Ada 5 jenis mata pencaharian yang harus dihindari oleh siswa Buddha yaitu :
Yang pertama, tak peduli bergerak di bidang pekerjaan manapun, tak peduli belajar Pintu Dharma manapun, jika tujuannya adalah demi mengejar ketenaran dan keuntungan, maka ini sudah keliru, inilah yang disebut mata pencaharian yang tidak benar atau sesat, akibatnya jatuh ke tiga alam penderitaan, mengapa bisa begitu berat?
Oleh karena anda membawa-bawa nama Ajaran Buddha guna mengelabui umat Buddha, dari sini anda memperoleh ketenaran dan keuntungan.
Tempo dulu ada orang yang pernah bilang padaku, dengan menggunakan cara ini guna memperoleh ketenaran dan keuntungan, akibatnya tidak baik, maksudnya adalah jatuh ke Neraka, namun kesalahan yang satu ini justru paling mudah dilanggar.
Demi mengejar ketenaran dan keuntungan, sengaja menampilkan hal-hal gaib, sehingga mengundang rasa penasaran banyak orang, misalnya fenomena menampilkan cahaya, sekarang dengan bantuan kemajuan teknologi banyak fenomena yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya, kini sudah dapat diwujudkan. Fenomena ini mengundang rasa penasaran banyak orang, sehingga si praktisi gadungan dapat mengelabui umat.
Ketika pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Amerika, beberapa waktu kemudian ada seorang Bhiksu, sebelum meninggalkan keduniawian, dia adalah seorang pendeta Tao, dia belajar ajaran Tao dan berhasil menguasai beberapa macam ilmu gaib, sepertinya dia juga memiliki sedikit kemampuan gaib.
Banyak sekali umat baik praktisi awam maupun praktisi non awam suka mengunjunginya, kadang kala dia akan menyampaikan pesan, “Jika anda merasa tidak enak badan, jangan segan datang mencariku”, ternyata benar, orang ini setelah pulang ke rumah, merasa di sini sakit, di sana sakit, pokoknya tidak enak badan, kemudian mendatangi si Bhiksu, langsung bisa sembuh.
Orang yang disembuhkan ini langsung ber-iklan ria : “Lihatlah si Bhiksu ini betul-betul sakti, saya belum jatuh sakit, dia langsung bisa tahu duluan lho, makanya terlebih dulu berpesan padaku, begitu berobat padanya satu kali saja langsung manjur.”
Sesungguhnya terlebih dulu dia sudah mengirim jampi-jampi kepada dirimu.
Ada lagi satu kali, ada seorang Bhiksuni datang mengunjungi si Bhiksu gadungan, dia juga berpesan pada si Bhiksuni, “Jika anda ada merasa tidak enak badan, jangan segan datang mencariku”.
Ternyata benar, setelah pulang, si Bhiksuni mulai sakit-sakitan, dia langsung sadar, ini pasti ulah si Bhiksu gadungan, makanya si Bhiksuni bersikeras takkan kembali mencarinya.
Bhiksu gadungan menelepon Bhiksuni menanyakan kabar : “Apakah anda merasa sehat-sehat saja?”
Sesungguhnya Bhiksuni ini memang sedang sakit-sakitan, tetapi dia bersikukuh menjawab : “Saya sehat-sehat saja, tidak ada yang tidak beres pada diriku, saya merasa sangat baik.”
Kali ini si Bhiksu gadungan merasa heran mengapa ilmu gaibnya tidak sakti lagi, padahal sesungguhnya si Bhiksuni yang langsung menyadari si Bhiksu gadungan ini sedang berulah, makanya dia bersikukuh tidak mau mengakuinya : “Saya sehat-sehat saja!”
Setelah beberapa jam kemudian, efek negatif tersebut telah berlalu, si Bhiksuni pulih kembali seperti sedia kala.
Makanya ilmu hitam si Bhiksu gadungan ini juga ada masa berlakunya, yakni hanya beberapa jam saja, setelah melewati beberapa jam kemudian sudah tidak efektif lagi.
Demikianlah pengalaman yang pernah saya jumpai. Saya juga pernah mengunjungi Bhiksu gadungan ini, saya hanya memberi sikap hormat namun menjauhinya, dia sudah wafat, pengikutnya sangat banyak!
