Menurut Master Ouyi, apabila anda berharap melafal Amituofo hingga mencapai “Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan”, cara yang harus digunakan saat permulaan adalah melafal Amituofo sambil menghitung tasbih, apa alasannya? Tiap hari anda akan melafal dalam jumlah yang telah ditetapkan.
Orang masa kini jika menyuruhnya sehari melafal 10 ribu kali, dia takkan sanggup melakukannya, terkecuali sehari menyuruhnya melafal seribu kali, masih sanggup diwujudkannya.
Satu untaian tasbih adalah 108 butir, jadi menyuruhnya mengulang untaian sebanyak 10 kali, kalau begini dia sanggup melakukannya. Pelan-pelan saja, setelah melafal 3-5 tahun kemudian, nasehati dia supaya menambah jumlah lafalan.
Kalau saat permulaan sudah menetapkan jumlah lafalan yang banyak, maka sulit untuk mempertahankannya, kasus begini sejak zaman dulu hingga sekarang ada begitu banyak, bahkan diri kami sendiri juga tak terkecuali.
Maka itu saat permulaan jangan menetapkan target dalam jumlah besar, setelah mantap barulah perlahan-lahan ditingkatkan jumlahnya, begini barulah bagus, merupakan fenomena adanya kemajuan.
Sebaliknya jika makin melafal makin berkurang jumlahnya, ini adalah kemunduran, merupakan fenomena kemerosotan, ini tentunya tidak bagus. Maka itu penetapan jumlah lafalan bagi praktisi pemula hendaknya sedikit, jangan kebanyakan. (Niat itu mudah dibangkitkan namun sulit dipertahankan).
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011
「又云:要到一心不亂境界,亦無他術」,這都是蕅益大師講的,你要希望念到一心不亂,也沒有別的辦法。什麼辦法?「最初下手,須用數珠,記得分明,刻定課程,決定無缺。久久純熟,不念自念。然後記數亦得,不記數亦得」。這個是祖師教導我們最初方便。最初方便用念珠好,為什麼?你那個課定了。現在的人叫他一天念一萬聲他辦不到,叫他怎麼念?叫他一天念一千聲,他辦得到。一串念珠是一百零八顆,叫他念十串,這個他可以做到。慢慢來,念上個三年、五年再勸他加,向上提升。開頭定多了,後來很難堅持,這個例子自古至今都有,甚至於我們自己都不例外。所以課定得少,慢慢往上加,這個好,這是進步的現象、提升的現象;定得太多往下減這是退步,這個是往下墮落的現象,這個現象不好。所以初學的課要定得少。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二二集) 2011/5/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0422
Cara melatih diri yang terbaik bagi praktisi pemula adalah menyuruhnya mendengar ceramah, mendengar ceramah akan membawa manfaat bagi dirinya, yakni membantu membangkitkan keyakinan hati. Setelah mendengar ceramah dan memahaminya, dia akan memutuskan keraguan dan menumbuhkan keyakinan.
Mengapa ada orang yang tidak sanggup menerima Pintu Dharma Tanah Suci? Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) bersusah payah menasehatiku. Saya bilang saya tidak menolak Pintu Dharma ini, namun saya juga tidak sanggup menerimanya; tidak mengerti dengan jelas, tidak tahu apa manfaatnya.
Kala itu saya sedang mempelajari “Surangama Sutra”, pernah menceramahkan “Sutra Lotus” sebanyak satu kali, kemudian ketika menceramahkan “Avatamsaka Sutra” sampai separuh bagian, saya menyadari ternyata Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra, Sudhana-kumara juga melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, barulah saya merenungkan hal ini secara mendalam, barulah dapat menerimanya.
Maka itu tanpa memahaminya secara benar, mudah mengalami kemunduran hati. Kami melihat banyak praktisi pelafal Amituofo yang mundur hatinya, beralih belajar pintu Dharma lainnya, hal begini sudah lumrah adanya, tidak mengherankan, mengapa demikian? Dia tidak memahami Pintu Dharma Tanah Suci. Andaikata anda telah memahaminya secara jelas, pasti takkan berubah lagi, pasti takkan mengalami kemerosotan.
