Saturday, November 14, 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011 (Bgn 2)

 

 

Hati yang sirik dan menfitnah, atau karena iri hati lalu memikirkan berbagai cara untuk menghambat orang lain, akibatnya pada masa kehidupan ini juga, si sirik akan menderita sakit berat, dia telah merusak kesehatan diri sendiri.

 

Di dalam ceramah kami selalu menyampaikan bahwa apabila di hati orang ini tidak ada welas asih, selalu murka, api amarah melukai organ hati, dia mudah mengidap penyakit hati, istilah sekarang adalah Kanker Hati.

 

Jika dia bertentangan dengan kebenaran, maka mudah mengidap penyakit paru-paru. Bertentangan dengan kesusilaan, mudah terserang penyakit jantung.

 

Orang yang tidak dapat dipercaya, hobi mengelabui orang lain, mudah terserang penyakit limpa dan lambung. Orang yang dungu, tidak punya kebijaksanaan, mudah terserang penyakit ginjal.

 

Orang yang dapat mengamalkan welas asih, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya, maka lima organ dalam tubuhnya takkan muncul masalah, sehat dan panjang umur.

 

Mengapa manusia bisa tidak welas asih, tidak benar, asusila, tidak bijaksana, tidak dapat dipercaya, apa sebabnya? Karena tidak belajar ajaran insan suci dan bijak, di dalam Buddha Dharma, tidak membaca sutra, tidak mendengar Dharma, lama kelamaan kian jauh dari kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), menumbuhkan kejahatan, barulah ada begitu banyak kesalahan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

Catatan :

Lima Kebajikan ajaran Konfusius adalah : kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya

 

心懷毀謗,或者是懷有嫉妒,想方設法去障礙,是人現身之中,來致諸惡重病,佛家講的花報,現前你得的果報,你身體的健康破壞了。這樁事情我們在講席裡面多次做過報告,如果這個人心地沒有仁慈,常常容易發脾氣,怒火傷肝,他很容易得肝病,現在講的肝癌。這個人如果說不義,容易得肺病。這個人無禮,容易得心臟病。這個人不講信用,喜歡欺騙別人,他容易得脾胃病。這個人愚痴,沒有智慧,容易得腎病,腎臟病。所以人要是真把仁義禮智信都做到,你五臟六腑不會出毛病,健康長壽。人為什麼會不仁、不義、無禮、無信、無智,總的原因是什麼?不學習聖賢教誨之過,在佛法裡頭,不讀經、不聞法,逐漸遠離性德,增長不善,才有這麼多的過失。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558

 

 

 


Mengapa manusia bisa tidak welas asih, tidak benar, asusila, tidak bijaksana, tidak dapat dipercaya, apa sebabnya? Karena tidak belajar ajaran insan suci dan bijak, di dalam Buddha Dharma, tidak membaca sutra, tidak mendengar Dharma, lama kelamaan kian jauh dari kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), menumbuhkan kejahatan, barulah ada begitu banyak kesalahan.

 

Akibat karma buruk yang dilakukan pada masa kehidupan lampau sehingga lahir kembali ke dunia ini dengan anggota tubuh yang tidak lengkap, contohnya tuli, buta dan bisu, inilah yang kita sebut sebagai cacat.

 

Cacat itu ada yang bawaan lahir, tetapi ada pula yang di kemudian hari mengalami musibah contohnya kecelakaan mobil. Atau ada pula yag dirasuki makhluk halus, sehingga menderita sakit-sakitan, baik berdiri maupun duduk tidak pernah merasa tenang, menyiksa dirimu hingga hidup segan mati tak mau, menjalani hidup hingga sedemikian merana-nya.

 

Kejadian begini ada di depan mata kita, asalkan kita mengamatinya dengan seksama pasti dapat melihatnya. Renungkan apa yang tercantum di dalam sutra Buddha, lalu cocokkan dengan apa yang anda lihat dalam kehidupan nyata, maka anda akan memahaminya, apa yang dikatakan Buddha nyata adanya.

 

Setelah meninggal dunia, dia jatuh ke Neraka. Semasa hidup baik duduk maupun berbaring tidak pernah merasa tenang, suasana hatinya selalu labil, ini adalah balasan semasa hidup, setelah meninggal dunia jatuh ke tiga alam rendah, ini adalah buah akibat. buah akibatnya lebih sengsara lagi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

人為什麼會不仁、不義、無禮、無信、無智,總的原因是什麼?不學習聖賢教誨之過,在佛法裡頭,不讀經、不聞法,逐漸遠離性德,增長不善,才有這麼多的過失。如果是宿世造的這些業,你到這個世間來,就有身根不具,聾盲瘖啞,這是我們今天講的殘障。殘障有先天的、有後天的,後天多半是災難,現在災難當中特別多的是車禍。水腫鬼魅,就是靈鬼附身,帶給你許許多多的疾病,讓你坐臥不安,在生當中,求生不得,求死不得,活得很痛苦。這些事情都在我們眼前,只要我們稍稍注意都能夠見到。想想佛經上所說的,跟你所見到的對照一下,你就明白了,佛沒有說錯。或乃致死,他死了,死了到哪裡去?到地獄去了。現前坐臥不安、心浮氣躁,這是花報,死墮三途,那是果報,果報更苦。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558