Ini adalah menggunakan ilmu gaib yang tujuannya demi mengejar ketenaran dan keuntungan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juni 2011
下面第五「正命」,這個命是我們現在講的身命,也就是我們要維持這個活命。「以無漏智,通除三業中五種邪命故」,三業是身口意,五種邪命主要是對出家人講的,當然在家也要知道,這是日常生活當中不能離開的。離五種邪命,五種邪命第一種,無論從事哪一種行業,出家無論修學哪一種法門,他的目的是為名聞利養就錯了,這叫邪命。為什麼?果報在三途。為什麼這麼嚴重?因為你打的是佛教招牌。用佛教的招牌來欺騙善良的信徒,你在這裡得到名利,早年曾經有人跟我講,用這種方式得來的名利果報不好,這個不好的意思就是在地獄,這條偏偏是最容易犯的。所以我們想到釋迦牟尼佛在世,他老人家為我們所示現的,那就是教我們。這不錯,字幕給打出來了,「為利養詐現奇特相」,這詐就不是真實的,故意的,做假,我們現在講標新立異,引起一般人好奇。在佛法裡面像放光現瑞,現在都可以用科學技術來做,有很多我們都想不到,引起一般人的好奇,現這些現象。
我在初到美國的時候沒多久,有一位法師,他在沒有出家之前他是道士,他學道的,學了一些法術,好像是有點神通一樣。有很多信徒,在家出家都一樣,去看他,有時候他會叮嚀一句,「你要有什麼不舒服的事情的時候,你就來找我」,這人回去之後,這也痛、那也痛,就有很多不舒服,找他的時候他就給你治好了。這個師父了不起,他有神通,他預知知道我有問題,給我一治就治好了。其實他是用些法術給你的,他在那裡製造的。有一次有一個比丘尼去看他,他也告訴這個比丘尼,「妳回去之後有什麼不舒服,妳來找我」,回去之後果然,馬上一想不對症,一定是他作怪的,她就不去。他打電話來問,「妳有沒有哪裡不舒服?」真的有,她回答「沒有,沒有不舒服,我很好。」這一次他法術不靈了,其實是有效應,她知道這個事情,警覺到了,就告訴老法師,「沒事,我很好,很正常」,大概幾個小時之後就沒事了。所以他那個法術維持的時間是有時間性的,過了那個時候它自然就沒有,我碰到這麼一樁事情。這位老法師我也去訪問過他,我對他敬而遠之,已經過世,不在世了,徒眾很多!用這些法術。這就屬於這一類的,目的全都是為利養。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四六一集) 2011/6/21 台灣高雄 檔名:02-039-0461
Lima Jenis Mata Pencaharian Sesat, yang kedua adalah demi mengejar ketenaran dan keuntungan, memamerkan jasa kebajikan diri sendiri.
Buddha dan Bodhisattva, Guru Sesepuh dan praktisi senior sangat rendah hati, juga suka mengalah, lihatlah di dalam “Avatamsaka Sutra”, pada bagian Sudhana-kumara mengunjungi 53 orang Kalyanamitra. 53 orang Kalyanamitra ini merupakan jelmaan para Buddha dan Bodhisattva, tidak ada seorang pun yang memuji diri sendiri, cobalah amati dengan seksama, semuanya memuji orang lain, diri sendiri rendah hati : “Diantara pintu Dharma yang tak terhingga, saya cuma tahu sedikit saja, orang lain lebih hebat dariku, orang lain lebih unggul.”
Memuji diri sendiri dan menjelek-jelekkan orang lain, ini adalah pelanggaran sila berat Bodhisattva.
Di dalam “Lun Yu (Analek Konfusius)”, Konfusius mengatakan, “Meskipun memiliki bakat serupa dengan Zhou Gong”, Zhou Gong adalah insan suci, merupakan panutan yang dipuja Konfusius sepanjang hayatnya.
“Tetapi angkuh dan kikir, maka kepribadian orang begini tak layak dibahas lagi”. Hal ini menjelaskan bahwa orang ini munafik penuh kepura-puraan.
Yang juga berarti, insan mulia takkan memiliki keangkuhan, takkan berhati sempit, dari dua sisi ini anda sudah bisa menilai kepribadiannya, dalam berinteraksi dengan orang lain, dia pasti bersikap rendah hati, dia pasti berlapang hati.
Memperlakukan orang lain dengan moralitas yang tinggi, suka menjaga orang lain, diri sendiri berhemat dan bersahaja, hidup susah sedikit tidak apa-apa, bila ada kelebihan digunakan buat membantu orang lain, inilah jalan kehidupan seorang insan suci dan bijak.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juni 2011
Catatan :
Zhougong adalah adik dari Kaisar Zhou Wu-wang, dia mendukung pemerintahan abangnya, setelah abangnya mangkat, dia mendukung pemerintahan keponakannya, menanam landasan yang kuat bagi kelangsungan Dinasti Zhou selama 800 tahun.