Maka itu Buddha Sakyamuni ketika membabarkan Dharma di dunia ini selama 49 tahun, tujuannya adalah membantu kita memutuskan keraguan menumbuhkan keyakinan, membantu kita membangun keyakinan hati yang kokoh, keyakinan hati yang kokoh ini adalah hati pecerahan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011
最好初學叫他聽經,聽經對他有兩個幫助,第一個幫助,幫助他信心,真聽懂了他相信了,所以說是斷疑生信。人為什麼不能接受這個法門?我在初學的時候,李老師苦心的勸導,我跟同學們說過,對這個法門不反對了,沒接受;沒搞明白,沒清楚,不知道它的好處。我是在學《楞嚴經》,講過一次《法華經》大意,講《華嚴經》,《華嚴經》講了一半,看到文殊、普賢、善財童子都是念佛求生淨土,我才認真思考這個問題,這樣才接受的。所以沒有搞明白接受,容易退心。我們看很多念佛的同學退心,改學別的法門,甚至於學其他宗教,我們看到了感到很正常,不以為奇,為什麼?這個法門他不理解。你真正透徹理解它了,決定不可能改變信仰,決定不可能往下墮落,不可能的事情。
所以世尊當年在世,講經教學四十九年有道理,幫助我們斷疑生信,幫助我們建立堅固的信心,這個堅固的信心就是道心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二二集) 2011/5/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0422
Buddha Sakyamuni ketika membabarkan Dharma di dunia ini selama 49 tahun, tujuannya adalah membantu kita memutuskan keraguan menumbuhkan keyakinan, membantu kita membangun keyakinan hati yang kokoh, keyakinan hati yang kokoh ini adalah hati pecerahan.
Hal ini tidak dapat diwujudkan jika tidak mendengar ceramah, jika mengandalkan diri sendiri membaca juga tidak memahaminya.
Terutama zaman sekarang ini, terhadap ajaran insan suci dan bijak, orang yang benar-benar memahaminya makin lama makin berkurang jumlahnya. Mengapa demikian? Makin jarang orang yang mempelajarinya. Jadi bukanlah berarti ajaran itu sulit dipahami, tetapi tidak ada yang mau mempelajarinya.
Guru Cai (Cai Li-xu) dengan rendah hati menyampaikan padaku, dia sangat menyadari pencapaian pendidikannya masih belum mencukupi, terhadap budaya warisan leluhur, yakni ajaran insan suci dan bijak, tidak memiliki dasar.
Sekarang dia masih ingin belajar, membawa sejumlah rekan-rekannya, mereka masih kurang percaya diri, meskipun tiap hari mereka sedang memberikan pendidikan moralitas.
Saya beri tahu padanya, keberhasilan seorang insan suci bukanlah karena pencapaian pendidikannya, juga bukan karena berapa banyak ilmu yang telah anda pelajari, namun terpulang pada sebutir ketulusan hatimu.
Asalkan hatimu tulus, tiada niat terselubung sama sekali, tiada keinginan mengejar ketenaran dan keuntungan, tidak mendambakan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), alangkah berharganya sebutir ketulusan hati ini, yang terjalin dengan ajaran Suciwan dan hati sejati, inilah yang harus diandalkan.
Saya bilang anda pasti bisa memperoleh perlindungan dari Leluhur, pemberkatan dari Tri Ratna, anda harus giat melakukannya. Bagaimana cara mempelajarinya?
Pelajari dulu apa yang dapat anda pahami, yang tidak dipahami taruh dulu di satu sisi, jangan merisaukannya, setelah 3-5 tahun kemudian, anda melihatnya kembali, sekarang sudah jadi paham semuanya. Setelah 8-10 tahun kemudian, bukan saja memahami keseluruhannya, namun sekarang anda telah menyelaminya, memasuki kondisi batin.
Sistem pendidikan Bangsa India kuno dan Tiongkok kuno bukan terletak pada kaya ilmu, tetapi “Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang”, kebenarannya ada di sini.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2011
世尊當年在世,講經教學四十九年有道理,幫助我們斷疑生信,幫助我們建立堅固的信心,這個堅固的信心就是道心。這個不聽經是做不到的,自己看,看不懂。特別是現在,對於古聖先賢的教誨,真正能夠理解的人愈來愈少了。為什麼?大家不學它。並不是它很難,而是我們沒有人肯學。蔡老師也很謙虛的來告訴我,深深感到自己的學歷不夠,對傳統文化,就是聖賢的教育沒有根基。現在要想學習,還帶了一批同學,自己確實沒信心,雖然這個事每天在做。我告訴他,聖學成就的關鍵不在乎學歷,不在乎你學了多少,在乎你那一點真誠心。這點他懂了,只要你有那一點真誠,沒有一點私心,沒有名聞利養,不貪五欲六塵,這一點真心太可貴,它跟聖學相應,跟心性暢通,靠這一點。我說你決定能夠得到祖宗加持、三寶加被,你努力認真下去。怎麼個學法?先學你能夠看得懂的,你先學它,看不懂的保留著,別去動它,三年、五年之後,現在看不懂,到那個時候全懂了;十年、八年之後不但全懂了,你透了,透進去了,契入境界了。印度跟古老中國學東西不在多,所謂是「一門深入,長時薰修」,道理在此地。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四二二集) 2011/5/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0422