 

 


Masa menjalani hukuman di Neraka sangatlah panjang, di sini disebutkan 80 ribu kalpa lamanya, ini adalah sebuah perumpamaan. Selama kurun waktu yang sangat panjang sekali, belum pernah mendengar istilah minuman dan makanan, dia kehausan tetapi tidak ada air buat diminum, dia kelaparan tetapi tidak ada makanan yang bisa dimakan. Bukan buat sementara waktu, namun untuk jangka waktu yang panjang sekali.

 

Setelah melewati jangka waktu yang lama sekali, masa hukuman selesai dijalani, barulah dia dapat keluar dari Neraka, kemudian ke mana dia akan menuju? Umumnya beralih ke Alam Binatang, menjadi kerbau, kuda, babi, kambing, yang tak terhindarkan dari disembelih tukang jagal, manusia ingin memakan dagingnya, dia menjalani siksaan yang sedemikian tragisnya, saat disembelih dia mengalami penderitaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.

 

“Kemudian berpeluang terlahir sebagai manusia”, kelak dia juga akan bertumimbal lahir ke Alam Manusia. Setiap orang yang berasal dari tiga alam rendah lahir ke Alam Manusia, “Selalu lahir di tingkatan rendah”, maksudnya adalah tidak punya kebijaksanaan, dungu, tidak punya pahala, miskin, harus menjalani siksaan di Alam Manusia.

 

Ini dikarenakan dia masih memiliki tabiat buruk yang dibawanya dari tiga alam rendah. Jika dia beruntung, maka dapat bersua dengan ajaran insan suci dan bijak, walaupun sepanjang hayatnya dia melewati kehidupan yang miskin dan susah, namun dia berhasil meningkatkan kualitas batinnya, inilah yang disebut meraih keberuntungan di kala susah.

 

Apabila tidak bertemu dengan ajaran insan suci dan bijak, dia akan sangat menderita. Mengapa demikian? Setelah meninggal dunia tetap saja jatuh ke alam rendah.

 

Meskipun tidak melakukan karma buruk yang berat, di dalam hatinya terdapat kebencian, tidak seimbang, kekuatan karma ini menuntun-nya jatuh kembali ke tiga alam rendah.

 

Hal ini serupa dengan yang disebutkan di dalam “Ksitigarbha Sutra”, para makhluk setelah keluar dari Neraka, tidak lama kemudian masuk kembali lagi. Apa sebabnya? Tidak memiliki kebijaksanaan, tidak tahu akan balasan dari hasil perbuatannya, selalu menyimpan hati yang mengeluhkan Langit dan menyalahkan orang lain, ini adalah diri sendiri sedang menciptakan karma buruk, dia sendiri tidak menyadarinya.

 

Orang begini selama kurun waktu yang sangat panjang takkan merasakan kebahagiaan, kebenciannya tak terurai, sepanjang hayat tidak berkesempatan bersua dengan Tri Ratna, orang begini sungguh memprihatinkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

 

 

八萬劫中受大苦惱,這是比喻,地獄的時間長,八萬劫中在地獄受大苦。百千萬世未曾聞水食之名,他口渴了沒水喝,他餓了沒東西吃。不是短時間,長時間,百千萬世是一個概數。久後得出,當然他的罪報有受完的時候,受完他就離開地獄了。離開地獄到哪裡去?多半到畜生道,他去做牛、做馬、做豬、做羊,總不免被人屠殺,人家要吃牠的肉,受大極苦,被殺的時候苦不堪言。「後得為人」,將來也會到人道來。凡是從三途到人道來的,「常生下處」,這就是說上流社會他沒有分,他生到人間來,沒有智慧,愚痴,沒有福報,貧賤,在人道要受苦。這是什麼?這是三惡道的餘不善,我們一般講習氣,不善的習氣所招感的。如果幸運遇到聖賢教誨,他能夠過一生貧賤的生活,提升自己的靈性,這是不幸當中的大幸。要遇不到聖賢教誨,他可苦了。為什麼?死了以後還是墮惡道。雖然沒有做大的惡業,他心裡有怨恨、有不平,這個引業又把他引導到三途去了。就像《地藏經》上所說的,地獄眾生出來了,沒多久又回去了。什麼原因?沒有智慧,不知道是自作自受,常常有怨天尤人之心,這就是自己在造惡業,他自己並不知道。「百千萬世不得自在」,也就是悶悶不樂,怨結不解開,不解,怨氣不散。「永不聞三寶名字」,聞三寶名字就有救了,一輩子沒有接觸到三寶,這人很可憐。

 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五五八集)  2011/8/25  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0558