第二種也是「為利養自說功德」。佛菩薩、祖師大德都很謙虛、都很禮讓,你看看《華嚴經》末後善財五十三參,五十三位大德那都是諸佛菩薩再來的,沒有一個人自己讚歎自己,你細細去看,都是讚歎別人,謙虛自己,無量法門我只懂得這一點,別人都比我高強,都比我殊勝。自讚毀他是菩薩的重戒,好像《瑜伽菩薩戒本》是列在第一條重戒,決定不許可的。《論語》裡面我們看到孔子,孔子說了一句話,「如有周公之才之美」,周公是那個時候的聖人,是孔子一生當中最崇拜的人、最尊敬的人,像他那麼大的德行、才華,「使驕且吝」,看出什麼?他有傲慢、驕傲,使驕且吝,吝嗇,那就不大方,有驕慢的態度。夫子後頭一句話說,「其餘則不足觀也」,說明什麼?他所表現的全是假的,不是真的。也就是說,正人君子絕對沒有驕慢,沒有小氣,你從這兩方面說,他處事待人接物肯定是謙虛,肯定是大方。待人厚道,喜歡照顧別人,自己節儉,生活清苦一點,多下來的東西幫助別人,這是聖賢君子之道。這是第二種邪命。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四六一集) 2011/6/21 台灣高雄 檔名:02-039-0461
Lima Jenis Mata Pencaharian Sesat, yang ketiga adalah “Meramal Nasib”, profesi begini justru banyak pengikutnya. Saya sendiri sering ditanyai oleh umat, Master, apakah Anda bisa meramal nasib?
Apakah ada praktisi non awam yang mempelajari hal ini? Ada. Ketika saya berusia muda, ada banyak praktisi non awam yang mencari buku-buku bertopik demikian, membaca dan mempelajarinya, tujuannya tak lain adalah berharap orang lain menghormati dan memberinya persembahan, menggunakan cara ini guna menarik pengikut, demi mengejar ketenaran dan keuntungan, ini adalah perbuatan salah, telah menyimpang dari tujuan belajar Ajaran Buddha yang sesungguhnya, Buddha Dharma pasti tidak memperbolehkan hal begini.
Di dalam “Sutra Pertanyaan Ananda Kepada Buddha Sakyamuni Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma”, telah diuraikan dengan jelas.
Lima Jenis Mata Pencaharian Sesat, yang ke-empat adalah “Memamerkan kedudukan supaya orang lain jadi segan dan menghormatinya”. Di hadapan orang banyak menonjolkan kedudukannya, tujuannya supaya dihormati orang banyak.
Lima Jenis Mata Pencaharian Sesat, yang ke-lima adalah “Mengatakan keluar jumlah dana persembahan yang telah diperolehnya, guna menggerakkan hati orang lain”. Yakni membandingkan jumlah dana persembahan, lihatlah si A mempersembahkan dana sejumlah begini, yang berarti punya-mu terlampau sedikit.
Semua ini adalah mata pencaharian sesat, yang tidak benar, jenis-jenisnya tentu saja masih ada banyak sekali, di sini Buddha Sakyamuni hanya mengemukakan lima jenis perumpamaan saja, menyampaikan pada kita, kesimpulannya hanya satu kalimat saja, yakni janganlah mengejar ketenaran dan keuntungan.
Tetapi tabiat manusia untuk mengejar ketenaran dan keuntungan ini sangatlah mendalam! Siapa yang tidak menghendaki ketenaran dan keuntungan? Lantas mengapa Sang Buddha menasehati kita supaya menjauhinya?
Ini adalah akar samsara, jika tabiat ini tidak dilenyapkan, maka tak berdaya keluar dari enam alam tumimbal lahir. Mengapa demikian? Dia sedang menciptakan karma buruk!
Tujuan dari belajar Ajaran Buddha adalah membebaskan diri dari enam alam tumimbal lahir, semua ini membelenggu-mu supaya selamanya tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka itu mana boleh melakukannya? Maka itu hal-hal begini mesti disingkirkan, barulah disebut sebagai mata pencaharian benar.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juni 2011
Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma :
http://avaivartika48.blogspot.com/
第三種「占相吉凶」,為人說法,有沒有?有,還有很多信徒他還真相信。我都遇到很多人問我,會不會算命,會不會看相?出家法師當中有沒有學的?有。我們年輕的時候很多法師他就找這些書來看,研究這個東西,目的沒有別的,還是希望別人對他恭敬供養,用這個方法來拉信徒,都是為利養,這就錯了,離開了學佛的本位,佛法決定不許可這些事情,《阿難問事佛吉凶經》裡面就講得很清楚。第四個,「高聲現威,令人畏敬」。在大眾當中所謂裝模作樣,突出他的地位,目的則要人恭敬他。最後一個,「說得供養,以動人心」。這就是比賽,你看看某人對我供養好多,你這個就嫌太少了。這些都叫做邪命,邪命當然還有很多,佛在此地舉了這五個例子,告訴我們,總而言之一句話,不要去求名聞利養。但是求名聞利養這種習氣非常之深!誰不要名聞利養?佛為什麼叫我們遠離這些?這些是六道生死的根,這些東西不斷,六道的業就不會斷。為什麼?它在造業!學佛目的是要脫離六道輪迴,這些東西是幫助你永住六道輪迴,不能出去的,怎麼能幹這個?所以這個是必須要放下的,放下之後這才是叫正命。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四六一集) 2011/6/21 台灣高雄 檔名:02-039-0461