, karena itu pemikiran dan tindakan Mereka, takkan melanggar sila Ajaran Buddha. Takkan ada sedikitpun kemerosotan. Dengan sila Ajaran Buddha sebagai benang pengukur. Yang Mereka kagumi adalah pencapaian KeBuddhaan.” (Petikan Sutra Usia Tanpa Batas Bab 32)

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2011

 

下面接著說,「極樂聖眾」,那邊的人,他們的心情、情緒,「和平中正,以求無上之道,故不為傾邪所誤」。傾邪下頭有解釋,「傾」,是「斜」的意思,歪了,「側,傾覆」。「邪是邪惡、邪外」。「彼土(極樂世界)聖眾不為傾斜所誤者」,邪門外道很多,特別是在我們這個世界,五花八門,所以求道的人很容易走向歧途,他自己不知道,把邪當作正,到最後覺悟的時候已經來不及。對求道來講,不能不慎重,不能不先有充分的準備。首先去觀察,觀察要客觀,沒有成見,你才能有能力辨別邪正是非;如果用感情、用成見,往往就判斷錯誤。多讀聖賢書,多聽聖賢教誨,對我們是有好處的,有幫助的。如果遇到好的老師,老師確實古人所說「可遇不可求」,這是感應,我們的心正,我們的行正。心正、行正有一個很簡單的標準,不為自己的名利就正;夾雜自己名利在裡面就不容易正,也就是你很容易看錯。名利放下,心就端正,心就一,這是很重要的一個條件,我們應當要知道。

 

他們之所以不會被邪惡、邪外所欺騙、所轉移,端在『隨經約令,不敢蹉跌,若於繩墨』。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九六集)  2011/7/14  香佛佛陀教育協會  檔名:02-039-0496

 

 

 


Saya pernah bertemu dengan orang yang memiliki kekuatan supernatural, sekitar lebih dari 20 tahun yang silam, ketika saya berada di Los Angeles, Amerika Serikat.

 

Waktu itu ada belasan Paranormal yang berasal dari Daratan Tiongkok, berkunjung ke Amerika Serikat, ada tiga orang berada di Los Angeles, saya bertatap muka dengan mereka, usia mereka 20-an, masih sangat muda.

 

Kami bertanya padanya, dari mana kekuatan ini berasal? Ada yang berasal dari bawaan lahir, sejak usia kecil sudah ada, dia dapat melihat apa yang tidak dapat dilihat orang lain umumnya.

 

Salah seorang dari rombongan kami, Upasika A ingin mengujinya, lalu membiarkan Paranormal itu mengamati dirinya, dia segera mengatakan bahwa Upasika A sebelum berumah tangga pernah menderita Penyakit TBC, namun sekarang sudah tidak bermasalah lagi, di paru-parunya ada bekas luka.  

 

Upasika A terperanjat, dia tidak pernah menceritakan penyakitnya ini kepada orang lain termasuk suaminya sendiri, bagaimana Paranormal itu dapat mengetahuinya?

 

Maka itu kekuatan supernatural itu memang nyata dan tidak semu, dia dapat melihatnya. Kami bertanya padanya, apakah kekuatan ini bisa awet selamanya? Paranormal itu menjawab tidak bisa, setelah usia 30-40 tahun sudah tidak ada lagi.

 

Semakin banyak tempat yang anda kunjungi, wawasan anda semakin luas, pikiran pun semakin rumit, kacau balau, kekuatan supernatural pun lenyap.

 

Hal ini serupa dengan yang disebutkan di dalam sutra Buddha sebagai hati yang suci, saat masih berusia belia, masih memiliki kekuatan supernatural, yang merupakan bawaan lahir.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2011

 

特異功能的人我見過,早年我在美國洛杉磯,這總有二十多年,當時中國大陸大概有十幾個特異功能的人到美國訪問,有三個人在洛杉磯,我跟他們見了面,年齡都是二十幾歲,很年輕。我們問他,這個能力從哪裡來的?有些能力是與生俱來的,從小他就有,他能看一般人看不到的東西。我們同學裡頭有來試驗他,有個女同修讓他看,他立刻就指出她肺裡面曾經得過肺結核,但是已經鈣化,沒有問題,還留著一個疤痕,指出它的位置。她自己嚇了一跳,只有她自己知道,她結婚的時候都沒有告訴她先生,沒有人知道,他怎麼一下就指出來?所以這個能力是真的不是假的,他能透視。我們問他,你這個能力是不是能永遠保持?他說不行,大概三、四十歲之後就沒有了。你跑的地方愈多,見識愈多,心就雜了、就亂了,就沒有了。這是符合佛經上所說的清淨心,年輕的時候、小時候有這種能力,這是與生俱來的這個能力。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九六集)  2011/7/14  香佛佛陀教育協會  檔名:02-039-0496

 

 

 

 

Di dalam Buddha Dharma ada disebutkan bahwa kemampuan gaib ini ada yang berasal dari bawaan lahir, ada pula yang merupakan hasil pelatihan diri.

 

Di Alam Manusia, kemampuan gaib yang berasal dari bawaan lahir itu lebih sedikit jumlahnya, sedangkan yang merupakan hasil pelatihan diri itu lebih banyak. Makhluk halus seperti setan dan malaikat, para Dewa di Langit, memiliki kemampuan gaib bawaan lahir.

 

Di Alam Manusia, kemampuan gaib diperoleh dari pelatihan diri, namun tidak sedikit pula yang berasal dari bawaan lahir. Maka itu ada anak indigo yang bicaranya aneh-aneh, anda jangan ketakutan, juga jangan terlampau mencemaskannya, dia memang memiliki kekuatan supernatural bawaan lahir.

 

Anda melihat dia sedang berbicara dengan seseorang, tetapi anda sendiri tidak melihat lawan bicaranya, anda mengira anak ini sudah tidak waras lagi, padahal kenyataannya bukanlah demikian.

 

Maka itu pengetahuan ini mesti dipahami, kita bisa memperlakukan anak-anak dengan benar, membimbingnya secara tepat, sehingga dia tidak lari ke jalur yang menyimpang dan sesat.

 

Seiring dengan pertambahan usianya, urusan kian banyak, pikiran pun mulai kalut, bentuk-bentuk pikiran semakin banyak, kekuatan supernatural pun jadi sirna, cara penyampaian begini sungguh beralasan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2011

 

在佛法裡面有說到,這個神通的能力有修來的,有報得的,人報得的少,修得的多,像鬼神、天神他們報得的多。我們人是修得的,但是也有極少數是報得。所以小孩說奇奇怪怪的話,說奇奇怪怪的語言,你不要害怕,你不要去擔心,他就是有報得的神通。你沒有看到,他在那裡跟人說話的時候,有聲有色的,他對面他看到,我們看不到,以為他神經有問題,不是的。所以這些常識都要懂得,我們對小朋友就能夠正確的對待他,正確的來教導他,不至於走向偏邪。隨著年歲大了,接觸的事情多,心不純,雜念多,就沒有了,這個說得很有道理。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四九六集)  2011/7/14  香佛佛陀教育協會  檔名:02-039-0496